Jalan Jajan Hemat

Tips berwisata di Singapura

Posting ini saya rangkum dari jawaban Pak Bahar atas pertanyaan2 yang masuk untuk memudahkan teman2 semua. Thanks a lot Pak Bahar…

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1) Sin terkenal sebagai negara dengan banyak sekali aturan yang wajib ditaati, misalnya : Dilarang meludah, membuang sampah, merokok disembarang tempat, dilarang makan permen karet, dilarang makan di kendaraan umum dsb. Jika salah satu aturan ini dilanggar maka anda akan digiring oleh petugas, sebagai turis tunjukkan saja paspor maka biasanya hanya diberi peringatan (tidak sampai didenda).
2) Tempat2 wisata di Sin terkenal dengan kemahalannya, tetapi banyak juga tempat2 menarik yang gratis misalnya ; Singapore City Gallery di Maxwell Road, Singapore Botanic Garden, atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd), Musium (mis. Asian Civilisation,Singapore History, Singapore Art khusus Kamis malam jam 19.00 – 21.00), jalan2 disepanjang Singapore River, Clarke Quay,Jalan2 China Town, Bugis, Kampung Glam, Litle India, wilayah Marina bay, menyaksikan air mancur di Suntec City,bahkan Sentosa Island hanya dengan membayar $2 didalam anda bebas naik seatlebus, atau kereta monorail keliling keliling tanpa dipungut biaya lagi.

3) Air minum dalam kemasan mahal ($2), jadi sebaiknya bawa air botol yg bisa diisi ulang (air ledeng di Sin bisa langsung diminum), orang Sin sendri kalau makan diFoodCourt atau di Hawker centre jarang sekali memesan minum, mereka kebanyakan minum dari kuah soupnya saja.
4) Untuk komunikasi ke Indonesia yg paling murah adalah dgn Calling Card, gunakan Hallo Card dari Sing Tel caranya beli kartunya, pakai Telpon hotel/apartemen dan Call No. 18005380062 dengarkan petunjuknya dalam Bahasa Indonesia dan anda bebas bicara dgn biaya yang sangat murah sekitar 3 sen permenit ke Jakarta, ingat biaya roming sangat tinggi kalau menggunakan kartu Indonesia
5) Untuk internet, banyak hotspot di tempat umum seperti mall dan hotel tetapi harus membawa laptop, khusus di Changi airport (disemua terminal) dan Singapore Visitor Centre di Orchard disediakan fasilitas ini gratis tetapi waktunya di batasi sekitar 20 menit.
6) Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)
7) Transportasi lebih mudah dan murah naik Bus atau MRT gunakan kartu STP atau EZ Link

———————-

Saran buat teman teman yang mau jalan jalan ke Singapura.
A. BELANJA.
Untukbelanja brg elekrtronik, Lebih murah beli di Jakarta, selain lebih murah garansinyapun kalau barang rusak dalam masa garansi harus dibawa lagi ke sana, karena biasanya distributor di Jakarta tidak mau menerima (Repot bukan !),Juga hindari berbelanja di Lucky Plaza.
Untuk belanja pakaian saya ingatkan bahwa di Jakarta jauh lebih murah, sebagai contoh Pakaian di Mangga Dua Jakarta jauh lebih murah dari pada Mustafa Center di Singapura, demikianpula barang barang di Orchard Road (Misalnya barang diTakasimaya lebih mahal dari pada di Grand Indonesia atau pondok Indah Mall)Kecuali kalau lagi Singapore Great Sale harganya memang lebih murah tapi kadang kala nomor/ukuran dan warnanya sudah tidak lengkap, modelnyapun sudah model tahun lalu (hampir lawas).
B. MASUK SINGAPUR
Dgn Pesawat Terbang ke Changi Airport, begitu turun dari pesawat ambil petunjuk berupa brosur yang tersebar dibanyak kotak kotak etalase GRATIS, brosur itu umumnya berisi petunjuk jalan menuju tempat belanja, tempat wisata dll, nanti sesampainya di hotel yang dituju baru dibaca. dari Changi kita bisa naik Taxi, Bus atau MRT ke pusat kota katakanlah Orchart Road.
Dgn Speedboat dari Batam ke Harbourfront atau Tanah Merah Terminal (Singapore)yang paling ramai adalah di Harbourfront. Dari Harbourfront bisa naik Taxi, bus atau MRT ke Pusat kota misalnya Orchart Road
C. JALAN KEMANA ?
ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi tergantung waktunya, misalnya 1 hari, 2 hari atau 3 hari

