Jalan Jajan Hemat

Tips berwisata di Singapura

Posting ini saya rangkum dari jawaban Pak Bahar atas pertanyaan2 yang masuk untuk memudahkan teman2 semua. Thanks a lot Pak Bahar…

Untuk yang baru pertama kali ke Singapura, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1) Sin terkenal sebagai negara dengan banyak sekali aturan yang wajib ditaati, misalnya : Dilarang meludah, membuang sampah, merokok disembarang tempat, dilarang makan permen karet, dilarang makan di kendaraan umum dsb. Jika salah satu aturan ini dilanggar maka anda akan digiring oleh petugas, sebagai turis tunjukkan saja paspor maka biasanya hanya diberi peringatan (tidak sampai didenda).
2) Tempat2 wisata di Sin terkenal dengan kemahalannya, tetapi banyak juga tempat2 menarik yang gratis misalnya ; Singapore City Gallery di Maxwell Road, Singapore Botanic Garden, atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd), Musium (mis. Asian Civilisation,Singapore History, Singapore Art khusus Kamis malam jam 19.00 – 21.00), jalan2 disepanjang Singapore River, Clarke Quay,Jalan2 China Town, Bugis, Kampung Glam, Litle India, wilayah Marina bay, menyaksikan air mancur di Suntec City,bahkan Sentosa Island hanya dengan membayar $2 didalam anda bebas naik seatlebus, atau kereta monorail keliling keliling tanpa dipungut biaya lagi.

3) Air minum dalam kemasan mahal ($2), jadi sebaiknya bawa air botol yg bisa diisi ulang (air ledeng di Sin bisa langsung diminum), orang Sin sendri kalau makan diFoodCourt atau di Hawker centre jarang sekali memesan minum, mereka kebanyakan minum dari kuah soupnya saja.
4) Untuk komunikasi ke Indonesia yg paling murah adalah dgn Calling Card, gunakan Hallo Card dari Sing Tel caranya beli kartunya, pakai Telpon hotel/apartemen dan Call No. 18005380062 dengarkan petunjuknya dalam Bahasa Indonesia dan anda bebas bicara dgn biaya yang sangat murah sekitar 3 sen permenit ke Jakarta, ingat biaya roming sangat tinggi kalau menggunakan kartu Indonesia
5) Untuk internet, banyak hotspot di tempat umum seperti mall dan hotel tetapi harus membawa laptop, khusus di Changi airport (disemua terminal) dan Singapore Visitor Centre di Orchard disediakan fasilitas ini gratis tetapi waktunya di batasi sekitar 20 menit.
6) Siapkan NPWP supaya bebas Fiskal, ingat kalau tidak bawa NPWP bayar fiskalnya di Bandara mahal sekali (Rp 2.500.000)
7) Transportasi lebih mudah dan murah naik Bus atau MRT gunakan kartu STP atau EZ Link

———————-

Saran buat teman teman yang mau jalan jalan ke Singapura.
A. BELANJA.
Untukbelanja brg elekrtronik, Lebih murah beli di Jakarta, selain lebih murah garansinyapun kalau barang rusak dalam masa garansi harus dibawa lagi ke sana, karena biasanya distributor di Jakarta tidak mau menerima (Repot bukan !),Juga hindari berbelanja di Lucky Plaza.
Untuk belanja pakaian saya ingatkan bahwa di Jakarta jauh lebih murah, sebagai contoh Pakaian di Mangga Dua Jakarta jauh lebih murah dari pada Mustafa Center di Singapura, demikianpula barang barang di Orchard Road (Misalnya barang diTakasimaya lebih mahal dari pada di Grand Indonesia atau pondok Indah Mall)Kecuali kalau lagi Singapore Great Sale harganya memang lebih murah tapi kadang kala nomor/ukuran dan warnanya sudah tidak lengkap, modelnyapun sudah model tahun lalu (hampir lawas).
B. MASUK SINGAPUR
Dgn Pesawat Terbang ke Changi Airport, begitu turun dari pesawat ambil petunjuk berupa brosur yang tersebar dibanyak kotak kotak etalase GRATIS, brosur itu umumnya berisi petunjuk jalan menuju tempat belanja, tempat wisata dll, nanti sesampainya di hotel yang dituju baru dibaca. dari Changi kita bisa naik Taxi, Bus atau MRT ke pusat kota katakanlah Orchart Road.
Dgn Speedboat dari Batam ke Harbourfront atau Tanah Merah Terminal (Singapore)yang paling ramai adalah di Harbourfront. Dari Harbourfront bisa naik Taxi, bus atau MRT ke Pusat kota misalnya Orchart Road
C. JALAN KEMANA ?
ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi tergantung waktunya, misalnya 1 hari, 2 hari atau 3 hari

