Jalan Jajan Hemat

Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

Menjelang liburan sekolah ini saya ingin membagikan pengalaman jalan hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia. Banyak agen perjalanan yg menawarkan paket2 wisata ke Malaysia dengan harga murah. Namun sampai saat ini yang termurah yang saya temukan adalah AirAsia. Sering-seringlah mengunjungi website www.airasia.com untuk melihat penawaran mereka, tapi biasanya harus dari jauh-jauh hari sebelumnya, dan pemesanan harus dilakukan secara online. Jangan khawatir, saya sudah beberapa kali menggunakan airline ini dan belum pernah mengalami masalah baik untuk tiket maupun billing kartu kreditnya. Untuk fiskal sampai saat ini masih berlaku (kapan yah fiskal dihapus), sebesar Rp 1.000.000 /orang, Anda dapat menggunakan fasilitas kartu kredit untuk membayar fiskal, yang saya ingat ada Bank BCA dan Mandiri, mungkin bank lain juga ada. Jadi jika Anda memiliki kartu kredit BCA, silahkan datang ke loket fiskal BCA, letaknya di paling kiri, dekat pengurusan bebas fiskal. Untuk anak – anak di bawah 12 tahun bebas fiskal, Anda perlu mengisi form keterangan dan diproses di loket bebas fiskal. Petugas cukup ramah dan tidak mempersulit sama sekali, dan tanpa biaya apapun.

Sebenarnya Anda bisa juga lewat Batam untuk menghemat fiskal sebesar Rp 500.000 per orang, tapi kalau dihitung-hitung tiket pesawatnya jadi lebih mahal, dan lebih repot jika membawa anak, toh anak-anak bebas fiskal. Namun jika Anda pergi dengan jumlah orang dewasa yang banyak maka perjalanan lewat Batam dapat dipertimbangkan.


Air AsiaMaskapai AirAsia tidak memberikan makanan/minuman dalam perjalanan, bahkan melarang membawa makanan/minuman ke kabin. Hal ini disebabkan memang adanya peraturan penerbangan yang membatasi jumlah cairan yang diperbolehkan dibawa, namun selain itu karena AirAsia juga menjual makanan/minuman di pesawat. Sehingga penumpang yang sudah menunggu di airport umumnya akan merasa lapar & haus, dan akhirnya membeli di pesawat. Harga makanan & minuman di pesawat masih terjangkau, walau agak mahal, misalnya nasi lemak(nasi dengan daging rendang, ikan teri, kacang) RM 7, sandwich RM 6, mie instan RM 6, Orange juice kotak RM 4. Namun pastikan Anda memiliki mata uang ringgit Malaysia, karena perhitungan kurs AirAsia sangat mahal (saat itu 1RM dihitung Rp 3.000, padahal di pedagang valas hanya Rp 2.600).

SkyBusSemua penerbangan AirAsia ke Kuala Lumpur akan mendarat di LCCT (Low Cost Carrier Terminal). Jangan membayangkan semewah bandara Changi di Singapura atau bahkan KLIA, tapi yang pasti toiletnya masih lebih bersih dibanding Soekarno Hatta dan memiliki fasilitas internet hotspot gratis 🙂 Nah dari LCCT Anda dapat melanjutkan menuju hotel Anda. Namun jika Anda bermaksud menuju ke arah KL Central, Anda dapat menggunakan sky bus, yaitu bus yang memiliki kerjasama dengan AirAsia (atau bahkan satu group?). Anda dapat membeli tiket bus ini sejak di dalam pesawat, harganya RM 9. Jika anak Anda sharing tempat duduk, maka tidak perlu membayar. Bus ini cukup bersih dan berpendingin udara (full AC). Ada beberapa operator bus yang menawarkan harga lebih murah, sekitar RM 8, tapi saya lebih memilih sky bus ini karena lebih meyakinkan.

