Jalan Jajan Hemat

Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

Menjelang liburan sekolah ini saya ingin membagikan pengalaman jalan hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia. Banyak agen perjalanan yg menawarkan paket2 wisata ke Malaysia dengan harga murah. Namun sampai saat ini yang termurah yang saya temukan adalah AirAsia. Sering-seringlah mengunjungi website www.airasia.com untuk melihat penawaran mereka, tapi biasanya harus dari jauh-jauh hari sebelumnya, dan pemesanan harus dilakukan secara online. Jangan khawatir, saya sudah beberapa kali menggunakan airline ini dan belum pernah mengalami masalah baik untuk tiket maupun billing kartu kreditnya. Untuk fiskal sampai saat ini masih berlaku (kapan yah fiskal dihapus), sebesar Rp 1.000.000 /orang, Anda dapat menggunakan fasilitas kartu kredit untuk membayar fiskal, yang saya ingat ada Bank BCA dan Mandiri, mungkin bank lain juga ada. Jadi jika Anda memiliki kartu kredit BCA, silahkan datang ke loket fiskal BCA, letaknya di paling kiri, dekat pengurusan bebas fiskal. Untuk anak – anak di bawah 12 tahun bebas fiskal, Anda perlu mengisi form keterangan dan diproses di loket bebas fiskal. Petugas cukup ramah dan tidak mempersulit sama sekali, dan tanpa biaya apapun.

Sebenarnya Anda bisa juga lewat Batam untuk menghemat fiskal sebesar Rp 500.000 per orang, tapi kalau dihitung-hitung tiket pesawatnya jadi lebih mahal, dan lebih repot jika membawa anak, toh anak-anak bebas fiskal. Namun jika Anda pergi dengan jumlah orang dewasa yang banyak maka perjalanan lewat Batam dapat dipertimbangkan.


Air AsiaMaskapai AirAsia tidak memberikan makanan/minuman dalam perjalanan, bahkan melarang membawa makanan/minuman ke kabin. Hal ini disebabkan memang adanya peraturan penerbangan yang membatasi jumlah cairan yang diperbolehkan dibawa, namun selain itu karena AirAsia juga menjual makanan/minuman di pesawat. Sehingga penumpang yang sudah menunggu di airport umumnya akan merasa lapar & haus, dan akhirnya membeli di pesawat. Harga makanan & minuman di pesawat masih terjangkau, walau agak mahal, misalnya nasi lemak(nasi dengan daging rendang, ikan teri, kacang) RM 7, sandwich RM 6, mie instan RM 6, Orange juice kotak RM 4. Namun pastikan Anda memiliki mata uang ringgit Malaysia, karena perhitungan kurs AirAsia sangat mahal (saat itu 1RM dihitung Rp 3.000, padahal di pedagang valas hanya Rp 2.600).

SkyBusSemua penerbangan AirAsia ke Kuala Lumpur akan mendarat di LCCT (Low Cost Carrier Terminal). Jangan membayangkan semewah bandara Changi di Singapura atau bahkan KLIA, tapi yang pasti toiletnya masih lebih bersih dibanding Soekarno Hatta dan memiliki fasilitas internet hotspot gratis 🙂 Nah dari LCCT Anda dapat melanjutkan menuju hotel Anda. Namun jika Anda bermaksud menuju ke arah KL Central, Anda dapat menggunakan sky bus, yaitu bus yang memiliki kerjasama dengan AirAsia (atau bahkan satu group?). Anda dapat membeli tiket bus ini sejak di dalam pesawat, harganya RM 9. Jika anak Anda sharing tempat duduk, maka tidak perlu membayar. Bus ini cukup bersih dan berpendingin udara (full AC). Ada beberapa operator bus yang menawarkan harga lebih murah, sekitar RM 8, tapi saya lebih memilih sky bus ini karena lebih meyakinkan.

KL centralNah dari KL Central, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah manapun, karena ini adalah pusat dari transportasi di KL. Dapat menggunakan bus, LRT, KTM , dan sebagainya. Nah di KL Anda juga dapat membeli tiket terusan untuk bus Rapid KL sebesar RM 2 untuk full 1 hari, jadi selama Anda naik bus Rapid KL, Anda tidak perlu membeli tiket lagi. Bahkan juga ada tiket terusan untuk LRT, dan juga untuk jalur yang berbeda warna, disana RapidKL dibagi menjadi red line dan blue line. Bus ini mirip dengan bus Transjakarta (busway), busnya baru, bersih dan ber AC.

