Jalan Jajan Hemat

Tempat Wisata di Bali

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki pemandangan yang indah, dikelilingi oleh pantai berpasir putih (bandingkan dengan pantai Ancol-Jakarta), memiliki banyak sekali pura dan bangunan bersejarah lainnya, sehingga Bali memiliki daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Ada yang mengatakan bahwa di Bali kita dapat menjumpai orang dari negara manapun di dunia, Perancis, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Taiwan, Arab, pokoknya semua dapat kita temui di sini. Jadi jangan merasa mengaku bangsa Indonesia, kalau Anda sudah pernah ke luar negeri tapi belum pernah ke Bali. Lah orang luar negeri saja jauh2 datang ke Bali, masa kita yang di dalam negeri malah belum pernah kesana. Apa kata dunia ??Ā  šŸ˜€

Ada beberapa tempat wisata yang pada umumnya dikunjungi selama berlibur di Bali :

  • Ground ZeroGround zero, ini adalah monumen bom Bali pertama. Disana terpampang nama-nama korban bom bali, Anda akan menjumpai monumen ini dalam perjalanan menuju pantai Kuta. Semoga tidak ada lagi kekacauan di Bali, karena dari informasi yang kami dapat dari penduduk di sana, pariwisata Bali sangat terpukul dengan adanya bom bali 1 dan 2. Turis asing yang datang berkurang drastis, dan banyak pengusaha yang gulung tikar. Padahal mayoritas penduduk Bali bergantung pada usaha pariwisata.

  • Jalan Pantai Kuta

    Jalan Pantai Kuta

    Sepanjang jalan menuju pantai Kuta terdapat deretan bar, resto, hotel dan juga toko-toko yang menjual pakaian, lukisan, barang seni, dll. Tapi JalanJajanHemat menyarankan untuk membeli oleh2 di kawasan lainnya karena sebenarnya target pembeli di kawasan ini adalah turis asing. Harga barang disini dapat dikatakan cukup tinggi. Mengapa ?? Karena harga sewa toko di kawasan ini harganya selangit lho..

  • Pantai Kuta

    Pantai Kuta

    Pantai Kuta. Ini adalah pantai wajib bagi para turis. Pantai ini memiliki ombak yang bagus, sehingga banyak peselancar bermain di pantai ini. Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan manca negara, umumnya mereka berenang, berjemur, surfing, berlari sepanjang pantai. Untuk masuk ke dalam kawasan ini tidak dipungut bayaran, paling hanya biaya parkir saja. Di pantai ini, Anda akan mendapati para penjaja jasa pijat, mengepang rambut, temporary tatoo, sewa kursi, wah pokoknya ramai sekali disana. Jika Anda hanya berlibur singkat tapi ingin merasakan pantai ini, nikmatilah beberapa saat saja, ingat kita ingin liburan kan ?Ā  Bukan mau berenang … šŸ˜€


  • Hardrock hotel

    Hardrock hotel

    Hardrock hotel, di tempat ini Anda dapat berenang di kolam yang besar dan nyaman. Kolam renangnya berair hangat lho, jadi jangan khawatir kalau Anda renang sampai malam. Di tengah kolam ada area yang berpasir, cukup unik, karena pasir tersebut sangat bersih dan tidak membuat kotor kolam. Ada air terjun, ada kolam anak yang dilengkapi seluncuran, dan bahkan dipasang layar projector yang menayangkan film. Kamar gantinya pun bagus, handuk, sabun semua tersedia lengkap. Namun harga tiket masuk kolam renang disini lumayan mahal, 100 ribu per orang. Selain kolam renang, di sini juga terdapat spa, gym, kafe, bahkan ada radio hard rock bali lho di dalamnya, kita dapat melihat mereka sedang on air.

Pada umumnya, paket tur akan menggabungkan tempat wisata di bawah ini ke dalam 1 paket yaitu: Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), pantai dream land, pura uluwatu dan terakhir makan malam sambil melihat matahari terbenam di Jimbaran.

