Jalan Jajan Hemat

Tips berwisata di Singapura

Posting ini saya rangkum dari jawaban Pak Bahar atas pertanyaan2 yang masuk untuk memudahkan teman2 semua. Thanks a lot Pak Bahar…

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1) Sin terkenal sebagai negara dengan banyak sekali aturan yang wajib ditaati, misalnya : Dilarang meludah, membuang sampah, merokok disembarang tempat, dilarang makan permen karet, dilarang makan di kendaraan umum dsb. Jika salah satu aturan ini dilanggar maka anda akan digiring oleh petugas, sebagai turis tunjukkan saja paspor maka biasanya hanya diberi peringatan (tidak sampai didenda).
2) Tempat2 wisata di Sin terkenal dengan kemahalannya, tetapi banyak juga tempat2 menarik yang gratis misalnya ; Singapore City Gallery di Maxwell Road, Singapore Botanic Garden, atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd), Musium (mis. Asian Civilisation,Singapore History, Singapore Art khusus Kamis malam jam 19.00 – 21.00), jalan2 disepanjang Singapore River, Clarke Quay,Jalan2 China Town, Bugis, Kampung Glam, Litle India, wilayah Marina bay, menyaksikan air mancur di Suntec City,bahkan Sentosa Island hanya dengan membayar $2 didalam anda bebas naik seatlebus, atau kereta monorail keliling keliling tanpa dipungut biaya lagi.

3) Air minum dalam kemasan mahal ($2), jadi sebaiknya bawa air botol yg bisa diisi ulang (air ledeng di Sin bisa langsung diminum), orang Sin sendri kalau makan diFoodCourt atau di Hawker centre jarang sekali memesan minum, mereka kebanyakan minum dari kuah soupnya saja.
4) Untuk komunikasi ke Indonesia yg paling murah adalah dgn Calling Card, gunakan Hallo Card dari Sing Tel caranya beli kartunya, pakai Telpon hotel/apartemen dan Call No. 18005380062 dengarkan petunjuknya dalam Bahasa Indonesia dan anda bebas bicara dgn biaya yang sangat murah sekitar 3 sen permenit ke Jakarta, ingat biaya roming sangat tinggi kalau menggunakan kartu Indonesia
5) Untuk internet, banyak hotspot di tempat umum seperti mall dan hotel tetapi harus membawa laptop, khusus di Changi airport (disemua terminal) dan Singapore Visitor Centre di Orchard disediakan fasilitas ini gratis tetapi waktunya di batasi sekitar 20 menit.
6) Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)
7) Transportasi lebih mudah dan murah naik Bus atau MRT gunakan kartu STP atau EZ Link

———————-

Saran buat teman teman yang mau jalan jalan ke Singapura.
A. BELANJA.
Untukbelanja brg elekrtronik, Lebih murah beli di Jakarta, selain lebih murah garansinyapun kalau barang rusak dalam masa garansi harus dibawa lagi ke sana, karena biasanya distributor di Jakarta tidak mau menerima (Repot bukan !),Juga hindari berbelanja di Lucky Plaza.
Untuk belanja pakaian saya ingatkan bahwa di Jakarta jauh lebih murah, sebagai contoh Pakaian di Mangga Dua Jakarta jauh lebih murah dari pada Mustafa Center di Singapura, demikianpula barang barang di Orchard Road (Misalnya barang diTakasimaya lebih mahal dari pada di Grand Indonesia atau pondok Indah Mall)Kecuali kalau lagi Singapore Great Sale harganya memang lebih murah tapi kadang kala nomor/ukuran dan warnanya sudah tidak lengkap, modelnyapun sudah model tahun lalu (hampir lawas).
B. MASUK SINGAPUR
Dgn Pesawat Terbang ke Changi Airport, begitu turun dari pesawat ambil petunjuk berupa brosur yang tersebar dibanyak kotak kotak etalase GRATIS, brosur itu umumnya berisi petunjuk jalan menuju tempat belanja, tempat wisata dll, nanti sesampainya di hotel yang dituju baru dibaca. dari Changi kita bisa naik Taxi, Bus atau MRT ke pusat kota katakanlah Orchart Road.
Dgn Speedboat dari Batam ke Harbourfront atau Tanah Merah Terminal (Singapore)yang paling ramai adalah di Harbourfront. Dari Harbourfront bisa naik Taxi, bus atau MRT ke Pusat kota misalnya Orchart Road
C. JALAN KEMANA ?
ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi tergantung waktunya, misalnya 1 hari, 2 hari atau 3 hari

Untuk Perjalanan dengan 1 (satu) hari kunjungan ke Singapura, saya sarankan melalui BATAM, setelah sarapan pagi di Batam (harganya tentu lebih murah daripada Singapura) berangkat dgn taxi khas Pulau Batam ke Batam Center atau ke Harbourbay menuju ke Harbourfront diSingapura dengan Speedboat waktu tempuhnya kira 45 menit tiba di Harbourfront sekitar jam 08.00 waktu Singapura setelah keluar dari Imigrasi Singapura cari Stasiun MRT disitu ada petunjuknya (tanda panah)kalau bingung tanya saja MRT Station, naik MRT menuju City Hall (mallnya besar) terus jalan jalan deh. Disekitar sini adaSupreme Court, Padang , Esplanade, Hotel Fullerton, Patung Merlion, Anderson Bridge semuanya bagus untuk berfoto ria dan semuanya bisa dengan jalan kaki lho. Disini kita punya waktu hingga makan siang, tempat makannya luas, pilih makanan sesuai selera kalau mau murah Mc Donald tapi tidak ada nasinya (kentang goreng,ambil saja paket supaya murah yang penting kan jalan2nya) Setelah makan siang kita menuju Orchart Road bisa dengan taxi sekitar SGD 7. atu naik MRT lebih murah di Wilayah Orchart muter deh ampe puas, kalau mau ke Sentosa Island usahakan paling lama di Orchart hingga Jam15.00 karena di Sentosa ada banyak atraksi,bisa naik bus atau MRT atau Taxi ke Harbourfront dari sini bisa naik Cable car ke sentosa, bus juga ada (Sentosa Express).
Ada Apa di Pulau Sentosa :
ada banyak point menarik diantaranya : Butterfly Park,Image of singapore, Sentosa 4D Magix, Sentosa Cine Blast (3D), Tiger Sky Tower, Sentosa luge and skyride, Patung Merlion terbesar. Selain itu ada Song of the sea (malam) The Flying Trapeze, Siloso Beacg Dll, tapi jangan semuanya dikunjungi karena waktunya tidak cukup, ingat Speedboat terakhir ke batam jam 21.00, anda sudah harus dipelabuhan harbourfront sebelum jam 20.00. Jangan lupa kunjungi Vivo city di Harbourfront, bisa makan malam disana setelah itu pulang deh ke Batam. …..Capek deh ya…udah tidur aja jangan kemena mana lagi ya……!

