Jalan Jajan Hemat

Wisata Kuliner Bogor

Sebagian besar JJH-lovers yang tinggal di Jakarta, saat liburan akan memilih ke Bandung. Mengapa ? Karena sudah ada jalan tol Cipularang yang membuat jarak Jakarta-Bandung terasa dekat, dan juga tertarik dengan kuliner, wisata alam dan juga wisata belanja (terutama Factory Outletnya). Tapi tahukah teman2, kalau kota Bogor juga ternyata memiliki potensi yang hampir sama dengan Bandung ?

Kota Bogor yang terletak sekitar 60 km dari Jakarta, dengan mudah dapat dicapai melalui jalan tol Jagorawi, Jakarta-Bogor-Ciawi, lalu ambil pintu keluar Bogor. Harga tiket tolnya relatif murah yaitu Rp 7.000 (per Oct 12) sama dengan harga tiket tol dalam kota. Dalam kondisi normal jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 1 jam, hal ini membuat JJH-lovers tidak perlu menginap, irit biaya hotel kan… Plus lebih irit biaya bensin & tol jika dibandingkan ke Bandung.

Apa saja yang menarik di kota Bogor ?
Wisata alamnya : Kebun Raya Bogor, Curug Nangka
Wisata keluarga : SKI Katulampa, Situ Gede, Taman Topi
Wisata pendidikan : Istana Bogor, Museum Zoologi, Museum Tanah, Museum PETA, museum Etnobotani, museum Perjuangan
Wisata religi : Mesjid Raya Bogor, Gereja Zebaoth, Klenteng Hok Tek Bio, Mesjid Empang
Wisata arsitektur : Stasiun Bogor, Gedung Bakorwil, Gedung Balaikota
Wisata belanja : Tas di Tajur, Factory Outlet di sepanjang Jl Padjajaran
Wisata kuliner : Nah ini dia topik yang akan kita bahas kali ini

Factory Outlet di Bogor

Sudah menjadi tradisi, kalau tujuan liburan seringkali dipengaruhi dari ragam kuliner yang akan diburu. Nah untuk pencinta wisata kuliner, JJH akan coba membagi informasi dari beberapa tempat yang dapat dijadikan panduan untuk memanjakan lidah & perut Anda.

WILAYAH TAMAN KENCANA
Kedai Kita (Pangrango No. 21, 0251-8324160) : resto yang terkenal dengan Pizza kayu bakarnya

Pia Apple Pie : menjual aneka pie, yg rasa apple pie yang paling favorit

Klappertaart Huiz (Jl Pangrango No. 25, 0251-4787000): Triple Combo – Klappertaart, Pastel Tutup dan Macaroni Schotel – adalah produk andalan tempat ini.

Macaroni Panggang (Jl. Salak No 24, 0251-8324046): Tidak hanya makaroni panggang saja, Nasi Timbel Peda Bakar, lontong sayur juga tersedia.
Ali Baba (Jl. Pangrango No. 13, 0251-8348111) : tempat untuk mencicipi masakan Timur Tengah

Alania Chocolava (Jl. Pangrango No 9, 0251-8326136): Pencinta coklat cake & variannya, silahkan mampir disini

Rumah Cup Cakes (Sanggabuana No. 4, 0251-8313051) : Menyediakan aneka cup cakes & cup breads.
Waroeng Taman (Jl. Ciremai No. 1, 0251-8378722) : Tempat nongkrong yang romantis

WILAYAH GANG AUT
Ini adalah kawasan kuliner yang sangat ramai dikunjungi wisatawan Jakarta. Ini daerah Pecinan (Chinatown) nya Bogor. Penjual makanan berjajar mulai dari BCA Jl Suryakencana, silahkan dipilih sesuai selera masing-masing. Untuk teman2 Muslim, harap selektif dalam memilih resto karena beberapa menjual makanan non-halal, tapi ditulis koq di restonya.