  • Tanjung Benoa. Di pantai ini kita dapat melakukan banyak olahraga air, seperti jetski, parasailing (parasut yang ditarik oleh speedboat), banana boat, flying fish (tadinya saya pikir permainan ini biasa saja, tapi setelah melihatnya langsung bagaimana permainannya, wauw.. seru banget), diving, bottom glass boat. Anda dapat menyewa kapal yang di dasarnya dipasang kaca sehingga dapat melihat ke dalam air. Hati-hati saat menyewa, harga price list yang ada itu dapat ditawar gila-gilaan. Untungnya sebelum berangkat saya sempat browsing dan mencari informasi harga permainan2 tersebut. Berikut adalah beberapa harga yang sempat saya dapatkan di internet (Juli 2008)
  • Parasailing : Rp 55.000 / orang
  • Banana boat : Rp 50.000 / orang (min 2 org)
  • Flying fish : Rp 120.000 / orang (min 2 org)
  • Water skiing : Rp 110.000 / org, 15 menit
  • Snorkeling : Rp 90.000 / org (min 2 org)
  • Diving : Rp 235.000 / org
  • Glass bottom boat : Rp 250.000 / boat (max 10 org)
  • Dolphin tour : Rp 500.000 / orang / 4 jam

Tanjung BenoaWaktu saya tanya ke salah satu operator, untuk sewa bottom glass boat dikenakan Rp 500.000 / perahu, untungnya saya sudah tahu harga2 ini sebelumnya, setelah tawar menawar akhirnya jatuh di harga Rp 250.000 / perahu. Dengan menggunakan perahu tersebut, kita dapat melihat ke dasar laut, memberi makan ikan dengan roti tawar yang sudah disediakan dan juga sekaligus mengunjungi tempat penangkaran penyu (ada beberapa tempat). Disana kita dapat berfoto bersama binatang-binatang seperti ular, burung, kelelawar dan penyu tentunya. Di pulau tersebut juga terdapat kerajinan-kerajinan, juga menjual kelapa muda untuk menghilangkan haus. Masuk ke pulau ini dikenakan biaya Rp 2.000 / org yang katanya untuk pemeliharaan binatang-binatang disana. JJH merekomendasikan ke tempat ini..

Operator yang kami pakai : Benoa Marine Recreation (BMR Dive & Water Sport), Jl Pratama No. 99X, phone : (0361)771757