————————

Banyak yang mengatakan kalau mau mencari tempat yang suasananya lain dan tidak jauh dari Jakarta maka jawabannya adalah Singapura. Singapura adalah negara kecil dengan banyak aturan yang patut di contoh, tertib…tib mungkin karena penduduknya yang hanya 3,5 jutaan, bandingkan dengan Jakarta ?

Sebelum keluar Changi Airport tengok kiri kanan anda akan menemukan banyak brosur berisi Petunjuk berupa Peta, tempat2 menarik bahkan Toko2 yang menjual barang branded, ambil brosur2 ini dan baca setelah sampai di penginapan.
Banyak sekali ditawarkan paket2 City Tour (pagi2 dijemput di Hotel pulang sore hari harganya agak mahal), biasanya dijual di Hotel2 punya desk sendiri atau tempat yang berlabel STB.
Kalau mau lebih murah Ikut SUNNY HIPPO TOURS (Singapore City Hop on Hop off Tour, yaitu Tour keliling dengan menggunakan bis tingkat yang bagian atasnya terbuka, anda bisa pilih dari 2 (dua) Route yang ditawarkan:1. Heritage Route, 2. City Route. Setiap routenya melewati tempat2 menarik dan anda bisa turun disetiap tempat untuk berjalan jalan disekitar tempat pemberhentian setelah puas naik bis Hippo lagi yang akan melewati tempat pemberhentian setiap 1 jam.
Klau mau lebih murah dan lebih bebas lagi pakai MRT atau bis kota reguler (kalau udah bingung baru manggil taxi supaya tidak hilang… hehehehehe.
Kalau dari Singapura ke Kuala Lumpur, saya saranin naik bis, ada bis yang langsung dari SIN ke KL: Aeroline atau Nice (Bisnya bagus dan Nyaman harganya juga mahal)kalau mau lebih murah Naik Bis AC Reguler dari Lavender Stret(SIN) ke KL, kalaumau lebih murah lagi naik bis kota (Bis 160 atau 170) ke Terminal Larkin di JB (Johor Bahru)dan nyambung Bis JB ke KL (bayarnya lebih murah, pakai Ringgit (Separohnya). Untuk nginapnya di KL kalau mau murah dan dekat terminal Pudu Raya bisa cari hotel di sekitar Bukit Bintang banyak sekali hotel disitu (diantaranya Royal Bintang atau Imperial), kalau mau bagus dan mewah di Berjaya Time Square (harganya 2x lipatnya)

Taksi di SIN maksimum 4 orang jadi kalau belima berati dua taxi mungkin lebih murah kalau naik Bis, dari Changi Airport ada bis husus ke wilayah sekitar Lucky Plaza Orchard turunnya di Somerset Road (Hotel Phoenix). Dari Airport ke Lucky Plaza paling 35 menit, tarif taxsinya tidak jauh beda dengan Jakarta, kalau naik MRT dari Changi agak repot karena harus pindah jalur di City Hall ( dari MRT EW ke NS) . Kalau dari Lucky Plaza mau ke Sentosa paling gampang naik taxi bisa langsung, kalau mau lebih nurah naik MRT (NE)dari Station Dhoby ghaut ke HarbourFront(15 menit) turun di stasion ke4(ada peta terpampang di stasiun)di HarbourFront ada Sentosa Express Sin$3/orang (Vivi City Lobby L Level 3) turunnya di Song of the sea atau Sentosa Bus Sin$ 2/orang(Harbourfront Interchange) atau Cable Car.
Kalau dari Lucky Plaza Ke Merlion naik MRT (NS) di Somerset station ke City Hall atau Rafless Place (5 menit)
Di Singapura anda jangan takut bingung silahkan pergi kemana saja.

330 thoughts on “Tips berwisata di Singapura

  1. BudBud

    @vladi. kalo naik sentosa express dari vivocity ke sentosa kira2 $3. sebagai info, rute sentosa express didalam sentosa island itu : sentosa waterfront imbiah beach

    nah di dalam sentosa kalo mau bolak balik itu gak usah bayar lagi. misalnya dari waterfront mau ke beach, dari beach mau ke sentosa, atau dari sentosa ke imbiah, dll.

    kalo mau ke siloso beach, setelah anda sampai di beach station, silahkan tunggu di tempat pemberhentian bus. nanti anda harus naik bus itu dan turun di siloso beach.

    kalo mau pulang, dari silosi beach anda naik bus itu lagi dan turun di beach station. dari beach station naik sentosa express ke vivocity lagi.

    kalo anda sudah keluar dari sentosa island (misalnya ke vivociy), dan anda ingin masuk lagi ke sentosa island, maka anda harus bayar lagi untuk masuk ke sentosa island-nya.

    CMIIW. thanks.

  2. vladi

    @nina :
    2.kalo mau naik MRT bisa beli di mesin kusus beli tiketnya kok, kalo mau pake EZ-link mungkin untuk mau jadi anggota gitu deh,jadi nanti kalo mau naik MRT dapet tiket dari mesinnya(warna ijo)
    3.kalo bus ke KL gak dapet makan, jadi cuma duduk aja, pas saya ke singapur 2 taun lalu saya nyebrang ke malaysia(tiba di johor) trus ke terminal johor nyari bus ke KL, tapi nanti busnya sempet transit di tempat makan gitu,,,
    4. dekat banget, cuma jalan kaki bisa kok, walaupun emang agak jauh dikit aja udah dapet pemandangan bagus, saya saranin nginep di guest house aja , ada guest house Anjung KL dekat banget dengan perempatan bukit bintang(pusatnya) cuma jalan kaki, dekat dengan dagan-dagan makanan yang murah

    itu aja yg aku tau

  3. nina

    pak bahar…..sy mo tanya nih…..ini pengalaman pertama sy ke s’pore….
    Sy rencana mau ke s’pore kmd ke KL, 2 dws 1 anak(umur 3,5 thn).yg ingin sy tanyakan:
    1. boleh ga ya qt bw persiapan su2 uht anak sy,mi instan,air mineral (utk menghemat biaya)?klau boleh batasnya brp kotak(brp byk),?
    2.apakah anak sy jg hrs beli kartu ez-link?
    3.rencana ke KL naik bis,yg murah tp nyaman bis apa ya,trus naiknya dmn?apakah sdh termasuk mkn jg klau yg murah?apakah anak sy kena biaya jg?apa boleh dipangku sj biar tdk byr?
    4.Rencananya sy ke KL ingin melihat petronas….klau dr bukit bintang itu dekat ga?Penginepan yg murah apa saja ya pak?
    5.airport tax di malaysia brp?