Untuk Perjalanan dengan 1 (satu) hari kunjungan ke Singapura, saya sarankan melalui BATAM, setelah sarapan pagi di Batam (harganya tentu lebih murah daripada Singapura) berangkat dgn taxi khas Pulau Batam ke Batam Center atau ke Harbourbay menuju ke Harbourfront diSingapura dengan Speedboat waktu tempuhnya kira 45 menit tiba di Harbourfront sekitar jam 08.00 waktu Singapura setelah keluar dari Imigrasi Singapura cari Stasiun MRT disitu ada petunjuknya (tanda panah)kalau bingung tanya saja MRT Station, naik MRT menuju City Hall (mallnya besar) terus jalan jalan deh. Disekitar sini adaSupreme Court, Padang , Esplanade, Hotel Fullerton, Patung Merlion, Anderson Bridge semuanya bagus untuk berfoto ria dan semuanya bisa dengan jalan kaki lho. Disini kita punya waktu hingga makan siang, tempat makannya luas, pilih makanan sesuai selera kalau mau murah Mc Donald tapi tidak ada nasinya (kentang goreng,ambil saja paket supaya murah yang penting kan jalan2nya) Setelah makan siang kita menuju Orchart Road bisa dengan taxi sekitar SGD 7. atu naik MRT lebih murah di Wilayah Orchart muter deh ampe puas, kalau mau ke Sentosa Island usahakan paling lama di Orchart hingga Jam15.00 karena di Sentosa ada banyak atraksi,bisa naik bus atau MRT atau Taxi ke Harbourfront dari sini bisa naik Cable car ke sentosa, bus juga ada (Sentosa Express).
Ada Apa di Pulau Sentosa :
ada banyak point menarik diantaranya : Butterfly Park,Image of singapore, Sentosa 4D Magix, Sentosa Cine Blast (3D), Tiger Sky Tower, Sentosa luge and skyride, Patung Merlion terbesar. Selain itu ada Song of the sea (malam) The Flying Trapeze, Siloso Beacg Dll, tapi jangan semuanya dikunjungi karena waktunya tidak cukup, ingat Speedboat terakhir ke batam jam 21.00, anda sudah harus dipelabuhan harbourfront sebelum jam 20.00. Jangan lupa kunjungi Vivo city di Harbourfront, bisa makan malam disana setelah itu pulang deh ke Batam. …..Capek deh ya…udah tidur aja jangan kemena mana lagi ya……!

————————

Banyak yang mengatakan kalau mau mencari tempat yang suasananya lain dan tidak jauh dari Jakarta maka jawabannya adalah Singapura. Singapura adalah negara kecil dengan banyak aturan yang patut di contoh, tertib…tib mungkin karena penduduknya yang hanya 3,5 jutaan, bandingkan dengan Jakarta ?

Sebelum keluar Changi Airport tengok kiri kanan anda akan menemukan banyak brosur berisi Petunjuk berupa Peta, tempat2 menarik bahkan Toko2 yang menjual barang branded, ambil brosur2 ini dan baca setelah sampai di penginapan.
Banyak sekali ditawarkan paket2 City Tour (pagi2 dijemput di Hotel pulang sore hari harganya agak mahal), biasanya dijual di Hotel2 punya desk sendiri atau tempat yang berlabel STB.
Kalau mau lebih murah Ikut SUNNY HIPPO TOURS (Singapore City Hop on Hop off Tour, yaitu Tour keliling dengan menggunakan bis tingkat yang bagian atasnya terbuka, anda bisa pilih dari 2 (dua) Route yang ditawarkan:1. Heritage Route, 2. City Route. Setiap routenya melewati tempat2 menarik dan anda bisa turun disetiap tempat untuk berjalan jalan disekitar tempat pemberhentian setelah puas naik bis Hippo lagi yang akan melewati tempat pemberhentian setiap 1 jam.
Klau mau lebih murah dan lebih bebas lagi pakai MRT atau bis kota reguler (kalau udah bingung baru manggil taxi supaya tidak hilang… hehehehehe.
Kalau dari Singapura ke Kuala Lumpur, saya saranin naik bis, ada bis yang langsung dari SIN ke KL: Aeroline atau Nice (Bisnya bagus dan Nyaman harganya juga mahal)kalau mau lebih murah Naik Bis AC Reguler dari Lavender Stret(SIN) ke KL, kalaumau lebih murah lagi naik bis kota (Bis 160 atau 170) ke Terminal Larkin di JB (Johor Bahru)dan nyambung Bis JB ke KL (bayarnya lebih murah, pakai Ringgit (Separohnya). Untuk nginapnya di KL kalau mau murah dan dekat terminal Pudu Raya bisa cari hotel di sekitar Bukit Bintang banyak sekali hotel disitu (diantaranya Royal Bintang atau Imperial), kalau mau bagus dan mewah di Berjaya Time Square (harganya 2x lipatnya)