  • GWKGaruda Wisnu Kencana (GWK). Berada di daerah Jimbaran, bagian Selatan pulau Bali, di sini akan dibangun patung besar yang berbentuk dewa Wisnu yang sedang duduk di atas burung garuda. Saat Juli 2008, bagian patung raksasa yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta tersebut masih terpisah, patung dewa Wisnu, patung garuda dan juga tangan dewa Wisnu. Patung ini akan menjadi suatu simbol sama seperti patung Liberty di Amerika. Lokasinya di atas bukit, cukup indah pemandangan di sana. GWK juga dilengkapi dengan areal untuk teater yang menampilkan sendra tari Bali (tergantung jadwal pertunjukan). Di depan gerbang masuk, disambut oleh musik Bali yang mengiringi 2 orang penari Bali yang menyambut tamu. Tidak ketinggalan di GWK terdapat beberapa toko, kios makanan bahkan factory outlet (tempat idola ibu-ibu). Beberapa operator tour menjadikan GWK lokasi untuk makan sore sambil menikmati matahari terbenam. Tiket masuk Rp 15.000 / orang + mobil Rp 5.000. Agak mahal untuk masuk ke tempat ini, tapi jika patung ini sudah jadi, maka tempat ini pasti menjadi ‘tempat wajib dikunjungi’.
  • Dreamland BaliPantai Dreamland. Berada satu arah dengan GWK, di tempat ini terlihat sedang dibangun hotel dan resor berbintang. Kawasan ini dulu ‘digarap’ oleh Tommy Suharto, namun terbengkalai setelah rezim Orde Baru tumbang. Terlihat pantai ini lebih bersih dibandingkan dengan pantai Kuta, dan lebih banyak turis asing ketimbang turis lokal. Tapi menurut saya cukup jauh jarak yang perlu ditempuh untuk mencapai pantai ini dan lokasinya agak terpencil. (Atau mungkin hal ini yang dicari oleh turis-turis asing tersebut?). Jika nanti proyek hotel dan resor sudah selesai, pasti pantai ini akan lebih ramai dikunjungi. Untuk masuk ke kawasan ini, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 2.000 untuk mobil. Menurut JJH, kalau Anda tidak suka renang sebaiknya tidak perlu ke tempat ini.
  • Pura luhur UluwatuPura Luhur Uluwatu. Pura ini terletak di ujung paling Barat semenanjung bukit, itu sebabnya disebut Ulu yang berarti ujung dan watu yang artinya batu. Pura ini berada di atas batu karang yang menjorok ke laut. Pemandangan dari sini luaaarrr biaasaa.. JJH merekomendasikan tempat ini. Sebelum masuk ke lokasi, tiap pengunjung diminta untuk mengenakan selendang (dan ditambah kain bagi yang menggunakan celana pendek) sebagai penghormatan kepada leluhur yang berada di lokasi tersebut. Pura ini dikelilingi oleh hutan yang didalamnya terdapat monyet-monyet yang konon merupakan pengikut setia sang Pendeta suci yang ditugaskan untuk menjaga pura luhur Uluwatu. Hati-hati dengan barang bawaan Anda: topi, kacamata, kamera, kalung, anting disarankan untuk disimpan di tempat yang aman. Karena monyet-monyet ini terkadang iseng dan mengambil barang-barang tersebut dari tangan turis. Banyak yang mengambil ranting untuk dibawa dengan tujuan menghindari dari tangan jahil sang monyet, tapi ingat jangan mengganggu/menyakiti monyet-monyet tersebut. Disana juga ada pertunjukan tari kecak (dengan tambahan biaya) yang berlokasi di ujung tebing. Wah pokoknya akan terdengar decakan kagum dari tiap pengunjung yang datang kesini. Untuk tiket masuk ke lokasi ini hanya sebesar Rp 3.000 saja.

Nah untuk paket tur berikutnya, biasanya digabungkan antara Tanah Lot, Bedugul, Taman Ayun (ada juga yang menggabungkan dengan Kintamani), dan kalau kita sewa mobil bisa juga diarahkan langsung ke Ubud, Celuk, Pasar Sukowati.

Tanah Lot

Tanah Lot

  • Tanah Lot. Tempat ini berada di Desa Beraban, 13 km arah barat dari Tabanan. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang menurut JJH wajib dikunjungi. Disana terdapat dua pura, yang satu terletak di atas bongkahan batu, dan satunya berada di tebing. Kalau air surut, kita dapat berjalan menyeberangi ke pura yang berada di tengah pantai tersebut, tapi tidak boleh masuk kecuali untuk berdoa. Di bawah tebing terdapat areal ular suci. Konon kabarnya ular tersebut berasal dari selendang sang pendiri pura, Danghyang Nirarta sebagai penjaga pura. Banyak yang suka menikmati matahari terbenam di tempat ini.. Kalau dipikir2 di Bali itu lebih banyak tempat untuk Sunset ya ? šŸ™‚ Tiket masuk ke tempat ini Rp 7.500/dewasa dan Rp 5.000/anak2, sedangkan untuk turis asing Rp. 10.000/orang.
Bedugul