Untuk Perjalanan dengan 1 (satu) hari kunjungan ke Singapura, saya sarankan melalui BATAM, setelah sarapan pagi di Batam (harganya tentu lebih murah daripada Singapura) berangkat dgn taxi khas Pulau Batam ke Batam Center atau ke Harbourbay menuju ke Harbourfront diSingapura dengan Speedboat waktu tempuhnya kira 45 menit tiba di Harbourfront sekitar jam 08.00 waktu Singapura setelah keluar dari Imigrasi Singapura cari Stasiun MRT disitu ada petunjuknya (tanda panah)kalau bingung tanya saja MRT Station, naik MRT menuju City Hall (mallnya besar) terus jalan jalan deh. Disekitar sini adaSupreme Court, Padang , Esplanade, Hotel Fullerton, Patung Merlion, Anderson Bridge semuanya bagus untuk berfoto ria dan semuanya bisa dengan jalan kaki lho. Disini kita punya waktu hingga makan siang, tempat makannya luas, pilih makanan sesuai selera kalau mau murah Mc Donald tapi tidak ada nasinya (kentang goreng,ambil saja paket supaya murah yang penting kan jalan2nya) Setelah makan siang kita menuju Orchart Road bisa dengan taxi sekitar SGD 7. atu naik MRT lebih murah di Wilayah Orchart muter deh ampe puas, kalau mau ke Sentosa Island usahakan paling lama di Orchart hingga Jam15.00 karena di Sentosa ada banyak atraksi,bisa naik bus atau MRT atau Taxi ke Harbourfront dari sini bisa naik Cable car ke sentosa, bus juga ada (Sentosa Express).
Ada Apa di Pulau Sentosa :
ada banyak point menarik diantaranya : Butterfly Park,Image of singapore, Sentosa 4D Magix, Sentosa Cine Blast (3D), Tiger Sky Tower, Sentosa luge and skyride, Patung Merlion terbesar. Selain itu ada Song of the sea (malam) The Flying Trapeze, Siloso Beacg Dll, tapi jangan semuanya dikunjungi karena waktunya tidak cukup, ingat Speedboat terakhir ke batam jam 21.00, anda sudah harus dipelabuhan harbourfront sebelum jam 20.00. Jangan lupa kunjungi Vivo city di Harbourfront, bisa makan malam disana setelah itu pulang deh ke Batam. …..Capek deh ya…udah tidur aja jangan kemena mana lagi ya……!

————————

Banyak yang mengatakan kalau mau mencari tempat yang suasananya lain dan tidak jauh dari Jakarta maka jawabannya adalah Singapura. Singapura adalah negara kecil dengan banyak aturan yang patut di contoh, tertib…tib mungkin karena penduduknya yang hanya 3,5 jutaan, bandingkan dengan Jakarta ?

Sebelum keluar Changi Airport tengok kiri kanan anda akan menemukan banyak brosur berisi Petunjuk berupa Peta, tempat2 menarik bahkan Toko2 yang menjual barang branded, ambil brosur2 ini dan baca setelah sampai di penginapan.
Banyak sekali ditawarkan paket2 City Tour (pagi2 dijemput di Hotel pulang sore hari harganya agak mahal), biasanya dijual di Hotel2 punya desk sendiri atau tempat yang berlabel STB.
Kalau mau lebih murah Ikut SUNNY HIPPO TOURS (Singapore City Hop on Hop off Tour, yaitu Tour keliling dengan menggunakan bis tingkat yang bagian atasnya terbuka, anda bisa pilih dari 2 (dua) Route yang ditawarkan:1. Heritage Route, 2. City Route. Setiap routenya melewati tempat2 menarik dan anda bisa turun disetiap tempat untuk berjalan jalan disekitar tempat pemberhentian setelah puas naik bis Hippo lagi yang akan melewati tempat pemberhentian setiap 1 jam.
Klau mau lebih murah dan lebih bebas lagi pakai MRT atau bis kota reguler (kalau udah bingung baru manggil taxi supaya tidak hilang… hehehehehe.
Kalau dari Singapura ke Kuala Lumpur, saya saranin naik bis, ada bis yang langsung dari SIN ke KL: Aeroline atau Nice (Bisnya bagus dan Nyaman harganya juga mahal)kalau mau lebih murah Naik Bis AC Reguler dari Lavender Stret(SIN) ke KL, kalaumau lebih murah lagi naik bis kota (Bis 160 atau 170) ke Terminal Larkin di JB (Johor Bahru)dan nyambung Bis JB ke KL (bayarnya lebih murah, pakai Ringgit (Separohnya). Untuk nginapnya di KL kalau mau murah dan dekat terminal Pudu Raya bisa cari hotel di sekitar Bukit Bintang banyak sekali hotel disitu (diantaranya Royal Bintang atau Imperial), kalau mau bagus dan mewah di Berjaya Time Square (harganya 2x lipatnya)

Taksi di SIN maksimum 4 orang jadi kalau belima berati dua taxi mungkin lebih murah kalau naik Bis, dari Changi Airport ada bis husus ke wilayah sekitar Lucky Plaza Orchard turunnya di Somerset Road (Hotel Phoenix). Dari Airport ke Lucky Plaza paling 35 menit, tarif taxsinya tidak jauh beda dengan Jakarta, kalau naik MRT dari Changi agak repot karena harus pindah jalur di City Hall ( dari MRT EW ke NS) . Kalau dari Lucky Plaza mau ke Sentosa paling gampang naik taxi bisa langsung, kalau mau lebih nurah naik MRT (NE)dari Station Dhoby ghaut ke HarbourFront(15 menit) turun di stasion ke4(ada peta terpampang di stasiun)di HarbourFront ada Sentosa Express Sin$3/orang (Vivi City Lobby L Level 3) turunnya di Song of the sea atau Sentosa Bus Sin$ 2/orang(Harbourfront Interchange) atau Cable Car.
Kalau dari Lucky Plaza Ke Merlion naik MRT (NS) di Somerset station ke City Hall atau Rafless Place (5 menit)
Di Singapura anda jangan takut bingung silahkan pergi kemana saja.

