Jalan Jajan Hemat

Fastnet – ISP hemat

FastnetFirstmedia

Ini bukan tentang jalan2 atau jajanan hemat, tapi tentang ISP hemat.

Selama ini saya menggunakan dialup untuk koneksi internet di rumah, karena menurut saya speedy masih cukup mahal dan sering salah dalam sistem billingnya (pelanggan sering dikenakan tagihan melangit), sedangkan untuk unlimited cable vision masih tergolong mahal untuk kita yang penggunaan internetnya tidak terlalu banyak.

Namun, Minggu ini saya membaca iklan Fastnet dari First Media di surat kabar. Sempat tertegun melihat pricelistnya:

mulai dari Rp 99.000 utk yg up to 384 kbps for unlimited usage !!

lengkapnya adalah:

Fastnet 384 : up to 384 kbps, unlimitted, Rp 99.000 / bulan

Fastnet 512 : up to 512 kbps, unlimitted, Rp 195.000 / bulan

Fastnet 768 : up to 768 kbps, unlimitted, Rp 295.000 / bulan, modem dipinjamkan gratis

Fastnet 1500 : up to 1500 kbps, unlimitted, Rp 595.000 / bulan, modem dipinjamkan gratis

Fastnet 3000 : up to 3000 kbps, unlimitted, Rp 1.195.000 / bulan, modem dipinjamkan gratis

Saya coba menghubungi customer servicenya di 55777788 untuk menanyakan detailnya, diinformasikan bahwa pemasangan gratis, hanya saja untuk pelanggan paket 384 & 512 perlu membeli modem seharga 450rb. Wah menarik juga nih, dengan harga 99.000 / bulan sudah mendapatkan unlimited dengan kecepatan up to 384 kbps. Setelah diskusi dengan kawan dan mengingat billing Speedy yang sering mengagetkan, membulatkan hati saya untuk mengambil keputusan. OK, saya confirm mau pasang. Dan begitu dicek di database mereka, ternyata rumah saya sudah terpasang kabel dari Digital One (Digital One sekarang berubah nama menjadi First Media), -padahal saya pasang pun gratis, karena fasilitas dari perumahan Lippo Karawaci, walaupun hanya dikasih siaran TV lokal saja- sehingga mempermudah proses pemasangan dan tidak perlu tarik kabel lagi.

Dijanjikan 1 hari, yaitu besok, akan ada pemasangan. Dan ternyata teknisinya datang lebih awal dari jadwal sebelumnya, instalasi dilakukan dalam waktu 30 menit, selesai. Mereka memiliki 2 jenis modem yaitu motorola dan Com21. Saya minta ke customer service untuk dipasangkan yang Motorola saja, tapi karena keterbatasan stock akhirnya saya mendapatkan yang Com21. Tapi tidak masalah, yang penting bisa terhubung dengan baik. Dan sampai saat ini, saya dapat menikmati internet dengan kualitas yang baik, stabil dengan harga yang pantas. Memang seharusnya rakyat Indonesia dapat menikmati teknologi internet dengan harga terjangkau, untuk memajukan rakyatnya.

Thanks to First Media dan Fastnet, semoga dengan ini akan memacu provider lain untuk melakukan penyesuaian ke harga sepantasnya yang sesuai dengan daya beli masyarakat Indonesia.

Salam jalan jajan hemat

hasil test bandwith Fastnet per 3 Nov 07 menggunakan www.speedtest.net

Testing Fastnet

update Jan 09 : hargaya sudah naik menjadi Rp 135.000 + PPN 10% untuk yg 384 Kbps, masih merupakan tawaran yang menarik dibandingkan ISP lain
update Des 09 : akan ada kenaikan harga, silahkan baca di sini untuk detailnya

59 thoughts on “Fastnet – ISP hemat

  1. benny

    Bos mw nanya dunk,fastnet kpn msk bali om?koq lama bgt ya?katanya tahun 2009 dah mw msk?tp lom ada kabar tuh bos,truz di forum sebelah katanya tahun 2015 fastnet baru msk bali,apa ga salah om?