Taksi di SIN maksimum 4 orang jadi kalau belima berati dua taxi mungkin lebih murah kalau naik Bis, dari Changi Airport ada bis husus ke wilayah sekitar Lucky Plaza Orchard turunnya di Somerset Road (Hotel Phoenix). Dari Airport ke Lucky Plaza paling 35 menit, tarif taxsinya tidak jauh beda dengan Jakarta, kalau naik MRT dari Changi agak repot karena harus pindah jalur di City Hall ( dari MRT EW ke NS) . Kalau dari Lucky Plaza mau ke Sentosa paling gampang naik taxi bisa langsung, kalau mau lebih nurah naik MRT (NE)dari Station Dhoby ghaut ke HarbourFront(15 menit) turun di stasion ke4(ada peta terpampang di stasiun)di HarbourFront ada Sentosa Express Sin$3/orang (Vivi City Lobby L Level 3) turunnya di Song of the sea atau Sentosa Bus Sin$ 2/orang(Harbourfront Interchange) atau Cable Car.
Kalau dari Lucky Plaza Ke Merlion naik MRT (NS) di Somerset station ke City Hall atau Rafless Place (5 menit)
Di Singapura anda jangan takut bingung silahkan pergi kemana saja.

330 thoughts on “Tips berwisata di Singapura

  1. Kennedy

    Mohon informasi perjalanan Singapura ke.kuala lumpur dan sebaliknya melalui darat lebih efisien naik bus atau kereta dan malam jam berapa memerlukan waktu berapa lama dijalan, berapa biayanya? Kami berangkat 9 orang. Terima kasih infonya.

  2. haryanti

    Kami sekeluarga ber5 akan jalan2 ke singapore februari 2013. Ada anak kami yg berusia 12 tahun lewat 7 bulan. Gmna perhitungan tiket untuk anak saya ini? Termasuk hitungan dewasa atau anak? Mohon bantuannya. Thx

  3. JJH

    @Ardi : anak tetap harus membuat pasport pak.
    @Eka : saat ini Indonesia sudah bebas fiskal, jadi keluar negeri sdh tidak dikenakan biaya fiskal. Tidak perlu memiliki NPWP.

  4. eka jogja

    pak, sy mau tanya nih… sy skrg tinggal di s’pore. adik sy umur 16 tahun mau datang ke s’pore.yg sy mau tanyain tentang pembayaran fiskal itu gimana. kalau dia gak ada surat NPWP apakah adiku kena bayar fiskal gak pak. terima kasih.

  5. ardi

    mau ke singapura atau malaysia. saya sama istri sudah punya pasport, tapi anak saya umur 8 bulan belum punya pasport..apa boleh kita tetap masuk singapura atau malaysia?

  6. iis

    salam pak bahaar..
    1. mphon informasi berapa biaya transfortasi dari cangi airprt ke pulau sentosa”yang termurah”
    2. bmurahnya berapa pak? trus kalo kita turun n jalan2 dan naik lagibeli tiket baru g? “SUNNY HIPPO TOURS (Singapore City Hop on Hop off Tour, yaitu Tour keliling dengan menggunakan bis tingkat yang bagian atasnya terbuka, anda bisa pilih dari 2 (dua) Route yang ditawarkan:1. Heritage Route, 2. City Route. Setiap routenya melewati tempat2 menarik dan anda bisa turun disetiap tempat untuk berjalan jalan disekitar tempat pemberhentian setelah puas naik bis Hippo lagi yang akan melewati tempat pemberhentian setiap 1 jam”

    mohon infonya pak.. thanks..

  7. tegar

    salam kenal pak ?
    saya ingin brtanaya k pda bapak saya ada rencana mau k singapure bulan 3 mgkn ini prtma x nya jdi saya ingin brtnya pak ?
    apkah peluang untuk krja d sana tu lumayan payah dan sulit d dapat kan kan pak, ?
    dan d sana tu pekerjaan yg senang d dpt kan apa pak?
    – apkh d sna untk mnjadi pengusaha dlm dunia marketing tu bisa tidak pak< krn saya msih usia mudah tpi dgn tekat yg kuat saya saya ingin mencaba nya jdi bsa tidak bapak bri imformasinya k pd saya pak?