330 thoughts on “Tips berwisata di Singapura

  1. bahar

    @Leang Liem :
    Untuk tanggal 26 Desember hingga 1 Januari adalah sangat sulit mencari penginapan baik hotel maupun apartemen di S’pore karena libur Natal dan Tahun baru, karena semua hotel penuh maka berlaku Hukum Ekonomi (Permintaan Meningkat maka Harga naik yang kadang kadang tidak berperi kemanuasiaan… hehehehehe) makanya pemilik apartemen belum mau di booking (masih menunggu kenaikan harga)

    @Selis :
    DiSingapura banyak toko swalayan.
    – Sarapan pagi Roti Kaya Bakar + Teh Helia atau Kopi $2-$3 (paket Breakfast), Nasi Lemak $3-$4. Sate + Lontong $6
    ada banyak sekali restoran sederhana namanya Kopitiam (harga makanannya tidak mahal/terjangkaulah.
    Untuk makan Sate + Lontong sekitar $6/porsi

  2. bahar

    @dani kurniawan :
    Sebaiknya booking Hotel dulu sebelum berangkat supaya lebih tenang daripada muter-muter hanya mencari penginapan (habis waktu dan biaya). Untuk booking apartemen biasanya langsung minta dibayar didepan 1 (satu) malam sebagai tanda jadi, sisanya bisa dilunasi disana.
    Dari Changi Airport ke LP naik MRT saja (dari Terminal 2 turun di MRT Orchard).
    Ikut Itinerary Ivonne diatas, tinggal disesuaikan tanggalnya

  3. bahar

    @dani kurniawan :
    Sy tgl 27 Mar’11 brkt dr CGK pkl 8.30AM dgn airasia dengan Istri dan anak saya (4thn).
    Ngnepnya maunya di lucky plaza. Tapi blum booking hotel. baiknya go show atau gmana pak?. Trus kira2 dr changi ke lucky plaza sebaiknya naik apa ya pak? yg irit

    Tlg bantu buatin rute jalan2nya pak? Tgl 30 siang sy udh hrs ke JKT naik pswt? Kira2 dgn wkt segitu sy bs kmn aja di sing? pengennya sih ke Esplanade, merlion, sentosa & univ studi. Msh bs tmpt lain kah?

    Sebaiknya booking Hotel dulu sebelum berangkat supaya lebih tenang daripada muter-muter hanya mencari penginapan (habis waktu dan biaya). Untuk booking apartemen biasanya langsung minta dibayar didepan 1 (satu) malam sebagai tanda jadi, sisanya bisa dilunasi disana.
    Dari Changi Airport ke LP naik MRT saja (dari Terminal 2 turun di MRT Orchard).
    Ikut Itinerary Ivonne diatas, tinggal disesuaikan tanggalnya

  4. bahar

    @Ivonne :
    14-Juli
    (11.00) C/i di Hotel
    (12.00) Jalan jalan di Orchard Rd sambil cari makan siang
    (15.00) City Hall, Merlion, Raffles Statue, Esplanade
    (18.00) MBS
    (20.00) Makan Malam di Lau Pa Sat atau Glutton Bay/Makan Sutra
    15-Juli
    (09.00) Sentosa Island/USS dan (19.40) nonton Song Of The Sea
    16-Juli
    (07.00) Singapore Botanic Garden
    (10.00) Chinatown (Pagoda St, Peo[ple Park Complex, Trengganu St)
    (13.00) Bugis (Bugis Junction, Bugis Village, Bugis Street)
    (15.00) Kampung Glam (Malay Heritage, Arab St,Bussorah,
    Bali Lane/Haji Lane
    (16.00) Little India (Tekka Centre/Tekka Mall, Mustafa Centre
    17-Juli
    (08.00) Jalan di sekitar penginapan
    (10.00) Jalan jalan di Orchard (kalau masih mau)
    (13.00) C/o dari Hotel
    (14.00) Jalan jalan di Changi airport (Terminal 1,2,3)
    (17.20) Kembali ke kampung halaman
    Saran : Kalau ke USS usahakan jangan saat weekend (ngantri tiketnya Panjang…jang), Beli tiket disana saja kalau weekday

  5. ichie

    Dear P’Bahar

    Terima kasih respon dan rute perjalanannya pak.
    Sy d LP cm 1 mlm pak, rencana utk mlm ke-2 pindah tempat. kira2 dr rute yg bapak ksh tadi, sy sebaiknya nginep dmn ya tuk mlm ke -2 nya? klo bs ga jauh dr tempat yg sblmnya sy kunjungi td, soale bw baby 🙂

    Terima kasih pak Bahar 🙂

  6. novi

    salam kenal pak bahar, saya dan keluarga berencana ke singapore tgl 11 april ini.. udah coba cari hotel yg murah tp fuulbooked semua, kira2 bisa kasih referensi ngga untuk apartement yg bisa untuk 4orang dengan harga murah ( 2dewasa 2 balita) tapi private room? tiba di singapore malam hari, berangkat dari jakarta jam 18, kalau bisa apartement daerah china town atau little india yang bersih dan cocok untuk keluarga. tq atas infonya.

