Jalan Jajan Hemat

Tempat Wisata di Bali

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki pemandangan yang indah, dikelilingi oleh pantai berpasir putih (bandingkan dengan pantai Ancol-Jakarta), memiliki banyak sekali pura dan bangunan bersejarah lainnya, sehingga Bali memiliki daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Ada yang mengatakan bahwa di Bali kita dapat menjumpai orang dari negara manapun di dunia, Perancis, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Taiwan, Arab, pokoknya semua dapat kita temui di sini. Jadi jangan merasa mengaku bangsa Indonesia, kalau Anda sudah pernah ke luar negeri tapi belum pernah ke Bali. Lah orang luar negeri saja jauh2 datang ke Bali, masa kita yang di dalam negeri malah belum pernah kesana. Apa kata dunia ??Ā  šŸ˜€

Ada beberapa tempat wisata yang pada umumnya dikunjungi selama berlibur di Bali :

  • Ground ZeroGround zero, ini adalah monumen bom Bali pertama. Disana terpampang nama-nama korban bom bali, Anda akan menjumpai monumen ini dalam perjalanan menuju pantai Kuta. Semoga tidak ada lagi kekacauan di Bali, karena dari informasi yang kami dapat dari penduduk di sana, pariwisata Bali sangat terpukul dengan adanya bom bali 1 dan 2. Turis asing yang datang berkurang drastis, dan banyak pengusaha yang gulung tikar. Padahal mayoritas penduduk Bali bergantung pada usaha pariwisata.

  • Jalan Pantai Kuta

    Jalan Pantai Kuta

    Sepanjang jalan menuju pantai Kuta terdapat deretan bar, resto, hotel dan juga toko-toko yang menjual pakaian, lukisan, barang seni, dll. Tapi JalanJajanHemat menyarankan untuk membeli oleh2 di kawasan lainnya karena sebenarnya target pembeli di kawasan ini adalah turis asing. Harga barang disini dapat dikatakan cukup tinggi. Mengapa ?? Karena harga sewa toko di kawasan ini harganya selangit lho..

  • Pantai Kuta

    Pantai Kuta

    Pantai Kuta. Ini adalah pantai wajib bagi para turis. Pantai ini memiliki ombak yang bagus, sehingga banyak peselancar bermain di pantai ini. Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan manca negara, umumnya mereka berenang, berjemur, surfing, berlari sepanjang pantai. Untuk masuk ke dalam kawasan ini tidak dipungut bayaran, paling hanya biaya parkir saja. Di pantai ini, Anda akan mendapati para penjaja jasa pijat, mengepang rambut, temporary tatoo, sewa kursi, wah pokoknya ramai sekali disana. Jika Anda hanya berlibur singkat tapi ingin merasakan pantai ini, nikmatilah beberapa saat saja, ingat kita ingin liburan kan ?Ā  Bukan mau berenang … šŸ˜€


  • Hardrock hotel

    Hardrock hotel

    Hardrock hotel, di tempat ini Anda dapat berenang di kolam yang besar dan nyaman. Kolam renangnya berair hangat lho, jadi jangan khawatir kalau Anda renang sampai malam. Di tengah kolam ada area yang berpasir, cukup unik, karena pasir tersebut sangat bersih dan tidak membuat kotor kolam. Ada air terjun, ada kolam anak yang dilengkapi seluncuran, dan bahkan dipasang layar projector yang menayangkan film. Kamar gantinya pun bagus, handuk, sabun semua tersedia lengkap. Namun harga tiket masuk kolam renang disini lumayan mahal, 100 ribu per orang. Selain kolam renang, di sini juga terdapat spa, gym, kafe, bahkan ada radio hard rock bali lho di dalamnya, kita dapat melihat mereka sedang on air.

Pada umumnya, paket tur akan menggabungkan tempat wisata di bawah ini ke dalam 1 paket yaitu: Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), pantai dream land, pura uluwatu dan terakhir makan malam sambil melihat matahari terbenam di Jimbaran.

