Jalan Jajan Hemat

Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

Menjelang liburan sekolah ini saya ingin membagikan pengalaman jalan hemat ke Kuala Lumpur, Malaysia. Banyak agen perjalanan yg menawarkan paket2 wisata ke Malaysia dengan harga murah. Namun sampai saat ini yang termurah yang saya temukan adalah AirAsia. Sering-seringlah mengunjungi website www.airasia.com untuk melihat penawaran mereka, tapi biasanya harus dari jauh-jauh hari sebelumnya, dan pemesanan harus dilakukan secara online. Jangan khawatir, saya sudah beberapa kali menggunakan airline ini dan belum pernah mengalami masalah baik untuk tiket maupun billing kartu kreditnya. Untuk fiskal sampai saat ini masih berlaku (kapan yah fiskal dihapus), sebesar Rp 1.000.000 /orang, Anda dapat menggunakan fasilitas kartu kredit untuk membayar fiskal, yang saya ingat ada Bank BCA dan Mandiri, mungkin bank lain juga ada. Jadi jika Anda memiliki kartu kredit BCA, silahkan datang ke loket fiskal BCA, letaknya di paling kiri, dekat pengurusan bebas fiskal. Untuk anak – anak di bawah 12 tahun bebas fiskal, Anda perlu mengisi form keterangan dan diproses di loket bebas fiskal. Petugas cukup ramah dan tidak mempersulit sama sekali, dan tanpa biaya apapun.

Sebenarnya Anda bisa juga lewat Batam untuk menghemat fiskal sebesar Rp 500.000 per orang, tapi kalau dihitung-hitung tiket pesawatnya jadi lebih mahal, dan lebih repot jika membawa anak, toh anak-anak bebas fiskal. Namun jika Anda pergi dengan jumlah orang dewasa yang banyak maka perjalanan lewat Batam dapat dipertimbangkan.


Air AsiaMaskapai AirAsia tidak memberikan makanan/minuman dalam perjalanan, bahkan melarang membawa makanan/minuman ke kabin. Hal ini disebabkan memang adanya peraturan penerbangan yang membatasi jumlah cairan yang diperbolehkan dibawa, namun selain itu karena AirAsia juga menjual makanan/minuman di pesawat. Sehingga penumpang yang sudah menunggu di airport umumnya akan merasa lapar & haus, dan akhirnya membeli di pesawat. Harga makanan & minuman di pesawat masih terjangkau, walau agak mahal, misalnya nasi lemak(nasi dengan daging rendang, ikan teri, kacang) RM 7, sandwich RM 6, mie instan RM 6, Orange juice kotak RM 4. Namun pastikan Anda memiliki mata uang ringgit Malaysia, karena perhitungan kurs AirAsia sangat mahal (saat itu 1RM dihitung Rp 3.000, padahal di pedagang valas hanya Rp 2.600).

SkyBusSemua penerbangan AirAsia ke Kuala Lumpur akan mendarat di LCCT (Low Cost Carrier Terminal). Jangan membayangkan semewah bandara Changi di Singapura atau bahkan KLIA, tapi yang pasti toiletnya masih lebih bersih dibanding Soekarno Hatta dan memiliki fasilitas internet hotspot gratis 🙂 Nah dari LCCT Anda dapat melanjutkan menuju hotel Anda. Namun jika Anda bermaksud menuju ke arah KL Central, Anda dapat menggunakan sky bus, yaitu bus yang memiliki kerjasama dengan AirAsia (atau bahkan satu group?). Anda dapat membeli tiket bus ini sejak di dalam pesawat, harganya RM 9. Jika anak Anda sharing tempat duduk, maka tidak perlu membayar. Bus ini cukup bersih dan berpendingin udara (full AC). Ada beberapa operator bus yang menawarkan harga lebih murah, sekitar RM 8, tapi saya lebih memilih sky bus ini karena lebih meyakinkan.