  8. Ema Rimayanti

    Pa bahar sy pertama kali mau kesingapore mau minta info saya beserta suami anak 13th,7thn pesan kamar cuma 1 di hotel ibis bengcoolen tdk apa2 ya

  9. wenny

    Siang Pak,
    Saya akan berangkat ke singapore 27 Nov 2012 jam 08.20 dan sampai di Changi jam 11.05 dan kembali ke jakarta 29 Nov jam 20.00.Saya berangkat bersama suami&2 anak saya(umur 2 th & 5th),orangtua & mertua (usia berkisar 63 th),kakak & suaminya & 2 anaknya (umur 10 th dan 13 th).Mohon sarannya sebaiknya saya menginap di hotel di daerah mana yg bs menikmati singapore dari/dekat hotel. mengingat ada kemungkinan orang tua terlalu lelah,sehingga tidak bisa ikut explore singapore dan stay di hotel saja.Dan saya jg mohon bantuannya tuk dibuatkan itinerary nya. thx

  10. ari df

    terima aksih infonya, sangat bermanfaat. bulan depan saya akan trip ke sing dan kl, kami sudah booking hotel di hotel 81 lucky di kawasan geylang. kami memilih hotel tsb krn lumayan murah, tetapi stlh booking km baru mengetahui bahwa lokasi kami jauh dari pusat kota. saya akan trip bersama dengan 1 org tmn. mohon petunjuk
    1. untuk transportasi lokal lebih baik kami menggunakan mrt/bus/taxi? ada beberapa tempat yg ingin kami kunjungi, merlion statue, sentosa(uss), bugis/little india. sebaiknya rute nya bagaimana ya jika kami akan stay selama 4 hari 3 malam.
    2. dihari ke empat kami akan ke kuala lumpur, kami ingin mengehemat budget, kira2 jika kami dari hotel 81 lucky ke harbour lalu ke larkin -kl biayanya apakah hampir sama jika dari sing-kl(naik aero bus)
    3.lokasi yg bagus dan strategis untuk menginap di kl menginat banyak tempat yg akana kami kunjungi(kami rencanaya akan ke genting, petronas tower, china town/petaling street, batu caves)? kalo bisa rekomendasi hotel baik yg menyedian in room free wifi.

    trm kasih atas infonya

  11. Lala

    Salam pak Bahar, sy n kel. Berencana Liburan ke Singapore bln okt, 2 dewasa n 2 anak usia 9th n 4th, bisa tdk ya pesan 1 kamar saja? Kalau sy booking private dorm, n di hotel policy tertulis penginap min 7th, apa berarti anak sy yg kecil tidak boleh menginap?. Terima kasih pak Bahar

  12. rangga

    gw mu ke singapore tgl 19 september 2012 sampe 25 sept 2012..

    ada yg mau bareng ga call gw yah 081387302206

  13. rangga

    siang pak bahar, sy rencana pergi ke sin pertama kali ini tgl 28 des sampe tgl 1 jan, 28-30 stay in the elizabet hotel bay far eas hosfital( orchad, transportasi yang sy gunakan dari changi ke hotel tersebut apa, klw bis naik yg no brp, dan caranya bagaimana klw naik bis

  14. Henny

    pak bahar,saya rencana mau ke singapore bln depan..tiba di sing tgl 13 Sept jam 8 malam.tgl 15 saya melanjutkan ke KL by Airasia.selama di sing saya mau ke mustafa,china town,LP,sentosa island,merlion park…bs tolong buatkan rencana perjalanannya?terimakasih..

  15. Nurhayati

    Pak Bahar,
    Thank’s ya, wah info yang sangat bermanfaat.
    Kami berencana mau liburan ke Sing pada bulan November yad. Kami ber-8. Pastinya kami mau yang ngirit ngirit, yah backpackeran gitu. Kami sudah memesan hotel yang terletadi di daerah Little India, namanya MoniGallery. Nah bagaimana menurut Bapak untuk hotel ini? apakah baik dan aman? untuk mencari makan, apakah tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang halal?
    Terima kasih.

  16. tientresniati

    InsyaAllah, tgl 21 – 25 agustus, sy ma family mo jalan2 ke kualalumpur, start dari kuala lumpur, sehari saja, enaknya nginap dimana? yg murah tentunya, rombongan ber enamsy, suami dan 4 anak laki2 yg sdh besar. trus dari kuala lumpur ke singpore murahnya naik bis atau pesawat? penginapan di singapore yg ala backpacker dimana? pulangnya kami lewat batam dapat pesawat paling akhir, bisa tolong buat jadwal jalanya disingapore? please… Thanks b 4… 🙂

  17. hendra

    pa bahar aku mau kesingapura bersama keluarga,4 dewasa 2 anak2,kalau disentosa ada makanan has indonesia,kalau ada kasih impormasinya, saya mau berlibur 4 hari, tapi bagaimana supaya tempat main atau kuliner bisa ditempuh,tolong impormasihnya.trimakasih.

  18. OZA

    Pak, maaf, salam kenal, sy mau ke Singapore tgl 15 – 17 november 2012, sya mau tanya objek wisata yang kira2 icon dari Singpore yg bisa sya kunjungi apa yaa….kami rencana 7 orang dewasa 2 anak2….klo penginapan kami masih mencari yg murah tp lokasinya yg tidak terlalu jauh dari pusat wisata, mungkin bpk ada saran tempat penginapan nya….tlong reply ke email sy yaa, thx.