    maaf ya pak pertanyaan sy byk sekali…..tlg infonya ya…..
    Trima kasih

  4. vladi

    pak, mau nanya kalo mau naik senteso express dari harbour front(vivo city) ke beach station di pantai silosonya brapa dolar ya kalo mau bolak balik harbour-sentosa , sentosa-harbour?

  5. vladi

    pak bahar, saya vladi masi umur 15 tahun, saya pernah ke Kuala Lumpur berdua dengan kakak saya, trus untuk bulan mei tahun depan(2012) saya mau ke singapur sendiri rencananya 3malam 4hari,
    -kira-kira untuk waktu 3malam 4 hari saya membawa uang berapa ya(gak termasuk hotel dan tiket pesawat)? yang gak nguras kantong?
    -oya kalo untuk urusan NPWP ato fiskal di singapore berlaku gak?
    -kan pak Bahar bilang kalo harus siapin NPWP kalo gak disiapin harus bayar, sedangkan saya gak punya NPWP tapi orang tua saya keduanya punya NPWP, saya harus gimana biar gak bayar 2,5jut??

  6. bahar

    @BudBud :
    1. Chinatown, Little India, Orchard Road dan Clarke Quay Jadikan satu hari kunjungan (hari I)
    2. Bugis, Geylang Serai dan Marina Bay (Esplanade, Merlion Park, Raffles statue, Suntec City/Fountain of Wealth, Marina bay sands) Juga satu hari kunjungan (hari II)
    Silahkan datangin tempat tempat diatas sesuai urutan dimulai dari Jam 09.30

  7. rika

    p’bahar harga tiket train ke sgpoe-kl atau kl-spore harganya sama.. tapi satu dlm RM satu lgi dalam SGD jd 2x lipat ya.. co:
    senandung malam spore-kl(deluxe) 131.80 usd
    senandung malam kl_spore(deluxe) 131.80 RM
    ini benar apa salah y pak? klo bgtu lbh baik dr kl ke spore donk hrgnya 1/2.. tolong adviseny pak ^^

  8. BudBud

    ok pak bahar thanks buat infonya. akhirnya besok pagi sy berangkat juga ke Sing.
    oh ya, ada beberapa tempat yg ingin sy telusuri yaitu:
    Orchard
    Clarke Quay
    ChinaTown
    Bugis
    Little India
    Esplanade
    Marina Bay
    Merlion Park
    Geylang
    Fountain of Wealth
    Suntec City

    mohon infonya dan rutenya dari pagi sampai malam agar sy bisa memanfaatkan waktu untuk pergi ke semua tempat2 diatas.

    spare waktu untuk pergi ke tempat2 diatas adalah 2 hari.

    jadi berdasarkan list diatas hari pertama sy sebaiknya kemana.
    dan hari kedua seharusnya kemana? thanks ya pak bahar.

  9. bahar

    @BudBud :
    – Kalau naik Bus RWS bayar $2/0rang (masuknya doang yang bayar, keluarnya gratis pakai kendaraan apa saja selain taxi dan cable car), bis tidak berhenti disembarang tempat, paling dekat dengan Hotel Michael turun di Stasiun Waterfront (perhentian ke 3 dari Vivo city)dilanjutkan dengan jalan kaki 90 meter ke Michael.
    – Kalau naik taxi dari airport Ongkosnya sekitar S$23, dicheck point Sentosa anda tinggal ngomong mau ke Hotel Michel dan tidak ada pembayaran tiket masuk.
    “Selamat Berwisata”

  10. BudBud

    pak bahar, kalo Naik Bis RWS atau Bis Sentosa dari Harbourfront ke Hotel Michael, itu kena brp duit ya?
    dan apakah kalo Naik Bis RWS / Bis Sentosa, kita turun di depan hotel Michael atau kita musti jalan kaki lagi ke Hotel tsb?
    mohon info-nya lagi pak bahar, soalnya lusa sy sudah berangkat ke sing. tq.
    oh ya, ada saudara sy yg memberi saran agar naik taxi dari changi ke hotel michael, dan sy di berikan kartu yg fungsinya untuk “jika taksi mau masuk ke sentosa island, kita tinggal tunjukkan kartu tsb dan tdk usah bayar lagi”. kira2 dari changi ke hotel michael naik taksi kena brp duit ya? agak was2 nih soalnya kita sampe di changi jam 8 pagi (pas jam sibuk) dan kalo naik taksi bisa kena charge 35%.
    mohon sarannya pak bahar, thanks.

  11. ari

    pak maap saya mau tanya,gimana caranya masuk ke area marina bay casino,lokasi bwt maen togel dekat mana dan alamat lokasi bermainya..
    tanks…

  12. kaka

    p’baharr minta tolong donk saya mau ke spore tgl 7july dan tgl 10 july mau ke genting malay.. saya minta tolong donk,kira2 tempat mana saja yg saya patut kunjungi saya mndrt dising jam 11.30.yg saya mau tanyakan
    1.hotel apa yg terjangkau dan bersih karena kmgkinan kluarga besar mau ikut.. klo bisa hotelny dekat dgn mrt or bus sehingga klo saya mau pergi jalan2 mudah tdk prlu naik taxi,karena saya dengar klo jam 3-8malam kena cas naik taxi.
    2.enaknya saya pergi kmn aja,yg kpikran (uss,bugis,orchd,marina,merlion,sentosa) sisany klo ad wktu boleh kmn aja pak klo bs yg tempat blnja murmer ^^,nama statiun pemberhentian saya dapat copas dr atas 🙂
    3.trs klo mau ke genting dr spore terminalny dimana y pak?dan kn brp hrganya? kira2brp lama? supaya saya dapat membuat jadwal digenting ^^
    p’bahar sebelumny terima kasih ya