Bedugul

  • Bedugul. Tempat ini berada di atas bukit, sehingga suhu disana sangat sejuk, 18 derajat celcius lho (serasa di Lembang, Bandung). Disana juga terdapat danau Beratan, Anda memiliki 2 pilihan, turun di dermaga (biasanya dilakukan rombongan turis lokal), lalu melakukan wisata air mengelilingi pura Ulundanu, atau langsung mengunjungi ke dalam pura Ulundanu, dan melihat danaunya (biasanya dilakukan turis perorangan atau turis asing). JJH merekomendasikan untuk masuk ke dalam kawasan pura Ulundanu, karena kita dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Tiket masuk Rp 7.500 untuk domestik dan Rp 10.000 untuk turis asing.
  • Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun. Pura yang berarti “Taman Indah” ini terletak di desa Mengwi, Badung. Pura ini dikelilingi parit kecil yang konon sering dilalui oleh dayang-dayang istana dengan menggunakan perahu kecil. Di tengahnya terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 mata angin. Terdapat menara yaitu bale kul-kul dimana Anda dapat naik ke atasnya, dan melihat pemandangan di sekitar lokasi dengan mudah.Ā  Harga tiket masuk Rp 3.000 / orang. Tapi maaf, menurut JJH tempat ini tidak terlalu istimewa.

Pengrajin patung di Bali

Pengrajin patung di Bali

  • Jika Anda suka dengan benda-benda seni, Anda mungkin mau mengunjungi Tohpati (kerajinan batik), Celuk (pengrajin perak), Batuan (seni lukis), Kemenuh (pematung kayu), Ubud Art Market (Museum Renaissance BLANCO). Dan juga jika diperhatikan banyak sekali pengrajin patung Budha di Bali, padahal disana kan beraga Hindu ? Saat JJH tanyakan kepada sopir sekaligus pemandu wisata, para pengrajin tersebut datang dari luar Bali, dan karena banyaknya tamu asing yang tertarik dengan patung Budha, maka pengrajin tersebut menjamur di Bali.

Tunggu terus update tempat-tempat wisata Bali di Jalan Jajan Hemat..


204 thoughts on “Tempat Wisata di Bali

  1. IEFA

    Mas rommy…
    Q mau nanya ne…
    Q rencana mau k bali kira2 8hari gitu…
    Tyuz pengen cari hotel yang murah d daerah kuta n jalan – jalan k semua t4 wisata yang ada d bali…
    coz q seneng beud ma yang nama nya traveling…
    tolong dunk maz kasih info mulai dari hotel d daerah kuta,t4 wisata,t4 belanja, sewa mobil+tour guide dll…
    tolong beud eah mas…
    tengkyuh be4

  2. chichi

    Mas aku mau tanya, bsk senin aku mau ke Bali sm rombongan penginnyasih 3 hari itu bisa dapet semua objek wisata yg top dan indah di bali termasuk lovina haripertama sampe bali jam 9 pagi maunya langsung jalan krn hari ke4 pulang siang…
    enaknya ngaturnya kemana aja rutenya ya mas.. tq

  3. pipit

    pak aku mau tanya harga paket wisata dari jakarta ke bali naik pesawat pp untuk 5 hari 6 malam saya harus mengeluarkan biaya berapa ya terimakasih

  4. danak

    Infonya sangat bagus tentang Bali,
    bagi yang tidak sempat berkunjung ke Bali
    dan ingin membeli kerajinan bisa
    mengunjungi web kami balisourcing.com

    terimakasih.

  5. rita

    Salam Mas Rom,

    Saya akan ke bali untuk pertama kalinya dengan tamu asing . Kami hanya 3 hari tapi hari pertama sampai di bali udah malam . Kira kira kemana saya harus pergi . Kami lebih suka ke tempat tempat yang bersejarah atau pura dan sesuatu yang gak bisa di temukan di luar bali.
    Tolong donk kasih saya tau kemana saya harus pergi, berapa biayanya, dan hotel apa kira kira saya harus tinggal . yang tidak terlampau mahal dan juga dekat dengan daerah daerah yang akan saya kunjungi.