KL centralNah dari KL Central, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah manapun, karena ini adalah pusat dari transportasi di KL. Dapat menggunakan bus, LRT, KTM , dan sebagainya. Nah di KL Anda juga dapat membeli tiket terusan untuk bus Rapid KL sebesar RM 2 untuk full 1 hari, jadi selama Anda naik bus Rapid KL, Anda tidak perlu membeli tiket lagi. Bahkan juga ada tiket terusan untuk LRT, dan juga untuk jalur yang berbeda warna, disana RapidKL dibagi menjadi red line dan blue line. Bus ini mirip dengan bus Transjakarta (busway), busnya baru, bersih dan ber AC.

Tarif taxi juga tidak terlalu mahal, terutama jika Anda pergi beramai-ramai. Kuncinya adalah setelah Anda duduk, perhatikan apakah sopir taxi nya menyetel argo (istilah disana adalah meter). Jika mereka tidak menggunakan argo, Anda berhak complaint, bahkan turun dari taxi, karena tanpa argo seringkali sopir meminta harga yang sangat tinggi, terutama kalau tahu Anda seorang turis. Kebanyakan sopir taxi disana adalah orang India atau Melayu. Gunakan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi, mereka lebih menghargai bahasa Indonesia ketimbang bahasa Inggris, karena akan menganggap kita serumpun.

LRTLRT di KL agak kurang bagus dibandingkan MRT di Singapura, bahkan beberapa pintu tiket sudah banyak yang rusak. Tiket LRT dapat dibeli di vending machine di tiap stasiun. Persis seperti di Singapura. Keuntungan LRT adalah tidak pernah macet, KL sama seperti di Jakarta, menjelang jam masuk dan pulang kerja akan terjadi kemacetan dimana-mana. Hindari naik taxi saat jam sibuk.

Demikian sekilas mengenai transportasi hemat di KL, akan saya sambung dengan penjelasan cara hemat ke Singapura via KL, dan tempat-tempat wisata di KL.

Salam jalan jajan hemat.

208 thoughts on “Jalan hemat ke Kuala Lumpur (Malaysia)

  1. rommya Post author

    @cris: Selama ini sih saya kalau buka websitenya airasia, lancar2 saja. Tapi memang kalau setelah ada promo di koran/televisi, mendadak website airasia menjadi susah diakses. Sebaiknya akses di luar jam kantor, karena kebanyakan orang mengakses situs ini saat di jam kerja 😀
    @armin: sdh saya teruskan pertanyaannya ke mba Herna, silahkan tunggu jawabannya.

  2. armin

    mbak herna salam knl ya?ak juga kak kl.ak mau tanya ma kawan2 yg tau paket jalan2 murah ke singapore, dari kuala lumpur.say susah mau dapatkakan tempat nginapnya di singapore yg dekat ama sentosa.mbak herna km di mana kl nya?ini no phone ku 0162510794,mohon di balas ok.

  3. cris

    saya rencana mo pergi ke kl dgn airasia. tp booknya koq susah amat ya di website, keluar case no terus. sedang kalo beli langsung di sales counter lbh mahal. mohon saran, apa ada yg mengalami hal yg serupa?

  4. tiar

    Mas, suami saya sampai di changi dari honolulu tgl 14 jan jam 00.15, dan harus pulang ke jakarta tgl 17 jan. Kami ingin jalan2 dulu di sin & KL. Enaknya saya pake airasia ke johorbahru atau ke KL? supaya acara menjemputnya agak mudah, soalnya dia bawa koper besar. Thanks a lot

  5. rommya Post author

    to imanz: waktu booking tsb apakah sudah memasukkan nomor kartu kredit visa/master ? Karena selain itu biasanya ditolak. Sebenarnya bisa saja booking waktu di malaysia, cuma perjalanan kita akan lebih tenang kalau kita sdh mendapatkan reservasi hotel.