KL centralNah dari KL Central, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah manapun, karena ini adalah pusat dari transportasi di KL. Dapat menggunakan bus, LRT, KTM , dan sebagainya. Nah di KL Anda juga dapat membeli tiket terusan untuk bus Rapid KL sebesar RM 2 untuk full 1 hari, jadi selama Anda naik bus Rapid KL, Anda tidak perlu membeli tiket lagi. Bahkan juga ada tiket terusan untuk LRT, dan juga untuk jalur yang berbeda warna, disana RapidKL dibagi menjadi red line dan blue line. Bus ini mirip dengan bus Transjakarta (busway), busnya baru, bersih dan ber AC.

Tarif taxi juga tidak terlalu mahal, terutama jika Anda pergi beramai-ramai. Kuncinya adalah setelah Anda duduk, perhatikan apakah sopir taxi nya menyetel argo (istilah disana adalah meter). Jika mereka tidak menggunakan argo, Anda berhak complaint, bahkan turun dari taxi, karena tanpa argo seringkali sopir meminta harga yang sangat tinggi, terutama kalau tahu Anda seorang turis. Kebanyakan sopir taxi disana adalah orang India atau Melayu. Gunakan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi, mereka lebih menghargai bahasa Indonesia ketimbang bahasa Inggris, karena akan menganggap kita serumpun.

LRTLRT di KL agak kurang bagus dibandingkan MRT di Singapura, bahkan beberapa pintu tiket sudah banyak yang rusak. Tiket LRT dapat dibeli di vending machine di tiap stasiun. Persis seperti di Singapura. Keuntungan LRT adalah tidak pernah macet, KL sama seperti di Jakarta, menjelang jam masuk dan pulang kerja akan terjadi kemacetan dimana-mana. Hindari naik taxi saat jam sibuk.

Demikian sekilas mengenai transportasi hemat di KL, akan saya sambung dengan penjelasan cara hemat ke Singapura via KL, dan tempat-tempat wisata di KL.

Salam jalan jajan hemat.

208 thoughts on “Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

  1. annisa

    rencana saya mau libur kuala lumpur bulan juni 2011 mau nanya kalo dari KL Ke Penang naik kereta api dari station mana ya dan kira-kira berapa harga tiket kereta api nya dan jam berapa berangkatnya dari KL satu lagi, hotel termurah si kuala lumpur dan penang dmn 🙂

  2. nelson

    Sya rencana mau ke KL bulan Oktober 2011 dan ini perjalan saya pertama ke KL dan sy beserta keluarga dengan 2 anak saya mau tanya sbb:
    – Bagaimana caranya untk city tour dan berapa harga dan bagaimana harganya bila dibandingkan dengan takxi
    – Saya mau terus ke Malaka dan naik apa dengan harga murah.
    – Setelah dari malaka saya mau terus ke Johor untuk sewlanjutnya mau melancong sehari ke SIngapore dengan balik hari dari Johor

    Mohon infop dan masukan dari teman2 yang telah pernah pergi

  3. lianty

    tlg bantu, ad yg tahu transportasi dari LCCT ke satellite?
    krn flight pertama saya tiba di LCCT, 4 jam kemudian flight kedua dari satellite.
    terimakasih.

  4. Darwan Edison

    Pak Rommy, nginap di hotel genting highland 2 malam, berapa untuk check in tgl 11 Februari malam pukul 21, sekalian aku booking ya, tq

  5. dadang

    saya ada rencana tgl 3 february 2011 ke KL, naik air asia, saya lupa beli ticket Sky Bus Air Asia apakah di pesawat nanti dijual ? trus saya menginap di Sungei Wang Hotel di daerah bukit bintang kalo dari KL Sentra saya mau naik LRT namanya apa yach lalu turunyya di stasiun mana?TKS

  6. Lydia

    Dear Mas,
    Saya tgl 26 – 29 Maret 2011 berencana jalan2 ke KL,7 Dewasa (1org tua 79th)dan 1 infant)
    Saya ingin tour keliling malaysia, menginap 1 mlm di Genting.
    Mungkin acaranya jangan sampai malam, cukup sampai jam 5 sore saja, karena ada bayi dan org tua.
    Fyi pesawat saya airasia jam 14.00 tiba pukul 17.00, pulang tgl 29 jam 14.45, terima kasih, saya tunggu jawabannya ASAP.