Beberapa makanan yang tersedia di sini adalah :
Asinan Jagung Bakar, Soto Mie Ciseeng, Toge Goreng, Combro, Aneka pepes, Laksa, Rujak Uleg Toko Bima, Mie Tasik, Soto Mie Agih, Kedai Mie Sehat, Bakso Kikil Pak Jaka, Nasi Goreng Goan Tjo, Ngo Hiang, De’Paris Bakery, Es Pala, Es Bir Kocok, Martabak (asli ini martabak rame banget), dan masih banyak lagi…

Artikel khusus untuk kuliner Gang Aut dapat dilihat di sini

JALAN PADJAJARAN
Sepanjang jalan Padjajaran ini terdapat beberapa resto. Diantaranya adalah :
Gili-Gili (Jl. Pajajaran no 69, 0251-8340111) : makanannya cukup enak, tempatnya nyaman & di sampingnya ada Factory Outlet yang cukup besar yang biasanya digemari oleh wanita.
Masih banyak lagi resto sepanjang jalan ini : Wajan Bekas, Boombu Hot, Taman Palem, Martabak Bolu Mirah, De’Leuit, dll.
Roti Unyil Venus ( Jl. Pajajaran Komp. V Point No. 1, 0251-8364008): Ini salah satu oleh2 yang menjadi ciri khas kota Bogor yaitu roti yang berukuran kecil, membuat penasaran saat mencicipinya.
Pada malam hari di pinggir jalan akan didirikan tenda-tenda yang menjual aneka makanan dengan harga terjangkau.

WILAYAH BANTARJATI
Bakso Boboho (Jl. Bangbarung Raya No. 51, 0251-8353774), Bakso Seuseupan (Jl. Bangbarung Raya No. 3, 0251-7107730), Bakso Atom, Ayam Geprek Istimewa (Jl Bangbarung Raya No 27, 0251-8385454), Burganni Burger (Jl. Bangbarung No. 20), Happy Cow Steak, Rumah Makan Manjabal dan masih banyak lagi.

Asinan Gedung Dalam (Jl Siliwangi 27C, 0251-8326843)
Ini juga merupakan ikon kota Bogor, belum sah rasanya ke Bogor kalau tidak membeli oleh2 asinan Bogor. Ada asinan buah, asinan sayur, asinan campur, kerupuk mie. Lokasinya merupakan terusan dari Jl Suryakencana (Gang Aut). Tempat parkir agak sulit, cari di seberang jalan atau di gedung2 sebelum lokasi asinan.

Resto Solo (Jl. Pajajaran Indah V No. R-5, 0251-375151)
Berlokasi dekat Rumah Sakit Bogor Medical Center (BMC), tempat ini menawarkan masakan khas Solo seperti gudeg, botok, salad solo, sosis solo.

Catatan ini masih akan saya lengkapi, dan silahkan dari JJH-lovers yang ingin menambahkan informasi kuliner di Bogor.

Tertarik untuk mampir ke Bogor ?
Salam JJH…

14 thoughts on “Wisata Kuliner Bogor

  1. linda lindawati

    9 juli 2016 saya ke taman kencana. Menurut warga selitar agripark sudah lama ditutup. Jadi mohon post diatas bisa di update. Tksh

  2. dadi

    es campur “pak ewok” paling top sebogor, gak hanya es makanannyapun komplit dan yang top juga batagornya boss, adanya di taman kencana bogor

  3. Anonymous

    es campur “pak ewok” paling top sebogor, gak hanya es makanannyapun komplit dan yang top juga batagornya boss, adanya di taman kencana bogor

  4. Hadi

    satu lagi min…Ayam Bakar Mbak Phat di jl. raya Klapanunggal, samping Aspex Kumbong, Cileungsi, Bogor. Ayam bakar dan sop iganya yummy banget deh..paling enak yang pernah gue temuin…

  5. amyz

    dont forget WAROENG BALOK @BOGOR.JL.SINDANG BARANG 185. MAKANAN KHAS BANDUNG YANG ADA DI BOGOR (KUE BALOK,BATAGOR,KOPI SEBLOK SUMUR,YOGHURT,TIMBEL GORENG AYAM,LELE + SAMBAL TERASI PEDASSSS…) KHUSUS KUE BALOK-MAKAN SEPUSNYA,BAYAR SEIKHLASNYA,,
    THANKS ADMIN,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.