  6. imanz

    mau nanya, kok saya mau booking online hostel di malaysia ga bisa?selalu ‘invalid card number’ terus..kira-kira kenapa ya?

    apa bisa kalo saya langsung booking waktu di malaysia?

    Thanx.

  7. rommya Post author

    Sorry baru bisa respons
    pak Puji: Silahkan kunjungi https://www.jalanjajanhemat.com/index.php/2007/07/02/tempat-wisata-di-kuala-lumpur-malaysia/
    disana bisa ditemui tempat2 yg dapat dikunjungi selama di Malaysia, akan saya usahakan untuk menambahkan lagi. Untuk paket2 tour Bapak bisa menghubungi bu Herna krn beliau mengurus travel agent di Malaysia.
    Bu Velly: tour dari Singapore saya kurang tahu, tp kalau mau jalan2 sendiri rasanya jg tdk sulit koq. Cuma mesti berani repot aka
    Pak Hendrik: utk hotel di KL yg bisa saya informasikan adalah Maluri, hotelnya cukup bagus tp letaknya agak jauh dari KL, atau China Town Inn di kawasan Petaling, cukup dekat dari KL, tapi hotelnya kurang bagus. Dulu saya booking hotel ini hanya utk persinggahan malam hari krn dekat dengan stasiun bus utk ke Singapura. Mungkin bu Herna bisa bantu kasih info ?

  8. Hendrik

    met sore tuk pak rom n bu herna
    bisa tolong kasi adv hotel atau apartement yg bisa kita sewa di kuala lumpur.
    krn saya n temen ada rencana mau ke kuala lumpur bulan januari ini
    kita booking via airasia, n rencana nginap 1 ari di kuala lumpur selanjutnya hari berikutnya di lanjutin ke genting.
    bisa kasi adv hotel ato apartement apa yg murah yg lebih cocok u/ perjalanan kita nanti
    di genting kita sudah pesen hotelnya. hanya yg kl belum dapat akomodasinya
    terima kasih atas advnya y

  9. Puji Purnama

    Insyaallah saya ingin mengajak keluarga (berempat: anak umur 1 1/2 tahun dan 7 tahun) liburan ke Malaysia sekitar tgl 19-23 Desember 2007.

    Gimana caranya biar liburan bisa menyenangkan dengan biaya yang murah meriah.

    Mohon info tempat2 liburan & hotel kelas melati yang ekonomis. Yang penting bersih, ada AC dkt pusat kota.

    Saya gak mau ke genting ah, soalnya anak saya asma kuatir kumat. Adakah objek agrowisata dan kunjuan ke IKEA, katanya barangnya bagus.

    Terimakasih atas info dan tipsnya.

  10. herna

    untuk Ibu Cindy, terima kasih atas email Ibu ke saya moga-moga jalan-jalannya ‘successful’ dan nggak takut lagi untuk datang ke Kuala Lumpur… 🙂

  11. herna

    Halo Pak Eko, kalau mau ke genting tapi nggak nginap emang sayang yah sebab perjalanan bus dari Kl ke genting udah 2 – 3 jam, kalau bapak pergi pas lagi peak-season bisa sampe 5 jam loh.. terus turun ke KL ..5 jam lagi kan waktunya terbuang untuk naik bus saja.

    Rasanya paket tur ke KL-Genting 4 hari 3 malam untuk nginep di hotel 3* harganya sekitar RP1,7 juta satu orang termasuk makan, tur dan tranport untuk peak season. Ini Paket Tur yang promosikan di koran2 di KL, kalau bapak tertarik nanti saya carikan infonya dan emailnya

    Untuk masa ini kartu sim yang paling murah dan hemat penggunaannya di KL adalah Digi simcard, kalau bapak nginep di daerah bukit bintang, kartu sim ini bisa dicari di sungei wang plaza. Di Plaza ini banyak ‘stall’ yang menjual hp sekaligus kartu sim. Biasanya mereka akan mendaftar data peribadi bapak yang terdapat di passport setelah itu kartu bapak diaktifkan. Kalau tinggal didaerah Kota Raya atau China Town, banyak toko-toko dipinggiran jalan yang menjual kartu GSM jadi jangan kuatir mudah untuk di dapat dan prosedurnya nggak rumit kok.