  19. beby atena

    pa bahar saya minta sarannya donk rencana 22 juni-24juni 2012 mau ke sin tiba di sin sekitar jam 8.30
    Saya, suami isteri dan 2 anak 7th dan 4th
    Baru pertama kali, mohon info dan sarannya mulai dari kedatangan di Bandara changi, Tranportasi dan Hotelnya.(value hotel thompson/lucky plaza ya? dan tempat tempat mana saja agar liburan menyenangkan dan menrik bagi saya dan anak anak
    Terima kasih atas jawabannya.
    untuk high season apakah harga harga disana lebih mahal dan lebih repot krn bawa anak hehehe (soalnya kalo hari biasa kesian ank anak sekolah)

  20. suryo

    Sekedar info, kalau hotel yang nyaman di singapore bila tujuan utama ke universal studio tentu nya hotel di area P. Sentosa, salah satu nya hardrock, sayang tarip nya agak mahal. Hardrock terletak berhadapan langsung dengan pintu masuk Universal, juga tamu hotel mendapat tiket pass monorel ke vivo city gratis, bisa cari makan di republik foodcourt di vivocity. Salah satu daya tarik hardrock ialah kolam renang yang besar dan berpasir seperti di pantai.
    Bila cari alternatif hotel bintang 3 yg nyaman mungkin bisa dipertimbangkan V hotel tompson. Hotel bersih dan dekat halte bus.

  21. syamsul

    Selamat siang pak Bahar
    Mohon infonya karna saya baru pertama kali mau pergi ke singapura ( Maaf Copas )
    1. Hotel/apartemen manakah yg cukup bersih, murah, mudah transpotrasinya dan boleh dipakai 4 orang ( 2 dewasa dan anak 13 th, 8 th )Semula kami ingin menginap di apartemen di Lucky plaza atau di sekitar Orchard dangan budget Sing$ < 100 /nights. Kapan sebaiknya kami booking (apakah dari sekarang atau 2 bulan sebelum berangkat) dan dengan siapa kontak person yg bapak bisa rekomendasikan. Terus terang kami yg ingin mengisi waktu kosong di tempat yg memudahkan kami mendapatkan makanan.

    3. Kami berencana 3 malam, berangkat tgl 11 Peb pukul 07.00 WIB dan kembali ke Jogja tgl 14 Pebr pkl 11.00. Bisa bapak bantu usulan rencana perjalanan seperti apa yg menarik dan indah. Rencananya, hari pertama di dalam pusat kota saja, dan di hari kedua di luar kota (spt di Sentosa Island dan Universal). Adapun tempat yg ingin kami kunjungi :
    a. Pusat Kota
    b. Bugis Street
    c. Merlion
    d. Orchard road
    e. Singapure flyer
    f. Sentosa Island
    g. Univesal Studio
    h. Hawker food terdekat yg enak murah (ada masakan indonesia)

    4. Lalu, mohon informasikan hal-hal apa yg mesti kami hindari untuk tidak kami lakukan, mulai dari membawa masuk-keluar barang spt apa yg kemungkinan akan dilarang di bea cukai airport
    dan ketentuan umum yg tdak boleh dilakukan bagi turis di Spore.

    Demikian kami sampaikan pertanyaan kami yg lumayan panjang dan kami sangat berterima kasih atas bantuan maupun usulan dari bapak. Salam sukses selalu.

    Syamsul

  22. jonn

    pak Bahar.. saya mau tny nih…
    boleh ga minta saran.. rute yg mantap buat 4h/3m di SG..
    gw baru pertama x ke SG nih.. en hotelnya uda kami pesan di V Lavender hotel dan pulangnya menuju batam.. terima kasih^^

  23. wahyu ningsih

    salam kenal P.Bahar, mhn dibantu info apartemen untuk 4 orang yang layak di dekat bugis ato mustofa , dan berapa tarifnya, tks

  24. fitrie

    salammm pa bahar… untuk taxi buka pintunya berapa yah??? tarif berdasarkan per km kan???sama dengan di indonesia??

  25. Audrey Irma

    P Bahar, liburan sekolah semester ini (akhir minggu ke-3 Des ’11 atau awal Jan ’12) kami ber-4 (2 anak usia 11 dan 6 th) berencana ke Singapore.

    Rencana 5D/4N.
    Kami tiba malan hari, jadi selama 3 hari akan digunakan utk keliling.