  2. Anonymous

    Help meeeeee…
    ak lg bikin warnet kecil2an di daerah cirebon tepatnya di desa tegalgubug.. ak lg pusing cari isp yg murah dan yg dah masuk daerah ak.. dan yg lbh parah lagi, speedy jg ngga masuk tuh.. jd kemungkinan via satelite, tp harganya mahal bgt……!!!!
    kl da yg punya info email yuah..

    wahyudien.mifatkh@gmail.com

    terimakasih banyak.

  3. Shien

    fastnet bagus kok^^ klo hubungi CS 55777788 minta informasi kapan fastnet ada dan minta brosurnya lalu sebaiknya langsung hubungi orangnya bagian dealer di belakang brosur biar lebih cepat pelayanan CSnya jg ok.

    fastnet 384 99rb + TV Cable
    fastnet 512 195rb + beli modem (bonus majalah biasanya)
    fastnet 768-3000 295rb-1,195rb (gratis modem selama pemakaian fastnet)

    biasanya awal pemasangan tidak stabil tapi pas jalan sebulan stabil
    kecepatan 512 bisa mencapai 768 loh^^ lihat di speedtest.net aza
    karena fastnet masih baru umur setahun maklumlah, tapi sudah trmasuk ok pelayanannya (tergantung orangnya, tapi rata2 ramah), mudah2an makin ok murah (terjangkau) dan kualitas ok.

    untuk jaringan biasanya tergantung berapa banyak yang pake, n klo di komplek2 gitu jarang bermasalah biasanya plg rada ga stabil aza di awal2 pemakaian. kurangnya fastnet (jaringan belum luas aza^^)

    NetZap kecepatannya lemot beda tipis ama telkomnet instan, jangan deh, temen ada pake di kelapa gading nyesel pake netzap justru pengen bgt pake fastnet.

    disarankan untuk daftar fastnet : waktu fastnet datang ke jaringan daerah anda (sebaiknya anda awal bertanya kapan fastnet datang dan minta diberitahukan) anda nanti akan menjadi 10 orang pertama yang pasang dan pasang gratis. klo lewat dari itu biasanya lama pasangnya bisa ditunda ampe 3bulan 0_0 n bikin rese bgt!!! paling sulit dalam pemasangan biasanya frekuensinya. klo makin rame makin rese mang bener. tapi mereka tep concern kok^^

    jadi pasang fastnet ga rugi kok daripada telkom spidol^^

    klo spidol udah kapok deh (_ _”)

  4. rommya Post author

    @giovani: kalau blm tercover fastnet mungkin bisa mencoba NetZap (http://www.net-zap.com/) . Krn ada teman saya yg pakai netzap jg lumayan tuh, tp memang lebih mahal.
    @renzhy: Sip, sejauh ini sih saya puas pakai fastnet (firstmedia)…

  5. giovani

    aq setuju supaya fast net makin sukses dan berjaya “KALAU” fast net sudah mengcover wilayahku disurabaya baguan barat alias daerah tengger,karena daerah lontar (hanya 10menit bila naik mobil dari rumah saya) sudah tercover,masa tempat saya tidak?saya tanya Contact Person nya jawabannya gini ,”nggak tahu pak” yah sudah deh,kalau fast net sudah mengcover wilayah saya,saya doakan makin sukses ehehehehehehe

  6. rommya Post author

    @budi_soeryo : maaf, saya kurang tahu no telp CS utk wilayah Medan. Tapi begitu sudah tercakup areanya, pasti akan ada iklannya besar2an.
    @syarif: Betul sekali Pak… saya jg barusan pindah rumah, dan pasang ulang. Ternyata tdk perlu paket TV cable nya. Bahkan prosedurnya pun sangat mudah, jauh lebih mudah dari pasang telp rumah, atau handphone yg pasca bayar. Trims atas update infonya

  7. Syarif H.

    Mo update info niy.. Saya baru mau pasang fastnet 384 (sudah dijadwal utk pemasangan). Waktu baca salah satu comment yg katanya fastnet 384 WAJIB pasang cable jg saya jd panik. Soalnya budgetnya perbulan utk nge-net ga sbesar itu. Saya langsung kontak CS dan ternyata… eng.. ing.. eng.. sudah ga diwajibkan lagi (infonya basi ga yaa..). Mudah2an terus bgini..