  • Tanjung Benoa. Di pantai ini kita dapat melakukan banyak olahraga air, seperti jetski, parasailing (parasut yang ditarik oleh speedboat), banana boat, flying fish (tadinya saya pikir permainan ini biasa saja, tapi setelah melihatnya langsung bagaimana permainannya, wauw.. seru banget), diving, bottom glass boat. Anda dapat menyewa kapal yang di dasarnya dipasang kaca sehingga dapat melihat ke dalam air. Hati-hati saat menyewa, harga price list yang ada itu dapat ditawar gila-gilaan. Untungnya sebelum berangkat saya sempat browsing dan mencari informasi harga permainan2 tersebut. Berikut adalah beberapa harga yang sempat saya dapatkan di internet (Juli 2008)
  • Parasailing : Rp 55.000 / orang
  • Banana boat : Rp 50.000 / orang (min 2 org)
  • Flying fish : Rp 120.000 / orang (min 2 org)
  • Water skiing : Rp 110.000 / org, 15 menit
  • Snorkeling : Rp 90.000 / org (min 2 org)
  • Diving : Rp 235.000 / org
  • Glass bottom boat : Rp 250.000 / boat (max 10 org)
  • Dolphin tour : Rp 500.000 / orang / 4 jam

Tanjung BenoaWaktu saya tanya ke salah satu operator, untuk sewa bottom glass boat dikenakan Rp 500.000 / perahu, untungnya saya sudah tahu harga2 ini sebelumnya, setelah tawar menawar akhirnya jatuh di harga Rp 250.000 / perahu. Dengan menggunakan perahu tersebut, kita dapat melihat ke dasar laut, memberi makan ikan dengan roti tawar yang sudah disediakan dan juga sekaligus mengunjungi tempat penangkaran penyu (ada beberapa tempat). Disana kita dapat berfoto bersama binatang-binatang seperti ular, burung, kelelawar dan penyu tentunya. Di pulau tersebut juga terdapat kerajinan-kerajinan, juga menjual kelapa muda untuk menghilangkan haus. Masuk ke pulau ini dikenakan biaya Rp 2.000 / org yang katanya untuk pemeliharaan binatang-binatang disana. JJH merekomendasikan ke tempat ini..

Operator yang kami pakai : Benoa Marine Recreation (BMR Dive & Water Sport), Jl Pratama No. 99X, phone : (0361)771757

  • GWKGaruda Wisnu Kencana (GWK). Berada di daerah Jimbaran, bagian Selatan pulau Bali, di sini akan dibangun patung besar yang berbentuk dewa Wisnu yang sedang duduk di atas burung garuda. Saat Juli 2008, bagian patung raksasa yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta tersebut masih terpisah, patung dewa Wisnu, patung garuda dan juga tangan dewa Wisnu. Patung ini akan menjadi suatu simbol sama seperti patung Liberty di Amerika. Lokasinya di atas bukit, cukup indah pemandangan di sana. GWK juga dilengkapi dengan areal untuk teater yang menampilkan sendra tari Bali (tergantung jadwal pertunjukan). Di depan gerbang masuk, disambut oleh musik Bali yang mengiringi 2 orang penari Bali yang menyambut tamu. Tidak ketinggalan di GWK terdapat beberapa toko, kios makanan bahkan factory outlet (tempat idola ibu-ibu). Beberapa operator tour menjadikan GWK lokasi untuk makan sore sambil menikmati matahari terbenam. Tiket masuk Rp 15.000 / orang + mobil Rp 5.000. Agak mahal untuk masuk ke tempat ini, tapi jika patung ini sudah jadi, maka tempat ini pasti menjadi ‘tempat wajib dikunjungi’.
  • Dreamland BaliPantai Dreamland. Berada satu arah dengan GWK, di tempat ini terlihat sedang dibangun hotel dan resor berbintang. Kawasan ini dulu ‘digarap’ oleh Tommy Suharto, namun terbengkalai setelah rezim Orde Baru tumbang. Terlihat pantai ini lebih bersih dibandingkan dengan pantai Kuta, dan lebih banyak turis asing ketimbang turis lokal. Tapi menurut saya cukup jauh jarak yang perlu ditempuh untuk mencapai pantai ini dan lokasinya agak terpencil. (Atau mungkin hal ini yang dicari oleh turis-turis asing tersebut?). Jika nanti proyek hotel dan resor sudah selesai, pasti pantai ini akan lebih ramai dikunjungi. Untuk masuk ke kawasan ini, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 2.000 untuk mobil. Menurut JJH, kalau Anda tidak suka renang sebaiknya tidak perlu ke tempat ini.
  • Pura luhur UluwatuPura Luhur Uluwatu. Pura ini terletak di ujung paling Barat semenanjung bukit, itu sebabnya disebut Ulu yang berarti ujung dan watu yang artinya batu. Pura ini berada di atas batu karang yang menjorok ke laut. Pemandangan dari sini luaaarrr biaasaa.. JJH merekomendasikan tempat ini. Sebelum masuk ke lokasi, tiap pengunjung diminta untuk mengenakan selendang (dan ditambah kain bagi yang menggunakan celana pendek) sebagai penghormatan kepada leluhur yang berada di lokasi tersebut. Pura ini dikelilingi oleh hutan yang didalamnya terdapat monyet-monyet yang konon merupakan pengikut setia sang Pendeta suci yang ditugaskan untuk menjaga pura luhur Uluwatu. Hati-hati dengan barang bawaan Anda: topi, kacamata, kamera, kalung, anting disarankan untuk disimpan di tempat yang aman. Karena monyet-monyet ini terkadang iseng dan mengambil barang-barang tersebut dari tangan turis. Banyak yang mengambil ranting untuk dibawa dengan tujuan menghindari dari tangan jahil sang monyet, tapi ingat jangan mengganggu/menyakiti monyet-monyet tersebut. Disana juga ada pertunjukan tari kecak (dengan tambahan biaya) yang berlokasi di ujung tebing. Wah pokoknya akan terdengar decakan kagum dari tiap pengunjung yang datang kesini. Untuk tiket masuk ke lokasi ini hanya sebesar Rp 3.000 saja.