  7. Nelly

    dear pak bahar,
    kl boleh saya mw minta tolong dibuatkan rencana perjalanan untuk 4D/3N tanggal 6-9 april 2011 kedatangan pukul 12am dan pulang pukul 11am. rencananya teman2 saya akan mengunjungi universal studio, tapi berhubung saya sudah pernah, jadi saya tidak akan ikut tour satu hari tersebut bersama mereka. terimakasih atas infonya

  8. Selis

    Pak Bahar, ikutan nanya dong. Kalau di Singapore, budget sekali makan brp SGD? Yg bukan food court yah, semacam resto2 mungil spt di Jkt ada ngga ya? Soalnya trakhir k Sing dah 5 thn yg lalu, makan di food court mall wkt itu. Klu swalayan yg semcm karfur, ada jg kan ya, namanya apa & dmana?
    Tengkiu Pak 🙂

  9. Leang Liem

    Pak Bahar, kami sekeluarga (2 dewasa 2 anak) sudah terlanjur beli tiket PP Air Asia untuk akhir tahun 26 Des 2011 s/d 01 Jan 2012 dari Bali – Singapore – Bali tiba 11:45 waktu SING

    1. Kami berencana nginap di Lucky Plaza tapi hampir semua nomer apartemen yang saya hubungi, pada ga mau di book jauh-jauh hari, lah saya butuh kepastian, gimana dong ?
    Mungkin bapak punya kenalan yang menyewakan 1 flat isi 2 bedroom / 4 orang dgn private bathroom yang mau di bayar lunas sekarang ?

    2. Saya juga berencana menghabiskan akhir tahun di P. Sentosa, tapi sepertinya hotel dalam Pulau pada mahal-mahal, ada gak yang di dalam Pulau yang budgetnya 700rb-1 juta/nite

    3. Sepertinya saya bakalan kama di Singapore (7 hari) menurut bapak gimana ? Apa saya berdiam saja di singapore ? Atau jalan darat ke KL ? Dah pernah sih ke KL tapi keknya anak saya ga puas

    4. Mohon bantuan bapak, kiranya membuatkan saya timetable selama liburan

    Email saya: leangliem@yahoo.com

    Terima Kasih

  10. dani kurniawan

    Dear P’Bahar,

    Mohon infonya donk..

    Sy tgl 27 Mar’11 brkt dr CGK pkl 8.30AM dgn airasia dengan Istri dan anak saya (4thn).
    Ngnepnya maunya di lucky plaza. Tapi blum booking hotel. baiknya go show atau gmana pak?. Trus kira2 dr changi ke lucky plaza sebaiknya naik apa ya pak? yg irit

    Tlg bantu buatin rute jalan2nya pak? Tgl 30 siang sy udh hrs ke JKT naik pswt? Kira2 dgn wkt segitu sy bs kmn aja di sing? pengennya sih ke Esplanade, merlion, sentosa & univ studi. Msh bs tmpt lain kah?

    Tlg bantu ya pak..

    Terima kasih sebelumnya

    Dani Kurniawan

  11. Simon

    Singapore the best bgt dah..yg belum prnh dtng kesana musti dtng deh..gila beda bgt sama jakarta.trasportasi nya the best bgt,jalan nya aja sampe di sapu sama mobil pembersih.tp yg gak kuat jalan kaki agak repot klu kesana krn disana musti jalan kaki trs.mau nyebrang aja musti muter2.krn gk bisa main nyebrang2 kaya di jkt..jd musti muter2 dr lampu merah.dan saran saya kalau bagi yg baru pertama dtng dan gk tau jalan mampir aja ke singapore visitor center.dari lucky plasa lurus trs lewat lampu merah 2x.disana bisa tny2 apa yg km mau tau tentang singapore.dan disana orang2 nya welcome2 bagi pendatang.gw salut bgt ma orang sana.apalagi orang2 india nya.malu bertanya sesat di jalan.cukup sekian pengalaman gw disana.dan jgn lupa coba nyobain mrt nya.beli ez link nya di setiap stasius mtr.beli kartu itu $12.bnr2 murah pk mrt dan bus disana dibanding pake taksi.
    Gw jd pengen pindah kerja ke singapore.haha
    Kalau ada yg pny info job disana mau donk,penjaga toko pun gw mau dah.haha
    Gw betah disana..haha
    (nb:buat cowo2 singel musti kesana buat cari jodoh.cewe2 disana bening2.hahaha)

  12. bahar

    @ichie :
    22-Maret jam 04.00PM tiba di Singapura (Budget Terminal), imigrasi dan perjalanan ke Lucky Plz butuh waktu sekitar 1 jam, kalau mau murah sebaiknya naik MRT (stasiun MRTnya di Terminal 2), langsung C/i di LP terus jalan jalan di Orchard rd (makan malam bisa di LP banyak masakan Indonesia disitu) selanjutnya bisa ke Clarke Quay dan Boat Quay (naik MRT dari Orchard ke MRT Clarke Quay Exit E)Kalau belum ngantuk bisa lanjut ke Mustafa Centre.
    23-Maret 06.30am Ke MRT City Hall (naik dari MRT Orchard) exit B (Walking Tour disekitar sini)kitari St Andrews Cathedral (disini ada Shuttlebus ke Singapore Flyer) ketemu Coleman St Belok kiri hingga mentok ketemu PADANG (diarea sini banyak bangunan dengan arsitektur kolonial) ambil kanan ketemu Parliament House, nyebrang ke Empress Plase ketemu Asean Civilisations Museum (disekitar sini ada Raffless Statue), ikuti jalan yang mengitari Victoria Theatre hingga ketemu persimpangan, ambil kanan {Fullerton) hingga ketemu Anderson Bridge (dipojok bawahnya ada toko souvenir kecil)dari sini sudah kelihatan Merlion (lewat dibawah jembatan Esplanade), selanjutnya kembali ke arah Anderson Bridge lewati jembatan, selepasjembatan masuk kekanan (taman pinggir kali menuju Esplanade) silahkan istrahat disini sambil menikmati pemandangan yang sangat indah, selanjutnya masuk ke Gedung Esplanade setelah puas (jam 09.00) lanjutkan perjalanan menuju Vivo City (naik MRT ke Harbourfront exit E/C) diVivo City anda bisa keliling2 sambil cari sarapan, jam 10.30 silahkan ke sentosa Island naik kereta Monorail Sentosa Express $3/orang PP (naik dari Vivo City Lobby L lantai 3) turun di Stasiun Waterfront (stasiun Pemberhentian Pertama) disitulah Universal Studio puaskan diri disini hingga sore hari setelah jam 05.00pm keluar dari situ dan anda bisa menggunakan Shuttlebus atau kereta monorail keliling2 sentosa dgn gratis, kalau masih belum puas silahkan nonton pertunjukan Song Of The Sea jam 07.40pm (bisa naik Sentosa express turunnya di station Beach (stasiun terahir)lama pertunjukannya 1 jam, setelah itu kembali ke Harbourfront bisa dengan Sentosa Express atau Bis untuk selanjutnya kembali ke Hotel tidur, pasti pulas karena capek…. hehehe…yang pasti puas deh.

