Jalan Jajan Hemat

Berburu wisata AADC2 di Rumah Doa Bukit Rhema

Pengaruh film terhadap industri pariwisata sangat besar, bisa kita lihat contohnya adalah James Bond Island (film James Bond-The man with the Golden Gun) dan Maya Bay (film The Beach) di Phuket-Thailand, Nami Island (film Winter Sonata) di Korea, pulau Belitung (film Laskar Pelangi), dan film yang cukup heboh di awal 2016 adalah Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2). Film yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini mengambil beberapa setting di kota Jogjakarta dan sekitarnya. Langsung saja lokasi syuting film AADC2 ini menjadi tempat tujuan wisata, salah satunya adalah Bukit Rhema.

Rumah Doa Bukit Rhema

Rumah Doa Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Jalan Jajan Hemat (JJH) melakukan perjalanan ke Jogja-Malang-Solo 2 minggu setelah libur Lebaran 2016. Dan kami mampir ke salah satu tempat wisata AADC2 yaitu Bukit Rhema. Tempat ini sering juga disebut oleh masyarakat sekitar sebagai gereja ayam, padahal sebenarnya rumah doa bagi segala bangsa ini berbentuk burung merpati.

Bukit Rhema ini terletak sekitar 2,5 km dari Candi Borobudur. Cukup mudah mencapai tempat ini, masukan saja “Bukit Rhema” atau “Gereja Ayam” di GPS Anda maka lokasi ini akan ditemukan tanpa susah payah. Jalan menuju rumah doa ini juga sudah dipersiapkan untuk menampung kunjungan wisatawan. Tempat parkir tersedia dan dikelola oleh warga setempat, walaupun jumlah kendaraan yang ditampung tidak terlalu banyak. Kalau kami menilai, pengelolaan tempat ini cukup baik, mulai dipikirkan untuk pengembangannya.

Tempat parkir yang dikelola warga setempat

Tempat parkir yang dikelola warga setempat

Terdapat warung-warung penjaja makanan & minuman dan juga souvenir di dekat tempat parkir, untuk berjalan dari tempat parkir ke bangunan rumah doa tersebut dapat dilalui dengan berjalan kaki, tapi cukup menanjak dan melelahkan. Untuk yang tidak kuat berjalan, tersedia angkutan mobil jip dengan harga Rp 7.000/orang untuk sekali jalan.

Warung penjual minuman & souvenir

Warung penjual minuman & souvenir


Jalan menuju ke rumah doa

Jalan menuju ke rumah doa

Tiket masuk dikenakan Rp 10.000/orang, jangan buang tiketnya untuk diperlihatkan di pintu masuk rumah doa atau gereja ayam. Bangunan ini awalnya dibuat sebagai rumah doa untuk berbagai kalangan, tapi pembangunannya terhenti. Mungkin setelah tempat ini ramai menjadi tempat wisata, dananya terkumpul dan pembangunan dapat diselesaikan ya..

Di lantai bawah, terdapat ruang-ruang kecil untuk berdoa, namun memang belum selesai. Lalu naik ke atas, ke ruang utama. Di sini terdapat ruangan besar yang mungkin akan digunakan untuk beribadah, dengan langit-langit yang tinggi dan memiliki lubang cahaya berbentuk salib. Pasti keren kalau sudah selesai pembangunannya.

Ruang bawah dengan beberapa bilik doa

Ruang bawah dengan beberapa bilik doa


Ruangan utama

Ruangan utama


Salah satu sisi di ruang utama

Salah satu sisi di ruang utama

Nah yang perlu pengunjung ketahui adalah untuk naik ke lantai atas, yaitu ke mahkota merpati (tempat adegan romantis Rangga dan Cinta di film AADC2), kita perlu mendaftarkan nama dahulu dalam antrian, seperti di dokter. Jadi sebelum foto-foto, daftarkan dulu nama dan jumlah pesertanya, lalu baru deh keliling sambil menunggu namanya dipanggil. Pemandangan sekitar tempat ini cukup indah, karena lokasinya cukup tinggi.

Daftar dulu namanya, sebelum berkeliling

Daftar dulu namanya, sebelum berkeliling


Pemandangan di sekitar rumah doa

Pemandangan di sekitar rumah doa


Sisi ekor merpati

Sisi ekor merpati

Setelah gilirannya tiba, pengunjung akan naik ke lantai atas, sambil tetap antri lagi sebelum naik ke bagian tertinggi yaitu ke mahkota burung merpati. Tapi petugas cukup terkoordinir – bahkan dilengkapi dengan HT, ada petugas yang menjaga antrian, membatasi jumlah pengunjung yang naik (10 orang) serta membatasi lama waktu pengunjung berada di atas mahkota tersebut yaitu selama 5 menit. Jadi cukup tertiblah, walaupun selama menunggu hawanya lumayan panas.

Antrian sebelum ke mahkota merpati

Antrian sebelum ke mahkota merpati

Setibanya di atas, ya sudah… Keluarkan tongsis masing-masing dan berfotolah, dengan mencari spot di antara kerumunan pengunjung yang lain 🙂

Keluarkan tongsis & berselfie /wefie ria

Keluarkan tongsis & berselfie /wefie ria

Oh ya tersedia juga wisata untuk melihat matahari terbit seperti di film AADC2 lho.

Rute jalan untuk melihat sunrise

Rute jalan untuk melihat sunrise

Bagi penggemar film AADC, tempat ini wajib didatangi saat berkunjung ke Jogja atau Magelang, tapi untuk yang bukan penggemar film AADC2 kemungkinan tempat ini tidak terlalu menarik, apalagi kalau harus berjuang berdesakan di tengah ramainya pengunjung, tapi kalau tidak ramai, sebenarnya tempat ini cukup menarik lho untuk dikunjungi, selain bentuk bangunan yang unik, pemandangannya pun indah.

mural

Salam JJH…

Rumah Doa Bukit Rhema (Gereja Ayam)
Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Tiket masuk Rp 10.000/orang
Tiket parkir mobil Rp 10.000

One thought on “Berburu wisata AADC2 di Rumah Doa Bukit Rhema

  1. Pingback: Wisata ke lokasi shooting film Pengabdi Setan 1 - KOMBI.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.