Jalan Jajan Hemat

Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

Menjelang liburan sekolah ini saya ingin membagikan pengalaman jalan hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia. Banyak agen perjalanan yg menawarkan paket2 wisata ke Malaysia dengan harga murah. Namun sampai saat ini yang termurah yang saya temukan adalah AirAsia. Sering-seringlah mengunjungi website www.airasia.com untuk melihat penawaran mereka, tapi biasanya harus dari jauh-jauh hari sebelumnya, dan pemesanan harus dilakukan secara online. Jangan khawatir, saya sudah beberapa kali menggunakan airline ini dan belum pernah mengalami masalah baik untuk tiket maupun billing kartu kreditnya. Untuk fiskal sampai saat ini masih berlaku (kapan yah fiskal dihapus), sebesar Rp 1.000.000 /orang, Anda dapat menggunakan fasilitas kartu kredit untuk membayar fiskal, yang saya ingat ada Bank BCA dan Mandiri, mungkin bank lain juga ada. Jadi jika Anda memiliki kartu kredit BCA, silahkan datang ke loket fiskal BCA, letaknya di paling kiri, dekat pengurusan bebas fiskal. Untuk anak – anak di bawah 12 tahun bebas fiskal, Anda perlu mengisi form keterangan dan diproses di loket bebas fiskal. Petugas cukup ramah dan tidak mempersulit sama sekali, dan tanpa biaya apapun.

Sebenarnya Anda bisa juga lewat Batam untuk menghemat fiskal sebesar Rp 500.000 per orang, tapi kalau dihitung-hitung tiket pesawatnya jadi lebih mahal, dan lebih repot jika membawa anak, toh anak-anak bebas fiskal. Namun jika Anda pergi dengan jumlah orang dewasa yang banyak maka perjalanan lewat Batam dapat dipertimbangkan.


Air AsiaMaskapai AirAsia tidak memberikan makanan/minuman dalam perjalanan, bahkan melarang membawa makanan/minuman ke kabin. Hal ini disebabkan memang adanya peraturan penerbangan yang membatasi jumlah cairan yang diperbolehkan dibawa, namun selain itu karena AirAsia juga menjual makanan/minuman di pesawat. Sehingga penumpang yang sudah menunggu di airport umumnya akan merasa lapar & haus, dan akhirnya membeli di pesawat. Harga makanan & minuman di pesawat masih terjangkau, walau agak mahal, misalnya nasi lemak(nasi dengan daging rendang, ikan teri, kacang) RM 7, sandwich RM 6, mie instan RM 6, Orange juice kotak RM 4. Namun pastikan Anda memiliki mata uang ringgit Malaysia, karena perhitungan kurs AirAsia sangat mahal (saat itu 1RM dihitung Rp 3.000, padahal di pedagang valas hanya Rp 2.600).

SkyBusSemua penerbangan AirAsia ke Kuala Lumpur akan mendarat di LCCT (Low Cost Carrier Terminal). Jangan membayangkan semewah bandara Changi di Singapura atau bahkan KLIA, tapi yang pasti toiletnya masih lebih bersih dibanding Soekarno Hatta dan memiliki fasilitas internet hotspot gratis 🙂 Nah dari LCCT Anda dapat melanjutkan menuju hotel Anda. Namun jika Anda bermaksud menuju ke arah KL Central, Anda dapat menggunakan sky bus, yaitu bus yang memiliki kerjasama dengan AirAsia (atau bahkan satu group?). Anda dapat membeli tiket bus ini sejak di dalam pesawat, harganya RM 9. Jika anak Anda sharing tempat duduk, maka tidak perlu membayar. Bus ini cukup bersih dan berpendingin udara (full AC). Ada beberapa operator bus yang menawarkan harga lebih murah, sekitar RM 8, tapi saya lebih memilih sky bus ini karena lebih meyakinkan.

KL centralNah dari KL Central, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah manapun, karena ini adalah pusat dari transportasi di KL. Dapat menggunakan bus, LRT, KTM , dan sebagainya. Nah di KL Anda juga dapat membeli tiket terusan untuk bus Rapid KL sebesar RM 2 untuk full 1 hari, jadi selama Anda naik bus Rapid KL, Anda tidak perlu membeli tiket lagi. Bahkan juga ada tiket terusan untuk LRT, dan juga untuk jalur yang berbeda warna, disana RapidKL dibagi menjadi red line dan blue line. Bus ini mirip dengan bus Transjakarta (busway), busnya baru, bersih dan ber AC.