Nah untuk paket tur berikutnya, biasanya digabungkan antara Tanah Lot, Bedugul, Taman Ayun (ada juga yang menggabungkan dengan Kintamani), dan kalau kita sewa mobil bisa juga diarahkan langsung ke Ubud, Celuk, Pasar Sukowati.

Tanah Lot

Tanah Lot

  • Tanah Lot. Tempat ini berada di Desa Beraban, 13 km arah barat dari Tabanan. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang menurut JJH wajib dikunjungi. Disana terdapat dua pura, yang satu terletak di atas bongkahan batu, dan satunya berada di tebing. Kalau air surut, kita dapat berjalan menyeberangi ke pura yang berada di tengah pantai tersebut, tapi tidak boleh masuk kecuali untuk berdoa. Di bawah tebing terdapat areal ular suci. Konon kabarnya ular tersebut berasal dari selendang sang pendiri pura, Danghyang Nirarta sebagai penjaga pura. Banyak yang suka menikmati matahari terbenam di tempat ini.. Kalau dipikir2 di Bali itu lebih banyak tempat untuk Sunset ya ? šŸ™‚ Tiket masuk ke tempat ini Rp 7.500/dewasa dan Rp 5.000/anak2, sedangkan untuk turis asing Rp. 10.000/orang.
Bedugul

Bedugul

  • Bedugul. Tempat ini berada di atas bukit, sehingga suhu disana sangat sejuk, 18 derajat celcius lho (serasa di Lembang, Bandung). Disana juga terdapat danau Beratan, Anda memiliki 2 pilihan, turun di dermaga (biasanya dilakukan rombongan turis lokal), lalu melakukan wisata air mengelilingi pura Ulundanu, atau langsung mengunjungi ke dalam pura Ulundanu, dan melihat danaunya (biasanya dilakukan turis perorangan atau turis asing). JJH merekomendasikan untuk masuk ke dalam kawasan pura Ulundanu, karena kita dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Tiket masuk Rp 7.500 untuk domestik dan Rp 10.000 untuk turis asing.
  • Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun. Pura yang berarti “Taman Indah” ini terletak di desa Mengwi, Badung. Pura ini dikelilingi parit kecil yang konon sering dilalui oleh dayang-dayang istana dengan menggunakan perahu kecil. Di tengahnya terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 mata angin. Terdapat menara yaitu bale kul-kul dimana Anda dapat naik ke atasnya, dan melihat pemandangan di sekitar lokasi dengan mudah.Ā  Harga tiket masuk Rp 3.000 / orang. Tapi maaf, menurut JJH tempat ini tidak terlalu istimewa.

Pengrajin patung di Bali

Pengrajin patung di Bali

  • Jika Anda suka dengan benda-benda seni, Anda mungkin mau mengunjungi Tohpati (kerajinan batik), Celuk (pengrajin perak), Batuan (seni lukis), Kemenuh (pematung kayu), Ubud Art Market (Museum Renaissance BLANCO). Dan juga jika diperhatikan banyak sekali pengrajin patung Budha di Bali, padahal disana kan beraga Hindu ? Saat JJH tanyakan kepada sopir sekaligus pemandu wisata, para pengrajin tersebut datang dari luar Bali, dan karena banyaknya tamu asing yang tertarik dengan patung Budha, maka pengrajin tersebut menjamur di Bali.