Tarif taxi juga tidak terlalu mahal, terutama jika Anda pergi beramai-ramai. Kuncinya adalah setelah Anda duduk, perhatikan apakah sopir taxi nya menyetel argo (istilah disana adalah meter). Jika mereka tidak menggunakan argo, Anda berhak complaint, bahkan turun dari taxi, karena tanpa argo seringkali sopir meminta harga yang sangat tinggi, terutama kalau tahu Anda seorang turis. Kebanyakan sopir taxi disana adalah orang India atau Melayu. Gunakan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi, mereka lebih menghargai bahasa Indonesia ketimbang bahasa Inggris, karena akan menganggap kita serumpun.

LRTLRT di KL agak kurang bagus dibandingkan MRT di Singapura, bahkan beberapa pintu tiket sudah banyak yang rusak. Tiket LRT dapat dibeli di vending machine di tiap stasiun. Persis seperti di Singapura. Keuntungan LRT adalah tidak pernah macet, KL sama seperti di Jakarta, menjelang jam masuk dan pulang kerja akan terjadi kemacetan dimana-mana. Hindari naik taxi saat jam sibuk.

Demikian sekilas mengenai transportasi hemat di KL, akan saya sambung dengan penjelasan cara hemat ke Singapura via KL, dan tempat-tempat wisata di KL.

Salam jalan jajan hemat.

208 thoughts on “Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

  1. etha

    Pak Rommya thanks yah udah promosiin kuala lumpur, ya itu aku udah kasih harga khusus lohh pak dengan fasilitas lumayan memadai(kolam renang,childreen playground, resto, loundry shop,saloon,mini market and WIFI) , karena sharing condo dengan aku, jadi feels like home lahh.. aku juga sediain small breakfast seperti roti n tea, but self service yaaa..untuk fto2 kamar aku bisa kirim lewat email, transportasi di depan condo lumayan mudah dan beroperasinya sampai jam 12 mlm,dekat condo aku juga ada mall namanya ampang point jalan kaki kira2 10 mnt, lumayan lengkap ada Mc Donald 24 hours..and klo mlm lumayan bnyak street foods spt nasi lemak, nasi iskandar, roti naan, malaysian life style lah..

  2. rommya Post author

    @Etha: semoga condonya bisa laku ya… Dan kasih harga khusus dong utk pembaca Jalan Jajan Hemat, sekalian dipromosiin 🙂
    @Alin: Salam kenal ya. Memang harga di Malaysia (terutama makanannya) lebih murah dari Singapore. Dengan adanya maskapai low cost carrier spt AirAsia, dan lagi bebas fiskal di tahun 2009, saya yakin pasti banyak turis Indonesia yg akan berkunjung ke Malaysia. Kalau boleh diberikan informasi2 tambahan tempat wisata di Malaysia nih. Trims ya

  3. etha

    @Alin, saya setuju bangett tuh dengan komentar kamu memang jauhh lebih murah belanja d malaysia dari pada d singapore, saya saranin banget utk mereka yang membeli oleh2 buat keluarga di indo sebaiknya berbelanja d malaysia, bisa berbelanja di capital market or kotaraya bnyak turis2 indo yang gak tahu tempat ini padahal cukup berjalan kaki saja dari china town. oh iya saya juga mau nambahin informasi untuk rekan2 yang akan berwisata ke genting bisa melalui gombak karena cukup menarik dibandingkan melalui bus dari KL sentral, dari KL sentral anda bisa naik kelana jaya line turun di gombak dari stesen gombak anda bisa langsung ke loket bus yang menuju genting, bus ini berangkat setiap 30 mnt harganya 7,5rm dimna 5 rm utk tiket bus dan 2,5rm utk tiket kereta gantung, kereta gantung ini terpanjang di asia tenggara so menarik n viewnya pun ok, selamat mencoba, oh iya utk pak rommya salam kenal dari saya

  4. ALIN

    untuk rommya terlebih dahulu saya ucapkan ribuan terima kasih kerana secara tidak langsung telah mempromosikan malaysia kepada bakal wisata dari indonesia.saya hanya mahu menambah sedikit lagi tentang harga-harga barangan di malaysia..untuk maklumat rommya dan rakyat indonesia semua,,jutaan warga singgapura berdatangan ke malaysia khususnya ke johor dan kuala lumpur untuk berbelanja kerana harganya jauh lebih murah dari di singgapura..perkataan singgapura syurga membeli belah maaf kalau saya katakan kurang tepat untuk rakyat malaysia dan indonesia,,malah warga singgapura sendiri merasakan hal tersebut..tapi jika untuk mencuba,,tidak salah..anda boleh melihat perbedaan harga jika pergi berwisata di 2 negara ini..dan bandingkan harga barangan di malaysia seperti yang saya cadangkan..SELAMAT BERWISATA (MELANCONG) KE MALAYSIA….