Tarif taxi juga tidak terlalu mahal, terutama jika Anda pergi beramai-ramai. Kuncinya adalah setelah Anda duduk, perhatikan apakah sopir taxi nya menyetel argo (istilah disana adalah meter). Jika mereka tidak menggunakan argo, Anda berhak complaint, bahkan turun dari taxi, karena tanpa argo seringkali sopir meminta harga yang sangat tinggi, terutama kalau tahu Anda seorang turis. Kebanyakan sopir taxi disana adalah orang India atau Melayu. Gunakan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi, mereka lebih menghargai bahasa Indonesia ketimbang bahasa Inggris, karena akan menganggap kita serumpun.

LRTLRT di KL agak kurang bagus dibandingkan MRT di Singapura, bahkan beberapa pintu tiket sudah banyak yang rusak. Tiket LRT dapat dibeli di vending machine di tiap stasiun. Persis seperti di Singapura. Keuntungan LRT adalah tidak pernah macet, KL sama seperti di Jakarta, menjelang jam masuk dan pulang kerja akan terjadi kemacetan dimana-mana. Hindari naik taxi saat jam sibuk.

Demikian sekilas mengenai transportasi hemat di KL, akan saya sambung dengan penjelasan cara hemat ke Singapura via KL, dan tempat-tempat wisata di KL.

Salam jalan jajan hemat.

208 thoughts on “Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

  1. RIna

    hiii, P Rommya,
    Salam kenal yach…. Saya ingin ke KL dan rencana menginap di hotel Citin Pudu, Aman gak yach. soalnya saya perginya bersama mama dan putri saya. Trim ya….

  2. Anonymous

    Salam kenal Pak Rommya

    Saya rencana liburan ke KL pertengahan april ini dengan 2 anak, 3 dewasa. Kalau boleh tanya, apakah ada kenalan supir utk kami sewa yg bisa sekalian jadi tour guide (1-2 hari saja, termasuk drop dan pick up ke genting). Thanks sebelumnya.

    Putri

  3. sian

    Zul,

    Thanks informasinya. Kalau dari Red palm mau ke Petronas naik apa ? Terus rencananya dari Petronas mau ke Batu Caves naik apa.

    Satu lagi mau mau ke Putra Jaya sebaiknya pakai apa yang paling murah dan gampang ?

    Terima kasih lagi yah.

  4. Zul

    Sian,

    Hostel RED Palm tu bagus bangat, saya rekomendasi. Kalo dari KL Sentral, bisa naik monorel di luar KL Sentral tujuan ke Bukit Bintang. Turun di Bukit Bintang, jalan kaki kira-kira 10 minit bisa sampai.
    Kalo naik taksi harus mampir ke dalam gedung KL Sentral dan beli kupon taksi ke Bukit Bintang di kaunter yang dekat dengan kaunter kereta KTMB.

    Chinatown pasarnya tutup sekitar jam 22.00, tapi kalo untuk makan masih dibuka. Jangan risau kerana di sekitar Red Palm itu banyak tempat makan yang terkenal terutama di sepanjang Jalan Alor.

  5. sian

    Rommya, Zul,

    Minta advice, tgl 07.07.09 dan 08.07.09 mau ke KL sampai ke KL central +/- pkl 21.00 ( pesawat Air Asia sampai pkl 18.30 lgs disambung Skybus)
    Cari2 di Website ada hostel RED Palm lokasi di 5 Tengkat Tongshin Bukit Bintang kalo naik Taxi dari KL Central, susah gak, ratenya berapa ? SEbaiknya beli coupon taxi apa nyegat di jalanan.

    Terus dari Tengkat tongshin itu, khan nyampenya malam bisa langsung jalan2 ke China Town tidak? Naik Apa ? Sorry kepanjangan. Thanks for all of you.