  13. Simon

    Yah tiap hari menanti jawaban dari pak bahar tapi belum di jawab jg.gawat deh..hiks
    Mau tanya dunk bagi yg tau aja kira2 bawa rokok dr indonesia ke singapore bisa gk?klu bs gmn trick nya.need fast answer.hehe
    Krn bsk jam 6pagi udh ke bandara.thx

  14. Ivonne

    Oya Pak, tambahan lg, kapan sy harus membeli ticket USS, utk tgl 15 July 2011 ? Apakah benar kalau disini yg dibeli voucher, sy harus antri utk menukarkannya dgn ticket disana ?
    Thanks a lot ya Pak !

  15. Ivonne

    Salam kenal Pak Bahar, tolong dong minta dibuatkan schedule perjalanan ke Singapore agar dari satu tempat ke tempat lainnya sejalur/searah, jd biar hemat waktu n byk tempat yg bisa dikunjungi. Kami sekeluarga 5 orang (2 dws + 3 anak) brgkt 14 July (tiba Sin pk. 0955 pagi) dan kembali Jkt 17 July (dari Sin pk. 1720 sore). Tempat yg pasti ingin dikunjungi adl USS, MBS, Sentosa Island, Merlion Park. Tolong Pak Bahar suggest lg tempat” lain yg bagus utk dikunjungi dan bagus utk difoto, karna sy belum pernah kesana.
    Trims ya Pak atas bantuannya.

  16. ichie

    Dear P’Bahar,

    Mohon infonya donk..

    Sy tgl 22 Mar’11 brkt dr CGK pkl 13.40 dgn airasia sebanyak 16 org (14 dewasa, 2 anak kecil (2thn dan 5 bln).
    Ngnep di lucky plaza. Kira2 dr changi ke lucky plaza sebaiknya naik apa ya pak? yg irit 🙂

    Tlg bantu buatin rute jalan2nya pak? Tgl 24 pagi sy udh hrs ke KL naik pswt? Kira2 dgn wkt segitu sy bs kmn aja di sing? pengennya sih ke Esplanade, merlion, sentosa & univ studi. Msh bs tmpt lain kah?

    Tlg bantu ya pak..

    Terima kasih

  17. Simon

    Pak saya mau ke singapore tgl 4 maret 2011 plng tgl 7 nya.budget nya pas2 an bgt.apartement udh dapet di lucky plasa.mau tanya kalau dr changgi ke lucky plasa yg murah naik apa ya?ni pertama kali nya saya kesana jadi takut nyasar.hehe
    Kira2 tempat wisata yg murah apa aja ya disana dan naik kendara an nya tolong di pandu ya pak..hehe
    Dan kalau dari lucky plasa mau ke malaysia kira2 bth budget brp ya dan naik kendara an nya apa aja ya?kira2 kalau ke malay bisa gak ya pagi pergi dan malam pulang?please need info nya pak..hehe

    @tuti mau ke singapore nya tgl nya sama ni.mau jd guide saya gak?haha
    Call dunk 08998991141.thx

  18. bahar

    @nana :
    Pertunjukan Voyage De la Vie adalah 08.30pm (weekday), 05.00pm & 08.30pm (weekend) dengan durasi sekitar 1,5 jam. Sedangkan Song Of the sea jam 07.40pm durasi 1jam. Kalau mau harga tiketnya lebih murah biasanya ada penawaran paket dengan hotelnya, beli tiketnya disana saja.
    Tetap menginap di Ibis Bencoolen juga bisa karena bis dari Sentosa ke Harbourfront hingga jam 11.30pm masih ada atau naik taxi.

  19. Tuti

    salam kenal pak Bahar… mau nanya ya.. saya dan teman2 (8 orang) tanggal 4 Maret 2011 mau ke singapura, kami ingin sewa van untuk 1 hari, dimana kami bisa dapatkan informasinya y pak, dan berapa harganya,terimakasih y pak..

  20. nana

    halo pak Bahar.. mau tanya, kalau saya mau nonton voyage de la Vie kan malam ya, sebaiknya nginep di sentosa island (resort world) atau bisa pulang ke hotel bencoleen (rencana menginap di ibis), tambahan informasi saya mungkin bawa balita (usia 1 thn). oia sy jg mau nonton song of the sea, bisa gak ya dlm 1 malam itu (misal semalam menginap di resort world) sekaligus nonton voyage de la vie. sebaiknya beli tiket disana atau online ya pak.
    terima kasih banyak

  21. Sari

    pak bahar..
    maaf pak ada yg kelupaan.. klo dari Sing mau ke KL naik kereta, naiknya dr stasiun mana ya pak? saya cuma tau klo di KL turunnya di KL Sentral, tp klo dr Sing nya naik drmn? trus harga tiketnya brp pak? keretanya ada jam brp aja? atau mungkin bapak ada alamat webnya? makasih sekali lg pak..