  8. budi_soeryo

    Mas mo nanya kalo di medan (sumatera utara) sudah ada fastnet belum ya? dan terlepon cs fastnet untuk wilayah sumatera berapa yah nomornya
    terima kasih

  9. rommya Post author

    @arinarin: thanks atas sharingnya, kita sama2 ga dibayar oleh fastnet koq.. πŸ™‚
    @yuyud : mesti tanya ke CSnya utk informasi yg lebih tepat.

  10. YUYUD

    Mas mau ikutan tanya-tanya nich…
    1. fastnet di bandung udah bisa belum ya?
    2. kalo belu kapan kira-kira? kalo udah mesti ngubungi ke mana? tararengkiu.

  11. arinarin

    sekedar sharing, saya sudah pakai Fastnet sejak Agustus 2007 berarti 7 bulan sedangkan untuk tv kabelnya sudah lebih dulu 1,5 thn. Sejauh ini tidak ada keluhan berarti kecuali di daerah saya (Tanjung Barat – Jaksel) koneksi sering putus (no signal) baik TV maupun internetnya.
    Dulu awal2 pemasangan kejadian no signal ini bisa terjadi selama 8 jam.
    Kebayang kan… no TV no internet.. padahal saya freelancer yg mengandalkan internet untuk pengiriman pekerjaan.. plus saya sengaja berlangganan paket Kids demi menghindarkan anak balita saya dr efek negatif sinetron πŸ˜€
    Tapi untungnya sekarang kejadi no signal sudah mulai jarang.
    kalaupun terjadi tidak lebih dr 10 menit.
    Dan saya sendiri awalnya adalah pelanggan Speedy yg beralih ke Fastnet. Saya kapok langganan Speedy karena pernah ditagih double dalam satu billing, bikin kaget liat angkanya :))
    All ini all, saya cukup puas dengan Fastnet sejauh ini (kok jd kaya testimonial? πŸ˜€ ), walaupun kalau menelfon CS-nya perlu perjuangan tersendiri karena jaraaaaaaaaaaaaang sekali lagsung terangkat dlm 2-3 telp.

  12. rommya Post author

    Mari kita berharap semoga pelayanan fastnet tdk makin menurun walaupun pelanggannya sudah membludak. Minggu kemarin wilayah Lippo Karawaci sempat down (fastnet & firstmedia) selama 2,5 hari, sayangnya tdk ada permintaan maaf ataupun informasi yg jelas, hanya “ada kerusakan di jaringan antara gedung citra graha dgn lippo karawaci), harap menunggu, perkiraan sore sdh selesai”. Tunggu punya tunggu sampai besok dan besoknya lagi baru aktif kembali.. Kira2 apa bisa ada kompensasi ya, kan pelanggan selama linknya down mengalami kerugian, tdk bisa nonton TV dan kalau mau internet mesti dialup.

  13. Aul-Aul

    Saya sudah pake fastnet 384 sekitar 3 bulan lokasi Pondok Cabe, yang pasti speedtest awal berlangganan dengan yang saya peroleh hari ini sangat berbeda yaitu menurun sd 50%, memang sulit menghub. customer servicenya hal ini sudah saya alami semenjak langganan TV kabel 6 bulan yll. Pada akhirnya kit a akan melihat realitas bahwa harganya cukup murah kok jadi pake istilah ada harga ada kualitas. Harapan saya hal ini tidak untuk short period melainkan jangka panjang….