  6. Zul

    Irma: kalo ke Puduraya dari Tune Hotel lebih gampang naik LRT dari Stasiun Sultan Ismail dan turun di Stasiun Plaza Rakyat, gak jauh dan bisa jalan kaki aja. Di KL lebih baik naik LRT, monorel atau bas dari taksi yang gak sebagus Jakarta

    Di sini sopir taksi itu bos bukan penumpangnya, soalnya tarif meter di KL sangat rendah dan gak sesuai dengan kos sara hidup sekarang

  7. etha

    @irma: disini Bus gak bisa berenti sembarangan ky di jakarta, n haltenya pun harus perhatikan apakah halte hnya untuk taksi apa bus n memang seperti itu disini harus serba jalan juga gak bisa turun di depan persis yg kita mau.klo naik taksi disini memang spt itu harus sabar,aku aja disini naik taksi bisa 5 kali panggil taksii baru dapet, n naik taksi juga ada aturannya tnya dlu supir taksinya mau ga ketempat yg kita tuju klo dia bilang ok baru duduk, jgn duduk dlu baru bilang tujuannya kemana eh gak tahunya tuh supir gak mau bisa mokall dehh udah duduk keluar lagi,gak seperti d jkt. and tempat berhentiin taksi juga ga bisa sembarangan, harus ditempat perhentian taksi or halte2 bus or di loby mall n gedung, klo d pinggir jalan, jgn harap deh mau berenti sebab dia juga gak mau kena tilang kan..n jgn lupa pakai seat belt meskipun duduk d belakang, krn udah peraturan penumpang mobil dkursi belakang juga harus n wajib pakai seatbelt, klo keliatan gak pakai bukan taksinya yg d tilang n harus bayar tpi penumpangnya yg kena tilang n harus bayar denda,kebetulan kemarin aku ada liat taksi d berentiin krn penumpangnya ga pkai seat belt n yg aku liat supir taksi tetep duduk di dlm mobil sementara penumpangnya yg keluar ngomong ama pak polisinya.semoga bermanfaat info nya.

  8. irma

    Thanks infonya Zul. Mo nanya lagi, kemarin sy mau naik taxi dari tune hotel ke puduraya jam 8 pagi. Tapi waktu saya panggil, tak ada yg mau berhenti, padahal penumpangnya ga ada. Apa memang ada waktu khusus dimana taxi tak boleh angkut penumpang? Trus kl dari hentian puduraya mau kembali ke tune hotel bisa naik apa aja? Kl naik bus,hubnya dimana? Kl naik monorail/LRT, statiunnya dimana? O iya, kemarin jg coba naik bus rapid KL B 103 dari KLCC, turun di chow kit, trus nyambung rapid KL B 111 dari chow kit, tp turunnya agak jauh dari hotel. Saya minta turun di sslah satu bus stop dekat hotel, tp katanya ga’ boleh. Apa memang ada halte/hub khusus untuk rapid KL?Thanks sebelumnya

  9. septi

    terima kasih ya zul atas advicenya. akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke hotel corus yang paling dekat sepertinya dengan twin tower. teman-teman dikantorku mau nitip barang-barang ikea. bisa kasih petunjuk cara menuju store ikea dari hotel corus dengan menggunakan bis atau kendaraan umum lainnya selain taksi. boleh jelaskan detail stasiun/terminalnya.

  10. etha

    @munif:bisa minta detailnya ga ya tgl brp, mau kmna aja, akomodasi apa aja??nanti coba saya arrange n cari2 info disini, barangkali bs lebih murah dari yg kamu dapet harganya.email ke metha_my@yahoo.com

  11. Munif

    Saya mau nanya barangkali ada yang bisa bantu? Bagaimana kalau membawa rombongan teman-teman sebanyak 30 orang ke KL apa bisa kita rental bus untuk keliling sekitar KL? Soalnya kalau ikut package tour biayanya mahal. Ke Genting aja satu orang dikenakan sekitar RM 125 hanya transport saja.

  12. Zul

    Irma,

    bak kata Etha, di sini ga ada terminal bus bandar yang khusus, cuman seperti halte atau di sini dipanggil hub.

    Di KL ada beberapa hub seperti Titiwangsa, Chow Kit, KLCC, Maluri, Bukit Bintang, Jalan Sultan Mohamad & Pasarama Kota (juga dipanggil Pasar Seni) dan yang paling gede, KL Sentral.

