Jalan Jajan Hemat

Dapur Umum Ancol (Jakarta)

Dapur Umum01Jika Anda sedang berada di sekitar Ancol dan perut Anda sedang lapar, tidak ada salahnya mencoba sebuah restaurant yang bernama Dapur Umum. Letaknya ada di areal komplek Metro Marina Ancol, persis di sebelah Taman Impian Jaya Ancol. Dari jalan besar sudah banyak papan petunjuk ke dapur umum ini. Tempat yang memiliki nama cukup unik ini pada siang hari buka dari jam 11.00 – 14.30 sedangkan malam dari jam 17.30 – 21.30. Saat saya datang jam 16.45 (pulang dari main2 di Ancol), sudah ada beberapa tamu yang menunggu di luar restaurant.

Dapur Umum03Tempat ini terbagi dua area, yaitu untuk makanan Chinese Food dan Sea Food. Bagi rekan-rekan muslim, silahkan pilih yang Sea Food, karena disini makanannya 100% halal. Pelayanannya cukup baik,karena sejak pukul 17.00, walaupun restaurant belum buka, tapi kita sudah dilayani oleh petugas di depan. Jadi kita bisa pesan dahulu menu yg kita inginkan. Jadi saat kita masuk jam 17.30, meja kita sudah disiapkan, dan juga makanan pesanan kita sudah hampir siap. Semua computerized, pesanan dicetak rapi dengan printer dan ditempelkan di meja kita, termasuk total harganya, jadi kita bisa mengetahui apa saja yang sudah kita pesan dan berapa total harga seluruh pesanan untuk menentukan apakah mau tambah menu.. 🙂 Bahkan sempat saya lihat pelayan di dalam restaurant menggunakan PDA untuk menerima pesanan.

Dapur Umum02Untuk harga menunya, sempat terkejut… karena murahnya. Sebagai contoh nasi putih (beras organik) 2.000/porsi, teh tawar 100/gelas, es teh manis 500/gelas. Murah sekali bukan? Rasanya setara warteg ya. Tapi untuk dibawa pulang harganya hampir 2x lipat. Konon kabarnya, mereka menjual dengan harga modal, karena tujuannya adalah untuk promosi perumahan, ah yang penting kita bisa makan makanan enak dan hemat. Silahkan lihat dalam gambar, saya masukkan daftar menu (tapi maaf saya hanya memfoto untuk yang Chinese Food, tapi kurang lebih sama harganya).

Dapur Umum04Ruangan di dalam cukup bagus dan bersih, berdesain minimalis, ada sedikit yang kurang nyaman adalah lantainya terbuat dari kayu, sehingga jika ada orang yang berjalan di samping meja kita, maka meja agak bergoyang. Rasa makanan cukup enak, walaupun memang porsi lebih sedikit dibanding di tempat lain, tapi harganya toh masih jauh lebih murah.


Sambil menunggu restaurant buka, silahkan berjalan-jalan melihat rumah contoh di cluster perumahan di samping dapur umum, design rumah contoh yang sangat indah tapi memang harga rumah di sana cukup mencengangkan. Rumah dengan luas tanah 84 dijual dengan harga di atas 500jt an. Yah itulah harga sebuah prestige.

Oh ya no telp Dapur Umum : 69833123

Salam jalan jajan hemat.

17 thoughts on “Dapur Umum Ancol (Jakarta)

  1. Oksta

    ada yang tau sekarang resto dapur umum nya pindah kemana ya? soalnya gw coba telp ke nomor yg ada katanya udah pindah..

    Thx infonya 🙂

  2. Anonymous

    KLO UNTUK 15 ORANG GITU KIRA2 HABIS BERAPA UANG YAH??
    ADA YANG PUNYA DAFTAR HARGA UNTUK sEAFOOD NYA???

  3. rommya Post author

    @donny : sepertinya sih lobster tdk ada lho.. mungkin dasarnya memang sdh mahal kali ya, jadi ga bisa dijual murah … 🙂

  4. rommya Post author

    @atha: selamat mencoba
    @erwan: dari perempatan itu setahu saya sih boleh langsung, arah mau masuk ke Taman Impian Jaya Ancol, tapi setelah jembatan, langsung ambil ke kiri arah ke perumahan Marina.

  5. erwan

    iya .. kayaknya seru jadi pengen juga nyobain,
    kalo boleh tau ancer2nya kira2 paling enak lewat mana ya

    kalo dari jalan gunung sahari .. di perempatan Ancol, Hailai keliatan banget didepan nah kita kemananya ya ..? kayaknya gak boleh langsung terus, harus muter dulu gitu kan?

  6. rommya Post author

    @Virgie: letaknya itu di areal komplek perumahan Metro Marina, dari town house masih lurus terus ke arah dalam. Weekend sama juga tutup jam 21.30

  7. della

    yg di dalem ancol itu resto bandar jakarta bukan?
    wah dapur umum bole dicoba juga nii..

  8. rommya

    Engga koq. Confirmed.. saya sudah kesana, dan tempatnya di luar gerbang Ancol, jadi tdk perlu bayar pintu masuk. Selamat mencoba

  9. rommya

    Dapur umum letaknya di luar Ancol, adanya di komplek perumahan di samping Ancol, jadi ga perlu bayar 10.000 koq. Asik kan ?

  10. .:: Pitshu ::.

    Beberapa resto di Jakarta memang sudah menggunakan PDA untuk mencatat pesanan, dan biasanya order langsung di send ke bagian dapur hahaha… Cangih banget yah 🙂

    Dapur umum Ancol ada di dalam Ancol nya ? tapi masuk kesana aja boil bayar Rp. 10.000,- trus ornag dewasa Rp.10.000,- ^^ hehehe… Tapi emang murah banget sih!? kapan2 boleh di coba :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.