    Terima kasih Mas atas saran saran nya

  6. Mona

    Alo,

    Insyallah gue n keluarga ke Bali tgl 24 Feb 2010 – 27 Feb 2010, kita berangkat dapet harga lumayan murah 422rb pake Batavia. Ini bakalan jadi pengalaman pertama gue ke bali bawa keluarga (suami, anak umur 3thn, and mertua) ihihihihih ga tau deh perasaan rada2 deg2an …takut mertua (Terutama) gak fun di bali. Gw dapet hotel di Sari Segara, 2 kamar untuk 3 malam. kata temen gue sih Sari segara jimbaran itu cocok buat turis domestik yg bawa orang tua macam gw gini…ya moga2 mrk seneng.

    Gw juga sekarang lagi browsing internet nyari2 tempat tempat wisata yg gak jauh2 amat dari satu tempat ke tempat laennya. Kalo suami gue belum pernah ke bali n dia pengen banget ke pantai2nya…benernya di bali itu ada gak sih pantai yg bagus banget seperti pantai pantai pasir putih di Pulau Bangka or Belitung??

    kalo ada info, share dong ke gw…thanks banget lhooo..

    Salam,
    Mona

  7. ryan

    MAs tanya donk g kan sama rombongan kebali bulan tgl28juli sampai 2 agustus tuh enaknya jalan2 kemana aja,, terus tempat yang diatas harganya masih segitu apa udah naik mas,, thanksss

  8. ovin

    mas mo tanya,kl 3 hari 2 malem di bali enaknya wisata kemana aja ya?? tp budget nya ala anak kosan hehehe.. tp mu coba rental mobil juga… perginya berdua aja.. kira2 yg murah en bagus pemandangannya kemana aja?? thx.. oya,poppies lane itu di daerah kuta?? jauh ga dari pantai kuta nya? hotel disitu lebih murah reserve ato langsung dateng juga bisa lebih murah? thx

  9. okzz

    salam kenal smua.. minta rekomendasi tempat yang bisa dijangkau dengan sepeda motor dari hotel sekitar legian..? hari minggu mau berangkat ke bali nih, tp bingung untuk tujuan wisata disana..

  10. yoyok

    FYI,

    @Nurul : Kuta ke Lovina tuh sekitar 3 jam.

    @Nia : Menurut saya si, bisa ke Uluwatu, GWK, Tanah LOT, Sukawati, Ubud, Sanur dan Kuta tentunya. Yah yang sekitar bali selatan tentunya.

  11. nia

    salam kenal sebelumnya,
    mas saya dan suami mau wisata di bali..full day di balinya selama 2 hari..kita udah rental motor..penginapan kita di legian, ada saran ga tempat wisata mana aja yang dapat terjangkau dengan motor dengan hotel saya menginap di sekitar legian..thanks banget infonya..

  12. shasha

    mo tanya nih utk 9 orang berangkat 20 Maret’10 tiba nya jam 23.30, plg 22 Maret’10 jam 19.55, jadi bisa jalan2 nya tgl 21 dan 22 sampe jam 19.00, pengennya ada paket tour yang sudah komplit termasuk lunch n dinner nya… kl sekalian hotelnya jg boleh…
    ditunggu kabarnya….

  13. nurul

    Mas…kira2 ada referensi travel murah dan aman gak untuk 2 hari…ref tempat2 yang bs dikunjungi…gwk dengan blue point. Jauh gak?kira2 dari kute ke lovina berapa jam?

  14. wahyu hidayat

    minta infonya dong, hotel yang bagus & murah… enaknya di daerah mana ya..? aku mau liburan sama keluarga..rencana besok brangkat dari sby.. thanks

  15. etty

    mas aku mo liburan ama tmn2 tolong ksh info losmen yg di kuta dkt ke pusat keramaian ya . jg tolong kasih info city tour yg murmer langsung ke agenya minta no hp dan alamatnya ya mas di tunggu liburanya mo tgl 4 januari. trims

  16. lia kristiana

    Hhhhhhhhhhhhhhhmmmmmmmmm…………

    BALI is the best buat liburan bareng temen”…………
    cozzzzzz tempatnya bagus”,,,,,

  17. lucky

    salam kenal..
    mas boleh minta masukan g nih..saya rencana mau bawa rombongan wisata ke bali..di balinya 4 hari 3 malam..bagusnya rute wisata dan tempat makannya gimana ya…Trims sebelumnya..

