Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata di Doha Qatar

Ada beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di Doha, Qatar. JalanJajanHemat (JJH) sempat mengunjungi walaupun hanya sesaat karena bermalam untuk transit. Dan berikut kami bagikan beberapa diantaranya.

Souq Waqif

Pasar tradisional Doha ini memang menjadi tujuan utama turis yang datang ke Doha. Di sini kita bisa melihat labirin penjual barang-barang seperti kain/pakaian dan tas (yang mirip2 seperti di Tanah Abang), rempah-rempah, barang antik, lukisan, souvenir dan bahkan jual aneka hewan peliharaan. Bentuk bangunannya menarik, jadi ingat desain bangunan di Dufan, tapi ini yang aslinya 🙂

Deretan toko
Serasa di Tanah Abang ya..
Penjual makanan

Di luar pasar terdapat restoran dan cafe yang menjual makanan khas Qatar maupun yang internasional, yang baru mulai ramai di malam hari karena memang asik menjadi tempat kongkow.

Souq Waqif di malam hari
Deretan cafe di malam hari

Ada kandang unta dan kandang kuda di luar pasar.

Kandang unta yang aromanya luar biasa…
Burung dan sumur tua

National Museum of Qatar 

Saat JJH berkunjung ke Qatar, museum ini masih belum selesai pembangunannya, diperkirakan sekitar Maret 2019 akan selesai. Desain museum ini sangat unik karena bagaikan bunga mawar padang pasir, yang dirancang oleh Jean Nouvel. Museum ini rencananya akan memajang koleksi temuan  arkeologi, arsitektur, pakaian, perhiasan dan berbagai barang2 sejarah.

Gambar diambil dari www.jeannouvel.com

Museum of Islamic Art

Dalam Museum of Islamic Art ini kita dapat menemukan berbagai koleksi kesenian Islam, kaligrafi, perhiasan, tekstil, keramik dan masih banyak lagi yang menjadi sejarah Islam yang dikumpulkan dari beberapa penjuru dunia.

Museum of Islamic Art (gambar diambil dari cyberescentink.wordpress.com)

Bangunan museum ini dibangun seolah-olah mengambang di atas air dengan desain yang indah dan artistik. Museum ini dirancang oleh Leoh Ming Pei yang juga merancang bangunan Museum Louvre di Perancis yang berbentuk piramid kaca.

Dalam kawasan museum ini juga terdapat galeri, perpustakaan, teater, toko cindera mata, juga ada restoran dan cafe. Taman di depannya juga menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi. Tidak dipungut bayaran untuk masuk ke dalam museum ini.

Lokasi ini tidak jauh dari Souq Waqif dan juga Pearl Monument. Untuk menuju mal ini dapat menggunakan bus umum no 777, lihat di sini untuk detailnya.

Museum of Islamic Art dari atas (gambar diambil dari commons.wikimedia.org)

Pearl Monument

Adalah sebuah patung berbentuk kerang dengan mutiara di dalamnya yang menjadi simbol dari kota Doha. Lokasinya di antara Souq Waqif dengan laut. Jujur saja ga terlalu menarik sih.

Pearl Monument

Promod Doha City Center

Ini adalah salah satu mal yang ada di Doha. Di dalamnya banyak terdapat gerai resto/cafe internasional seperti Starbucks,  KFC, McD, Dunkin Donuts, dll.

Promod Doha City Center

Di mal ini juga terdapat ice rink (ice skating) nya, sehingga walaupun di negara gurun pasir, penduduknya dapat merasakan berseluncur di es.

Promod Doha City Center – Ice Rink

Untuk menuju mal ini dapat menggunakan bus umum no 777, lihat di sini untuk detailnya.

Pearl of Doha

Ini adalah pulau buatan / reklamasi, yang di atasnya dibangun mal, hotel, apartemen, showroom mobil dan juga restoran dan cafe.

Waktu JJH ke sana, tidak banyak pengunjungnya, tapi memang yang dijual adalah barang berkelas, bahkan showroom mobilnya pun Ferrari, Roll Royce, keren. Dan di belakang mal, ada deretan speedboat / yacht yang ditambatkan di sana. Mantap…

Showroom mobil
Parkiran speed boat

Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan bus umum no 777, dapat dilihat di sini untuk detailnya.

Di beberapa lokasi di Doha yang gersang, kami sempat melihat taman hijau yang segar. Entah berapa biaya yang dibutuhkan untuk dapat menanam dan merawat taman sehijau ini.

Taman yang hijau royo-royo

Demikian beberapa tempat informasi tempat wisata di Doha Qatar, semoga dapat bermanfaat untuk teman2 yang akan berlibur ke Doha atau saat transit di sana. Salam JJH…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.