  13. Nila

    Sore pak Bahar,saya mohon saran dan tips untuk Itenary , agar sy bisa memanfaatkan waktu liburan di SIN & MLY. Saya berangkat JKT-SIN-JKT tgl 15-20 Sep 2011 by air asia. Tiba di SIN pkl 16:55 nti kembali ke JKT tgl 20 Sep 2011 pswt pkl 14:25. Kebetulan Saya berangkat bersama suami, 3 orang anak dan kedua Orang tua saya yg sdh berusia 65 & 70 th. Rencananya sy akan menginap di apartemen People’s Park Centre, Chinatown. Saya belum booking atau ada saran lain atau hotel yang lebih baik dari Bapak dgn lokasi yg lebih mudah diakses disekitar Chinatown?. Saya berencana liburan ke MLY jg. Tapi saya & suami belum punya gambaran sama sekali gimana perjalanan dan dimana saya harus menginap di MLY ( kalau memang memungkinkan karena saya pergi dgn ORTU & 3 anak umur 7 – 10 thn karena kami belum pernah ke MLY. Mohon bantuannya utk dibuatkan rencana liburan,saran, tips & infonya utk wisata JJH. Terima kasih banyak sebelumnya Pak Bahar.

  14. bahar

    @Prast :
    Dari Changi airport naik MRT saja, selain murah dan praktis LP sangat dekat dengan stasiun MRT Orchard (tinggal nyebrang lewat underpass keluar di Tang Plaza (LP ada disamping Tang), caranya : Stasiun MRT Changi Airport ada di Terminal 2, jadi kalau kedatangannya di T1 atau T3 naik Sky Train aja ke T2 (ikuti tanda panah diatas kepala/Plafon “Sky Train to T2” dan “MRT To City”), setelah ketemu stasiun MRT langsung aja beli Tiket di GTM (General Ticketing Machine)tinggal tunjuk/sentuh tujuan anda (MRT Orchard)dan masukkan uang sebesar yang tertera dimesin (kalau pakai uang kertas, mesin hanya bisa membaca maximum$10) jadi kalau tidak punya recehan silahkan minta tukar di loket sekalian minta Peta Rute MRT. Kereta akan berhenti di MRT Tanah Merah silahkan pindah kereta ( jalan 2 atau 3 meter saja)untuk selanjutnya turun di MRT City Hall kemudian pindah kereta lagi yang jurusan Jurong East dan turun di setasiun MRT Orchard (stasiun ke 3), tinggal nyebrang nyampe deh di LP (eeeit…,jangan lupa kembalikan tiket anda di GTM dan silahkan ambil uang jaminannya).
    Untuk makan di LP banyak makanan Halal (lt dasar & Lt 6), tapi kalau mau lebih murah dan halal/resto melayu ada di gedung Mid Point lantai dasar pojok kiri belakang (LP sangat dekat dgn Mid Point hanya beberapa meter), selain itu disetiap Foodcourt atau Hawker Centre biasanya ada beberapa stall yang menjual makanan halal, salah satu yang semua stallnya halal adalah BANQUET (Cobain Yang Thou Fu atau Chicken Ricenya enak deh) harganya juga murah(sekitar $4)sedangkan untuk minumnya sebaiknya bawa air botolan dari penginapan (air difoodcourt mahal $2/600ml)
    Selamat berwisata
    Tip :
    Kalau bawa BB buka aja webnya ‘gothere.sg’, tinggal tulis tujuan anda (dari mana ke mana)maka disitu akan ada petunjuk yang sangat jelas baik naik taxi, MRT, maupun Bis

  15. bahar

    @BudBud :
    – 25 Mei :
    (08.00) tiba di Changi airport, bisa naik :
    a). MRT ke Outram Park dari sini ganti kereta yang ke Harbourfront (hanya 1 stasiun/ turun di Pemberhentian berikutnya (MRT HarbourFront)untuk selanjutnya ke Pulau Sentosa by :
    – Sentosa Express (Kereta Monorail), caranya : jalan keluar menuju ke Vivo City (ikuti tanda panah )tepatnya di Lobby L lanta 3 beli tiket bisa di loket atau di Mesin, dilantai ini ada foodcourt silahkan sarapan dulu sebelum naik kereta, turun di Stasiun Waterfront (Pemberhentian Pertama waktu tempuhnya hanya 4 menit) lalu jalan kaki ke Hotel Michael atau naik Shuttle Bus.
    – Naik Bis RWS atau Bis Sentosa dari Harbourfront
    b). Naik Shuttle Service, $7/orang. Counternya ada dipintu keluar, tinggal sebutkan nama hotelnya
    c). Taxi, untuk jam sibuk dikenakan biaya tambahan sebesar 35% (O7.00-09.00)
    d). Free Shuttle bus, beberapa hotel menyiapkan penjemputan gratis, tanyakan ke Hotelnya atau di bagian informasi bandara.
    Karena di Hotel Belum bisa Check In ( masih pagi) , maka silahkan titip barang dulu diLobby Hotel untuk selanjutnya bisa muter-muter di Pulau sentosa dengan menggunakan kereta Monorail Gratis atau Free Shuttle bus atau sekalian masuk ke Universal Studio, tiket masuk USS S$65 sudah dapat Voucher makan siang $5.
    Stasiun MRT terdekat dengan Hotel anda adalah MRT Harbourfront, bisa dicapai dengan naik Bus RWS, Sentosa Bus, atau Sentosa Express Gratis (tidak perlu bayar utk sampai ke Harbourfront) atau jalan Kaki sambil olah raga
    -26 Mei :
    (09.00) Chinatown (Naik MRT dari Harbourfront , turun di MRT Chinatown/ perhentian ke2)
    (12.00) Orchard Road (dr MRT Chinatown, turun di MRT Dhoby Ghaut)
    (16,00) Marina Bay (dari MRT Dhoby Ghaut, turun di MRT CityHall atau MRT Raffles Place)
    -27 Mei :
    (09.00) naik Hippo Tour, keliling singapura dengan bis Tingkat, ambil paket Heritage dengan 11 tempat pemberhentian terkenal dan disetiap tempat pemberhentian anda bebas turun untuk jalan2 sendiri tanpa dibatasi waktu Hop in Hop off. Nanti petugas loket akan memberikan Peta yang sangat jelas sehingga tidak akan tersesat. Perjalanan bis dimulai dari Suntec City tetapi beli tiketnya bisa diatas bis, jadi langsung aja naik dari tempat perhentiannya
    -28 Mei : beli oleh-oleh di :
    (08.00) Mustafa Centre
    (10.00) Bugis
    (14.00) Kembali ke Hotel Check Out
    (15.00) Ke Airport, Jalan jalan di Terminal 1,2 dan 3
    (18.00) Checkin untuk terbang kembali ke Kampung halaman tercinta yang Gemah Ripa Loh Jinawi, tariklah pelajaran dari Negara itu yang tidak punya Sumber Daya Alam, jangankan Emas, batubara, minyak, gas alam, Tembaga, Nikel , bahkan air bersihpun diimpor tetapi ajaibnya air krannya bisa langsung diminum dan disediakan dibanyak tempat umum………., apa yang salah dengan kita hehehehehehehehehehhehehe !
    Tips :
    – Minta Peta route MRT dari petugas penjaga loket distasiun MRT, petanya bagus, jelas dan gratis, gampang diselipin dikantong karena lipatannya hanya sebesar kartu kredit