Tunggu terus update tempat-tempat wisata Bali di Jalan Jajan Hemat..


204 thoughts on “Tempat Wisata di Bali

  1. Prio

    Siang mas,

    Awal juli ini aku brencana ke bali (5 malam-6 hari)dg istri dan 3 anakku yg udah abg2. hari pertama rncana mo nginep di hardrock smalem. Malem ke 2/3 & 5/6 nya aku mau nginep di hotel yg murah tapi d skitar kuta. Rekomendasinya, hotel apa ya, yg murah tapi tempatnya bagus? Aku prnah liat tayangan di Tv, addy’s Inn. Itu diskitar mana ya, mas rekomen ga? Atau ada rekomendasi yg lain?

    Malem ke 4 kami rncana nginep di Ubud. Rekomendasi mas, hotel apa yg lumayan bagus, tapi dket kmana2?

    Trus buat sewa mobil + sopir, baiknya skaligus 6 hari, atau kalo pindah hotel, ganti rent car?

    Anakku jg tanya, kalo sewa + blajar surfing brapa biayanya?

    Tengkyu banget mas……….

  2. rani

    mas…
    sy mw jalan2 ke bali-lombok bwt 6 hr..
    qra2 pket tour yg murah brp yah.?!!
    trz bwt mslh budget minimal perlu brp..
    owh iyahhh..
    dr yg terup date..
    dr bali ke lomok butuh biaya brp.?!
    klo mnrt mas…
    klo sy ke lombok tgl 10 trz blik lge ke bali tgl 12 worth it gak.?!!

    owh iyahh..
    sy dengar…
    di bali seruan nyewa motor yah.?!
    itu bs ddapet dmana ajah.?!
    klo sy ga pny SIM qra2 msh bs aman2 ajah ga klo bwa motor sendiri di bali..

    makasih atas infonya..

  3. rommya Post author

    @Sherlie : Untuk watersport yang banyak itu di daerah Tanjung Benoa, rata2 sih harganya sama. Yang perlu diingat adalah semua itu bisa ditawar, apalagi kalau utk rombongan, tawar habis saja… kalau mau agak repot ya banding2kan saja bbrp tempat (lokasi mereka berdekatan koq)
    Untuk hotel, kalau mau yg murah meriah di daerah Kuta dekat Poppies Lane banyak tuh hotel2 kecil atau bahkan hostel utk para backpackers.

    @Hani: Untuk sewa mobil, meskipun disebutkan termasuk bensin, biasanya sopir tdk mau kalau perjalanan dari ujung ke ujung, mereka pasti minta tambahan dana utk bensin. Krn mereka punya patokan rute2 yg umum, jadi selain itu akan minta ditambahkan uang bensinya.
    Dalam postingan saya ini tempat2 wisatanya pada umumnya murah koq. Untuk yg gratis, paling2 hanya pantai, selebihnya bayar.
    Tempat wisata dekat Kuta paling2 pantai ya.. Selebihnya lumayan jauh kalau berjalan kaki

    Salam Jalan Jajan Hemat

  4. Hani

    halooo….
    Ka Romm…
    rencana maret taon dpan aqu m tmen” kampus mo backpaker ( 11 org )
    Aqu mo cari penginapan di sekitar Kuta..
    senin brgkt dri jkt
    slasa pagi sampe di surabaya
    Bis itu nyambung naek bis sampe ubung ( ada saran?)
    diperkirakan sampe Bali siang..trus check in

    Rabu dan Kamis rencananya mo swa mbil elf
    ( aqu liat di iklan 600rb/10 jam + driver + bensin )bensin nya dapet full tank or gmana???

    hehe…
    cma qu msih binun…
    mo kmana aj (menyesesuaikan dgn jam swa mbil)(tmpat wisata yg asik,,murah” gratis tiket masuk klo perlu…huehehe)

    trus rencananya hari Jumatnya…ga pke swa mbil…
    dgn penginapan di sekitar Kuta…
    tempat wisata yg bisa ditempuh dengan jalan kaki ap yach??

    makasi sebelumnyaaa
    ^_^

  5. sherlie

    kak.. mau tanya dongg ada info untuk pesen” watersport yg murah ga?
    trus hotelnya yg deket” daerah wisata juga..
    mau pergi ber 3 atau ber 4..
    mao jadi backpacker nih. hehehh..
    yang murah, tapi nyaman ya kak..
    dan untuk 5 hari 4 malam ada suggest ga ya kita harus kemana aja?
    dan kira” budget yg harus dimiliki berapa untuk tanggal 26 nov dan pulang 30 nov..
    aku ada email ke k rommya sih cuma sepertinya blum dibales..
    bisa email / ym saya di : cherlie_nie@yahoo.co.id

    butuh saran banged nih biar ga ketipu..
    thanks.

