Jalan Jajan Hemat

Kuliner Gang Aut (Bogor)

Salah satu kawasan kuliner di Bogor adalah Gang Aut. Tempat ini terletak di perbatasan antara Jl Suryakencana dengan Jl Siliwangi. Di sepanjang jalan ini, kita akan menjumpai aneka jajanan kuliner tradisional. Kalau diperhatikan, mobil yang diparkir sepanjang jalan ini kebanyakan adalah mobil dari Jakarta. Walaupun rata-rata tempat makan nya sederhana, bahkan hanya duduk di pinggir jalan, tapi tidak menyurutkan semangat para pemburu kuliner. Berikut beberapa kuliner yang terdapat di gang Aut.


Soto Kuning Bogor. Soto ini berwarna kuning yang berasal dari kunyit, santan dan beberapa rempah lainnya. Salah satu soto kuning yang terkenal adalah Soto Kuning Pak Yusup. Berlokasi di pinggir jalan dekat bank BCA, tempat duduknya pun terbatas, sehingga kadang harus menunggu. Disini kita dapat memilih daging atau jeroan sesuai keinginan kita sebagai pelengkap soto. (Sayangnya soto ini kurang cocok dengan lidah JJH, tapi banyak sekali rekomendasi untuk soto ini). Harganya Rp 19.000 per porsi.

Update info dari Ibu Lee Nelly : yang enak dan terkenal itu adalah yg lokasinya sesudah BCA dan baru jualan setelah jam 2 siang, karena banyak yang mirip2.

Toge goreng. Terdiri dari ketupat, toge (yang direbus bukan digoreng), mie kuning, dan bumbu tauco. Harganya berkisar Rp 8.000 – Rp 10.000

Asinan Jagung Bakar. Ini cukup unik karena biasanya kan asinan itu sayur atau buah, nah yang ini pakai jagung bakar. Rasanya mirip sekali dengan asinan sayur, harganya sekitar Rp 8.000 / porsi. Sebaiknya makan di mangkok, karena kalau makan di plastik rasanya kurang joss…

Es Bir Kotjok Jangan kuatir, minuman ini tidak beralkohol koq. Minuman khas kota Bogor ini terbuat dari jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula aren, namun berwarna seperti bir, dan jika dikocok-kocok akan berbuih. Itu sebabnya disebut bir kotjok. Salah satu yang terkenal adalah milik Abah Acep, dapat dicirikan dengan spanduknya yang bertuliskan “Es Bir Kotjok Bogor si Abah since 1965”. Harganya Rp 4.000 per gelas.

Di gang Aut ini ada martabak yang selalu ramai. Dijual oleh seorang encek-encek yang sudah cukup berumur.

Beberapa makanan lainnya : Mie sehat, Soto Mie Agih, Soto Mie Ciseeng, Toko Roti de Paris, Combro, Aneka Pepes, Lumpia Basah, Lumpia Kering, Nasi Goreng Pete Goan Tjo, Asinan Ahauw, Ngo Hiang, manisan pala, manisan mangga.
Wah pokoknya banyak sekali yang bisa diburu oleh pecinta kuliner. Harganya memang tidak murah-murah amat, tapi cukup sebanding dengan cita rasa yang didapatkan.

Selamat berwisata kuliner…
Salam JJH

4 thoughts on “Kuliner Gang Aut (Bogor)

  1. egi

    Ia batagor bandungnya sebelah soto bogor pa m yusuf…bisa pesan diresto dan mkn diresto pa yusuf.batagornya enak baru nemu yg enak dibogor oh kalo weekend ada kuah cekernya juga

  2. Otonk

    Otonk

    Ada yang baru loh kuliner di gang aut bogor pasti gak bakalan nyesel , cobaa aja mampir ke batagor bandung dijaminn josss gandoss sipp markosip top markotop . Selamat mencoba, mencicipi dan ketagihann pastinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.