  7. Mustika

    Utk rkn2 tip keKL via BTM nyebrang(40mnt) msk s’pore gratis mdl paspor sm Npwp,naik bus ke KL (5jam) utk penginapan diBB banyak htl/hostl mrh berjejer tinggal pilih dari Rm40-150 mdh kok. China town2 Rm 111,tang Rm150. Mrhnya naik Lrt/bus Rm 1 ke petro atau bl yg terusan lbh mrh, makan jg mrh diKL Rm 5-7 sdh lkp.klw romb bth kendaraan Rm50/jam muat 7-10 (RM5/org) hemat bs kll KL klw kesulitan utk mendapatkan hrg Rm50 hub tel 085266072733 saya akan bantu krn saya br dari KL 25 des 2010 romb 10org(7hr pp) star di jambi dg biaya Rp 4.5jt utk transportasi dan penginapan. Rute, jbi-btm(1hr)-s’pore(2hr)rafles,marlion,bugis,litle india,mustafa,orchad,vivo,sentosa-KL(3hr)petronas,kllg tpt wisata KL,Bt kave,genting,malaka,johor br,sanway.

  8. thomas

    Salam….
    mau tanya…
    saya ada rencana penerbangan air asia dari phuket-KL-surabaya
    masalahnya untuk KL-surabaya saya dan keluarga harus menunggu kurang lebih 6 jam di LCCT untuk penerbangan ke surabaya…
    yang mau saya tanyankan.. ada saran saya harus ngapain disana selama 6 jam itu 🙁
    terima kasih sebelumnya…

  9. Kay

    Mau Tanya,

    saya ada rencana ke KL berdua teman saya tgl 17 – 19 (hari) Nopember 2010,dan ini pertama kalinya saya ke KL, saya akan stay di daerah Bukit bintang,saya ingin keliling KL tgl 18-nya, apakah saya sempat tidak untk ke genting misalnya tgl 18 malam, dan akan menginap di genting, kemudian saya balik ke Jakarta last flight jam 22, apakah cukup waktunya, berapa lama perjalanan dari KL ke genting dan dari Genting ke Airport, mengingat saya sdh harus tiba di LCC jam 5 atau jam 6 sore, karena harus check In 2 jam sebelumnya.
    terima kasih Infonya Pak

  10. Patris

    Saya juga mau tanya, kira2 hotel apa yang murah dan nyaman di Kuala Lumpur? Saya rencana akan singgah ke sana tanggal 9-10 Juli 2010.

    Terima kasih banyak

    Salam,
    patris

  11. sonny

    mau tanya ya,rencananya kami mau liburan ke malaysia sekeluarga,kami berempat suami istri dan anak 2,ada paket tournya gak ya,rencananya 3hari di malysia laludi lanjut ke sin 3hari.apa ada ya?trims

  12. yayah

    Tanya ya…kami akan ke KL selama 2 hari dr tanggal 10-12 juli. Kami membawa 2 anak (umur 8th dan 10th). Sebelumnya kami ke singapore dulu selama 4hr.

    Kami ingin mengunjungi Genting dan berkeliling KL juga… Tiba di KL 10 juli jam 21.50 dengan Air Asia dan kembali ke jkt 12 juli 17.55 dengan MAS. Mana yg lebih efisien (buat anak2 dan mengingat bawaan kami), menginap 2 hr di KL (di Genting tdk menginap), atau 1 hr di Genting dan 1 hr di KL?

    Pilihan menginap kami di Equatorial atau Best Western Premier..mana yg lebih mudah untuk mengakses transportasi umum selain taxi?