  5. etha

    dear all, klo ada yang berminat saya menyewakan kamar di condo saya, lokasinya lumayan dekat di daerah ampang kebetulan ada dua kamar di condo saya yg kosong jadi saya khusus sewa in untuk turis dari indo saja, berhubung saya org indo. fasilitas d condo saya ada kolam renang, salon, mini market n resto lumayan mudah transportasinya karena berada d jalan utama ampang(10 mnt ke KLCC), satu kamar aircond satu fan harganya sangat terjangkau, saya utamain utk mereka yg berlibur bareng keluarga or teman2 krn sewa dua kamar sekaligus, di condo saya juga ada WIFI jadi utk yg mau browsing silakan saja but use your own notebook…saya juga bisa kasih tour advise or even tour guide while visiting KL..
    tks..
    Etha Ph Num: +60162564902
    email/messanger : metha_my@yahoo.com

  6. rommya Post author

    @Sianti: Salam kenal juga. Utk informasi dari johor baru ke spore (naik bus) yg kami dapatkan dari indobackpacker adalah sbb:
    Rutenya : Airport-Terminal-Kota-Imigreisen Malaysia –
    Causeway (jembatan)-Spore Immigration (Woodlands)-Queen St.
    Sepertinya panjang tapi kalau lancar hanya sekitar 1-2 jam saja.
    Dengan moda ini beroperasi hampir 24jam. Options bis :
    – Airport Senai ke kota (terminal Larkin) dulu dengan Airport coach
    (biru-tiap jam) lantas ambil SBS Transit (bis-nya Singapura warna
    ungu) diturunkan di Queen St lewat Kranji MRT > turun disini kalau
    mau kliling singpore pake kreta MRT
    – Sama tapi di Larkin ambil Causeway Link ((warna biru kuning)
    diturunkan di Queen St
    Atau kalau mau mendapatkan informasi seputar bandara di Johor dapat melihatnya di http://www.senaiairport.com
    Selamat berlibur & salam Jalan Jajan Hemat

  7. sianti

    Lam Kenal Mas Rommy,

    Saya berencana akan pergi ke singapore dan malaysia, berhubung dana terbatas, saya naik pesawat air asia yang termurah, didapatlah rute jkt-johor bahru-jkt. berangkat tgl 29/12/2008 dan rencana balik tgl 05/01/2009. Maunya sih ke singapore dulu karena utk merayakan tahun baru, setelah itu tgl 1 jan 2009 ingin ke genting highland, dan kualalumpur. Enaknya rutenya bagaimana ya, soalnya saya dan suami bawa 3 anak kecil.
    Apakah dari bandara johor bahru menuju terminal bis jaraknya jauh ?

    Terima kasih atas jawabannya

  8. rommya Post author

    @dani: saya coba kasih info semampu saya ya… Dari airport Batam-Hang Nadim, Anda dapat langsung membeli tiket ferry Penguin (totalnya S$46 termasuk pajak Batam+Sing),lebih murah daripada beli di Batam center. Nah dari bandara ke Batam center Anda dapat naik taxi (sekitar Rp 70.000). Nah dari Batam Center, Anda akan naik ferry tersebut sampai di Harbourfront Spore. Nah dari singapura, terserah Anda, kl tidak mau repot bisa naik bus express yang langsung ke Genting (http://www.transtar.com.sg/), kl mau irit ya naik bus ekonomi ke KL dulu(silahkan lihat di https://www.jalanjajanhemat.com/2007/07/jalan-hemat-kuala-lumpur-singapura/). Semoga bermanfaat. Salam Jalan Jajan Hemat

  9. dani

    met kenal mas rommy.
    saya ada rencana mau ke genting tgl 8 bulan ini,berdua aja sama istri.
    pingin minta saran nih kalau berangkat lewat batam,jd ke sing dulu gitu pak.semoga bs dibantu nama2 transportasinya.
    dari sing langsung ke kl and ke genting.
    thanks banget ya pak rommy.
    salam.