  14. d3v1love

    ah… masa sih…????

    kemarin saya suadah berniat untuk pasang, tetapi karena mereka bilang jika ingin berlangganan fast net, harus mengistalasi kabelvision juga???
    contohnya.. ketika saya ingin mencoba fast net yang 378 saja dan saya minta modem dari mereka, rincian yang harus saya keluarkan :
    1. modem 450.000
    2. internet 108.000
    3. iuran kabelvision 150.000 an

    dengan begitu untuk instalasi awal saja saya haarus mengluarkan 700.000 an.sedangkan untuk pembayaran bulan selanjutnya saya harus membayar iuran internet dan kabelvision juga… padahal saya sudah berlangganan indovision tadinya saya kira budget yang harus saya keluarkan tidak lebih dari 150.000 perbulan ternyata tidak daemikian…. T_T

    tolong donk…. minta info yang jelas…. atau kirimkan infonya ke
    d3v1love@gmail.com
    plissszzzszsszs……………

  15. rommya Post author

    Betul kita butuh internet murah (kl bisa gratis) dan berkualitas..
    Utk berlangganan fastnet ga perlu pasang kabelvision koq, cukup pasang fastnetnya saja. Tp kalau sdh ada kabelvision, proses instalasinya sangat mudah, tinggal pasang spliter saja, sedangkan kl bkn pelanggan kabelvision mesti tunggu tarik kabel dulu. Tapi tenang saja tdk ada biaya instalasi koq.

  16. d3v1love

    eh… iya
    ada yang mau saya tanyakan ….
    memangnya kalo mau pasang fastnet harus berlangganan kabelvision???

    soalnya kemarin saya niat untuk pasang fast netkemudian saya telp CS nya mereka tanya no.pelanggan kabelvision…??!?@?#
    sedangkan saya sudah berlanggana indo vision…. kalau saya ingin berlangganan Fastnet saya juga harus berlangganan kabelvision juga donk….
    kalo gitu mah sama juga bohong… soalnya saya kan sudah punya indovision kalo sama fasnet juga harus pasang kabel vision saya haarus bayar 2x donk..T_T…
    padahal yang saya butuhkan adalah koneksi internetnya…….

    namanya juga orang indonesia…. senengnya yang murah murah….. T_T

  17. d3v1love

    waahhhhhh bener tu MONOPOLI……

    Indonesia memang harus punya layanan internet yang murah…. kan klo murah rakyat pada seneng…..
    tapi kualitas juga harus jadi prioritas….

    jangan kaya’ bensin yang mau dibatasi dan diganti sama pertamax….
    kan rakyat indonesia seneng yang murah2x……

  18. rommya

    Oh ke semua group perumahan ciputra ga bisa ya? Mungkin mereka rencana mau bikin ISP sendiri kali, jadi mau di monopoli, kasusnya sama seperti di kantor saya, Telkom tdk bisa masuk, semua mesti pakai indosat, baik utk telp maupun internet.

  19. keny

    ada sebagian area yg sebenernya fasnet maw masuk tp oleh pihak pengembang kawasan situ ga bole,ya trmasuk citra raya sendiri,fasnet g bole masuk areanya ciputra dan bnyak daerah laen,,dan alasanya lom jelas,paling2 soal duit jg,coba tanyakan ke pengelola kawasan masing2,,,gud luck my brother.

  20. Stephen

    AH sial… gw juga dah telp ke cust service, iya dia bilang blom bisa masuk ke Kalideres, KOMPLEK Citra Garden. Gw disuru ijin ke RT, RW lah.. cari KOnsumen lah.. repot amad..

    Hmm.. lu taw forum nya fastnet nda? Gw maw ngajuin request gw nih. Abis kita, dan warnet di Kalideres ini kebanyakan pake Speedy,,, kita tersiksa, karena sering ngedown. Dan yakin lah… kalo ada Fastnet, pasti laku.. BILANGIN yah thanks.