  18. Florida Sitepu

    Kalo tidak ada halangan, 28/01/2010 pkl 13:30 kami sekeluarga (saya, suami, dan 2 anak kami)nyampe di Bali. Trus 30/01/2009 06:15 kami dah berangkat ke Surabaya. Bisakah diberi masukan untuk rencana liburan kami yg singkat ini?

    Terima Kasih

  19. Ngurah Gede T

    Update untuk informasi mengenai GWK, mulai awal 2009 di Amphitheater diselenggarakan pertunjukan Free Kecak – Balinese dance Collaboration setiap hari pk. 18.30, dan di Balairung Dewi Sri pengunjung dapat menikmati free temporary tattoo, nail painting, hair braiding, batik painting dan caricature. semua free untuk pengunjung, pengunjung hanya tinggal menunjukkan tiket masuk untuk menikmati semua secara free.
    Untuk hari raya lebaran, GWK mengadakan free kecak – balinese performance 2 kali sehari, jam 18.30 dan 19.30 mulai tanggal 19 – 27 September 2009.

  20. Muflihatun harist

    Da rencana ma sahabat ke bali awal octobr.. Oya,ada hotel murah di legian kuta.,hanya beberapa meter dari ground zero (kalau gak salah). Namanya hotel mahabarata 150 rb/ malam. Yah lumayan utk yg berencana liburan 2 atw 3 hari

  21. nurika

    salam untuk BLI MADE
    aku nurika aku ingin titip salam buat”BLI MADE” yang ada di bali yang sebagai pemandu wisata di bali.Aku ke bali sekitat 4-5 bulan yang lalu dari rombongan smpn 3 singosari dengan bus mojorejo.BLI kami bis 5 sangat kangen sama BLI MADE. dan kangen dengan candatawa BLI kami ingin mendengar lagi cerita minakjinggo.SEMOGA BLI MADE MEMBACA.

  22. kaka

    Thanks mas rommy,, ak mau saranin aja.. Klo mau nyetir sendiri pake Gps ( goggle mpas) sngt mudah.. Saya nyetir sendiri.. Bahkan sampai ke daerah singaraja,tdk nyasar.. Jd saran saya klo ad fasilitas Gps di hp anda bisa tuh.. Tdk prlu pakai sopir.. Jd waktu pun tdk dikejar2.. Slmt mnikmati bali ^^

  23. vivi maykasari

    Tolong biaya tiket PP ke bali untuk tagl: 25 sep 2010 pulang 28 sept 2010…ya brangkat jakarta pagi

  24. rommya Post author

    @kaka : sorry sibuk terus belakangan ini, saya balas di email ya.
    @Dwiyanti : iya ada tuh, namanya Lovina, dekat kota Singaraja, sekitar 3,5 jam dari Denpasar. Bagi turis lokal, untuk naik perahu ke tegah laut dikenakan Rp 50.000 tapi bisa ditawar. Nanti bisa lihat lumba2
    @cindy : sebenarnya ini masih blm selesai … cuma masih blm sempat nulisnya nih. Doakan segera selesai deh. Utk ke Bali kl mau murah sih mending sewa mobil lalu atur rute tempat wisatanya.

  25. cindy octovianty

    mas,saya mau berlibur di bali selama seminggu sama keluarga saya.menurut mas lebih baik kita ikut tur pendek saja atau kita pergi sendiri??
    murahan yang mana??
    tapi klo pergi sendiri kami sekeluarga tidak begitu tagy jalan di bali,
    mohon infonya
    terimakasih

  26. Dwiyanti

    ‘Lam kenal mas. Thanks banget buat infonya. Mau nanya sedikit nih mas, kabarnya di Bali ada pulau dimana kita bisa berenti di tengah2 lautnya terus turun ke air sambil ngeliat ikan2 ya mas. dimana tuh tempatnya dan kira2 berapa biayanya ya? Jadi mau lihat nih. Thanks ya.