    Yang paling dekat sama Tune Hotel ialah Chow Kit. Paling penting ke mana tujuan kamu kerana setiap hub berbeda tujuan rutenya.Sila lihat map di situs di bawah

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_cityshuttle.htm

  13. etha

    @ erick: yg di bilang o/irma bener harus tambah charge lagi, sebenarnya aku sewa in kamar d condo utk turis indo, yah semacam homestay gtu deh n bisa d lihat room nya d: http://ethakl.multiply.com kamar di lengkapin juga dengan WIFI, Aircond, TV, harganya juga reasonable kok.lokasinya di pinggir jln ampang deket dengan KLCC Twin Tower (4KM, 15 mnt naik bus).enaknya sih di KLCC itu lumayan gampang untuk ke genting n sunway lagoon,china town, central market, bukit bintang,mid valley. disitu juga ada Hub bus jadi lumayan gampang untuk ke tempat yg aku sebutin.
    @irma: Disini gak ada terminal bus, yg ada cuma halte2 aja,klo centernya metrobus ada di kota raya,rapid KL ada di KL sentral mungkin dari depan tune hotel ada kali ya yg ke arah sana, aku kurang paham juga klo dari daerah situ,aku familiarnya sekitaran jalan ampang untuk menuju ke lokasi wisata KL.

  14. irma

    Zul nanya dong. Kalo dari tune hotel terminal bus rapid KL terdekat di sebelah mana ya? Yg saya tau hanya dekat statiun monorail chow kit. Ada yg lebih dekat lagi ga’?

  15. irma

    Erick : kl belum beli credit AC nya ga bisa di pake (locked), walopun di bawah 12 jam. Di dalam kamar ga’ ada TV & telfon, tp ada satu nakas buat naruh tas, meja gantung untuk laptop, and gantungan baju. That’s all. Cukup comfort lah apalagi kl nambah RM 13.49 untuk AC selama 12 jam, pemakaianna bisa displit,jd kalo ACnya dimatiin, remaining creditnya otomatis stop untuk sementara sampai AC dinyalain lagi. Ada wifi tapi harus bayar dulu, kl mau gratis disediain komputer PC di Groud Floor free of charge and free wifi. Tapi antri, kl lagi rame.

  16. Erick

    @etha
    Jadi maksudnya kalau saya pakai AC nya 12 jam/hari masih free of charge yah?? jadi sebetulnya lbh murah booking lewat air asia atau dari web nya langsung yah?? Oh iya, kalau naik monorail dari tune hotel ke bukiy bintang brp biayanya?? Thx yah

  17. etha

    @seminyak villas: aku ada offering buat kamu, kebetulan aku memang sering membantu org2 indo yg travel ke KL, kebetulan saya jg org jkt yg stay d KL. bisa email ke metha_my@yahoo.com untuk detail tanggalnya
    @Erick : Based on my experience stay @ tune hotel, utk Fasilitas ac max per hari 12 jam penggunaan nya kena , d dlm kamar ada fan nya trus gak ad wireless dalam kamar, handuk ga ada, jadi sebenarnya harga yg d tawarkan itu belum termasuk ac n handuk jadi klo mau request bisa n kena biaya tambahan per masing2 permintaan, untuk space kamar jujur sempit banget, kamar mandi juga kecil tpi sesuai lahh klo dapet harga yg murah, tempat tdrnya sih comfort kok, king koil gitu lohhh..hehehee sarana transportnya monorail 300 m dari tune hotel,klo mau ke bukit bintang 3 station aja yah .

  18. irma

    Zul : Makasih banyak infonya
    Erick : Tune hotel is budget hotel, so harganya untuk room only. Kalo mau pake AC, wifi, & handuk mesti nambah bayar lagi. Bedanya single room(bukan standard room)bednya untuk satu orang, double room bednya untuk dua orang. Untuk lebih jelasnya, coba aja buka websitenya http://www.tune hotels.com, disana informasinya lebih jelas. Btw, skr sy lg nginap di tune hotels. FYI, kamarnya bersih tapi minimalis bgt (agak sempit & plafonnya rendah). But, untuk ukuran budget hotel cukup lumayan. O,iya check in time di Tune Hotel jam 14.00 sharp, check out time 10.00 (kebalikan dr hotel yg lain). Kl mau dpt harga murah, booking nya jauh2 hari pas ada promo.

  19. Erick

    Teman-teman, mau tanya dunk, kalo booking Tune Hotel lewat airasia, apakah fasilitas seperti AC,wireless dan handuk sudah termasuk yah?? atau bayar lagi nantinya?? Terus bedanya standard room ama double room apa yah?? Maklum jarang bepergian neh=p hehe Terus dari DownTown KL itu jauuh ga yah kalo mau ke bukit bintang?? thx yah buat jawabannya..