  21. rommya

    Benar lho bung Stephen, ini ada print screen hasil test bandwith yg saya ambil.
    http://rommya.files.wordpress.com/2007/11/fastnet-test.jpg
    Malahan fastnet di rumah saya di sharing utk 2 komputer. Tapi bisa jadi tergantung kualitas dari jaringan yg ada, kebetulan saya tinggal di Lippo Karawaci yg jaringan firstmedianya (dulu kabelvision) sudah disiapkan. Utk cakupan wilayah, bisa langsung menghubungi Cust. Servicenya saja, tp kalau kabelvision blm masuk berarti fastnet juga blm masuk, kan perusahaannya sama. Thks

  22. Stephen

    AH.. mana mungking Fastnet 384 bisa donwload secepat 40kbps? Temen ku aja maen game online pake Gastnet 384, ngelag2 ngga nahan…

    BTW maw nanya lage.. apa Fastnet bisa masuk ke Kalideres? Tepatnya gw tinggal di Citra Garden II (JakBar). Bisa masuk ngga yah? Sool nya Kabelvision kayaknya blom isa masuk… THX

  23. rommya

    Fastnet tdk menggunakan saluran telpon, jadi tdk ada tambahan pulsa lagi melainkan lewat kabel (kabel TV firstmedia). Kalau fastnet yg 384, kecepatan download bisa sampai 40kbps lho, tapi umumnya sih dikisaran 35-39kbps. Kalau pakai yg 512 / 768 pasti lebih kencang lagi.

  24. Stephen

    EHmm.. gw masih speedy,,, gw maw pindah ke fastnet juga sih..
    Tapi gw ada beberapa pertanyaan:
    1. apa fastnet makan pulsa telepon lage?
    2. apa fastnet akan mengganggu telepon seperti speedy apabila sedang digunakan internetnya?
    3. Dengan speedy yang harganya 200rb, saya bisa melakukan download secepat kira2 37kbps.. Kalo fastnet yang 512? Kalo yang 768?
    4. Menurut anda… lebih untungan mana, 512 atau 768? gini. sebenernya saya ga perlu 768, 512 sudah cukup. tapi harus bayar modem 450rb lage. jadi agak males. Nah sekarang gw bingung.

    TQ.

  25. rommya

    om Buddy: utk Bandung saya kurang tahu pasti, mesti tanya ke cust. servicenya ya. Kedepannya sih mudah2an tetap kencang ya. Tp kl dipikir2 & dihitung2 sih tetap lebih murah ketimbang speedy,selisihnya lumyan. Kl ternyata bbrp bulan kemudian jadi lambat ya kita cari ISP lain πŸ™‚
    om Indra : wah lama ya, sudah dicek apakah terjangkau jaringan kabelvisionnya ? Kl sdh sih mestinya cepat ya, atau mungkin antriannya yg panjang, krn org pada ramai2 pindah.. sabar saja om..

  26. indra

    ah gw pasang fastnet dari mulai instalasi sampe sekarang ( udah 2 minggu ) belom bisa online juga!!
    kalo telp csnya katanya ada gangguan sinyal dan akan dijadwalkan teknisi untuk dateng ke rumah gue,tapi kalo gw tanya kapan pastinya teknisi dateng selalu jawaban semua customer service sama
    “SECEPATNYA”,jadi gw mesti nunggu terus..kaya orang ngantri beras…

  27. Buddy

    om Rommya, sampai saat ini FastNet udah masuk ke bandung blum seh?

    Trus yang jadi pikiran saya hingga saat ini masalah kecepatan koneksi FastNet nya sendiri. Kalo misalnya sampe sekarang dari semua testi yg saya baca tentang FastNet emang kencang banget dan lebih murah. Tapi klo kedepannya nanti seperti apa, misalnya pelanggannya udah byk yg menggunakan FastNet, apakah kecepatannya tetap stabil dengan jumlah pelanggan yg sangat byk seperti itu? atau kecepatannya nanti menjadi lemot?

    karena klo saya liat dari situasi sekarang semua pada berpindah ke FastNet ^^

    thx b4

  28. rommya

    Wah terima kasih Pak Arunos, komentar Bapak sudah memacu saya untuk selalu mengupdate blog, walaupun sering terbentur waktu. Tapi semangat sharing info saya sangat membara.. Kalau punya info2, silahkan di sharing juga Pak..

  29. arunos

    Pak Rommya blognya sangat informatif banget. Saya masukan ke Favorites biar gampang nyarinya. Di update terus pak tiap hari. Terima kasih. Arunos

  30. rommya

    DNSnya sempat ngaco, iya pakai DHCP, tapi kayanya salah setting shg ga nemu terus. Dikasih info dari teman utk setting DNS manual, eh jalan. Tapi besoknya sdh normal lagi sih.