  10. rommya Post author

    @socket: thanks atas reviewnya
    @riyani: sama2, saya jg senang kalau bisa membantu para pembaca JalanJajanHemat mendapatkan tempat penginapan di KL yang hemat & nyaman.

  11. riyani

    dear socket dan titin

    thanks banget lo dah recomend apart. aku ke teman-teman. thanks juga buat pak rommy yang memperkenankan aku beriklan ria disini hehehehe. Just for info, sekarang untuk melihat foto kamar dan blog terbaru ttg KL bisa diiintip di http://www.riyaniwong.multiply.com

  12. socket

    Hi Pak Rommya… cuma mau sekedar nambahin soal apartemen KL Plaza Suites (milik Riyani), kebetulan saya tahun kemarin juga sudah pernah nginap di apartemennya, dan saya rekomen bgt buat yang pengen hemat namun dapet tempat yang strategis!
    Orangnya friendly dan asik… dan yang pastinya harga cocok di kantong. Setau saya sih dia ada 2 unit apart,. lantai 14 dan lt. 7 (waktu itu saya di lt. 14–> lebih rekomen). Ada 3 kamar, 2 kamar sharing bathroom dan 1 kamar (gede bgt) dengan private bathroom –> master bedroom (dari dalam kamarnya aja juga uda bisa liat Twin tower).
    Pokoknya ok 🙂

  13. rommya Post author

    @meme: anak di bawah umur 12 th tidak kena fiskal koq. Promo biasanya di hari2 biasa, jgn hari libur dan cenderung di tengah minggu (senin – kamis). Kl mau hemat ya naik bus, tapi kalau mau praktis ya naik pesawat. Sering2 saja cek ke website air asia, kadang2 kalau ada promo bisa murah banget lho, bahkan pernah hanya 1 Ringgit Malaysia.
    Salam Jalan Jajan Hemat

  14. meme

    mau tanya lagi ya pak.. saya rencana berangkat dari DPS ke KL trus ke S’PORE, first flight jam 1050 ETA KL . hematnya naik AIRASIA apa naik bus/train ya perjalanan ke S’porenya? biar gak report karena bawa anak kecil neh. tks skali lagi buat advice nya ya 🙂

  15. meme

    Hi Om Rom, may tanya neh..kalo anak di bawah 5 tahun itu kena fiskal di airport gak ya? rencana mau ke s’pore. lagi browsing valuair.. promo price biasaya kisaran bulan apa ya,,??tks buat info nya.

  16. rommya Post author

    @eva: Utk tour di masing2 daerah, silahkan browsing ke tour agent tiap negara, tentunya lebih murah jalan sendiri. Tapi tergantung seberapa pandai kita mengatur jadwal perjalanan, transportasi, memilih tempat wisata yg akan dikunjungi dan mencari tempat tersebut melalui petunjuk & peta. Dan kita benar harus mentaati jadwal yang dibuat, kalau tidak maka perjalanan liburan kita tidak maksimal, sayang kan.
    Cara tarnsportasi yang nyaman, bisa menggunakan kereta api. Silahkan dilihat disini untuk detailnya http://www.seat61.com/ Kalau mau lebih murah naik bus, untuk spore-KL dapat dilihat disini: https://www.jalanjajanhemat.com/2007/07/jalan-hemat-kuala-lumpur-singapura/
    Salam Jalan Jajan Hemat

  17. agung

    haloo.. om rom.. ikut nimbrung dan sekalian promosi ya. kebetulan saya mau jalan ke singapur-kuala lumpur- dan bangkok, tapi sampai saat ini belum ada teman, sebab kalo jalan sendiri seperti orang bloon, jadi kalo ada teman yang mau kesana bisa barengan dengan saya tapi kita bayarnya masing – masing, hubungi saja hp ku 0812 58 013 94.

  18. eva

    Bapak/ibu,
    Rencananya 13-30 Des ini,kami sekeluarga akan berlibur dgn gaya seHEMAT mungkin ke S’pore-KL-Phuket-Bangkok.kami berangkat Bpn-Jkt-Batam, yang saya mo tanyakan ;
    1.Kira2 klo ikut tour masing2 daerah berapa harganya???lebih murah jalan ndiri atw ikutan Tour yach???

    2.Cara transportasi dari S’pore-KL-Phuket-Bangkok???Jangan terlalu mahal tapi nyaman.
    atas bantuannya terima kasih.