  20. Zul

    septi,

    kalo di Nova dekat bangat sama Jalan Alor, daerah kulinari dan dekat Bukit Bintang, tempat belanja. Kalo di Concorde sedikit jauh tapi dekat dengan Menara Petronas. Kedua-duanya dekat dengan Monorel

    Seminyak Villas

    untuk budget minim tergantung penginapannya, kalo hostel yang bagus, bersih dan di daerah wisata, tempatnya di Bukit Bintang

    http://www.backpackingmalaysia.com/hostels/kuala-lumpur

    yang lagi bagus dan bisa dapat murah kalo booking awal ialah Hotel Tune, sedikit jauh dengan Bukit Bintang. Tapi bisa naik monorel yang berhampiran.

    http://www.tunehotels.com/

    Kalo ga belanja banyak,RM1000 udah cukup untuk berdua dua hari,tapi itu kan subyektif

  21. Seminyak Villas

    Salam…

    Saya ada rencana ke kualalumpur ama istri saya bulan juni tahun ini. Tp kami berangkat dengan budget minim. apakah disana saya bisa menemukan penginapan yang agak murah dan bagus? Dan wisata apa yang terkenal disana? Berapa kira-kira budget yang saya butuhkan untuk 2 hari dikualalumpur agar bisa menikmati perjalanan kami diluar biaya tiket pesawat?

    Terimakasih atas masukannya.

    (Adi)

  22. septi

    tanya dong enakan stay di hotel nova atau di concorde hotel ya ? karena pengennya stay di hotel yang bisa jalan kaki atau naik kendaraan yang murah

  23. Zul

    tiket bus+train udah stop kerna ga ada sambutan. Biasanya di sini tren itu LRT Rapid KL, KTM Komuter dan monorel juga beda pengusahanya

    Dari Tune Hotel juga ada LRT Aliran Ampang, sekitar 500 meter iaitu stasiun Sultan Ismail. Dari sini kamu bisa ke stasiun Masjid Jamek untuk pertukaran dengan Aliran Kelana Jaya atau belanja2 di sekitarnya; Masjid India, Chinatown dan lain2

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_ampline.htm

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_kljlrt.htm

    http://en.wikipedia.org/wiki/Public_transport_in_Kuala_Lumpur

  24. Zul

    Irma: Kalo mahu ke Mines, bisa naik bus Rapid KL nomor U41 tujuan Sg Long dari Pasar Seni. Nanya sama pengemudi bus jika ga tahu di mana turunnya. Sila simpan tiket yang berharga RM2 kerana ia bisa dipakai untuk satu hari di semua bas laluan UTAMA iaitu yang kode bermula dengan abjad U. Setiap kali naik bus sila tunjukin sama pengemudi tiketnya, ga perlu bayar lagi.

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_route_area4_cherascyberputrajysgbesi.htm

    RAPID KL ada tiga jenis servis utama iaitu UTAMA (U), BANDAR (B) dan Tempatan (T), dan juga Ekspres (E).

    Ya, kamu bisa keliling KL dengan cuma RM2 dengan bas yang mulai kode abjad B. Bus nomor B101 dan B111 lewat Tune Hotel.

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_cityshuttle.htm

  25. Zul

    Irma: Kalo mahu ke Mines, bisa naik bus Rapid KL nomor U41 tujuan Sg Long dari Pasar Seni. Nanya sama pengemudi bus jika ga tahu di mana turunnya. Sila simpan tiket yang berharga RM2 kerana ia bisa dipakai untuk satu hari di semua bas laluan UTAMA iaitu yang kode bermula dengan abjad U. Setiap kali naik bus sila tunjukin sama pengemudi tiketnya, ga perlu bayar lagi.

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_route_area4_cherascyberputrajysgbesi.htm

    RAPID KL ada tiga jenis servis utama iaitu UTAMA (U), BANDAR (B) dan Tempatan (T), dan juga Ekspres (E).

    Ya, kamu bisa keliling KL dengan cuma RM2 dengan bas yang mulai kode abjad B. Bus nomor B101 dan B111 lewat Tune Hotel.