  22. Sari

    ralat:
    apa bpk punya *info mengenai call centre tiger airways? krn saya telp call centre yg di web tulalit terus.. terima kasih byk ya pak atas informasinya.. berkat info dr bpk sblmnya, jln2 saya kmrn ke singapore sangat menyenangkan dan cukup hemat..

  23. Sari

    Dear Pak Bahar,
    apa kabar pak? hehehe.. rupanya sedang sibuk ya pak? saya sudah keburu kembali dari singapore pak tgl 12 kmrn.. tp ada rencana mau pgi lg nanti bulan april, jd mungkin br bisa kesampaian ke science centre dan anchorpointnya.. saya mau nanya lg boleh pak? rencananya april nanti saya pgi naik tiger airways, ini br ptama kalinya saya naik tiger airways.. naiknya klo dari cengkareng tetep di etrminal 2 D ya pak? trus klo kita blm pesen seat, apa bisa nanti aja sekalian pas check in? apa bpk punya indo mengenai call centre tiger airways? krn saya telp call centre yg di web tulalit terus.. terima kasih byk ya pak atas informasinya.. berkat info dr bpk sblmnya, jln2 saya kmrn ke singapore sangat menyenangkan dan cukup hemat..

  24. bahar

    Maaf teman teman baru nongol nih…!

    @Harto :
    Untuk sarapan pagi didekat hotel anda (tinggal nyebrang), tepatnya di Brassbasah ada Kopitiam 24 hour disitu ada dijual nasi lemak atau ambil paket breakfast teh susus atau kopi susu panas dengan roti pakai kaya $2

    @febby pramitha :
    Masuk Sentosa Island anda cukup bayar $3 kalau menggunakan Mono rail (Sentosa Express)dari Vivo City (PP) atau $2 (PP) dengan Bus Sentosa, atau $18 kalau menggunakan Kereta Gantung dari Mount Faber Park.

    @Sari :
    Stasiun MRT yang dekat dengan Hotel Bencoolen adalah Dhoby Ghaut, kalau dari Cangi pindah kereta di City Hall.
    Kalau mau ke Anchorpoint , naik MRT satu kali dari Dhoby Ghaut atau Orchard yang ke Arah Jurong East turunnya di Chua Chu Kang MRT selanjutnya bisa naik Shuttlebus ke IKEA.
    Dari hotel anda ke Mustafa sebenarnya tidak begitu jauh, jadi kalau sudah tdk ada bus/MRT jalan kaki aja (paling lama 25 menit)
    Kalau mau ke Singapore Science Centre naik MRT dari Orchard/ Somerset MRT ke Jurong East MRT dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 10 menit (0,5 km) ke 15 Science Centre Road

  25. keiwally

    Pak Bahar,
    Rencana kami 2 keluarga (masing-masing 2Adult,2Child)mau tour ke sPore pada tgl 5-7 April 2011 (7-9 April menuju KL). Mohon info & saran itinerary & sewa apartment/hotel murah..

    Saran anda sangat berharga bagi kami, Terimakasih

  26. ely

    Hallo Pak,

    Pak..saya mau ke Sing n Malaysia dr tgl 23-27 Apr’11 ber-5 orng
    Tolong kasih tau dong pak penginapan yg murah (sekalian harganya) n tempat2 yg bagus n murah yang bisa kunjungi di Sing & Malaysia. And transport apa aja yg aku pakai disana.

    Dan kira2 aku bawa uang brp aja ya pak.

    Tks before

  27. Yanti

    Selamat pagi Pak Bahar

    Liburan sekolah nanti saya dan keluarga akan jalan-jalan ke Singapore (7-13 Juli 2011, berangkat Pk. 10.00 WIB dan kembali Pk. 13.00 waktu Singapore. Mohon masukkannya untuk tempat penginapan di Singapore (apartemen/hotel) yang strategis, murah tapi bersih. Dan jangan lupa contact person dan contact numbernya.

    Selain itu rencana yang akan kami kunjungi adalah beberapa tempat menarik spt universal studio, sentosa island, dll (tolong idenya pak). Dan jika Bapak berkenan tolong dibantu dibuatkan jadwal acaranya bisa pak dengan panduan MRTnya?

    Terima kasih atas bantuannya ya pak…

    Rgds,

    Yanti

  28. Dede

    Oiya 1 lagi pak.. maaf lupa.
    saya kesana kira 24 – 27 july.
    tgl 24 flight plg pagi jm 7 dan plgnya tgl 27 flight yg siang.
    krn itu 4 hari 3 malam, kira2 bs ga ya kl kita sekalian nyebrang ke kualalumpur??
    thanks a lot pak! 🙂

    Cheers..!

  29. Dede

    Siang pak..
    saya dan 4 org teman (cewe semua) mau ke singapore bulan juli. msh lama sih, tapi ini pertama kali kita kesana.
    mau coba2 cari hotel dulu dr skrg takut penuh semua kl cari deket2 bulan juli.
    kira2 hotel yg bisa masuk semua 5 org dlm 1 kmr apa ya pak? harganya berapa?
    saya pernah dgr soal backpacker hostel. ktnya murah. tapi kamar mandi diluar.
    bapak bisa suggest kah kira2 hotel atau hostel yg mengijinkan 5 org dlm 1kmr itu apa ya??
    Terima kasih banyak.

