Jalan Jajan Hemat

Taman Wisata Alam Posong (Temanggung)

Jika Anda kebetulan bepergian ke Jawa Tengah, mampirlah ke Temanggung. Kota kecil nan indah ini dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam, baik dari Semarang maupun Yogyakarta dengan menggunakan mobil.

Ada satu wisata alam yang sangat indah di kota ini, namanya Taman Wisata Alam Posong. Taman ini terletak sekitar 13 km dari pusat kota Temanggung. Jika menggunakan mobil, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.

Walaupun cukup jauh perjalanannya, tetapi Anda akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan Gunung Sindoro & Gunung Sumbing. Jika waktu kecil dulu kita suka menggambar pemandangan dua buah gunung, yang di tengah-tengahnya ada jalanan, seperti itulah kira-kira yang akan kita lihat sepanjang jalan menuju Posong.

Jika menggunakan Google Maps, Anda bisa ketikkan kata kunci “Taman Wisata Alam Posong”, jangan “Posong” saja ya, karena itu adalah 2 titik yang berbeda. Jangan sampai nyasar ya ^^

Setelah melewati jalur nan cantik ini, Anda akan menemukan sign di kiri jalan yang bertuliskan “Taman Wisata Alam Posong”. Jalur masuknya kecil banget ya teman-teman, ada gapura seperti pintu masuk desa, yang kurang meyakinkan. Tetapi percayalah itu pintu masuk yang sebenarnya.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Posong adalah Rp. 30.000/orang (per Oktober 2021). Taman Wisata ini dibuka mulai jam 4 pagi sampai jam 4.30 sore. Harap berhati-hati saat memasuki jalur masuk ya, karena jalurnya cukup sempit, hanya pas untuk satu kendaraan. Jika berpapasan dengan kendaraan lain, benar-benar harus sabar dan bergantian. Jalanan akan terus menanjak sepanjang kurang lebih 3km hingga kita tiba di Taman Wisata Alam Posong.

Setibanya di lokasi, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Rasanya tidak berlebihan jika dikatakan Posong ini seperti Swiss mini. Anda juga bisa camping di sini. Ada beberapa tenda yang disewakan. Konon, sunrise & sunset di Posong ini sangat indah. Sayang sekali penulis tidak berkesempatan untuk menyaksikan keduanya.

Bagi Anda yang suka berfoto, pasti puas deh mengambil gambar di area ini. Kemanapun mata memandang, pasti ada saja lokasi yang menarik untuk berfoto ria. 

Photo by Hendra Kurniawan

Di Wisata Alam Posong ini, ada coffee shop dan beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Jadi Anda tidak perlu kuatir kelaparan. 

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Taman Wisata Alam Posong ini? Tidak perlu jauh-jauh mencari pemandangan cantik ke luar negeri. Di Indonesia juga ada ^^

Salam JJH

Penulis : Eva Kosasih
IG : @evakosasih
#vacat_tion

Taman Wisata Alam Posong
Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket masuk : Rp 30.000 (per Oktober 2021)
Jam operasional : 04.00 – 16.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.