  19. rommya Post author

    @titin: trims atas informasi & penawarannya.
    @mariana: Wah kalau plan perjalanan, tergantung dari tempat mana saja yg ingin dituju Bu. Kalau fiskal itu hanya kena untuk keluar dari Indonesia (via udara dikenakan Rp 1jt). Kalau keluar masuk KL dan Spore sih gratis tis.. ga ada tuh fiskal2an. Tapi info2nya thn 2009 akan dibebaskan fiskal bagi pemilik NPWP. Semoga saja bisa terlaksana.

  20. mariana

    malam pak,

    pak saya rencananya mau ke KL dan S’pore Tgl 03 – 10 Okt 2008, tolong dunk buat in plan n juga plus harga nya. trus saya khan berangkat dari palembang dengan airasia kena fiskal nga yah di KL dan S’pore.trims

  21. titin

    Harga kamarnya Rm.80/malam, bukan 1 apart donk pak hehehe, 1 apart. kemaren yang aku tinggal ada 3 kamar, kata mba riyani selain yg 3 kamar, dia ada juga unit yg 4 kamar.Jadi kalo bapak pergi rombongan, cocok banget tuh sewa whole unit. Dari KL CENTRAL ke apart. KL PLAZA bisa naik monorail, stop di monorail Bukit Bintang dari monorail tinggal jalan 5 menit sudah sampai apart.nya. That’s why aku recommend karena dekat monorail dan letaknya persis ditengah2 bukit bintang. Option lainnya dari LCCT bisa naik bus yang langsung stop di depan apart. kemaren itu aku naik bus ini kok, namanya STAR SHUTTLE harga tiket Rm.15/org, dari LCCT bisa berhenti persis didepan apart.Bus ini melayani rute LCCT ke Puduraya,Hotel2 di bukit bintang (KL PLAZA SUITE sebenarnya hotel yang dimiliki Berjaya Hotel tapi ada sebagian unit apart. ini dimiliki pribadi, yg punya riyani dimiliki sendiri)

    Aw bisa email sendiri riyani karena setauku dia juga ada service sewa mobil dan tour juga selain sewakan apart. emailnya sudah pernah aku info sebelumnya.

    Oh ya untuk pemesanan kamar 2 malam dan keatas, dia juga ada anter’in free ke choco boutique house lo. Coklat durennya nyam nyam banget 😉

  22. rommya Post author

    @Titin:Terima kasih atas infonya. Pasti banyak yg butuh info tsb deh.
    @Aw: Saya blm pernah sewa mobil sih. Barangkali ada teman2 lain yg punya info ini?

  23. Aw

    Pak Rommy, makasih banget buat infonya ya.
    kalau sewa mobil spt kt p’rommy, kisaran hrg sewanya brp ya, utk rute LCCT ke genting? utk jj di seputar KL brp hrg sewanya? dan apkh ada mobil yang bisa muat utk 10 org (7dws, 3anak2)? jika dihitung biaya 1 org dari LCCT-genting=9+8.3=RM17.3 untuk 10 org = RM173, lebih murah naik bus atau sewa mobil? makasih ya infonya.

    Mbak Titin, untuk apartemennya mbak Riyani itu harga RM80/malam adalah harga utk 1kmr aja atau 1 apartemen? didalam apartemennya ada berapa kamar? trus kalau letak apart nya dr KL Sentral (stlh dr genting) naek apa ke apartemen itu dan apakah dari apartemen itu ke LCCT mudah?

    stlh sy liat di website tune hotels keliatannya harga kamarnya murah banget ya dan keliatannya bersih, mungkin ada yg pernah tinggal di tune hotel bs ksh info gak? letak tune hotel apakah dekat dengan tempat wisata ya?

    makasih ya. :))

  24. titin

    hi,mau meramaikan comment juga. Aku ada recomend service apart.di bukit bintang KL PLAZA SUITE, yang punya orang indo namanya Riyani bisa dihubungi diemail riyaniwong@yahoo.com. Harga kamarnya terakhir aku pergi pas low season Rm.80/malam.Lokasinya bagus sekali, ditengah bukit bintang dan tetangga’an sama hotel bintang 5 JW MARRIOT n Ritz Carlton. Menurutku apart.nya cocok buat keluarga dan rombongan karena ada dapurnya bisa masak dan ruang tamunya luas, yang terpenting menurutku sih lokasinya. STRATEGIS sekali kemana2 tinggal jalan kaki dan aman meski malam2 pulang, secara kemaren itu aku cewe sendiri jalan2 ke KL.Lagian ownernya informatif sekali dan friendly. Semoga info ini berguna buat teman2 yg nyari akomodasi di KL