  16. Prast

    Maaf pak, saya baru pertama kali jadi mohon bantuannya agar tipsnya lebih detail. terima kasih 🙂

  17. Prast

    Siang Pak Bahar, rencana saya mau ke singapura tgl 20 Mei sampai disana jam 21.30 dan pulang tgl 23 mei pesawat jam 14.25 dan menginap di LP. dari bandara ke LP baiknya naik apa ya Pak? saya mau minta tips tempat wisata dan makan yg halal & murah Pak? saya kesana bersama istri & anak saya umur 1,5 thn. terima kasih sebelumnya

  18. BudBud

    pagi pak bahar, salam kenal nih.. sy mau minta tips untuk wisata di singapura. sy berangkat dari jkt tgl 25 mei 2011 jam 5 pagi, balik ke jkt tgl 28 mei sekitar jam 8 malam. mohon saran dan tips untuk Itenary , agar sy bisa memanfaatkan waktu liburan di SIN.
    sy menginap di hotel michael (sentosa). kalo dari hotel tsb ke MRT/LRT jauh gak ya? rencana saat ini, tempat yg ingin sy kunjungi yaitu ChinaTown, Bugis, Orchard, MarinaBay, dll. ada info/tips, kira2 sy harus kemana lagi? sementara ini dulu pak bahar, thx atas jawabannya..

  19. bahar

    @suwito :
    Di JB anda bisa mengunjungi Mesjid Sultan Johor dan Istana Sultan Abubakar (mesjidnya sih tidak ada apa apanya bila dibandingkan dengan Beberapa mesjid terkenal di Jakarta, tapi bangunannya antik dan yang membangunnya adalah Sultan keturunan Indonesia katanya dari Gowa), selain itu ada pengrajin batik tapi tidak usah dikunjungi krn di Indonesia jauh lebih bagus. Didekat Checkpoint imigrasi ada tempat hiburan Danga Bay letaknya di Pantai Selat Johor, bisa tempat main anak2, duduk2 sambil makan dan bisa menggunakan speed boat (Danga Cruise) untuk menyusuri selat Teberau.
    Kalau mau belanja oleh2 handycraft bisa ke JARO (Johor Area Rehabilitation Organization) di Jalan Sungai.
    Tempat Belanja :
    – Terminal Ferri The ZON (stulang Laut), bebas Pajak.
    – Plaza Kotaraya (dekat Ktr Bea Cukai Johor) bisa borongan harga lebih murah.
    – Jusco/AEON Teberau City Jl. Desa Tebrau
    – JB City Square
    Dll.
    Kalau Pak Suwito mau ke Jusco bisa naik taxi dari Check Point Imigrasi ongkosnya MYR 20 atau naik Bis No 77 didepan Public Bank Jalan Wong Ah Fook ongkosnya MYR 1,9 atau naik bis nomor berapa saja dari sini yang jurusan Kota Tinggi atau Ulu Tiram.
    (Saran : Kalau makan di FoodCourt JB sebaiknya pilih paket yang sudah ada tertulis harganya atau kalau memilih milih lauk sendiri sebaiknya tanyakan dulu harga setiap lauknya sebelum diangkat ke piring, pelayannya suka ngadalin kalau tahu dari Indonesia)

  20. bahar

    @yanti :
    1. Dihari pertama anda bisa memanfaatkan waktu untuk jalan – jalan di Orchard Rd, sore harinya bisa ke City Hall (naik MRT) disitu ada Padang, Raffles landing, Asean Civilisation Museum, Merlion, Esplanade, Boat Quay hingga ke Clarke Quay, Malamnya kalau belum ngantuk bisa ke Mustafa Centre.
    Hari ke dua ke USS biasanya seharian, malamya bisa nonton Songs Of The Sea.
    Hari ke tiga bisa Cari oleh-oleh di Bugis (toko2nya buka mulai jam 10an) disini bisa sampai jam 12, nanti ke Bandaranya langsung aja dari Bugis naik MRT(sudah dekat).
    2. Makam Habib Noh Alhabsi ada di Palmer Rd, Stasiun MRT Terdekat adalah Tanjong Pagar, dari tempat anda menginap tidak jauh, naik taxi kurang dari Sin $10. anda bisa kesana di hari ke dua jam 06.30 dan balik ke ke Hotel atau langsung ke USS jam 09.00 (sekedar diketahui : Ziarah Makam di Singapura tidak lazim, yang lazim adalah Menziarahi Patung Merlion dan Raffles)
    3. Untuk makan siang dan Malam Dihotel anda ada restaurannya tapi harganya selangit, kalau mau murah naik bis ke Harbourfront Interchange disitu ada Hawker Centre
    4. Karena harga tiket masuk USS mahal maka biasanya sayang kalau hanya sebentar selain itu ada jadwal2 atraksinya, tapi kalau mau keluar dari USS kapanpun boleh saja dan anda bisa jalan jalan ke Chinatown, Little India dan Bugis yang pasarnya buka hingga jam 22

  21. vietry

    Lam kenal Pak Bahar..mohon bantuannya tuk itinerary di kl tgl 3 juni nyampe di LCCT jam 16.35 sore dan cabut ke sing tgl 6 juni jam 08.20 pagi dan sampe di sing jam 09.15 pagi trus balik ke kl lg tgl 8 juni jam 06.15..terima kasih atas bantuannya pak..