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_cityshuttle.htm

    tiket bus+train udah stop kerna ga ada sambutan. Biasanya di sini tren itu LRT Rapid KL, KTM Komuter dan monorel juga beda pengusahanya

    Dari Tune Hotel juga ada LRT Aliran Ampang, sekitar 500 meter iaitu stasiun Sultan Ismail. Dari sini kamu bisa ke stasiun Masjid Jamek untuk pertukaran dengan Aliran Kelana Jaya atau belanja2 di sekitarnya; Masjid India, Chinatown dan lain2

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_ampline.htm

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_kljlrt.htm

    http://en.wikipedia.org/wiki/Public_transport_in_Kuala_Lumpur

  26. Zul

    Irma: kalo mahu ke Mines, bisa naik bus Rapid KL nomor U41 dari Pasar Seni tujuan Sg Long, nanya sama pengendali bus di mana harus turun. Harus diingat, tiket bus yang dibeli dengan biaya RM2 itu sah untuk perjalanan satu hari, jadi harus disimpan dan ditunjukin sama pengendali setiap kali naik bas. Untuk perjalanan ke Mines, nanti di tiket tertera perkataan UTAMA yang bisa dipakai untuk semua bus yang bermula dengan abjad U.

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_route_area4_cherascyberputrajysgbesi.htm

    Ya bisa keliling KL dengan cuma RM2, syaratnya sama juga, iaitu harus disimpan tiketnya. Cuma hanya bas yang bermula dengan abjad B. Bus nomor B111 dan B101 lewat hotel Tune

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_cityshuttle.htm

    tiket bus+train udah dihentikan kerna nggak ada sambutan, yang dimasksud ama tren itu ialah LRT. Komuter dan monorel juga itu beda perusahaan

    selain monore, LRT Rute Ampang juga sangat hampir dengan Tune Hotel, 500 meter sahaja, nama stasiun ialah Sultan Ismail. Dari sini bisa ke Masjid Jamek dan tukar ke LRT Rute Kelana Jaya, bisa ke Masjid India, Jalan TAR, Pudu, Petaling Street dan macam2. Bisa turun di stasiun Bandaraya jika mahu belanja di Sogo

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_ampline.htm

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_kljlrt.htm

    http://en.wikipedia.org/wiki/Public_transport_in_Kuala_Lumpur

  27. irma

    Thanks banget infonya teman-teman, boleh nanya lagi ga’? Kalo dari KL sentral ke mines wonderland naik apa ya? Sy jg dpt info kl keliling KL bisa naik bus rapid KL all day ticket seharga RM 2, trus ada jg bus+train seharga RM 7. Yg dimaksud dengan train itu LRT putra ato KTM komuter, ato dua-duanya ya? Trus bus + train yg dimaksud lewat semua rute tempat wisata ya? Lewat tune hotel juga kah? Sori nanya kebanyakan. Thanks again

  28. Zul

    Irma: Dari Tune Hotel, kalo mahu ke KLCC, naik monorel dari stasiun Medan Tuanku (500 meter jaraknya) ke Bukit Nanas, satu stasiun sahaja, kemudian jalan kaki sekitar kira2 800 meter. Naik taksi juga bisa, minta dari pelayanan hotel

    http://en.wikipedia.org/wiki/KL_Monorail

    Kalo ke Putrajaya, naik monorel di Medan Tuanku smpi KL Sentral, kemudian naik KLIA Transit ke Putrajaya

    http://www.kliaekspres.com/index3_klia_transit.html

    Ke Sunway Lagoon naik bas di Pasar Seni, bas Rapid KL nomor U67 dan turun di Sunway Pyramid Mall. Untuk ke Pasar Seni, ambil monorel tujuan Bukit Nanas dan tukar ke LRT Kelana Jaya line tujuan ke Pasar Seni, stasiun bas ke Sunway Lagoon di sebelah aja. Di sini juga kamu bisa ambil bas Rapid KL ke Putrajaya nomor E1

    http://www.rapidkl.com.my/rapidbus_kljlrt.htm

    http://www.rapidkl.com.my/images/therm/area%204/express/E1.gif

    Dari Putrajaya ke LCCT, kamu ambil KLIA Transit ke KLIA dan kemudian ambil bas ke LCCT

    http://www.klia.com.my/index.php?ch=77&pg=215

    Harap info di atas bisa membantu, bisa e-mel zulhabri@gmail.com jika masih gak jelas