    Untuk Ibu Diani, kalau mau naik Bus dari LCCT (terminal pendaratan pesawat Air Asia) ke Bukit Bintang, Ibu bisa beli tiket sky bus (lcct – kl sentral) dan sky van (kl sentral – hotel di bukit bintang) langsung di kaunter bus di terminal LCCT harga skybus RM 9 dan skyvan RM 9.

    Semoga info dari saya berguna untuk anda semua dan selamat liburan

  12. rommya

    Hallo juga bang Eko. Wah pak, kl sampai genting ga nginap kayanya sih sayang lho. Krn harga penginapan disana setahu saya lebih murah ketimbang di KL,apalagi di SIN. Cuma,mesti booking online jauh2 hari,krn makin dekat ke peakseason makin susah dpt kamarnya. Beli SIM card gampang koq, terakhir saya kesana beli di KL, pakainya prabayar Hotlink dari Maxis,dpt sms gratis ke indo. Cuma dipinjam paspor, lalu penjualnya yg isikan,lalu aktif deh. Bisa dibawa roaming ke SIN jg lho. Selamat berjalan2..

  13. eko bambang s

    met pagi smua …khususnya buat bang Rom,
    rencananya akhir des nanti(25 s.d 30 des) saya skluarga (pasutri + 2 anak laki2 dewasa) mo jln2 ke sin n malaysia dgn gaya backpackers via batam.
    ticket CGK-BTH-CGK sdh ada di tangan, plus ticket bus aeroline SIN-KL sdh book-online.
    mengingat jadwal kami adalah peakseason, perlukah kami book-online hostel yg skedar bisa buat slonjor n numpang mandi, baik di SIN maupun di KL ? rencana mo samp genting …tapi ga inap.
    btw … kalo di SIN ato KL yg paling muirah n praktis komunikasi kami pake apa ya, mengingat kartu GSM n CDMA kami tdk terdaftar roaming int. seingat saya di SIN n KL beli nomor tdk smudah di ind ? matur-nuwun ….

  14. rommya

    Kalau senang berpetualang, akan lebih seru kalau jalan sendiri. Jika hendak ke Malaysia & Singapura sekaligus harus benar2 memanfaatkan waktu,caranya antara lain menggunakan bus/kereta malam hari jadi tdk perlu membuang waktu di perjalanan, tp saya jg blm pernah jalan malam sih. Kalau naik bus spore-KL waktu tempuhnya 5-6 jam, termasuk berhenti untuk makan. Untuk kereta, bisa dilihat di sini http://www.seat61.com/Malaysia.htm

  15. jeneffer

    dear all,
    pls dong infonya gw ke singapore dari batam 4 hari 3 malam tpi,dri batam ke singapore naik fery, trus klo mau lanjut ke malaysia enakan naik bus or kereta ya, kira2 perjalaka dri sin ke kul brp lama plz infonya ya

  16. rizki

    kemaren gw dapet tiket air asia jkt-batam-jkt Rp.355.0000 (pp)murah bgt ya bow,u bln feb 2008 tpi blm tau neh mau ikut biro wisata or jln sndiri,4 hari 4 malam kira2 cukup ga ya dari singapore mampir ke malaysia coz blk ke jktx hrs via batam lg “terlanjur beli tiket PP

  17. rommya

    Dari KLCC naik Skybus ke KL Central. Dari KL Central naik bus cari yang ke arah Bukit Bintang (kl tdk salah ada yg langsung deh). Busnya AC koq. Kalau jml rombongannya banyak (lebih dari 2 orang), boleh dipertimbangkan naik taksi.