  6. Salista

    MAs rommya aq mo ke bali nench.Tapi dgn uang jajan yg sedikit n mo kasih oleh2 bwt tmn2 d rmh.lebih baeek beli apa ya yang bisa dikenag tapi murah n bisa dpt banyak?trusss dmana neech sebaiknyaa aq bleeoleh2nya???

  7. rommya Post author

    @Irene: sangat tergantung tempat kegemaran Anda ya. Tapi saya coba berikan saran utk tur 3 hari tsb:
    Hari 1 : Tanjung Benoa, Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana (GWK), pantai dream land, pura uluwatu dan terakhir makan malam sambil melihat matahari terbenam di Jimbaran.
    Hari 2 : Pura Taman Ayun, Daerah Wisata Bedugul (Pura Ulun Danu dan Danau Beratan), Alas Kedaton Mongkey Forest, Tanah Lot.
    Hari 3 : Pasar Seni Sukawati, Desa Wisata Ubud, Celuk, Kintamani dan Gunung Batur.
    Untuk wisata di seputar Kuta : Titiles (oleh – oleh makanan khas Bali), Kerobokan (Furniture), Seminyak (toko oleh – oleh motif payet), Kuta (Body & Soul), toko souvenir Erlangga, kaos Bali Jangkrik, Pabrik Kata – Kata Joger dan Jenggala Keramik.
    @Vita: Sejauh ini hasil survey JJH, tempat favorit liburan no. 1 adalah Bali..

  8. vita

    BALI to mank tmpt favorit semua orang….psti yg dh prnh ksna pgn blk lg,,,,,,,,,,pko’a FOREVER BALI.

  9. irene

    mas.., saya punya rencana ke Bali minggu depan ber-3. Saya stay 5 malem, tapi rencana sewa mobil hanya 3 hari, lokasi yang deket hotel bisa naik taxi aja kayaknya (aku nginep di area Kuta). ehhmm…rencana sih pastinya pengen liat tarian barong/kecak and main ke tanjung benoa. boleh ngasih saran ga mas trip yang paling efektif untuk 3 hari itu??

    thanks,
    irene

  10. rommya Post author

    @vie: bisa lihat di peta ini saja utk jalannya : http://www.indonesia-tourism.com/bali/map/bali-map-high.png
    @phinky: wah enak banget tuh kl mau ala backpacker. Mau nginep di hostel di daerah Poppies Lane banyak. Tapi utk wanita sebaiknya di hotel saja, banyak yg murah koq. Silahkan cek di http://balihemat.com/voucher-hotel-di-bali.html utk referensi
    Buat foto2 sih banyak banget tuh tempatnya di Bali, ya diantaranya spt yg di dlm artikel ini. Utk belanja bisa di https://www.jalanjajanhemat.com/2008/08/tempat-membeli-oleh-oleh-di-bali/ Utk tips2nya bisa dilihat di
    https://www.jalanjajanhemat.com/2008/07/cara-hemat-berwisata-di-bali/

  11. pHiNky

    bRo, saia pengen banged jalan2 ke bali tapi pengennya backpacker pake ransel gitu,,, buat ngehemat biaya šŸ™‚

    ada usulan hotel yang murah untuk 3-5 hari?
    uda gitu tolong dunk usulan tempat2 yang asik dikunjungi, bagus buat poto2 n murah buat belanja (namanya juga wnita – kayak iklan aja,,,)

    Matur suksma,,,,, šŸ™‚

  12. rommya Post author

    @Vie : Kalau tidak hafal medannya, sebaiknya sewa mobil dengan sopir saja. Selain lebih aman, nyaman, tdk perlu repot, tdk lelah dan sopirnya bisa sekaligus menjadi tour guide. Bedugul & Kintamani bisa 1 hari koq, tapi umumnya para tour agent memisahkan kedua tempat ini, kl pakai sopir dinego saja, paling ditambahkan uang bensinnya. Kalau menurut saya sih sebaiknya Kintamani terlebih dahulu baru Bedugul ya…
    Salam Jalan Jajan Hemat

  13. vie

    Halo Rommya,

    Saya mo ke Bali bulan Mei ini selama 8 hari. Rencananya seh sampai sana mo sewa mobil + setir sendiri. Klo ke bedugul, kintamani, besakih itu kondisi jalannya gimana ya? Denger2 berbukit2 dan curam.
    Bagaimana dengan petujuk jalannya? saya sudah lama banget ga ke bali, takut tersasar. hehe.. oh ya, klo bedugul dan kintamani dikunjungi dalam 1 hari mungkin ga ya? klo iya, lebih baik paginya ke bedugul dulu atau kintamani?

