Jalan Jajan Hemat

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, “Hhmm kuno… udah basi tuh”. “Itu sih tempat anak SD jalan – jalan..”
Mungkin itu yang terlintas dalam pikiran kebanyakan orang.
Tapi saya sekeluarga mencoba menepis pikiran itu. Kami mencoba mengunjungi Kebun Raya Bogor yang sudah tidak populer di kalangan keluarga muda yang tinggal di kota besar. Saran kami, datanglah pada hari biasa, Sabtu masih boleh, tapi hindari hari besar apalagi liburan panjang… karena Anda akan kecewa, Kebun Raya ini akan sangat – sangat padat, sehingga Anda tidak dapat menikmatinya.

Kebun Raya BogorDatanglah dari pagi hari, karena udaranya sangat sejuk dan pengunjungnya pun masih sepi. Pada hari biasa tersebut, kita dapat menggunakan kendaraan untuk berputar-putar di dalam kebun raya ini. Hal ini sangat penting, karena areal kebun raya ini sangat luas, dan dengan menggunakan kendaraan, maka kita dapat secara maksimal mengunjungi sampai ke pelosok-pelosok dengan tanpa membuat kaki encok. Tiket masuk ke kebun raya cukup murah. Hanya Rp 5.000 .Jika membawa mobil akan dikenakan biaya tambahan (kalau tidak salah sekitar Rp 3.500) . Kebun raya ini buka dari jam 8 pagi s/d jam 5 sore.

Museum ZoologiBanyak sekali jenis-jenis tanaman di sini. Berwisata sambil memperkenalkan jenis-jenis tanaman kepada anak – anak. Ada taman bunga yang indah, lengkap dengan air mancur. Ada jembatan gantung, ada taman kaktus yang indah. Nah tempat – tempat ini tidak pernah saya kunjungi sebelumnya jika hanya berjalan kaki. Di dalam kebun raya ini juga terdapat museum zoologi, dengan membayar tiket Rp 1.000 / orang kita sudah dapat memasuki museum ini. Di dalamnya terdapat replika tulang ikan paus raksasa, bermacam kupu-kupu dan binatang lain yang diawetkan. Juga terdapat rumah anggrek yang mengoleksi banyak sekali tanaman anggrek (harga tiket Rp 2.000). Masih dalam kawasan Kebun Raya, kita juga dapat menemukan Istana Bogor. Namun untuk dapat melihat ke dalam istana Bogor ini, kita harus ikut dalam rombongan dan harus booking sebelumnya.

Masih dalam kawasan kebun raya juga terdapat sebuah kafe yang bernama Kafe De Daunan. Kafe ini memiliki pemandangan yang cukup indah, dan cukup banyak dikunjungi, bahkan oleh para turis mancanegara. Namun memang harga makanan maupun minuman cukup mahal, sama seperti kafe pada umumnya.

Untuk mengetahui detail tentang Kebun Raya Bogor, dapat dilihat disini atau untuk membaca sejarahnya dapat dilihat disini.
Siap menjadikan kebun raya Bogor sebagai salah satu alternatif untuk jalan – jalan hemat bersama keluarga ?
Salam jalan jajan hemat.

Kebun Raya Bogor
Jl. Ir. H. Juanda No. 13
Telp. (0251) 8311362.

11 thoughts on “Kebun Raya Bogor

  1. Prawira

    Info hari apa saja buka ya untuk kebon raya bogor trus untk pemesanan tiket via phone bisa ga.trz dsitu ada saung untk b’teduh ga.

  2. Pingback: Wisata Kuliner Bogor | Jalan Jajan Hemat

  3. rommya Post author

    @ririt: waduh, sorry kelamaan banget saya responsnya. No telp Kebun Raya Bogor : (0251) 311362. Utk kafe dedaunan : (0251) 350023
    Salam Jalan Jajan Hemat

  4. wisnu

    kalo kemping 1 keluarga aja (3 orang) ada lokasinya gak mas?

    pengen liburan di sana 2 hari semalam aja….

    tks

  5. ririt

    menarik! dan pengen segera bawa rombongan kesana, dan hang out di cafe dedanunan… dari tadi nyari nomor informasi (telp) kebun raya bogor kok nggak ketemu ya.? ada yang punya?
    tengs…

  6. rommya

    Utk rombongan sebanyak itu pasti ada discount khusus. Coba saja hubungi ke kantornya. Apalagi kalau utk rombongan anak sekolah, lebih murah lagi… Cuma kl lagi musim liburan, siap2 penuh saja

  7. rommya

    Oh ya? Masak sih sampai segitu parahnya? Kl begitu datangnya jangan hari Minggu deh 🙂
    Tp memang lho di cafe De Daunan itu ramai. Dan kelihatannya banyak org khusus datang ke cafe, tdk jalan2 di kebun rayanya. Apa org kalau khusus ke cafe tdk perlu bayar tiket pintu masuk ya?

  8. Pitshu

    emang basi sih buat anak SD atau lebih tepatnya sekarang itu di buat jadi tempat orang pacaran atau berbuat mesum ^^ soalnya di sana itu klo habis malming banyak sampah kondom hihihi

    g ke kebun raya bogor karena ngincer cafe de deaunannya, pitshu suka banget sama Profetjes-nya enak boo hahaha… walaupun agak mahal yah ! dan itu cafe kan ada di dalam , mau enggak mau masuk kedalam kebun raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.