    Trima kasih ya…

  13. upit

    Mau tanya pak, utk bis dr KL ke singapore paling pagi jam berapa ya ? And utk booking ticket kereta senandung malam 1 hari sebelumnya langsung di KL sentral bisa gak ? Bingung nich pak mo booking tiket keretanya….tks pak

  14. ika

    Pak, aku mau ke KL tgl 27-29 April 2010
    Bantu aku dong pak, kalau dari bukit bintang mau ke Menara Petronas, tapi naik MRT / LRT, bagaimana?
    Lalu kalau dari KL Tower mau ke Stasiun Bus Pudu Raya, tapi naik kereta
    juga bagaimana?
    Makasih ya pak…

  15. miss

    bantuannya ya pak..soalnya dl dr LCCT ke sunway naik taksi klo dihitung2 habis banyak juga,jadi pengen tau mungkin ada alternatif lain yang lebih murah dan aman…2 mgu lagi nih brgktnya.makasi

  16. miss

    pak Rommy..mau nanya nih,kalo tiba di LCCT jam 12 malam gitu kan skybusuda gak beroperasi,ada saran gak dari LCCT ke sunway sebaiknya naik kendaraan apa ya? yang low cost deh klo bisa,thank you

  17. s4nti

    Pak , boleh numpang tanya ke Santy ya (postingan 24 February 2010), saya rencana mau sewa di apartemen riyani juga, kami ber5, tempatnya itu ok ya ? dekat dengan stasiun monorail Bukit Bintang ? sama KL Plazanya satu gedung ? satu lagi, untuk hotel themepark, ratenya lebih tinggi dari First world ? saya rencana mau ke genting juga dan bingung mau ke hotel mana, karena sepertinya lebih banyak info perhal asiknya menginap di first world.., please dibantu ya infonya,,,

    Pak Rommya,
    Kalau bis dari KL ke Singapura paling lamalm jam berapa ya ? saya bingung, kalau perjalanan 5 jam, pastinay subuh sudah tiba di Singapura dan kalau check in penginapan sudah dihitung 1 hari, maklum travelling dengan anak2, say rencana mau naik kereta api senandung malam dari KL, saya pernah naik kereta itu sudah 15 tahun yang lalu waktu kuliah dulu, sekarang masih recomended gak ya ?.. anak2 yang saya bawa umur 12-9-6 th.
    Jadi tiba di Singapura tentunya sudah terang, .. lebih nyaman naik bis atau kereta ya ?..

    terim kasih Pak…

  18. shima

    Numpang tanya nih pak…
    saya agak bingung, kalo dari changi mo ke johor by bus, lebih enak lewat terminal queen street ato kranji ya?
    hasil searching di google, bus CW2 (ongkos SG$ 3) itu hanya ada di queen street ajah, ga lewat kranji…
    perkiraan waktu lebih cepat mana antara changi-kranji-johor dengan changi-queen street-johor…
    mohon pencerahan… 🙂
    terima kasih sebelumnya…

    salam,
    -shima-

  19. Santy

    Hi salam kenal pak..

    Sy mau ty ya.. ada rncn mo ke bangkok (3 dws + 1 anak)..lewat KL.. karna dpt tiket yg murah sampai KL malam hari.. jadi mo nginep 1 hari di Tune Hotel LCCT. biar besok paginya bisa lanjut ke BKK. Mohon sharingnya ya pak.. gimana penginapan di Tune Hotel itu.. harga dan akomodasinya bgmn ?

    Sy mau sharing jg nih.. wkt sept kemarin ke KL-Spore. untuk transportasi lebih baik pilih KL-Spore drpd Spore-KL karena biayanya sama.. tapi currency yg digunakan beda.. mis.nya KL-Spore RM 88 tapi Spore-KL jd SGD 88 😀 lumayan loh.. kalo di kurs-kan.

    Utk di KL sy jg nginep di Apart Riyani Wong.. not bad lah… nginep jg di Chinatown inn..(not really recommended karna kamarnya kecil). di Genting nginep di Theme park (really recommended, kamar bersih dan besarrrr) kalau First world byk yg bilg skrg agak kotor, tapi sy pribadi blum prnh coba sih, di Spore aku dpt rate murah di hotel Ibis.. +/- Rp 700 rban ..mayan loh.. boleh kdg2 cek rate di sana jg.