  18. diani

    wah..infonya sangat menarik. tadinya hampir batal rencana saya untuk ke KL, tapi setelah baca info dari teman, saya jadi berangkat. oya, tolong saya di informasikan, bagaimana cara menuju hotel di daerah bukit bintang jika saya berangkat menggunakan air asia dari jakarta? apa harus booking dari jkarta? dimana saya dapat contact? terima kasih

  19. Rina

    Tanpa sengaja saya ketemu blog Bpk Rommya,saya mau bagi-bagi info ke Ibu Cindy jangan kuatir untuk datang ke Kuala Lumpur karena sampai saat ini situasi masih aman-aman saja dan banyak orang Indo yang datang ke Kuala Lumpur semasa liburan Idul Fitri ini, untuk jaga-jaga seperti saran Bpk Rommya catat no. telp kedutaan RI: 00603-2116400. Banyak orang Indo di LCCT baik yang liburan maupun TKW jadi Ibu jangan Kuatir bila mendarat di LCCT. Sampai di LCCT ibu bisa naik skybus langsung ke Kuala Lumpur seharga RM 9 satu orang untuk one way, atau ibu bisa beli tiket taksi ke Kuala Lumpur di Taksi kaunternya LCCT harganya tergantung pada destinasi Ibu. Ibu bisa lihat kaunter tersebut saat Ibu mau keluar dari Arrival Hall. Tempat-tempat wisata yang ramai seperti Bukit Bintang, Mega Mall Midvalley dan KLCC biasanya nggak akan diusik oleh anggota2 RELA, untuk hotel sebaiknya Ibu booking di daerah Bukit Bintang yang ramai dengan turis asing, kalau Ibu rencana untuk city tur di Kuala Lumpur sebaiknya Ibu beli tur dari travel agent yang ada di dekat hotel Ibu (biasanya di bukit bintang banyak travel agent yang menawarkan tur seputar kuala lumpur)daripada Ibu pergi sendiri, takutnya nanti Ibu nyasar apalagi kalau ini pertama kali Ibu ke Kuala Lumpur.

  20. rommya

    Lebih baik pantau terus berita2 ttg KL, catat nomor telp kedutaan RI utk jaga2, dan pergi ke tempat2 yg ramai dgn wisatawan, jgn ke daerah2 yg banyak penduduk asli. Saya rasa sih cukup aman ya. Kalau Ibu Cindy naik airasia, tibanya pasti di LCCT, krn semua airasia pasti ke LCCT Bu, ga mungkin mendarat di KLIA. Jadi tinggal minta dijemput di LCCT saja. Memang nih, gara2 segelintir org tdk bertanggungjawab, jadi membuat hubungan antar negara rusak. Semoga aman2 & sukses perjalanannya ya Bu.

  21. cindy

    tgl 26 oct aku mau ke KL, tapi rada ngeri jg si tentang travel warning & pasukan RELA yang suka merazia WNI, apalagi sebelumnya ada kasus istri diplomat di tangkap pasukan RELA, padahal dia sudah menunjukkan identitasnya sbg istri diplomat tapi masih di tangkap. apalagi saya hanya warga negara biasa, trz rencananya saya mau naik airasia, berarti nanti saya landing di KLIA atau LCCT? kira2 di tiket ada informasinya ga??? karena saya baru pertama kali ke KL jadi biar nanti saya minta jemputnya jelas. tp mungkin ga, yg seharusnya turun di KLIA tiba2 turun di LCCT??? mohon bantuannya om

  22. rommya

    to Ibu Rina: wah saya tdk terlalu paham ttg harga stroller di KL. Tergantung dari tempat2 wisata yg hendak Anda kunjungi, jika lebih sering di mall, maka stroller sangat membantu Anda, tp kalau lebih sering ke tempat2 yang outdoor, saya rasa lebih praktis membawa gendongan bayi yang dipasang di depan (biasanya digunakan oleh pria), sehingga lebih leluasa dalam berjalan. Tapi itu semua terserah pada Anda sekeluarga.