  29. etha

    mas Rommya aku bantu share info nya,
    @irma : klo dari tune hotel sarana transport nya monorail nama stationnya medan tuanku, jadi dari stationnya keluatan kok tune hotel warna merah putih, dari LCCT naik skybus airasia sampe KL sentral dari situ jalan kira2 200m ke station monorail.buat jalan ke putrajaya harus sewa kendaraan soalnya susahh bangett transport umumnya klo mau ke sunway lagoon kmu naik monorail ke dangwangi dari dangwangi kmu ke LRT Putra jalan kaki ada directionnya kok trus beli tiket ke Kelana jaya, dari situ kmu naik taksi aja or naik bus juga bisa no T623 turunnya persis d depan mall itu, nanti pas balik naiknya juga dari tempat yg sama kamu turun bus and gak usah bayar lagi cukup tunjukin tiketnya aja per org 1rm.
    @adi: kayanya disini gak ada deh pemeriksaan software laptop,jadi gak perlu khawatir buat carry laptop. klo di imigrasi singapore kayanya pemeriksaan barang juga ga segitu detailnya.

  30. irma

    Eh, sori mo nanya satu lagi. Kl dari putrajaya mau langsung ke LCCT naik apa ya? Thanks b4 atas infonya.

  31. adi

    Mas Rommya, aku mau ke KL minggu depan, bawa notebook tapi isinya Windows non original alias nginstall sendiri. Kira-kira di LCCT aman ga’ ya? Soal razia, maksudnya. Trus kalo di imigrasi perbatasan singapore gimana? Kan biasanya singapore aturannya lebih ketat. Mohon sarannya. Thanks

  32. irma

    Halo, salam kenal. Mo nanya, kalo dari tune hotel ada MRT, LRT atau bus yg langsung ke KLCC, putrajaya, & sunway lagoon di subang ga’? Kl ga’ ada yg bisa suggest rute sekalian biaya nya, please. Soalnya new comer nih

  33. Zul

    wah bagus sekali situs pak romm ni, saya juga pernah berencana membuat situs seperti ini khusus untuk wisata yang pengen jalan2 di malaysia dan asia tenggara lainnya dengan belanja yang hemat, tapi masih ga ada komitmen.

    Ok, namaku Zul dari Petaling Jaya Malaysia. Gue sering ke Jakarta dan Bandung atas pelbagai urusan, suka bangat aku sama Indonesia.

    Kalo mau info2 tentang KL dan Malaysia yang mungkin pak romm ga tahu, sila e-mel aku, aku akan cuba membantu sebisa yang mungkin.

  34. rommya Post author

    @Tropodod: wah tibanya tengah malam ya? Mungkin ada baiknya naik taxi saja
    @Rizal: dari KL Sentral ada bis yang langsung ke Genting, cari di lt.2 ada counter khusus ke Genting, harga tiket untuk bus + cable car. Dari KL Sentral naik bus lalu nanti turunnya di terminal, kemudian Anda harus naik cable car, lalu naik shuttle bus (gratis) atau dapat juga kalau mau jalan kaki untuk menuju First World hotel. Kalau bawa barang sebaiknya tunggu shuttle bus saja, karena jaraknya cukup jauh.

  35. Rizal

    Mo nanya nih pak Romm…..

    Kalo dari KL sentral mau ke first world hotel sebaiknya naik apa. Rencananya saya akan berangkat bersama istri dan anak 6 tahun. Turunnya langsung di First world atau di terminal? Kalo turun di terminal berapa jauh jaraknya ke first world? Terima kasih atas infonya

  36. Tropodod

    Pak Rommya, sangat membantu catatan perjalanannya

    Flight dengan AirAsia dari Makassar, tiba di KL (LCCT) sekitar jam 23.10. Wah tengah malam nih…, saya lihat schedul skybus di http://www.skybus.com.my sampai sore dan http://www.starwira.com hanya sampai jam 2 malah, ada suggestion naik apa ke City (TAR), atau KL Central.
    Aman nggak tengah malam begini dengan public transport (bus, KRT)
    (Bisa estimate farenya kira2)

    Ada email Pak, jadi saya bisa PM, hehehe

    Terima kasih infonya..