    Utk di Genting, sy prefer pakai taxi..(RM 60) karena berangkat pagi2, sedangkan dng bus (dr terminal pudu raya) berangkat jam 2 siang.

    Kalau ada sharing dr teman2 utk wisata hemat di Bangkok.. mohon infonya juga ya.. tx all

  20. Andy

    Mohon Bantuan ASAP………
    Kami berenam + 1 bayi (1,5 thn) berencana ke KL pada tanggal 20 Feb 2010 di LCCT dan kembali tgl 23 feb 2010. mohon bantuannya utk penjemputan dan city tour selama disana. mengenai penginapan kami sudah booking di Radius Int’l Hotel tp ada sdkt ragu utk menggunakan hotel tsb. mohon daftar harga, konfirmasi dan selanjutnya bisa hub via email

  21. laniwati

    pak roomya……sy berencana ke KL tgl 13-17 mei 2010.3 dewasa, 1 anak.tgl 13 nya lgs mau ke genting nginep 2 malam,bgmn cara booking hotel di first world hotelnya? tgl 17 mei flight schedule airasia LCCT-solo jam 06.55 am.saran pak roomya dari KL-LCCT naek apa dini hari sekitar jam 04.00am? apa ada kendaraan umum yg bisa menuju LCCT?thx.mohon diemail ke laniwati_h@yahoo,co.id

  22. Lola

    saya boleh bantu jawab ya.

    to Lily, sy kurang taw hotel Agora, tp kalo Imperial dan Replica Inn ada sedikit info. 2 hotel itu letaknya berdekatan dalam satu wilayah di daerah bukit bintang. 10 menit jalan kaki dari bukit bintang monorail jadi kalo untuk akses transport luamayan gampang.
    untuk makan juga sangat mudah krna berdekatan dengan jl.alor(pusat makanan) tingal jalan kaki kurleb 5 menit.
    kebetulan saya belum pernah masuk ke dalam hotel, tapi kalo diliat penampakan dari luar, saya lebih prefer imperial drpd replica inn. imperial terlihat lebih berbobot, lebih bersih, lebih besar..

    to pani, sy baru dr genting mingu lalu. saya juga lgsg dr genting ke bandara LCCT (airasia). berangkat dr genting pk.11.00 sampai bandara pk15.00 kamu di bandara yg mana? KLIA atw LCCT? kalau KLIA mungkin bisa lebih cepat lagi. transport yg digunakan juga pengaruh dengan kecepatan waktu. taxi or bus?

  23. pani

    saya mau tanya, kalau saya harus balik dari Malaysia ke Indonesia dengan pesawat pukul 13.40 dan dihari terakhir saya menginap di genting, apakah sempat waktunya?dan saya harus berangkat jam berapa dari genting agar tidak ketinggalan pesawat pukul 13.40?thanks

  24. nuki

    malam mas.rommy….

    Pada tanggl 5 – 7 januari 2010, saya & mama berencana ke KL dengan airasia. Ini pertama kalinya saya ke KL. saya sudah booking tiket & hotel. untuk hotel kami akan menginap di Tune Hotel. Tapi sampai saat ini saya belum booking untuk city tour selama di KL.yang ingin saya tanyakan :
    1. bagaimana caranya dari airport ke hotel saya itu? Transportasi apa yang dapat saya gunakan dengan mudah ?
    2. mungkin mas.rommy ada referensi untuk city tour disana? city tour yg kami tuju yaitu ikon2 yang ada di KL, dan juga tdk lupa kami ingin ke batu caves.
    saya mohon bantuannya. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

  25. Lily

    Dear Pak Rommy atau siapa aja dech yang bisa kasih masukan…..mana yang lebih recommended untuk stay di hotel area Bukit Bintang, antara Hotel Agora, Imperial dan Replica Inn ? Kami keluarga dengan anak balita 5 tahun jadi prefer hotel yang bersih dan nyaman dengan akses yang mudah untuk makanan dan sarana transportasi. Thanks b4 atas infonya yaaa….