  22. yanti

    maaf pak Bahar, infonya sedikit salah. Hotel kami di Festive Hotel : 39 Artillery Sentosa Singapore.
    mohon bantuannya pak Bahar.

  23. suwito

    Siang Pak Bahar, Sorry ganggu pak…Sy berencana akan mengunjungi JB dlm waktu dekat, this is my first time trip to JB…by bus from SIN. yg ingin sy tanyakan : sy dpt mengunjungi tempat wisata apa di JB pak tp sy tdk nginap di JB? Jika sy akan ke Jusco Teberau bagaimana caranya?. Terima kasih sebelumnya pak….atas pertolongannya memberikan saya informasi.

  24. bahar

    @MORIS :
    Pak Moris.., sayang sekali tidak bisa bantu untuk pembelian tiket bis JB-Penang karena akupun tidak punya kartu kredit keluaran Malaysia, tapi untuk ke Penang dari JB sebenarnya ada banyak bis yang kesana, aku saranin Bapak langsung saja ke JB Central disini Bapak bebas memilih, tetapi sebelum menentukan pilihan lihat dulu Bis dan Fasilitasnya karena disini juga ada calo meskipun tidak seramai calo diterminal antar kota di Jakarta.

    @liana :
    1. Dari Changi airport ke hotel 81 Chinatown, naik MRT saja Ongkosnya hanya S$1,62/orang, hotel anda sangat dekat dengan Stasiun MRT Chinatown hanya sekitar 50 meter atau jalan kaki 1 menit.
    Caranya : Ikuti petunjuk arah di Bandara berupa tanda panah yang bertuliskan MRT to City maka anda akan temukan Stasiun MRT di T2 Changi Airport beli tiket dan langsung naik kereta yang akan mengantar hingga ke Stasiun MRT-Tanah Merah dari sini naik lagi dan turun di Stasiun MRT Ourtam Park untuk ganti kereta yang jurusan PUNGGOL, turun distasiun MRT Chinatown (hanya satu pemberhentian dari Outram Park).
    2. Untuk ke JB aku saranin naik Bis Singapore-Johore Express, terminalnya di Queen Street disamping Wholesale Market Victoria Street (dekat sekali dengan Stasiun MRT-Bugis 5 menit jalan kaki, ongkosnya S$2,4/orang waktunya tempuhnya hanya 30 menit dan Begitu keluar dari Checkpoint Imigrasi Malaysia anda tinggal ikuti tanda panah ke JB-City Square (Mallnya nyambung dengan Chekpoint Imigrasi)

  25. yanti

    Pagi pak Bahar,
    mohon dibantu. Kami dapat undian liburan ke SIN 3 hari 2 malam. Dari tanggal 15 – 17 Mei. Tapi jadwal yang panitia berikan kami cuma dapat tiket gratis ke Universal Studio pada hari ke 2. Selebihnya banyak waktu bebas.
    Waktu bebas :
    Hari pertama mulai jam 2 siang sampai malam.
    Hari kedua ke Universal Studio
    Hari ketiga sampai jam 12 siang. (Jam 12 kami beserta rombongan sudah berangkat ke Changi)

    Pertanyaannya..
    1. Minta saran bagaimana kami memanfaatkan waktu bebas tersebut agar efektif?
    2. Kami ada rencana ingin mengunjungi makam Habib Nuh yang katanya ada di di Palmer Rd. Bagaimana mencapai tempat itu? Hotel kami : 39 Aritillery Sentosa Singapore
    3. Kami tidak dapat makan siang dan makan malam. Mohon saran tempat makan yang murah di sekitar hotel atau yang dekat dari sana.
    4. Apa perlu waktu sehari penuh di Universal Studio? Kalau tidak perlu… mohon saran juga bisa kami manfaatkan untuk apa hari kedua itu.
    Terima kasih sebelumnya pak.

  26. liana

    Siang pak Bahar, mohon pencerahan…. Saya berencana ke SIN tgl 21-25 Okt 2011 by air asia, sy booking online di Hotel 81 Chinatown yg ingin sy tanyakan :
    1. Bagaimana cara mencapai hotel tsb dr Changi?
    2. tgl 22 Okt sy berencana ingin ke Johor Bahru City Square PP,
    bgmn mencapai tmpt tsb dr Hotel 81 Chinatown?
    makasih ya pak sebelumnya…….

  27. MORIS

    Dear pak Bahar,
    Saya bermaksud membeli tiket bis JOHOR BAARU – PENANG.
    Di website Konsortium Bas Ekspress Malaysia.
    Sayangnya, mereka hanya terima Kartu Kredit keluaran bank Malaysia.
    Kebetulan saya tidak punya.
    Apakah bapak bisa bantu untuk pembelian tiketnya?
    Kalo diwebsitenya tertera 59 RM / orang.
    Terima kasih pak.

  28. bahar

    @olivia : Dari Orchard ke Bugis, aku saranin naik bis no 33 turun diBugis Village seberang Bugis Junction ongkosnya kurang dari $1, kalau naik MRT selain Ongkosnya lebih mahal mutarnya juga lebih lama (naik MRT dari Orchard atau Somerset atau Dhoby Ghaut ke MRT City Hall, disini ganti kereta yang ke arah Changi/Pasir Ris turun MRT Bugis)