    Mhn saran lokasi / hotel yang pas untuk keluarga, tarif tdk terlalu mahal (walaupun sedang high season.
    Juga tlg saran tempat wisata yang menarik dikunjungi anak2

    Terima kasih atas sarannya

  26. Benni

    Dear P’ Bahar,

    Apa kabar? mudah2an sehat selalu ya.
    saya ingin bertanya untuk rencana keberangkatan 27 Desember 2011 – 02 Januari 2012 nanti, memang masih lama tapi saya mulai cari informasi karena menurut saya hotel adalah yang paling utama selain itu mahal.
    Saya berangkat rencana dari Pekanbaru ke Batam lanjut ke Singapura dengan speedboat, dengan istri dan 2 anak (9 tahun dan 2,5 tahun)
    kira-kira dengan jumlah seperti itu apakah memungkinkan untuk kami untuk menyewa 1 kamar saja, dan hotel apa yang dekat dengan sentosa atau harbour front dengan budget maks. S$ 100/malam untuk 1 kamar, atau mungkin bapak bisa merekomendasikan hotel untuk kami tinggal.
    Kami berencana untuk berkunjung ke :

    a. Pusat Kota
    b. Bugis Street
    c. Merlion
    d. Orchard road
    e. Singapure flyer
    f. Sentosa Island
    g. Univesal Studio
    h. Hawker food terdekat yg enak murah (ada masakan indonesia)

    Hal-hal apa yang harus saya perhatikan agar mudah untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya(terutama trnsportasi) dan dimana sy harus menginap…..

    Terimakasih

  27. ahdiar

    Salam kenal pak bahar,

    Rencana tgl 18 ini saya mau ke SG, ada acara di Hard Rock Cafe, Sentosa Island, kira2 hotel/ losmen utk backpackers yg dekat dari situ dimana ya? Terima Kasih, mohon jawabannya.

  28. lionny

    Salam kenal pak bahar saya bisa dibantu buatkn rute di singapura tgl 14 desember-16 des 2011.sy ingin ke universal studio,singapore zoo dan keliling ketempat2 menarik di singapore.

  29. andrifarfi

    Salam kenal pa Bahar.
    Tlg bantu buatin rute jalan2nya pak? saya rencana berangkat dr jkt jam 6.00 (tgl.26 nov’11) menginap di Fragrance Pearl di Geylang (Check in jam 3.00 sore) rutenya kemana dulu ? pulang jam 20.00 (tgl. 27 nov’11) trm.ksh

  30. Ana

    Dear P’ Bahar,

    Apa kabar? mudah2an sehat selalu ya.
    saya ingin bertanya untuk rencana keberangkatan Juni 20 – 23 Juni 2012 nanti, memang masih lama tapi saya mulai cari informasi karena menurut saya hotel adalah yang paling utama selain itu mahal.:p
    Kami berangkat dengan 1 lansia, 6 dewasa, anak 3 dan balita 1
    kira-kira dengan jumlah seperti itu apakah memungkinkan untuk kami untuk menyewa 3 kamar saja, dan hotel apa yang dekat dengan sentosa atau harbour front dengan budget maks. S$ 100/malam untuk 1 kamar, atau mungkin bapak bisa merekomendasikan hotel atau apartement untuk kami tinggal.
    Juga mengenai transport apakah di Singapore ada penyewaan mobil seperti ELF untuk keluarga kira2 berapa biaya nya.

    Terimakasih
    Ana

  31. Ririe

    Salam kenal pak Bahar, mohon bantuannya untuk ittinerary kami. Saya, suami dan anak 1 orang umur 15 bulan mau ke singapore tgl 1 november 2011. Dari Jakarta pukul 17.25 wib tiba 20.05 wib malam, dan pulang ke jakarta 08.50 wib pagi. rencananya mau menginap di little india.

    tempat yang ingin dikunjungi:
    Orchard
    Clarke Quay
    ChinaTown
    Bugis
    Little India
    Esplanade
    Marina Bay
    Merlion Park
    Geylang
    Fountain of Wealth
    Suntec City

    apakah memungkinkan? karena kami bawa bayi 15 bulan. thx untuk bantuannya pak.

  32. ika chandrayani

    salam kenal Pak Bahar sy tgl 01 s/d 04 Deds 2012 k singapore ini pertama kali saya k LN mau k Universal Studio dan Sentosa Island kr2 brp biayanya ya? Trus klo naik mrt itu kr2 brp ya sekali jalan trus klo nginep di hotel apakah blh bw minuan dan makanan sendiri dan saya klo pergi kmn2 selalu bw tubler minum kr2 klo ambil minum yg gratis apa semua kran yg d singapore bs langsung di minum sya mau cb ala backpakeran gt. thx untuk saran dan tips nya

  33. wiwi

    Selamat siang Pak Bahar,kami rencana akan liburan ke singapore pd tgl 15oct-18oct 2011,kami smp di changi aiport jam 15.40 dr KL,ada yg mau saya tanyakan kalau dari changi airport ke apartemen centrepoint bagusnya naek apa yach?kebetulan kami 8org dewasa dan 1baby..dan tmpt wisata apa saja yg bisa kami kunjungi dgn waktu 3hari ini..makasih..