    Terima kasih untuk infonya =)

  14. rommya Post author

    @Jack: backpacker ke Bali, asik koq. Krn banyak hostel2 yg murah di Bali. Makanan pun kl mau yg murah, mudah ditemui di Bali
    @lilie : kalau mau romantis, bisa dinner di Jimbaran asik jg tuh.
    @santos : utk hotel2 murah dapat dilihat di http://www.hotelmurahbali.com/
    @D Mayangsari: tergantung, senangnya tempat tradisional/pantai/gunung/olahraga air ? Bbrp referensi silahkan dilihat di halaman atas
    @Tri Rahayu : trims juga sdh mampir & memberi comment. Saya akan senantiasa berusaha memberikan informasi2 seputar wisata hemat
    @Tanto : hotel sama spt jawaban ke Santos. Kalau makanan mau murah, bisa pilih McD atau bahkan warung2 nasi pun banyak di daerah popies lane
    @Nanie: Akan saya coba update terus info2 & foto2nya ya.

  15. Nanie

    Mas, kasih ft-2 yag di taman ujung dong..dulu aku pernah kerja di bali 3 th tapi ga pny ft-2 yg di taman ujung…baca blog ini jd kangen bgt ma bali..tempat wisatanya murah-2, apalgi buat backpacker cocok bgt.kasih foto-2 terbaru dong mas…

  16. tanto

    mas kueren…..

    minta info rumah makan murah meriah n hotel dong…

    mo rombongan sekampuz….

    abis pke travel mahal mas…

    thanx b4 mas….

    sukses slalu

    gambatte2….

  17. Tri Rahayu

    Wah Mas, terima kasih atas postingannya yang sangat bermanfaat, terutama untuk modal nawar Bali watersport…
    Blog ini jadi referensi saya untuk traveling…
    Semoga selalu punya waktu untuk menulis dan berbagi lebih banyak lagi…
    Thanks a lot

  18. D. Mayangsari

    Mas, tolong diberi pendapat, kami sekeluarga mau berwisata ke pulau Bali, tp yg paling utama adalah mengajak anak2 yg berusia 9 tahun dan 12 tahun untuk berwisata ke pulau Bali, jadi lebih baik mengunjungi tempat wisata apa saja, supaya anak2 (dgn usia 9 tahun dan 12 tahun) dapat menikmatinya dan merasa nyaman ?
    thanks pendapatnya

  19. santos

    salam kenal mas rommya,
    mas aku mau nanya tentang hotel yang harganya relatif murah di bali mas? makasih mas

  20. resti

    duh…Jadi pengen kebali, dari dulu pengen kesana tapi nggak kesampean. Tapi rencana kesananya pas honeymon…..Padahal dulu pacarku orang bali, tinggalnya diseririt. sekarang dia da punya pacar. pengen main kesana tapi takut di marah ma pacarku sekarang. salam ya buat bali….

  21. lilie

    hy……….hy………….hy……………duch uda kangen bgt nich ama bali………….uda lama gak kesana………..eitz…….jangan khawatir q bulan mei tepatbya hari ulang tahunnya cowok aq, aq mau kesana,,,,,,,,tapi nibh q masih bingung nich memilih tempat yang cocok untuk dibuat ngerayain pezta ulang tahunnya cowokq…..menurut qm dimana ya?????????????????

  22. Jack Bauer

    Mas Kalo backpacking ke Bali menurut mas gimana? Saya dan teman-teman mau seru-seruan nih…

    Kasih usul yak!

    Kalo lewat email saya akan lebih seneng!

  23. rommya Post author

    @Anonymous: Salam kenal juga, kalau di pantai kuta, makanan yg murah itu bisa pilih McD, atau kalau mau lebih murah ada tuh di gang daerah popies lane. Cari warung2 makan tapi jangan yg modelnya cafe yang banyak bulenya, tapi pilih yang tradisional, murah2 lho makanannya, bahkan lebih murah dari di Jakarta. Kalau aksesori mending di Krisna atau Joger saja, tidak khawatir harganya diketok mahal dan tidak perlu repot menawar.