  27. didik setya s

    hey nak stepa blitar , tlg pilih bali smuax.n salamx tuk nak stepa blitar trutama tuk nak 9f n tuk nak wisma lidah kulon surabaya, n tuk nak garum smuax.

  28. miftakhul huda

    kebetulan , nak stepa blitar bsok blan oktober kan rekreasi, tp cma da 2 pilihan , yaitu bali ma yogya, nak stepa tlg pilih bli smuax.n salamx tuk nak stepa smuax.

  29. Bimi

    Salam kenal ya mas…Thx banget buat share infonya. Mau tanya2 dikit boleh ya mas.Aku rencananya mau ke Bali buat honeymoon Oktober nanti. Di Bali cuma 4hari 3 mlm. Kira2 bisa dikasih gambaran ga harus kemana aja. Biar efektif dan ga makan banyak waktu buat ngejar beberapa lokasi yang jaraknya berjauhan. Trimkasih untuk infonya ya mas. Sukses…

  30. kaka

    Karena blm dijawab tanya lgi y.. Krisna dan joger tuh daerah mana y? Karna sy mu cb pake GPS klo naik motor drkuta jauh ga?
    Oh y dgr2 ad juga tmpt wisata rafting ayung.. Bisa tau g dimana reservasiny? Soalny klo dr internet agak mahal perorgny 270rb.. Kira2 bisa kurang g y?
    Untuk hrga water sport yg kakak beritahu itu berlaku utk reservasi atau lgsg pas ditempatny bru ditawar?karena ad blog yg menuliskan klo harga murah hrs reservasi dulu..
    Makasih byk y.. Ditunggu jwbnny y kak ^o^
    Kaka

  31. kaka

    Oh y kak rom.. Aq ud baca ttg jawaban koko ke rika.. Mungkin aq bs pergunakan.. Tp bingung apakah semua harus menggunkan mobil?? Karena klo mau sewa driver cuma bs 10 jam.. Cukup tdk y??
    Apa g lbh baik ganti hotel saja? Tolong bantuan masukkanny y.. Krna saya sudah booking hotel disekitar kuta for 2 days.. Sisany belum tau..
    Bisa tolong bantu g kak romm?? Sebelumny thank’s a lot y..
    GB..

  32. kaka

    Halo..lam kenal.. Minta tolong bantuan donk.. Bru pertama kebali nih.. Rencanany 1 mgg kayaknya liat paket 1 n 2 bagus bgt.. Tp bisa kasih tau ga enaknya klo paket 1 tinggal dihotel dekat mana? N apakah hrs menggunakan mobil?? Klo sepeda motor?
    Terus yg ke2 karena saya agak lama, bs britahu lg ga paket2 tour yg lain.. Klo bs beserta hotelny(yg hemat y hehehehe)
    Tolong y JJH cos kami tidak pake tour.. N pengen kesan pertama dibali sangat menyenangkan..

  33. sri ardiani

    salam kenal kak rommya…

    aku dan teman2 10 org bln des mau ke bali.
    kami ditawari nginep di rmh retret di daerah dalung, nt kalo nginep didaerah sn mau ke tpt2 wisatanya jauh gak ya? kami rencn sewa mobil.
    kami 4 hr di bali, rencn mau ke lovina, dream land, uluwatu, ubud, gunung batur, sukowati,tpt lainnya blm tau. ada saran gak dari kak rommya, berhubung aku ditunjuk jd panitia keberangkatannya nich, jd mesti cari bnyk info. makasih bnyk kak…

  34. romi

    slm,kenal Mas

    kebetulan namanya sama.
    aku mau nanya mas.penginapan/tempat kost utk satu bulan yg murah di mana ya,mas/hotel yg murah bisa mingguan.maklum mas mau berpetualang di bali sebulan penuh,rencananya mas.tapi,dana tipis mas,maklum baru kelar kuliah,masih nganggur.
    makasih mas sebelumnya