  34. Yanto

    Selamat siang pak Bahar, salam kenal dari saya,
    Kami rencana berangkat ke Spore tgl 10 – 12 Jan 2012, 3 Adults dan 1 child. Mohon bantuan bapak dalam hal informasi maupun usulan beberapa masalah kami sbb :

    1. Kami baru booking hotel di Fragrance Sapphire via internet, Geyland karena takut tidak mendapat kamar ketika tiba di sana. Namun, menurut informasi kami tidak mendapat sarapan dan lokasi cukup jauh dari Orchard. Apakah hotel tsb cukup bagus utk keluarga? APakah bapak bisa rekomendasi dimana sebaiknya kami menginap, apakah sebaiknya di dekat Orchard atau radius 0-5 km dari Orchard saja? Dan di hotel mana yg lebih murah dari Sing$ < 200 utk 2 nights.

    2. Semula kami ingin menginap di apartemen di Lucky plaza atau di sekitar Orchard dangan budget Sing$ < 100 /nights. Kapan sebaiknya kami booking (apakah dari sekarang atau 2 bulan sebelum berangkat) dan dengan siapa kontak person yg bapak bisa rekomendasikan. Terus terang kami yg ingin mengisi waktu kosong di tempat yg memudahkan kami mendapatkan makanan.

    3. Kami berencana 2 malam, berangkat tgl 10 Jan pukul 06.00 WIB dan kembali ke Jkt tgl 12 Jan pkl 12.00. Bisa bapak bantu usulan rencana perjalanan seperti apa yg menarik dan indah. Rencananya, hari pertama di dalam pusat kota saja, dan di hari kedua di luar kota (spt di Sentosa Island dan Universal). Adapun tempat yg ingin kami kunjungi :
    a. Pusat Kota
    b. Bugis Street
    c. Merlion
    d. Orchard road
    e. Singapure flyer
    f. Sentosa Island
    g. Univesal Studio
    h. Hawker food terdekat yg enak murah (ada masakan indonesia)

    4. Lalu, mohon informasikan hal-hal apa yg mesti kami hindari untuk tidak kami lakukan, mulai dari membawa masuk-keluar barang spt apa yg kemungkinan akan dilarang di bea cukai airport
    dan ketentuan umum yg tdak boleh dilakukan bagi turis di Spore.

    5. Apakah bapak ada informasi mobil yg bisa disewakan berikut driver-nya (pribadi) yg tidak mengatasnamakan perusahaan. Menurut bapak, manakah lebih murah, menyewa mobil berikut driver atau menggunakan taksi utk lokasi2 wisata di atas?

    Demikian kami sampaikan pertanyaan kami yg lumayan panjang dan kami sangat berterima kasih atas bantuan maupun usulan dari bapak. Salam sukses selalu.

    Mohon reply ke email saya sj. Terima kasih
    Yanto

  35. Grace Helen

    Dear pak Bahar,
    mohon bantuannya untuk dibuatkan itenary untuk kami.
    Saya,dan adik saya akan melakukan perjalanan ke SIN tgl 20 Sept jam 11.25 dan sampai di SIN 2.30.Kami kembali tanggal 21 Sept 2011 dengan waktu yg sangat singkat ini saya sangat bingung yah ini karena saya dapat tiket promo (hehehe bagetnya yg minim tapi pgn jln2 ke LN ) ini perjalanan pertama saya ke LN.Saya sudah dapat penginapan nya pesan ol di daerah geylang hotel 81.mohon bantuan nya agar saya bisa ke sentosa Island dan beli sedikit oleh.Oh ya kebetulan adik saya membawa anaknya berumur 4 thn.
    Mohon bantuannya pak Bahar,
    Terima kasih.

  36. ardi

    wah bagus banget, saran dan tips nya. jd pengen segera ke singapura deh, oh iya klo penginapan di sana buat keluarga sekitar 5 org baiknya bagaimana yah tentunya yang murah meriah n gak jauh dari tempat makan or wisata. bagusnya nginap di satu tempat atau pindah2 tempat yah biar gak bolak balik gitu?, tq loh

  37. helin

    Salam kenal Pak Bahar,

    Saya dan teman saya akan melakukan perjalanan ke SIN tgl 1 Oktober 2011 jam 2 siang dari CKG dan akan kembali lg tgl 4 Oktober 2011.
    Mohon bantuannya untuk membuatkan run down untuk kami,,,tujuan utama kami adalah USS.
    kami jg berencana akan ke KL-Malaysia.

    Mohon bantuannya Pak Bahar,
    Terima kasih….