  26. Sinaga

    dh mas rommya,

    weekend ini kami berencana ke KL dngn airasia. penginapan sdh booking di renaissance hotel. dari airport ke hotel yg ekonomis bisa naik apa ya ? tempat menarik yg dekat2 hotel tsb apa saja ? terimakasih.

  27. rommya Post author

    @Christine : Saya sendiri sih blm pernah tidur di LCCT ya, tapi saya banyak mendengar org2 menginap disana boleh2 saja koq.
    Utk teman2 yg lain, mohon maaf karena kesibukan, saya blm sempat satu persatu membalas pertanyaan teman2. Mohon maklum ya… Terima kasih .. Salam Jalan Jajan Hemat

  28. Christine

    Dear Mas Rommya,

    Numpang tanya.. Saya tiba di LCCT tengah malam, apakah di LCCT itu saya bisa bermalam sampai pagi tiba? karena kalau saya book hotel, saya rugi waktu dan uang.. hiihihi.. karna saya dan teman2 rencana travel ala backpack..
    Mohon dibantu infonya..
    Terima kasih

  29. Meryad

    Dear Mas Rommya,etha
    saya berencana berangkat ke Genting Kamis ini (19nov09 – 22 Nov 09) naik air esia, sampai sore di LCCT lgs ke genting, Jumatnya dari genting ke KL,saya menginap di the Zon, mohon info :
    1. bagaimana transportasi dr genting ke The Zon?
    2. saya bertiga (2 dewasa dan 1 anak) berencana tour KL untuk berjalan2 di hari Sabtu dan Minggunya (minggu sore sdh kembali ke JKT) apakah lbh seru dng sewa mobil dan tour guide atau sendiri naik angkutan umum?kl ada info sewa mobil berikut pemandu mohon info ya…serta mohon info perbandingan biayanya ya…
    3.Saya belum menyusun itenerari keberangkatan sampai saat ini,mohon bantuan kira2 recomended mengunjungi daerah mana saja selama di KL (Sabtu sampai Minggu),kami ingin berwisata selain mall.

    Terimaksih atas bantuannya…

  30. Lala

    Hai mas rommy salam jumpa dan salam kenal

    Mas rommy rencananya di awal th dpn sy dan adik mau liburan ke singapore & malaysia,yang mau saya tanyakan

    1. Adakah kreta api tujuan singapore – malaysia ( kira2 berapa ongkosnya dan brapa jam antara sin-maly)( malaysia sebelah mana ya mas)???
    2. Adakah tempat menginap murah untuk 1 malam
    3. Bisakah sin- maly PP ( mengunakan kreta)

    Mohon petunjuknya dan refrensi hotel dan tempat wisata yang patut di kunjungi.

    Thx

    Lala G

  31. ignasia

    Mas Rom, saya berencana ke KL bulan september ini.saya naik air asia kebetulan pesawat jam 23.30 sampe KL & saya nginap di hotel sungai wang..Yang sama tanya apa masih ada bus jam segitu bt ke sungai wang bukit bintang??kira2 cost nya berapa ya ???Thanks

  32. firdi

    Mas rom, saya berencana ke KL bulan Sept ini, kebetulan naik air asia tiba di LCCT.. kalo mau ke hotel Hilton petaling jaya .. baiknya naik apa? dari hotel ke KL central harus naik apa? hotel- genting highland naik apa? hotel-bukit bintang naik apa? kalo bisa costnya disebutkan ya mas, thank u

  33. Lidya

    Mas Rom, saya+fam (10org+2anak2) berencana berlibur ke KL-Genting-Sun Way-Sin pd Juni 2010. Boleh tolong dibuatkan rute+akomodasi+transportnya ? tq b4

  34. rosi

    Mas Rom, saya mau nanya nih. saya rencana mau ke kl dgn air asia. dari lcct ke bukit bintang enaknya naik bis apa taxi ya? apa biaya jauh lebih mahal taxi? saya berangkat seorang diri. thanks a lot.