  24. rommya Post author

    @Rika : wah tentunya akan bervariasi yah. Tergantung apakah lebih suka ke pemandangan gunung atau di pantai, lalu lebih suka dugem atau tarian tradisional, suka melihat pura/candi atau tidak dan banyak lagi deh pertimbangannya. Mungkin sebagai gambaran, berikut ini adalah alternatifnya
    Hari 1 : check-in hotel dan jalan2 seputar pantai Kuta
    Hari 2 : menonton Barong Dance, Celuk, Goa Gajah, Kintamani, Pura Tirtha Empul Tampaksiring & Pasar Sukawati
    Hari 3 : Taman Ayun, Bedugul, Alas Kedaton, & Tanah Lot
    Hari 4 : Tanjung Benoa, GWK, Dreamland, Uluwatu
    Hari 5 : Belanja di seputar kota saja (mis Joger, Krisna dll)

    Selamat berkreasi..

  25. Rika

    lam kenal, aku ada rencan ke bali yang ke 2 kali. tapi in dengan teman saya yang datang dari amerika dan dia pertama kali ke indonesia. Dia (laki2) meminta saya untuk menemaninya ke bali juga.
    Tolong kasih info tentang tour di bali untuk 5 hari (tidak terlalu mahal standard tapi berkesan) dan saran selama saya tour.
    terima kasih.

  26. rommya Post author

    @cape thu: sama2..
    @imelda: harga biasanya saat hari libur akan menjadi berlipat lho Bu. Tapi dicoba saja sebagai patokan harga, mudah2an bisa dapat lebih murah..
    Salam Jalan Jajan Hemat

  27. imelda

    Salam kenal,
    Saya bulan des nanti akan ke bali dengan keluarga.
    Pengen nanya harga permainan yang di atas itu berlaku sampai sekarang y? Soalnya saya dapat harga yang lebih mahal. jadi kalau masih berlaku, mau nawar2 lagi. hehe…
    thx ya.^^

  28. cape thu

    trims atz infona. . . .
    info disini sangt mbantu aku soalna aku harus bwt karya tulis jadi bisa tambah-tambah
    ditunggu ya info selanjutnya…………

  29. rommya Post author

    @bigguy: trims ya. Memang banyak sekali sih wisata di Bali, tp saya coba utk mengulas yg hemat saja šŸ™‚
    Ditunggu ya, info tempat2 wisatanya

  30. bigguy

    Di bali juga ada penangkaran gajah di Taro-ubud, juga ada Bali Bird park, menarik banget tuh, lalu ada kapal selam odeysey kalau yang mau melihat keindahan alam dari dalam laut. Di Daerah pantai lovina bali utara kalau tidak salah ada lumba-lumba melintas di pagi hari

  31. rommya Post author

    @noname: ha ha… sesuatu akan terlihat indah kalau ada pembandingnya kan šŸ™‚
    Tapi Ancol itu tdk parah2 banget lho, tunggu deh posting saya berikutnya. Thanks ya

  32. noname

    Woiii…

    U ngebandingin sama pantai ancol..

    Gawat juga u..

    Secara..
    Ancol kaya gituu..
    ckckckckckkc…
    Parah2..

  33. rommya Post author

    @Mav: DUKU dong (Dari Ujung Ke Ujung), memang Bali itu tempat yg kaya akan kebudayaan. Semoga tidak tercemar dengan budaya2 asing.
    @itaq: waduh kebijakan ekowisata? Mesti tanya org yg berwenang nih.

  34. itaq

    mas salam kenal ya,,,
    cm mau nanya nie mas,,kebtulan aq lg ada tugas tentang kebijakan ekowisata yang ada di bali,,klo boleh bs kasi info dikit ga tentang kebijakan2 yang ada di bali
    thank yaaaaa b`4

  35. rommya Post author

    @cicit: kalau sanur bisa digabungkan dengan paket 1 (benoa, gwk) tapi memang konsekuensinya adalah tidak bisa terlalu lama bermain di setiap tempatnya. Sedangkan Lovina, lokasinya cukup jauh di utara, biasanya digabungkan dengan Singaraja, Gitgit (air terjun), Banjar & Pupuan.
    @nerz: salam kenal juga. Tanjung benoa itu cuma bayar masuk kawasan saja deh, kalau tdk salah sekitar 2.000 / mobil. Waktu kami ke GWK dikenakan Rp 15.000 / orang (tapi anak2 tdk bayar), untuk bus kemungkinan bayarnya lebih mahal. Salam Jalan Jajan Hemat