  38. antonius setiawan

    Dear pak Bahar,
    mohon bantuannya untuk dibuatkan itenary untuk kami.
    Saya, istri & anak (umur 5 tahun)akan liburan ke Singapore pada tanggal 29/8/2011 dengan air asia dari Yogjakarta jam 07:35 dan kembali tanggal 1/9/2011 dengan air asia juga jam 11:10.
    Kami menginap di V Hotel lavender, dan tanggal 30 kami rencanakan ke USS sampai malam untuk melihat song of the sea.
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  39. anisa

    Pak Bahar, saya mau ke singapore hari sabtu bulan agustus ini.
    Saya berencana berangkat dari Batam ke Singapore melalui ferry.Ada saran naik ferry jenis apa dan berapa kira2 harganya? termasuk fee nya.

    KArena hanya satu hari, dan saya tidak begitu tertarik dengan wisata belanja, kemana saja saya kira2 agar satu hari dapat dimanfaatkan dengan maksimal Singapore?

  40. Arles

    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih, adanya web ini kami jadi tahu banyak ttg trik tips jalan2 di singapore.
    Pak Bahar, kami juga jadi pengen main ke singapore:

    Kami berangkat dari bandung naik Air ASia, tiba di Changi pukul 9 pagi (29/6/2011). Pulang ke Indonesia tanggal 1 Juli pukul 14.00 take off dari Changi. Hotel kami di Royal Hotel (Newton).

    Tanggal 30 juli nya kami ke USS (tiket sudah beli di travel agent di bandung). Kami pergi berdua (pasangan muda)

    Kiranya bisa dibuatin run down nya ya pak… terima kasih.

  41. bahar

    @uthie :
    NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak.
    – Beberapa tahun lalu orang yang akan berangkat ke Luar Negeri melalui Udara dikenakan / Wajib Bayar Fiskal Rp 1 Juta.
    – Sekitar 2 tahun lalu Fiskal dibebaskan dengan Syarat Punya NPWP, jika tidak punya Kartu NPWP diwajibkan bayar Fiskal sebesar Rp 2,5 Juta.
    – Mulai 1 Januari 2011 Fiskal dibebaskan tanpa syarat. jadi sudah tidak bayar apa-apa lagi dibandara kecuali Airport Tax dan Kelebihan bagasi

  42. uthie

    maksudnya :
    ” Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)”
    itu apa si ? saya kurang mengerti ? harus punya NPWP ?
    kalau tidak ada NPWP pasti kita ngeluarinRp 2.500.000 ?
    dan bayarnya di saat kapan dan di bandara mana ?
    thanks

  43. bahar

    @nayla :
    muatan Taxi di Singapura Maximum 4 orang Dewasa, atau 3 Dewasa 2 anak, atau 2 Dewasa 3 anak atau 1 Dewasa 4 Anak.
    Sekedar Info : bahwa naik Bis atau MRT di Singapura bisa lebih mudah dari pada taxi apalagi kalau jam sibuk antriannya bisa panjang dan taxi tidak berhenti disembarang tempat, sedangkan bis dan MRT kedatangannya di setiap Shelter atau Stasiun MRT tertentu misalnya setiap 5 menit atau 8 menit sehingga lebih mudah diprediksi, khusus untuk MRT bila kedatangannya akan terlambat 3 menit saja pasti ada pemberitahuan bahwa kereta terlambat 3 menit krn ada gangguan. Coba bandingkan kalau Pesawat terlambat 30 menit diBandara kita pasti tidak ada pemberitahuan, hehehehehehehe….., kenapa ya !

  44. nayla

    Rencananya kami akan pergi ke Singapura ber-5. 3 orang dewasa dan 2 org anak-anak (4 dan 8 thn). Mhn infonya apakah ketentuan naik taksi max 4 org strict? Kalau berlima tapi yang 2 adalah anak kecil-kecil ada dispensasi nggak ya? Soalnya repot banget kalau harus selalu naik bis/MRT. Thanks

  45. bahar

    @nina :
    1. Bawa makanan untuk bayi boleh, mie instan juga boleh ( aku pernah bawa 15 mie instan dan 10 bubur instan dan tidak ditanya tanyaain, berarti boleh dong !), bawa air minum juga boleh asal dikemas lagi dengan baik / biasanya pakai kantong plastik tertutup (Khusus untuk air minum aku saranin beli aja di supermaket yg ada di Changi Airport/murah, kalau dihotel dapat jatah air mineral gratis 2 botol perhari,kalau isinya udah habis botolnya jangan dibuang diisi aja air keran/ tap water di Singapura memenuhi standar WHO)
    2. Anak 3,5 tahun tidak perlu bali EZ Link (Naik bis & MRT Gratis) asal tingginya tidak melebihi 90Cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.