  35. Ria

    Mas Rom,

    Mau tanya kalau dari Penang Ke Genting ada kendaraan langsung tidak ya ?

    Dan kalau dari Genting ke Airport KL apa ada kereta atau bus yg langsung ? berapa lama waktunya atau saya harus kembali ke KL dulu baru naik kendaraan ke airport ?.
    Kalau jam 11 harus tiba di airport KL jam berapa harus berangkat dr Genting?.

    Kalau mau transportation yg mudah dan cepat dari Genting ke Air port sebaiknya saya bermalam di daerah mana di Genting?

    Thanks ya?

  36. Ria

    Mas Romya, saya membaca comment di sini dari teman-teman panduan anda akan sangat membantu teman-teman yang berangkat ke Malaysia.
    Saya juga mohon informasinya, kalau kita dari Penang mau ke Genting apakah ada kendaraan yang langsung.?

    Jam berapa kendaraan paling pagi dari sana?. Berapa lama dari Penang ke Genting. naik apa yg paling cepat.

    Kalau kita dari Genting mau langsung menuju Airport di KL, berapa lama waktu yg dibutuhkan. kalau pesawat saya jam 13:00, sebaiknya saya berangkat dari Genting jam Berapa. Kalau Naik Bus apa cukup waktunya ?

    Saya dan keluarga ingin pergi ke Penang juga ingin ke genting pada 2 hari terakhir kunjungan kami pada tanggal 19 & 20 Agustus yad.

    apakah waktunya cukup untuk mengunjungi ke 2 tempat tsb ya?.
    Sebaiknya bermalam di mana kalau ingin melihat genting pada siang s/d malam saja. apa yg baik, saya tidak membawa anak kecil tapi anak usia 17 tahun & 3 orang dewasa hanya ingin menikmati liburan.

    lihat-lihat. mungkin tidak main jetcoster atau mainan yang aneh2.

    Thanks ya Mas Rom..

    Kalau di KL bayar Airport Tax nya berapa RM ya Mas.?.

    Sudah lama tidak jalan ke LN jadi lupa. tidak ada biaya lainkan selain airport tax di bandara ya?.

    Thanks alot & salam kenal.

  37. andre

    Mas Romnya, salam kenal.
    Mau tanya kalo dari tune hotel ke menara petronas, dari tune hotel ke genting lalu dari tune hotel juga ke mersing (mau coba ke pulau tioman, katanya bagus)pakai apa yah yang nyaman, mohon infonya tks.

  38. yophie

    Halo pa Rom, salam kenal..
    Mau tanya kalo dari Bandara LCC mau ke genting,apa ada bus? Brp harganya? Direct ke genting or ke KL dl? Trs kalo dari htl Radius ke bndra LCC pake apa? Aku rencana pake airasia plg ke jkt, pswt jam 12 siang dari KL, mohon infonya,tks

  39. ina winarni

    salam kenal pak rommya…
    saya bersama sodara2 dengan jumlah 3 keluarga :7 dewasa, 6 anak2 sudah booking air asia untuk feb 2010..cuman saya masih bingung tempat penginapannya..kalo bisa seperti guest house… saya mau on-line booking..sebaiknya penginapannya di petaling street ato di tempat lain…thanks before!

  40. Tinka

    Hallo Bpk Rommya,Mb Etha salam knal,mnta infonya dong aku sm tmn2 mw cari mobil yg bs d sewa dr KL-Spore pp,unt tgl 26 juni rncananya kt mw nginep 2 mlm di Spore lalu kmbali lg k KL tgl 28 juni,mhon d bantu y..klw bs sewa mbl nya yg murah,aman&nyaman,mklum kt bw anak2 kcl.tks.