  35. rommya Post author

    Teman2 mohon maaf utk paket2 tur maupun schedule blm dapat saya buatkan saat ini. Nanti saya coba utk membuat jadwal yg menarik utk dikunjungi.
    @Ida : kalau blm paham tempat2nya, ada baiknya pakai sopir saja jadi lebih hemat waktu & tdk capai, memang sih agak tdk leluasa karena ada org luar. Water sport banyak di Tanjung Benoa
    @Rini : utk harga water sport dapat dilihat di posting saya diatas ini
    @Shee : waduh berhubung saya blm pernah ke Lombok, jadi mohon maaf blm dapat menjawab pertanyaan Anda nih. Tapi kalau tdk salah, sekitar Rp 200.000/sekali jalan. Mungkin ada teman2 yg bisa bantu ?

  36. Shee

    Wah, thanks banget ya buat info2nya.. sangat membantu.. BTW, tau info tentang Lombok ga?ada yang tau transportasi menuju ke Lombok dari Ngurah rai menggunakan Feri? dan biayanya kira2 berapa? terus pernah denger juga di feri itu ada yang ada kamar and kasur plus AC pula. apa bener itu? dan harganya berapa? THanks ya

  37. Rini Wijaya

    Mas, kalo nyebrang ke Nusa Penida itu naik apa yah?? dan biayanya berapa??? Kalau HTM ke pulau penyu ada nggak yah? Ato hanya pada saat kita mengunjungi penangkaran penyu-nya saja???

    Cari watersport yang murah dimana ya mas?? (esp. diving) biasanya harganya berkisar berapa sih mas…???

    Thanks.

  38. ida

    hai..
    Aku berencana ke bali tgl 30 juli ini ber3 dg suami&anak ku yg 2th, berangkat kamis pagi jam 6 dan pulang minggu jam 8 pagi. tolong buatin schedulle dong utuk 3 hari tsb, hari pertama sie pgnnya yg jauh2 dl dr tempat nginep di nusa dua enaknya kemana dulu ya, krn sewa mobil nyetir sendiri tdk pake supir. Trus hari kedua kemana aj ya pengennya jg naik watersport.. Dan utk shopping oleh2 enaknya hari kbrp ya & yg murah2 dimana?? 0ohon infonya krn saya buta baget sm bali nie.. Thanks ya atas bantuannya..

  39. eeyore

    siang,, mo tanya2 dong..
    bisa tolong buatin schedule jalan2 ke bali dan lombok utk 5 hari 4 malem ga?

    utk jalan2 di bali, klo bisa tmp wisata seperti GWK, tmp kesenian perak dan tari2 tolong jgn di masukin di dlm schedule šŸ˜€

    oh iya bisa kasih tau harga utk penyebrangan dari bali (tanjung benoa) ke lombok biayanya skrg brp per orang & klo bawa mobil bayar brp ??

    makasiiiih bgt yaaa šŸ™‚

  40. Prio

    Siang Mas,

    Aku brencana awal Juli ini mo Ke BAli dg istri + 3 anakku yg udah abg2.

    Rncananya malem prtama aku nginep d hardrock.

    Malem 2/3 & 5/6 aku mau nginep di hotel yg murah tapi bersih dan lumayan bagus. Aku pernah liat tayangan d tv, Addy’s Inn, itu di daerah mana mas, dket dgn Kuta ga? Atau mas punya rekomen yang lain?

    Malem ke 4, rncananya kami mau nginep di Ubud, hotel yg bagus dan dekat dgn tempat blanja rekomendasi mas hotel apa?

    Kemudian untuk sewa mobil berikut sopir, baiknya full 6 hari atau baiknya tiap pindah hotel, saya ganti rental?

    Anak saya jg mau sewa/blajar surfing, brapa mas harga sewa n jasa instrukturnya?

    Tengkyu banget mas….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.