Jalan Jajan Hemat

Jalan Tol: Mahal & Semerawut

Sekedar sharing saja, sejak tarif tol naik saya melihat pelayanannya tambah amburadul & semerawut. Antrian di gerbang tol makin panjang, macet dimana-mana. Dan sepertinya pengelola jalan tol tidak mau pusing, yang penting tarif naik, investor senang dan petugas tol bisa ganti seragam (mereka sekarang pakai seragam baru). Hal ini didapati hampir di seluruh ruas jalan tol, baik Jakarta – Tangerang, tol dalam kota maupun tol Jakarta-Cibitung.

Sempat saya dan teman saya coba menganalisa kenapa antrian makin panjang, apakah karena tarif barunya? Ada sedikit kesimpulan yang kami tarik, karena ada perbedaan tarif untuk truk berdasarkan gardan/roda nya. Jadi ada kemungkinan petugas tol sibuk melihat berapa jumlah gardan dari truk tersebut.

Ada komentar dari teman2, saya tunggu ya. Ingin tahu apakah ada uneg2 juga seputar tol ini.

6 thoughts on “Jalan Tol: Mahal & Semerawut

  1. rommya Post author

    He..he.. padahal teorinya itu stl sekian tahun berbayar, dan sdh balik modal, rencananya tol itu akan digratiskan… nyatanya ?? Yah mesti bersabar deh, apalagi kalau rencana premium akan dibatasi & mesti beli pertamax.. Saya pendukung angkutan umum asalkan manusiawi dan aman.

  2. nuggy

    Tol naik ,layanan buruk , bensin boros ,eh yang disalahin Rakyat yang konsumtif & biasa di subsidi.Padahal Tol itu dibuat biar org jd lebih ekonomis. Jadi yang salah siapa , rakyat atau pemerintahnya yang tidak profesional.Mungkin hanya di Indonesia yang jalan tol jadi mahal tiap 5 tahun.

  3. rommya

    Betul juga ya, mestinya tol itu udah balik modal dari kapan2, dan kemudian dibuat gratis. Lah ini malah rencana mau naik terus, karena bilangnya merugi teruss.. apa iya ya.. Apa biaya operasional sangat tinggi ya? hhmm….

  4. iman brotoseno

    susah kalau pemilik atau investor jalan tol dekat dengan penguasa..mau class action juga nggak pengaruh. Mestinya jalan tol seperti Jagorawi di bebaskan dari tarif karena sudah balik modal dan untung ( jalan tol dari tahun 80 )..seperti jalan tol di Eropa / Amerika yang sudah balik modal menjadi public property..Terus cari atau buka jalan baru lagi

  5. rommya

    Utk tol Jkt – Tgr, yg agak membanggakan adalah rest area baik di jalur pulang maupun pergi. Selebihnya parah… saya perhatikan petugasnya terkesan masih kaku dlm pelayanannya (sptnya pegawai baru)

  6. .:: Pitshu ::.

    Yup jalan tol dalam kota jakarta uda naik dari 4,500 jadi 5,500. Tapi jalan tol dari Tol Pondok Gede – Karawang Barat masih 7,000.

    Terakhir g lewat itu tol Sept 8, 2007 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.