    Cheers.. Dede 🙂

  30. nelly s

    malam pak…sy ada perjalanan ke sing tgl 18 – 21 feb 2011 ini…tlg buatkan perjalanan saya ya pak..n hotel yg murah jg bisa tuk 7 orang cewek semua nih pak…sy berangkat jam 11 dr jakarta…trims sebelumnya…

  31. Sari

    oiya pak, satu lg saya lupa.. klo saya mau ke science museum, apa jg bisa naik mrt atau bus? klo dr orchard, naik dan turunnya dmana? sekali lg terima kasih..

  32. Sari

    halo pak bahar, apa kbr?
    pak ada yg ingin saya tanyakan lg nih, smoga pak bahar berkenan utk menjawab.. dr changi ke hotel bencoolen apa bisa naik mrt pak? lalu dr hotel bencoolen ke anchorpoint apa jg bisa naik mrt? klo tidak salah anchorpoint kan berada didpn ikea ya pak, klo bgitu apa bisa kita naik shuttle bus ikea saja trus tinggal nyebrang ke anchorpoint? klo memang bisa, naik shuttle busnya darimana pak? klo saya tidak salah kan mrt tidak beroperasi 24 jam, klo dr hotel bencoolen ke mustafa, apa ada alternatif transportasi lain selain taxi? dan untuk pengembalian stp bisa dikembalikan dmana pak? terima kasih byk atas informasinya pak..

  33. ade hasan

    Thanks buat tips-tipsnya! Sangat bermanfaat nih .. Siapa tau dalam waktu dekat ini saya ke Singapura lagi,,jadinya gak bakalan bingung dan mati gaya lagi deh! 🙂

  34. harryan

    pak, saya merencanakan perjalanan ke siangapore tanggal 3 feb 2011 dari batam…saya ingin ke merlion, orchard, bugis street. kira2 cukup ga ya 1 hari, soalnya saya ingin melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur… sekitar jam 2 waktu singapore..terima kasih sebelumnya

  35. febby pramitha

    Salam, pak bahar yg baik hati 🙂
    aku mau tanya :
    harga masuk sentosa island berapa ya pak? apakah ada paket yg murah/terusan kalo kita mau naik wahana wahana yg ada disana? thanks pak

  36. Harto

    Kalau sarapan pagi enaknya dimana mana aja ya?
    Saya ambil hotel Rendezvous (Orchard ujung dekat MRT DhobyGout / BrasBasah) tidak ambil pake B’fast.
    sktr 3hari.

  37. bahar

    @Sulis :
    – 18/Feb, paling cepat keluar dari airport jam 12 siang langung C/i dulu dipenginapannya selanjutnya jalan jalan di Chinatown (Pagoda Street) sekalian makan siang, lanjutkan ke Vivo City (naik MRT ke Harbourfront) sekalian makan malam pada jam 18.00, selanjutnya ke Sentosa Island (naik Bis Sentosa Express dari Vivo City)untuk nonton Song Of The Sea jam 19.30. setelah itu kembali ke People Park istrahat atau kalau belum ngantuk boleh langsung ke Mustafa Centre.
    – 19/Feb,Pagi pagi ke City Hall ( Padang, Merlion, Esplanade, Helix Bridge, Singapore Flyer, MBS), Suntec City Mall (The Fountain of Wealth), Bugis (Bugis Street, Bugis Junction, Kampong Glam/ Malay Heritage), Orchard Road. Malamnya boleh jalan jalan ke Clarke Quay
    – 20/Feb, Little India (Tekka, Mustafa), China Town, Changi airport

    @Natanael Evan T :
    – 3/Feb, keluar dari airport Changi langsung C/i dulu di Hotel, City Hall ( Padang, Asean Civilisation Museum, Raffles Statue, Merlion, Esplanade dari sini anda bisa melihat Singapore Flyer, MBS), menjelang malam silahkan ke Singapore Zoo untuk bersafari night
    – 4/Feb, ke Sentosa Island (Universal Studio)
    – 5/Feb, Little India, Bugis Street, China Town
    – 6/Feb, Singapore Botanic Garden, Orchard Rd

    @miranti :
    Beli tiket USS boleh langsung ke Counternya, kalau tidak beli dicounternya langsung pastikan bahwa tiket yang anda beli adalah Asli ( ada beberapa tempat menjual tiket USS), walaupun dikatakan palsu kalau belinya masih di Singapura maka anda tetap diperbolehkan masuk USS tapi hanya satu kali, tidak bebas keluar masuk sebagaimana tiket asli (tidak jelas kenapa aturannya begitu)

  38. Nur syamsi

    Tolong buatkan paket sin 3d/2n pakai apartemen Lucky plaza, jumlah peserta 65pax,… tolong apartemen yang 3bedroom bisa sampai 15orang/01apartment.
    Hari pertama makan malam
    Hari kedua makan pagi (box),siang (box) malam local restaurant
    hari ketiga makan pagi (box) dan siang (box)
    Kunjungan : suntec,rafles,marina bay, bugis, kamp.glam, lit.india,
    espalane, sentosa,mustafa,merlion,china town dll…..
    tolong info ke email or (062)085265734477….syamsi@pekanbaru

  39. miranti

    pak bahar..saya mau tanya, saya berencana ke singapur tgl 15-16 februari, kalau saya beli tiket masuk universal studio singapore saat saya sampai disana kira2 memungkinkan ga pak? atau saya harus beli tiket universal studio nya dari indo?mohon dijawab y pak, butuh bgt nih infonya…thanks b4..