  41. rommya Post author

    Sorry baru sempat balas
    @cut nur: utk perjalanan ke spore berarti hanya semalam ya ? Cukup padat sih, tapi kalau sdh booking hotel ya mesti ikuti jadwal tsb. Aeroline nyaman koq di dalamnya jadi bisa istirahat. Kalau bisa di Genting menginap semalam, krn hotelnya murah & hawanya sejuk disana. Booking di Genting dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/promosi-genting-malaysia/
    @Meri: Bisa dilihat di daerah Bukit bintang, spt Hotel Bintang Warisan atau Agora. Di Chinatown juga banyak hotel2 kecil yg murah.
    Kalau mau menginap dekat Sunway Lagoon ada hotel Pyramid, sekitar RM 300 per malam.
    @Melly: bisa coba search di daerah Bukit Bintang, atau kalau mau agak jauh di Maluri, https://www.jalanjajanhemat.com/2008/03/hotel-maluri-kuala-lumpur/
    Bus KL-Genting-KL ada koq, ke beberapa tujuan, bisa dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/2009/03/gemerlapnya-genting-malaysia/

  42. Melly

    Dear pak Rommya..(dan teman2 yg bisa membantu…;>)

    perkenalkan saya melly…
    saya berencana liburan ke KL bersama 1 orang tmn saya, saya coba search hotel dari internet..saya lihat harganya cukup mahal ya pak..kalo dirupiahin bisa kurang lebih 1jutaan / room.

    saya minta rekomendasi hotel2 murah di KL dnk..
    lalu, bis pulang pergi KL-Genting-KL ada ga ya?

    pokoknya mohon info jalan2 hematbanget di malaysia ya…
    hehhehe

    thanks a lot..

  43. meri

    mas, mau numpang nanya, rencananya lebaran nanti kami 5 dewasa dan 6 anak-anak mau ke kl dan genting, boleh recomen hotel yg dekat tempat makan, belanja, dan tidak menguras kantong . oya rencananya kami juga mau ke sunway lagoon. terima kasih ya atas informasinya

  44. cut nur afni rassmann

    hi pak rom..salam kenal dan trims byk untuk info2nya..saya da rencana akir juli ke kl 5hari,sekeluarga 2 org anak bayi 1 org tua 52thn dan 7 org dewasa. saya sudah beberapa kali ke kl dng suami cuma kita sll transit doang jd 1-2mlm, itung2 istirahat buang jetlet, trs barudeh nyambung keindo. saya da rencan tuh mau main kesingapur lewat bus aeroline trs balik lagi malamnya, berhubung udh deluan boking hotel dikl. dan kita juga da rencana mau ke genting dan batu caves. selebihnya stay di kl dan disekitarnya. mnrt bapak untk perjalanan itu tll berat tdkya.. dan saya masih ragu jg dng jadwal saya ini.krn suami nyerahin semua kesaya..dianggap itu jg tanah air saya jadi bingundeh saya..mgk bapak or rekan2 bs bantu…skedul ini..

  45. ekos

    Hi Pak Rommya,

    Salam kenal yach, mo tanya nih krn minggu depan kita mo jalan2 ke KL.
    Aku stay hotel daerah di Bukit Bintang, nah pertanyaannya adalah :
    1. kalo mo ke Putrajaya trus ke IKEA dan kembali ke Bukit Bintang naik
    apa ya?
    2. trus kalo ke Petronas lalu kalo mo terus ke Melaka naik apa?

    Trims ya…

    ekos

  46. etha

    Hai Rina, klo mau amannya sih aku saraninnya kamu stay di hotel daerah bukit bintang aja, di bandingkan daerah pudu. untuk hotel yg lumayan gak susah jalannya aku bisa suggest hotel bintang warisan or agora, memang hotelnya udah lama cuma masih ok sih menurut aku untuk budget rm 100-150 per mlm..klo di daerah bukit bintang ini aku jamin deh untuk safe nya krn ini memang daerah turis jadi polisi jga jaga terus, mau malam juga jalan2 didaerah ini aman..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.