  29. bahar

    @albert budiyanto :
    4 Mei 2011 :
    – 14.00 Tiba di Changi Airport, Ikuti jalur/tanda yang menuju ke Check Point Imigrasi, setelah urusan Imigrasi selesai silahkan ambil bagasi (kalau ada) selanjutnya perhatikan semua petunjuk arah yang ada diterminal manapun anda tiba (di Changi airport ada 4 terminal masing2 Terminal 1 (T1), T2, T3 dan Budget Terminal. T1, T2 dan T3 dihubungkan dengan Sky Train gratis, sedangkan untuk ke Budget terminal bisa menggunakan Free Shuttle Bus.
    Saran : Setibanya di Changi jangan lansung keluar, silahkan jalanjalan dulu misalnya Jika kedatangannya di T1 anda bisa Jalanjalan ke T2 dan T3 dengan menggunakan Sky Train, ikuti saja petunjuk arahnya (misalnya; Sky Train To T2)sky train ini akan datang hanya dengan hitungan menit. Disetiap Terminal ada banyak toko maupun Restoran dengan harga sama dengan didalam kota (ada kurang lebih 80 toko diChangi airport), jadikan ini adalah bagian dari kunjungan wisata anda.
    – Setelah puas di Changi silahkan menuju hotel Carlton, bisa dengan :
    ***Taxi dari terminal mana saja (ongkos sekitar S$22, atau
    ***Shuttle Bus Service dari Changi Langsung ke Pintu Hotel dengan ongkos S$7/Orang (counternya ada di pintu keluar setiap terminal tapi bayarnya sama sopir diatas Bis). atau
    ***Naik MRT dari Stasiun MRT Airport T2 ke Stasiun MRT terdekat dengan Hotel Carlton (MRT City Hall atau MRT Brasbasah), caranya adalah bisa beli tiket perkali jalan di GTM (General Ticketting Machine) dengan uang jaminan yang bisa diperoleh kembali diGTM setelah tiket dikembalikan (kekurangannya adalah harus beli tiket setiap kali menggunakan MRT), Cara yang paling mudah adalah :
    Beli EZ Link Card dikounter EZ-Link (letaknya disebelah kiri agak kebelakang dibawah Escalator, jadi kalau turun ke Stasiun MRT tengok kesebelah kiri dibelakang anda disitu ada kounter kecil Harganya S$12 ($5 harga tiketnya,$7 isinya) selanjutnya kartu ini bisa diisi ulang diGTM dengan minimal $10 setiap pengisian, caranya letakkan EZ-Link di Card Holder maka GTM otomatis membaca Saldo uang yang ada di kartu, selanjutnya tekan/Touch tulisan Add Value dan masukkan uang maka mesin akan otomatis membaca saldonya.
    Cara penggunaan EZ-link : hanya dengan menempelkannya pada pada pintu masuk sebelah kanan anda (yg ada gambar kartunya maka pintu masuk stasiun akan terbuka silahkan masuk dan pilih jalur tujuan demikian pula pada saat anda keluar terminal tempelkan kartu dan pintu keluar akan terbuka.
    (Keuntungan menggunakan EZ-Link : Selain MRT, juga bisa digunakan untuk naik Bis Kota caranya sama, tempelkan kartu EZ-Lik pada saat naik dan turun dari Bis,ingat jika lupa menempelkan katu pada saat turun maka kartu anda akan dicharge seharga jarak terjauh. Selain itu bisa dipakai belanja di 7-11 atau beli minuman dan yang paling penting adalah tarif MRT dan Bis 30% lebih murah bila menggunakan EZ-Link).
    – Setelah C/i di Carlton , istrahat sejenak dikamar selanjutnya jalanjalan ke Orchard rd (Supaya benar benar terasa luar negerinya hehehehe) bisa dimulai dari Orchard Central hingga Wisma Atria, selanjutnya nyebrang ke Tang Plaza dan jalan hingga ke Plaza Singapura/MRT Dhoby Ghaut, dari sini naik MRT ke Clarke Quay untuk melihat meriahnya singapura dimalam hari.
    5 Mei 2011 :
    Silahkan Ambil Paket Hippotour (Hop On Hop Off) untuk seharian keliling singapura, ikuti saja kemana bisnya akan membawa anda dan anda bisa turun disetiap pemberhentiannnya untuk jalan jalan tanpa batas dan kembali naik bis lagi ditempat yang telah ditentukan.
    6 Mei 2011 :
    – Beli Oleh oleh di Chinatown, Bugis dan untuk selanjutnya dari bugis Junction ke Changi naik MRT saja

  30. bahar

    @dini :
    26 April 2011 :
    – 13.00 anda tiba di Changi Airport Langsung menuju penginapan utk Check in
    – 14.00 Jalan jalan diOrchard Rd dimulai dari pertemuan Killiney rd dgn Orchart (belok ke Kiri) anda bisa mulai menyusuri Mall Orchard Central Hingga Wisma Atria/Ion Orchard, selanjutnya nyebrang ke Tang Plaza ( jalan arah berlawanan dgn tadi)hingga ke Stasun MRT Dhoby Ghaut / Plaza Singapura.
    – 17.00 Dari Halte Bus Dhoby Ghaut naik Bis No.133 menuju Kearah Marina Bay Sands (MBS) turun tepat didepan MBS, silahkan masuk dari Tower 1 yang nyambung dgn Tower 2 dan Tower 3, kalau mau naik ke Sands Sky Park keluar dipintu utama Tower 3 dan tengok kekiri disitu ada eskalator mengarah kebawah tiket counter utk ke Sands Sky Park S$20/orang, atau silahkan cari jalan menuju Casino/seberang dari Tower 2 (jalan hingga mentok ke casino) selanjutnya anda akan ketemu shopping Centre yang didalamnya mirip2 Venesia (ada perahunya, setelah puas jalan jalan disini silahkan kembali kepenginapan dengan menggunakan Bis No. 133 arah sebaliknya.
    27 April 2011 :
    – Pada hari ini anda bisa ambil Ducktour atau Hop on Hop Off, Singapore Flyer, dan sore harinya ke Sentosa Island untuk nonton Song Of The Sea (jam 19.40) dan sekalian aja nonton Crane Dance yang dimulai jam 21.00. Pulangnya anda bisa naik MRT atau Bis
    28 April 2011 :
    – Hari terahir adalah hari untuk berburu oleh oleh, di Mustafa Centre, Chinatown dan Bugis, terahir dari bugis menuju menuju airport naik MRT saja.

  31. Anonymous

    Hei kawan-kawan, beberapa pertanyaan saya belum sempat jawab, hari ini kamis 21 April masih Dibandara Changi, besok baru mulai mulai jawab-jawab ya…!, ditunggu saja.
    Aku dapat tiket murah pada tgl 16 April ke Singapura, balik hari ini pokoknya murahlah saat ini saya di Boardinglaunge D30 terminal 1, ntar take off jam 14.25 airasia ke Jakarta.