  25. rommya Post author

    @Aw: Maaf Pak… saya salah ketik, maksud saya bukan dorast world tapi “First World” maklum udah ngantuk ngetiknya 😀
    Jadi saya ulang, di semua hotel2 tersebut ada di areal genting. Dan harus menggunakan cable car untuk ke atasnya (sebaiknya Anda cek tgl perjalanan ke website genting.com.my untuk memastikan saat itu tidak dalam maintenance, karena sayang kalau tdk naik cable carnya). Dari Genting ini ada stasiun bis yang ke beberapa lokasi, diantaranya ke KL Sentral. Anda rombongan besar jg ya? Hhm kalau diatas 5 orang mungkin bisa pertimbangkan untuk sewa mobil deh Pak. Kalau taxi cukup mahal kalau ke Genting ini. Apalagi Anda harus menggunakan 2 taxi.

  26. Aw

    Hallo pak rommy, makasih jbannya tp mau nanya lg blh ya 🙂 dorast hotel bs diliat diwebsite mana utk booking? First world htl apkh ad tpt permainan anak2 n casinonya jg?Lbh baik didorast htl atau first world htl atau ditheme park?Dr KL Sentral naek bus kegenting apkh bs lgs trn didorast htl n apkh naek cable car jg? Utk kembali ke kL apkh mdh? Apkh tune htl dkt dg tpt wisata?Di kL apkh perlu ikt tour atau mudah utk jl2 sdr?Lbh sw mbl atau taxi? Maaf ya p’tanyaannya byk sekali. Makasih bgt ya pak rommy.

  27. rommya Post author

    @Andre:Nanti saya carikan informasinya ya.
    @Aw: Dari LCCT setahu saya tdk ada yg langsung ke genting. Jadi harus ke KL Sentral dulu, dari sana ada loket khusus ke Genting. Untuk hotel, memang semakin mahal ya semakin bagus tempatnya. Tapi sekedar info saja,area permainan dan juga casino(jika Anda tertarik) berada di bawah hotel Dorast World (hotel termurah). Dan hotel first world pun sudah cukup bagus koq, silahkan lihat2 tampilan kamarnya di http://www.genting.com.my. Tune hotel itu adalah hotelnya milik AirAsia, menurut saya sih pasti aman ya. Tapi demi keamanan, jgn pernah meninggalkan barang berharga di kamar, di hotel manapun juga. Untuk ke Hongkong, maaf saya belum ada referensinya Pak.. Salam Jalan Jajan Hemat

  28. Aw

    Slm knl pak romy,mau tany, sy ad renc th dpn ke kL via airasia,dr Lcct apkh skybusnya ada yg lgs ke genting?Renc begitu sampe di kL mau lgs kegenting dl br jj dikL.Trus di website genting.Com ada menwrkan bbrp htl diant nya: resort htl, theme park htl & first world htl, mana yg lbh baik utk htlnya, tpt maen anak2nya n tpt mknnya?Klhtnya kl digenting htl n highland htl ratenya lbh mhl (btg 5).Km prg sdr tanpa ikt tour & brgkt 7org dws n 3 anak2 antr 4-8th.Kl di kul apkh tune hotel aman?Apkh dkt dg tpt wisata?apkh mdh utk ke Lcctnya?Renc dr KL mau lanjut ke Hkg,apkh ada advice dimana bs mdptkan tour murah & aman di hkg?Makasih byk pak romy.

  29. andre

    Pak aku istri dan 2 anak 10 thn ada rencana lebaran taun ini mau wisata ke pantai di Malaysia. Mohon info pantai yg bagus, hotel yg murah dan trnsportasinya bagaimana start dari jkt via batam dan langsung pakai airasia ke Mlysia.tks.

  30. rommya Post author

    @wati: kalau menurut saya lebih murah kalau kita jalan sendiri, tapi mesti cari2 informasi tempat2nya dan perlu menyusun jadwal & alat transportasinya. Tapi kalau Anda kurang yakin, sebaiknya pakai travel, karena sayang kalau sdh beli tiket & fiskal yg cukup mahal, tp perjalanan tdk maksimal.