    to Pak Dzikri: kalau memang sudah pesan tiket, lebih baik dipergunakan saja. Sebenarnya kasus Indonesia – Malaysia merupakan masalah yg diperluas. Dan seharusnya sih pihak kepolisian Malaysia tetap memperhatikan keamanan turis2 asing, krn akan sangat berdampak pada industri pariwisata mereka. Sebaiknya pergi ke tempat2 yg aman dan tertutup seperti di mal atau tempat wisata. Hindari ke pasar2 tradisional, pemukiman penduduk, untuk menghindari hal2 yg provokatif. Selamat berlibur…

  23. Dzikri

    Om, baru-baru ini ada peringatan tentang travel warning to Malaysia karena kasus beberapa hari ini nih…., padahal aku sama ayah, ibu dan ade mo jalan- jalan ke KL. Gimana nih jadi takuuuut….

  24. rina

    Mas, kami sekeluarga mau jalan-jalan nih ke KL, bawa 2 anak, 9 th dan 2,5 th. Kira-kira perlu stroller gak untuk bawa anak yg kecil, harga disana lebih murah gak dibanding di
    Jakarta? Biar gak ribet gendong maksudnya……

  25. rommya

    Kalau asiatravel saya blm pernah coba, saya sempat beberapa kali memesan hotel di KL maupun spore via internet diantaranya adalah menggunakan http://hotels.online.com.sg, sejauh ini sih OK2 saja. Setahu saya dari kartu kredit akan mengkonfirmasi dulu ke kita setiap ada pembelanjaan via internet.

  26. cia

    Pak, kalo pesan hotel dr asiatravel itu ok ya? aman maksudnya? punya secure sistem ga dia agar ga dibobol hacker kartu kredit kita?

  27. Lukman

    Untuk Ibu Linda,
    Kalau ibu sering memantau Promo AirASIA, ibu akan melihat promo tiket murah dan Paket Tour murah.
    Tgl. 11-16 September adalah promo pemesan tiket ke seluruh jalur AIRASIA dengan start Rp. 8.888/one way… untuk Keberangkatan 8 Januari 2008 – 30 Juni 2008.

  28. Lukman

    Buat Bapak RAI,
    Kalau PASSPORT anda wilayah PADANG, PEKANBARU, RIAU, BATAM, dan anda berangkat dari wilayah tersebut, maka anda akan bebas FISKAL.
    Apabila pasport anda diluar wilayah tersebut, anda akan terkena FISKAL 1 juta dari bandara Internasional di seluruh Indonesia. Bila anda melalui BATAM – SINGAPORE anda akan terkena FISKAL 500rb. Untuk BACKPAKER, banyak sekali hotel2 yg bagus misal numbereight di malaysia (anda bisa search google).

  29. RAI

    Ehmm aku ada rencana backpaker ke Malaysia kira2 di sana ada tmpt spt pantai yg llbh indah dr pd bali g? trus klo mau bebas fiskal gmn caranya??

  30. linda

    aku mau tanya kalo paket tou untuk ke malaysia dan phuket buat awal tahun bisa di bnatu ga?
    dan bagi2 info ya ….
    thaks

  31. Lukman

    Untuk Holidays ke Singapura, sebaiknya kita tidak usah menggunakan yang besar, cukup gunakan Maskapai VALUAIR (www.valuair.com). Tiket penerbangannya mulai $39++ dan bahkan kalo PP cuma $137. Saya sering gunakan penerbangan tsb, Pelayanannya ramah, tidak berebut tempat dan dapat makanan-minuman di pesawat. Penerbangannya ONTIME, tidak spt penerbangan Indo :-P. Sistem pemesanan tiketnya sudah cangging, kita bisa pilih seat langsung online internet. jadi ngak perlu berebut kursi. Kalo saya bilang VALUAIR adalah kategori GOOD.