  32. olivia

    hallo..sy mau tanya kalau naik MRT dr orchard ke Bugis jalurnya gmn yah?
    thankss,,sy tgg jwbn nya..

  33. albert budiyanto

    Siang pak bahar,
    Saya ingin berterima kasih atas informasi yang Bapak berikan dam blog ini, sangat membantu bagi yang ingin melakukan perjalanan ke singapura.
    Saya mohon saran dan masukan Bapak untuk perjalanan kami ke Singapura untuk poertama kali. Kami akan berangkat tanggal 4 mei 2011 pukul 11.20 dan sampai di Changi pukul 14.00 dan kembali ke jakarta tangl 6 mei pukul 17.20. Kami akan menginap di hotel carlton (di daerah brass bassah).
    Terimaksih banyak sebelumnya Pak Bahar 🙂

    Salam

    Albert

  34. dini

    oiyah pak tambahan , kita ada rencana ke song of the sea, ducktour, sing flyer dan skyludge , di tunggu ya pak iteneraryny a, thx 🙂

  35. dini

    Siang pak,
    Tolong di bantu ya , Dini dan temen2 mau ke ke sing tanggal 26-28 april ini , kita naik tiger dr jakarta brkt tanggal 26/4/2011 jam 09.55 dan pulang ke jakarta tgl 28/4/2011 jam 18:25, trus kita nginepnya di apartment airview tower pak . Bisa bantu bikin itinerarynya ya pak , biar 3D2N bener-bener efektif 🙂 . Kemudian dimana ya kita bisa beli prepaid card hp dengan harga yang tidak mahal. Terimaksih banyak sebelumnya Pak Bahar 🙂

  36. adit

    pak sy tlg dibuatkan schedule selama d singapore harus ke mana aja, kita brkt tgl 27/04-30/04.makasih pak.

  37. bahar

    @dewi :
    – Ada banyak sekali tempat2 menginap di S’pore selain yang pernah saya sebutkan, yang termurah dan strategis adalah disekitaran Little India, Bugis dan Chinatown dan yang paling penting adalah cari penginapan yang lokasinya tdk jauh dari stasiun MRT supaya mudah dan murah kalau mau jalanjalan.
    – Kendaraan paling malam dari Sentosa adalah taxi 24 jam, bis ke Harbourfront hingga tengah malam (kalau terpaksa jalan kaki dari sentosa juga bisa/tdk jauh).

    @Erik :
    – kalau mau murah & tdk repot sebaiknya pakai taxi 4 atau 5 orang sekalian bawa barang dan 1 atau 2 orang pakai MRT (yg pakai MRT bisa lebih duluan nyampenya) karena pakai maxicab juga mahal $7/orang

  38. Erik

    pak bahar, saya mau tanya nih, saya mau ke sing 4 dewasa 2 anak, dr changi ke little india kayak nya mending pake taxi, karena pake krt repot bawa2 koper nya, trus taxi max 4 org, saya di pastikan tidak boleh pake 1 taxi ya, terus kalo pake taxi yg alphard tau ga harga nya beda berapa sama taxi yg biasa, pake alphard karena mnghemat jadi 1 taxi, dari pada 2 taxi, mohon pencerahan nya pak, terima kasih sebelum nya..

  39. dewi

    pak bahar saya mau bertanya mengenai informasi tempat penginapan backpackers yang aman di singapore. apakah ada alternative penginapan lain selain yang bapak sampaikan di web ini?
    kalau dari sentosa balik ke city kendaraan paling malam dr sentosa jam berapa?

  40. bahar

    @nur diniarti :
    24-Maret, Airport ke LP naik MRT di Terminal 2 ke MRT Orchard
    – 10.30 C/i di Lucky Plaza
    – 11.00 Jalan jalan di Orchard sambil cari makan siang
    – 15.00 Ke City Hall (naik MRT dari Orchard atau Somerset, disini bisa pusing-pusing hingga malam hari (Padang, Asean Civilisation Museum, Raffles Statue, Merlion, Esplanade,Suntec City, MBS, Boat Quay, Clarke Quay) untuk makan malam bisa di Makan Sutra/Glutton Bay atau di Lau Pa Sat Food Festival (enak makan sate+ Lontong Singapura)
    25-Maret, (Pagi Naik MRT ke Harbourfront dari MRT-Dhoby Ghaut),selanjutnya Ke Sentosa Island naik Sentosa Express dari Vivo City (Lobby L Lt3) turun di pemberhentian pertama (Waterfront) disitulah Universal Studio, Malamnya (19.40) nonton Song Of the Sea bisa naik Sentosa Express dari Waterfront ke Beach atau Free Shuttlebus
    26-Maret
    – 07.00 Singapore Botanic Garden (Jalan kaki aja dari LP)
    – 09.00 Bugis (MRT ke City Hall – MRT Bugis)
    – 12.00 Chinatown (MRT Bugis – MRT Outram Park – MRT Chinatown)
    – 15.00 Little India (MRT Outram Park – MRT Little India)
    – 16-00 Mustafa Centre (MRT Little India – MRT Farrer Park)
    Dari Genting Hiland ke Bukit Bintang paling dekat turun di Pudu Raya

  41. ichie

    Pak Bahar, sorry sy mau minta Itenary lagi donk pak lengkap dgn jam2 nya.
    soale ada perubahan jam brkt.
    Sy brkt pukul 7.20 dengan airasia tgl 22 Maret 2011.
    Nginep mlm I ini di lucky plaza.
    dan malam ke II sy nginep di RWS ato land mark (bagusan mana ya pak? blm di booked soale).
    Tgl 24 Maret 2011 sy brkt ke KL pkl 9 pagi dgn airasia.

    Sy tunggu ya pak..

    Terima kasih

    rgds
    ichie

  42. nur diniarti

    pak bahar, mohon tanya dunk, saya tanggal 24 maret – 27 maret ke sg, dan tg; 25 maret’nya di USS, karena udh beli tiket
    saya tiba di sg jam 9 pagi, menginap d Lucky Plaza, dan 27 maret pagi mesti ke berangkat ke Genting
    bs mnt tolong aturin jadwalnya Pak? beserta transportasinya
    terima kasih sebelumnya
    dan kalo boleh nanya sekalian, saya d KL nginep di Bukit bintang, dari Genting ke Bukit bintang enaknya turun d terminal apa ya?
    terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.