Jalan Jajan Hemat

Wisata Merapi Kaliurang

Bencana alam memang tidak bisa dihindari, tapi apa yang kita lakukan setelah bencana itu terjadi adalah pilihan kita. Apakah kita mau terus berlarut dalam sedih dan meratapi nasib atau bangkit dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Kejadian bencana alam erupsi Gunung Merapi di Kaliurang menelan banyak korban, salah satunya adalah Mbah Maridjan, sang juru kunci. Hikmahnya adalah kini dilakukan pen-steril-an wilayah yang berbahaya untuk dihuni dan juga muncul wisata baru yaitu wisata erupsi / lava tour untuk mengajak wisatawan yang ingin lebih tahu mengenai kejadian tersebut.

Ada banyak operator tour yang menawarkan paket wisata Merapi ini, silahkan di google saja, dan dibandingkan mana yang lebih menarik. Pada umumnya harga dan rute yang ditawarkan tidak berbeda jauh. Ada rute pendek, menengah dan jauh. Rute pendek durasinya sekitar 2 jam, biaya sekitar Rp 350.000/jeep (per Juli 2016) dengan rute : museum mini, batu alien, bungker kaliadem, untuk rute menengah durasi 2,5 jam-biaya sekitar Rp 450.000/jeep, dengan rute pendek ditambah kunjungan ke kampung Mbah Maridjan, sedangkan rute panjang berdurasi 3,5 jam – dengan biaya Rp 600.000 ditambah dengan rute ke makam Mbah Maridjan.
mobil-jeep-wisata-merapi

Karena waktu yang terbatas, maka JJH mengambil paket rute pendek. Kami janjian di depan mesjid dekat gerbang masuk wisata Kaliurang, lalu dari sana kami dijemput dengan mobil jip. Dari sana dimulailah perjalanan sambil diberikan penjelasan oleh pengemudi sekaligus pemandu kami. Di perjalanan kami diceritakan mengenai peristiwa erupsi yang terjadi itu (saya tidak ceritakan di sini ya, nanti jadi spoiler). Lalu kami ditunjukan beberapa makam penduduk yang menjadi korban.

Makam penduduk korban erupsi

Makam penduduk korban erupsi Merapi

Museum Mini Sisa Hartaku
Museum mini ini adalah sebuah rumah yang menjadi saksi terjadinya erupsi merapi. Kita dapat melihat ruangan dan sisa bangunan rumah serta koleksi benda-benda yang terkena lahar vulkanik.

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku


Sisa bangunan rumah

Sisa bangunan rumah


Koleksi Barang sisa hartaku

Koleksi barang sisa hartaku

Batu Alien
Ini adalah salah satu material batu yang terlempar saat erupsi Merapi. Nah uniknya bentuk batu ini seperti wajah manusia, yah atau mirip alien lah 🙂 Silahkan dilihat di foto berikut ya. Dan pemandangan di seputar lokasi ini cukup indah lho.

Kawasan Batu Alien

Kawasan Batu Alien


Ini penampakan batu aliennya

Ini penampakan batu aliennya


Pemandangan di sekitar batu alien

Pemandangan di sekitar batu alien

Bunker Kaliadem
Bunker (bangker) ini awalnya dibuat untuk tempat perlindungan saat terjadi bencana erupsi. Bunker ini terbuat dari baja tebal, dilengkapi kamar mandi di dalamnya. Namun pada saat erupsi terjadi, relawan yang berlindung ke bunker ini malah terpanggang hidup-hidup. Akhirnya bunker ini tidak digunakan lagi.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem


Pintu Bunker

Pintu Bunker


Di dalam bunker

Di dalam bunker


Pemandangan seputar bunker Kaliadem

Pemandangan seputar bunker Kaliadem

Sempat mencoba jadah tempe dan sate kelinci di seputaran Kaliurang

Sempat mencoba jadah tempe di seputaran Kaliurang


Sate kelinci

Sate kelinci

Sepanjang perjalanan, kami melihat banyak wisatawan yang menggunakan kendaraan offroad dari berbagai operator tour, dan ada juga yang menyewa motor trail. Dan juga di sekitar tempat yang dikunjungi terdapat deretan penjual dagangan yang tertata cukup rapih. Pengelolaan tempat seputar wisata erupsi Merapi ini sepertinya dikelola secara swadaya masyarakat, namun berjalan cukup baik. Operator tour akan membayar retribusi setiap masuk ke suatu daerah. Wisatawan tidak perlu membayar apapun untuk mengunjungi tempat-tempatnya, karena sudah termasuk di dalam paket tour.

Deretan jip yang mengantar wisatawan

Deretan jip yang mengantar wisatawan

Bahkan di balik sebuah bencana, bila dikelola dengan baik maka dapat menjalankan roda usaha wisata yang dapat membantu masyarakat keluarga korban bencana dan sekitarnya.

Salam JJH…

One thought on “Wisata Merapi Kaliurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.