  40. Natanael Evan T

    Saya akan pergi ke Singapore untuk tanggal 3-7 Februari. Saya berangkat dari Jogjakarta menggunakan Flight pagi dan tiba di changi kira2 pukul 10.00 waktu sin. Saya menginap di grand mercure roxy. Untuk sementara perkiraan saya begitu sampai malamnya saya akan ke night safari. Tolong informasikan aktivitas yang bisa saya dan keluarga saya lakukan pada siang hari tanggal 3. Tanggal 4 saya akan ke universal. Tanggal 5 acara belum kami tentukan namun alternatif tempat wisata adalah sentosa. Tolong bantuan untuk jadwal tanggal 3 dan tanggal 5.

  41. Sulis

    Pak bahar… Boleh minta pencerahan.. Ini pertama kali saya ke singapore. Penerbangan dari CGK jam 9 pagi tgl 18 Feb – pulang jam 8 malam tgl 20. 3 hari 2 malam disana.

    Bisa tolong referensikan rute perjalanan. Tujuan utamanya adalah shopping, tempat2 lain cukup hanya foto2 saja. Saya nginap di People Park Chinatown. Tempat yang ingin saya kunjungi untuk foto2: Singapore Flyer, Merlion, Esplanade, Helix Bridge (malam). Kalau ada referensi lain boleh, pak.

    Tempat lain yang ingin dikunjungi : Vivo city, Songs of the sea, Bugis street, bugis junction, Kampong Glam, Mustafa Centre, tekka Market, Sungei Road Thieves Market, Chinatown Night Market, 313@Somerset, ION Orchard, Suntec City Mall and The Fountain of Wealth, The Paragon, Lucky Plaza, Centrepoint, Ngee Ann City. Kalau ada referensi lain boleh, pak.

    Terima kasih

  42. Lianty

    ok pak bahar,sy kelewatan baca jadwalnya sdh dibuat diatas ya…thx bgt ya
    benar2 sgt membantu saya terutama u/panduan ke singapur nanti…semoga layanan ini trs berkembang kr sgt bermanfaat,thx

  43. Lianty

    Pak bahar blh minta tlg 1 lg ga?tlg dibuatkan rute prjalanan sy ke singapur tgl 8-11april nanti,tgl 8april dr jkt pesawat brgkt jam 1 siang dan tgl 11 april balik jkt jam 10pagi,yg ingin sy kunjungi diantaranya universal studio,merlion,singapur flyer,little india,china town,sentosa island,kira2 jadwal yg pas u/jln2 dgn waktu yg terbatas dlm mengunjungi mcm2 tmp,thx bgt

  44. meilina

    pak bahar….Saya tiba di singapore jam 10 pagidan pulang 28 juli 2011 jam 10 pagi. saya bingung apakah akan ke KL atau keliling singapore . Ada rekomendasi hotel supreme , apakah ada yg dekat supreme harga lebih murah. Klo saya keliling singapore sebaiknya ke mana saja . Terima kasih sebelumnya atas saran dan petunjuknya

  45. bahar

    @Devi :
    – Dahulu Song Of The sea namanya Musical Fountain, nontonnya Gratis pertunjukannya waktu itu sangat menakjubkan, tetapi karena penontonnya banyak sekali setiap malam tempat parkir bis wisata selalu penuh maka sekarang ditarik bayaran $ 6 (kalau tidak salah) dan namanya berubah menjadi Song Of The Sea.
    – Atraksinya setiap malam setelah jam 19.30

    @melisa :
    – Naik MRT dari Changi ke Sommerset pindah kereta 2 kali
    – Stasiun MRT di Changi airport ada di Terminal 2, jadi kalau kedatangannya di Terminal 1 silahkan menuju terminal 2 dengan Electric Train (mono rail). setibanya di terminal 2 ikuti tanda panah yang menuju ke Changi Airport MRT
    – Dari MRT Changi turunnya di Stasiun MRT Tanah Merah (Pemberhentian ke 2) selanjutnya naik MRT lagi dan turun di City Hall (Stasiun pemberhentian ke 9) disini ganti kereta yang ke arah Jurong East turun di Sommerset (Stasiun pemberhentian ke 2)

  46. melisa

    uahh thx pak info jadwal nya..tanya lg nich klo naik mrt dari changi ke stasiun sommerset itu pindah brapa kali ya? aku naik air asia pesawat nya pak malam hari sampe sing jem 10 mlm, klo mrt di changi itu dmana nya ya? terminal brapa mksd aku biar aku ga kesasar hehehe… thanks ya pak.. 🙂

  47. Devi

    Pak Bahar,

    Aku mau nanya kalo mau nonton Song of the sea bisa ngga pada hari kerja, dan tiket masuknya brapa, pak?

    Thanks,
    Devi

  48. bahar

    @Lianty :
    8 Jan :
    (16.30 waktu Singapura) C/i dihotel
    (17.00) Orchard Rd
    (20.00) Clarke Quay
    (21.30) Mustafa Centre
    9 Jan :
    (08,00)Sentosa Island (Universal Studio,Song of the sea
    10 Jan :
    (07.00) Merlion dan sekitarnya
    (10.00) Singapore Flyer
    (12.00) Chinatown
    (15.00) Little India
    (17.00) Bugis atau Orchard rd
    11 Jan : setelah sarapan pagi langsung aja menuju Changi airport, habiskan aja dollarnya disana ….. hehehehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.