  31. Anonymous

    wati

    saya mau tanya , lebih murah mana perjalanan menggunakan travel perjalanan atau jalan sendiri.
    Saya ada rencana mau travelling ke malaysia dan singapura .
    Tolong di bantu ya
    Tks

  32. rommya Post author

    @ina : maaf saya kurang tahu di daerah berjaya
    @firi : utk taxi, Anda bisa minta utk digunakan argo saja. Tp hindari naik taxi di saat pergi & pulang kantor, macet banget.. kira2 spt jakarta deh.
    Utk barang2, sebaiknya hindari membawa minuman beralkohol & rokok. Utk yg membawa laptop, hindari software bajakan. (lebih baik berjaga2 deh)
    @angel : bbrp tempat wisata di malaysia dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/index.php/2007/07/02/tempat-wisata-di-kuala-lumpur-malaysia/ dan di singapura disini https://www.jalanjajanhemat.com/index.php/2007/12/30/marina-bay-esplanade-patung-merlion-singapura/
    Salam JalanJajanHemat

  33. novi

    Pak, bolehkah saya dibuatkan tour KL- GENTING – SINGAPORE untuk 4 orang, rencananya saya akan pergi tahun depan dengan airasia selama 4 hari 3 malam apakah bpk bisa membantu saya?

    thanks

  34. angel

    Mau nanya, kalau dimalaysia n singapura penginapan yang murah di mana yach tempatnnya ??
    N wisata untuk ke Malaysia apa aja N Singapura apa aja yachh ??
    Thanx sebelumnya saran – saran yang akan saya terima nantinya.
    karena kami mau liburan nanti bulan 12 tahun 2008 ini.

  35. firi

    haloo……
    mau tanya nih mas……rencana saya mau berlibur ke malay bulan juni ini bersama 2 orang anak saya (6 th & 7 th ).saya naik penerbangan air asia.rencana saya mau naik taxi kearah hotel grand seasons dijalan pahang.karna tidak tahu kisaran harga taxi dr lcct-hotel,saya takut akan dipermainkan oleh pihak sopir taxi disana.dan sekalian saya mau tanya kalo saya bawa oleh2 dr pekanbaru,apakah oleh2 tsb akan disita oleh pihak petugas dibandara malay?? dan apa saja kriteria barang2/makanan yg boleh masuk/bebas dr para petugas bandara malay.trims.

  36. ina

    halo, mau tanya jg neh mas, saya mau ke KL naik air asia, rencananya mau nginap di berjaya karena ktnya dekat dengan pusat kota dan perbelanjaan, tp kok kl paket via air asia gak kerjasama ma berjaya ya…ada saran gak, sebaiknya saya nginap di hotel apa yg dekat dgn pusat perbelanjaan

    tks yaa

  37. rommya Post author

    mba Herna, trims sdh aktif kembali 🙂 Kita butuh masukkan & saran2 dari mba Herna nih.
    Sorry saya jg belakangan ini sibuk banget dgn kerjaan, jadi agak lambat responsnya.
    @sutanto: fiskal itu akan dikenakan kalau keluar dari negara Indonesia, lewat udara dikenakan 1 juta, kalau lewat laut dikenakan 500rb. Sedangkan untuk perjalanan dari Spore – Malaysia atau sebaliknya tdk dikenakan biaya apapun, hanya stempel pasport saja di imigrasi (andaikan Indonesia pun bisa seperti itu).. Jadi Bapak hanya akan dikenakan 1 kali saja, yaitu saat keluar dari Indonesia (solo – KL).
    Jgn kuatir Pak, petunjuk2 di perjalanan cukup lengkap koq. Selamat berlibur..

  38. sutanto

    Salam kenal mas rommya,saya sutanto dari semarang.saya minta advice dari mas rommya juga siapapun yang mau menolong saya.Gini lho mo liburan ke malay n singapore dengan istri n 1 anak laki2 3,5th sekaligus honeymoon ke2 hehehe..kira2 kalo dr kualalumpur ke singapore naik pesawat dan dari singapore ke semarang kena gak fiskal?!soale pertama mo berangkat solo-kualalumpur dulu trus jalan2 baru ke singapore naik pesawat biar anakku gak rewel abis kalo naik bis takut gak betah lagian anakku aktif hehehe…n gak bawa nanny biar irit uang juga biar isa shopping sepuas-puas.Setelah dari singapore baru langsung pulang ke semarang abis takut repot bawa koper jg bawaannya.thanks..