  36. nerz

    oya mas, 1 lagi…GWK tuch masuknya bayar 15rb?? udah naik yach??katanya 10rb…trus bus bayarnya tetep 5rb ato beda yach???thx

  37. nerz

    ya ampun baru baca lanjutnya ternyata ada toh tiket masuk tanah lot n bedugul…hehehehe…selse baca yang tanjung benoa langsung tulis message sech..

    kalo gt yang tanjung benoa bayar tiket kah??brp??kalo rombongan bus gt bayar brp??thx

  38. nerz

    Salam kenal.
    Mas, mau nanya nech..kalo ke tanjung benoa, bedugul ma tanah lot tuch bayar tiket masuk ga yach??kalo iya berapa harga tiketnya???thx banget mas..tolong di jawab yach…

  39. cicit

    Salam kenal, mas.. Thanks buat infonya šŸ™‚ Lagi cari2 info ttg objek wisata bali (kegiatan apa aja + HTM), nemu blog ini.. Ngebantu bgt šŸ˜€
    Mau tanya, katanya di Bedugul ada tempat outbondnya itu dimana ya ??
    Lalu kalau mau ke Lovina dan Sanur itu sebaiknya masuk paket 1 (Benoa, GWK, dll) atau paket 2 (Tanah Lot) atau .. paket sendiri ? Soalnya kami rencana di Bali 3 hari 3 malam dan pakai bis. Ditunggu infonya, mas. Terima kasih šŸ™‚

  40. rommya Post author

    @andri: memang kadang2 ada oknum yg membuat perjalanan wisata tdk nyaman. Pemerintah mestinya serius dalam membenahi hal ini. Citra bangsa indonesia jg dipertaruhkan lho. Thanks ya atas tips untuk ‘mensiasati’ pungutan parkir yg mencekik.

  41. andri

    thx untuk sharenya, jadi pengen ke bali lagi neh šŸ™‚
    Cuma mau kasih warning buat teman2 yang mau ke dreamland, waktu saya dan rombongan (bis) mau masuk ke dreamland (Sabtu, 28 Juni 2008), ternyata “gerombolan” satpam yang menjaga di area masuk parkiran meminta Rp.50.000,-/bis. Saya melihat gelagat yangkurang baik, karena mereka memasukkan uang pungutan tersebut ke dalam sebuah tas kresek. Ketika bis saya diminta Rp.50.000,-, saya cari akal, saya minta karcisnya sesuai dengan tarif dengan alasan harus dilaporkan ke kantor saya (ngaku rombongan dari kantor hehehehe), mereka mengaku kehabisan karcis, lalu saya bilang bagaimana ya. akhirnya mereka mengalah dengan Rp.20.000,-. Gak apa2 deh, tapi masih masih mahal juga ya………..#@#%^>?)(&
    Maksud hati mau mengadu, tapi gak tau mau mengadu kemana???? Jangan sampai Citra Bali dirusak oleh orang2 yang tidak bertanggungjawab seperti “gerombolan” tersebut hehehehhehe. Trims

  42. wayan

    @rommya: thanks ya mas, udah diperbolehkan ikut gabungan.
    @vidiandra: untuk pool yang di hard rock memang boleh dipakai untuk umum, tapi biaya emang agak gede; dewasa Rp. 100.000/orang, anak Rp. 50.000/anak (Dibawah 12 tahun), thanks.

    Salam – BALI

  43. rommya Post author

    @wayan: silahkan dibantu dengan informasi2 tambahan seputar Bali, Pak.
    @vidiandra: setahu saya sih boleh ya.. Tp untuk lebih pastinya lagi silahkan contact dulu ke 0361-761869.
    Salam Jalan Jajan Hemat

  44. vidiandra

    mas, kolam renang di hardrock boleh untuk umum yah ? walaupun nggak nginep di hotelnya ? lg itung2 budget dan anak2 suka bgt sm kolam renangnya hard rock cuma mahal bgt euy hotelnya…

  45. wayan

    Salam Mas Rommy,

    informasi lain tentang Bali, baik di Web, Blog ataupun wordpress sudah banyak sekali bisa didapatkan, dan tentunya harus tetep dilakukan update secara kontinue sesuai dengan perkembangan di BALI, semoga informasi yang ditampilkan semakin mendukung Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia. perlu informasi hotel murmer di Bali, silahkan kontak kami di (YM) liburanhemat atau SMS di 08170672633.

    Thanks..Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.