  31. krisna

    udah 1 bulan pasang nih and speednya masi lancar2 aja, kalo download 40 KB/s ++ mantap deh sekarang kalo mau Download gak perlu nunggu lama. dan harga sesuai kantong.

    kok bisa DNSnya keliru? bukannya DNS nya pake DHCP?

    bisa gak ya harga internet jadi murah, ada gak ya ISP yang nurunin harga kaya firstmedia.

    kalo CS nya lagi sibuk pake line yang inggris aja, sapa tau hoki gak perlu nunggu lama2.

  32. rommya

    Daftarnya langsung ke cust servicenya tuh di 55777788, blm pernah coba di websitenya. Biasanya sih langsung nyambung koq, kecuali pernah saat settingan DNS mereka keliru, no telp CSnya sibuk selama 1 hari. Dicoba saja lagi.

  33. Audi

    Om, daftar fastnet-nya lewat mana? Kok gue daftar lewat website-nya nggak dibales-bales yah? trus nelpon ke CS-nya, sibuk mulu. Kasian deh gue….

  34. rommya

    Update nih: Kemarin fastnet di tempat saya sempat trouble. Coba menghubungi customer servicenya. Cukup responsif dalam memperbaiki (via telpon). Dan yang membuat cukup kagum, setelah beberapa hari ada org yang telp ke rumah saya untuk memastikan problem sdh teratasi, sehingga problem ticket saya bisa di closed.. Wah andaikan standard perusahaan di negeri kita memiliki customer service seperti ini, alangkah indahnya…

  35. rommya

    Silahkan Ibu Ann, tujuan saya adalah sharing2 informasi koq. Tapi kalau bisa mohon dituliskan sumber referencenya. Trims juga…

  36. Ann

    Pak Rommya,

    infonya sip banget.

    Saya mau minta ijin nih..
    Boleh tidak info bapak ini saya posting di milis SekolahRumah?

    Trims sebelumnya.

  37. rommya

    Sejauh ini Fastnet masih memuaskan lho.. kalau speedy, kayanya dari sejak awal sih sudah sering bermasalah deh, baik koneksinya maupun billingnya πŸ™‚

  38. .:: Pitshu ::.

    Yup.. sekarang orang2 lagi pada sibuk pasang fasnet πŸ™‚ yah seperti biasa klo awal2 baru launching emang masih FAST hihi.

    Sama seperti awalnya speedy juga begitu! nanti udah banyak yang pasang baru dech mulai lemot. Dan para pengusaha berlomba2 mencari gebarakan baru :). Dan kita mencari2 lagi koneksi yang murah dan cepet hihihi.

  39. rommya

    Waktu saya menghubungi customer servicenya, diinformasikan oleh mereka bahwa banyak sekali user dari telkom speedy yang beralih ke Fastnet. Jika tidak ada terobosan dari telkom, dapat dipastikan seluruh pelanggannya akan pindah.

  40. viventius

    Setuju… Fastnet memang oke. Layananannya memuaskan dan yang terpenting, kwalitasnya jauh lebih baik daripada telkom-nyet instan, semoga dikedepannya tetap dapat dipertahankan…

  41. rommya

    Agree, thanks for your comment.
    Sama seperti masuknya motor cina, shg produsen motor Jepang ikut mengeluarkan motor dgn harga murah. Lalu keluarnya operator CDMA yg membuat operator GSM menurunkan tarifnya, semoga Fastnet dan Firstmedia akan membuat kompetisi yang sehat yang membawa angin segar dalam pelayanan internet di Indonesia.

  42. SyuNa

    Yeah.. It is a breakthrough for Indonesia Internet Community…

    Finally, Customer can have other option for fast internet connection Indonesia. beside ‘Telkom Speedy’.

    However, lets hope cable vision can provide the same level of service when the number of user is increasing. and hopefully telkom speedy will make adjustment to their price to manage the competitiveness.

    All the best for Indonesia.. πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.