  39. herna

    Untuk Bayu: Untuk sim card beli saja yg baru di Malaysia seperti digi, maxis atau celcom pra-bayar, harganya cukup murah dari 8 ringgit untuk 1 kartu prabayar yg baru. Untuk KL daerah sekitar bukit bintang byk menawarkan hotel2 yg murah seperti imperial hotel, allson, replica inn, cardogan dll.
    Untuk tmpt wisata: monumen nasional, dataran merdeka, bangunan sultan abdul samad, butik coklat, kuil sri mahamariaman, china town, Menara KL, KLCC. Tempat2 ini mudah dikunjungi kalau tinggal didaerah bukit bintang.tempat2 lain yang nggak kalah menarik adalah batu caves, pabrik selangor pewter, museum orang asli, tapi tempat2 ini jauh dari pusat kota kalau ingin mengunjungi lebih baik ikut KL country side tour, harganya sekitar RM 50 untuk 1 org, dan bisa beli dgn travel agent di Kl atau sekitar bukit bintang

  40. herna

    Hi Mas Rommy, sorry sudah lama absen dari website anda… sorry bener karena akhir2 ini banyak kerja jadi nggak sempat mengikuti perkembangan di website-nya mas rommy.
    Ada juga yang email ke saya, tapi saya nggak bisa balas karena setiap kali balas email-nya balik ke saya lagi, mungkin email saya ada masalah
    Jadi ini alamat email saya yg baru hwatis@gmail.com, kalau ada yg ingin ditanya mengenai Kl dan seputar Malaysia, email saja…
    sekian dulu.. thank u

  41. bayu

    Ass.WrWb.
    Mo, nany nih aq khan baru mau ke LN (Kuala Lumpur) ada advice ga naik airline apa? trs kartu/operator HP yg bs aktif di sana u/ komunikasi apa? krn kmrn ada temen pke XL ke Saudi, disana ga bs bt nelpon. Trs hotel yg murah di sana apa? ‘n objek2 apa yg bgs bt di datangi di KL? Sorry ni aq ga pke travel br murah meriah, jd aq butuh byk masukan/saran. Krn aq sering lupa kl ga keberatan kl punya saran sent to my email aja yah! di bayu_amnesiaboy@yahoo.co.id ato ga lwt YM aja ID ny sama koq. Thx 4 ur help…

  42. rommya Post author

    Wah kalau lokasi hotel enakan dimana, saya serahkan pada mba Herna deh, secara dia yg tinggal di sana. Kalau utk macet, di daerah2 tertentu memang KL tdk kalah macet dari Jkt, seakan2 di negeri sendirilah 🙂 Tp waktu ke Bukit Bintang saya sempat naik bus dari KLCC, lumayan lancar lah. Dinikmati saja, sekalian melihat2 kota. Salam JalanJajanHemat

  43. ingkan

    hi pak rommya, dan mba herna jg..

    saya sangat ter-informasi (bahasanya bener ga ya.. hehe) dengan website bapak.. terutama dengan transportasi dan petunjuk LCCT-pusat kota.. thanks ya pak untuk info2nya..

    saya rencana mau ke KL jalan2 akhir feb ini. rombongan kami orang2 tua >50thn semua (kec saya dan adik ipar saya), total 5 orang. kami rencana naik airasia.. ini akan jadi kali pertama saya ke malaysia, jd mhn petunjuknya hehe.. 🙂

    saya direkomendasikan oleh teman saya untuk tinggal di daerah chowkit, karena dekat dengan tempat2 strategis untuk wisata belanja dan kuliner (secara bawa ortu2, jd ga akan masuk themepark etc.. hehe).
    cuma saya pikir, kalo ke KL kan pasti ga akan mau jauh2 dari KLCC dan twin towernya, bener ga? 🙂 jadi saya prefer ke daerah golden triangle/bukit bintang. cuma katanya macet banget disana, dan ga kaya singapore dimana kita bisa santai jalan2, disana katanya ngga beda sama jakarta, bener ya pak?

    eniwei, kalau di chowkit, kami rencana tinggal di grand continental atau best western sari pacific. sementara kalau di b.bintang, rencana di berjaya atau di royale bintang.

    kira2 gimana pak? mendingan chowkit atau b.bintang ya? ada hotel yg recommended kah yang cukup nyaman dan gampang kemana2nya? bawa orang2 sepuh soalnya.. takut mereka kecapean kalo kebanyakan jalan.. hehehe

    sorry kalau commentnya kepanjangan.. 😀
    bener2 buta nih soalnya 🙂
    thanks ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.