  37. rommya Post author

    @anton : untuk city tour saya blm pernah mencoba, jadi blm dapat memberikan rekomendasi. Tapi mungkin saat tiba di bandara, bisa cari brosur2 yang menawarkan tour2 tsb, tinggal dibandingkan paket & harganya. Untuk jml banyak bisa di nego lagi harganya.
    @Jeanny : mba Titin bisa bantu dijawab ? Kalau menurut saya sih seharusnya bisa ya, atau kalau sampai tidak bisa, berarti Anda harus ke Puduraya dahulu atau ke KL Sentral.

  38. Jeanny

    Pak Rom,
    mo nanya nih..
    saya berencana dr KL ke Spore, selama di KL saya menginap di apt. KL plaza bukit bintang.. Sebaiknya naek apa ya kl dr apt. itu saya mau ke LCCT?
    menurut posting dr titin, kl dr LCCT bisa naek star shuttle turun dekat KL plaza situ… nah apakah star shuttle ini bisa dr KL plaza ke LCCT?
    Thx b4 untuk infonya ya….

  39. anton

    saya sudah booking hostel pada 5,6,7 jan 09 di KL sekitar bukit bintang. namun saya belum tahu lokasi untuk city tour dan ke genting. boleh ada saran atau info ? saya berangkat rombongan dengan keluarga besar sebanyak 13 orang termasuk 3 anak-anak.

  40. farrah

    haiii smua… kepada sesiapa yang merancang untuk melawati malaysia saya mengalu-alukan kedatangan anda pada musim cuti sekolah ini kerana di sini sedang hangat dengan JUALAN JIMAT MALAYSIA bermula pada 29/11/2008 – 4/01/2008. Smua shopping complexs sedang menawarkan barangan dengan harga termurah. JUALAN JIMAT MALAYSIA sentiasa diadakan pada setiap hujung tahun.di sini (saya bg informasi) tempat yg paling seronok untuk shopping adalah di pasaraya SOGO kerana terdapat brg2 yg paling latest dipasaran dan boleh dibeli dgn harga murah, tawaran diskaun sehingga 80%. berdekatan dengan sogo terdapat tempat membeli belah yang famous di panggil JALAN TAR (Tengku Abdul Rahman).so pada sesiapa yg tidak berkesempatan ke malaysia tahun ini bolehlah melawati pada tahun depan.SELAMAT BERCUTI SMUAAAA….

  41. etha

    hai rizal, yang jelas semua hotel yg ada dalam list kamu jauh dari petronas tower ya, semua hotel yg kmu sebutin itu lokasinya di bukit bintang n di jalan imbi. jadi klo mau ke KLCC kudu naik monorail ke bukit nanas trus naik kelana jaya line dari dangwangi ke KLCC, ada juga sih Bus dari bukit bintang ke KLCC cuma ya itu gak jelas datengnya kadang ya lama nunggu nya, klo mau yg jalan kaki aja ke KLCC hotel trader or mandarin oriental,ato mau yg lebih murah lagi ratenya Hotel Chorus, ya jalan kaki paling 3 mnt deh..

  42. rizal

    Tanya: saya rencana mau ke KL, menginap 1 malam. Mana yang lebih baik (yg lebih dekat ke Petronas) apakah Hotel Melia atau Royal Bintang atau Federal?
    Trims

  43. rommya Post author

    @daniel: utk di KL mungkin bisa mencoba tune hotel (milik AirAsia), dulu saya coba booking tp penuh saat tgl kepergian saya. Bisa cek di http://www.tunehotels.com/
    @harisxyz: Kalau dari Spore (Kranji MRT) ke City Lounge dgn menggunakan Causeway link CW1 ada dari 6.30 – 23.00 dgn interval tiap 15 menit. Sedangkan dari City Lounge ke Senai Airport dari 5.40 – 22.00 dgn interval tiap 20 menit. Perkiraan perjalanan dari city lounge ke airport sekitar 45 menit jika lancar. Mungkin sebaiknya naik taxi saja Pak, sehingga bisa berangkat lebih pagi lagi, karena masih harus melewati 2 imigrasi Pak.
    Semoga membantu…

  44. harisxyz

    numpang tanya boleh kan?

    dr singapore ke johor, naik bus causeway link, itu jadwalnya dari jam berapa sampai jam berapa ya Pak.

    saya ada flight jam 07.40 dr johor ke SBY, padahal malamnya masih di singapore, ada saran kah Pak?

    trimssss banyakkkk

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.