  32. Lukman

    Untuk bu Lia, setahu saya MUSTAFA market adanya di Singapore dehhh…. bukan di Malaysia… MUSTAFA Market di singapore bukanya 24 jam … harganya juga cukup murah… dan semua kebutuhan barang ada disana…

  33. tony

    Mas kalo boleh tolong saya dibuatkan paket sejak tiba di Airport sampai kembali ke Jakarta. 2 (dua) malam di Genting 2 (dua) malam di Kuala Lumpur, termasuk transportasi dan guide. Saya tunggu beritanya segera. Terima kasih.

  34. tony

    saya dan kel( 15 orang ) mo jalan2 ke KUL n Genting butuh 6 kamar hotel bintang 4 or 5 , juga tranport n guide buat jalan2. seta sdh ok dgn garuda jktkul tgl 24 aug. kul jkt 28 aug. apakah bisa bantu saya… tks

  35. rommya

    He..he.. tuh Pak Lukman, ada customer nyariin.. jangan lupa komisinya ya 🙂 paling tidak nanti kalau saya ke malaysia, ya diajak city tour juga. Btw sekedar saran kalau belanja barang2 sih saya rasa lebih murah di jkt, atau bahkan di spore. Tp utk makanan, Malaysia top deh.. murah meriah…

  36. lia

    Pak Lukman, bagaimana cara menghubungi anda karena tidak ada no. hp yang bisa dihubungi.
    Saya mau tanya city tour 3 hari 2 malam di kuala lumpur. Oh ya, apa bener Mustafa market barangnya murah2???
    Terima kasih.

  37. rommya

    Iya nih, udah bawa buntut dua org. Jd bisa ngebayangin kan bawa koper plus 2 anak pindah pesawat ke ferry. 😀
    Tul KL lebih mirip jakarta, macet dimana2, tp makanannya murah dibanding spore, nyamm. Taxi nya jg murah deh.

  38. Pitshu

    wee… kita kan lom punya anak, travelling anak muda (Ooopss.. sowwie yang dikasih saran bawa anak yah!).

    Hmmm… klo bawa anak – anak sih enggak juga yah ! anaknya umur berapa nich ?! hehehe

    Di KL itu klo mo jalan jalan dewek agak susah hahaha, enggak kek spore kecil. Dan KL juga lebih macet di bandingkan dengan Spore ^^

    Boleh dech artikelnya di tunggu yah !?

  39. rommya

    To Ben: Kalau saya sih carinya di website airasia, ada bbrp hotel yg kerjasama dgn airasia dan harganya lebih murah ketimbang di hotelnya langsung. Kecuali hotel di genting, lebih murah kl lewat promonya langsung. Sempat pakai hotel Maluri, not bad lah, ruangan cukup bagus dan harga hemat.

    To Pitshu: dr KL bisa naik bus ke Spore, nanti saya posting deh ceritanya.. blm pernah nyobain lewat batam sih, tp dari teman2 yg pernah lewat batam katanya cukup repot terutama kl bawa anak kecil. Tapi thanks utk info dan sarannya lho..

  40. Pitshu

    Wah klo Malaysia sih kurang tau, tapi klo di SIngapore jalan – jalan murmer bsia sih!

    Cari tiket air asian Jakarta – Batam – Jakarta, klo hoki PP kita bisa dapet tiket PP Air Asia Rp. 525.000, dari bandara Batam ke pelabuhan naik Taxi kurang lebih 90rb trus bayar fikal Rp.500.000,- naik ferry kurang lebih 150rb – 200rb (lupa hihihi) tapi itu tiket ferrinya udah PP walaupun kita cuma mo pegi doank tetep aja harganya udah PP.

    Dari pelabuhan bisa langsung naik MRT ke kota, trus cari apartemen di Lucky Plaza, disana 1 kamar untuk 3-4 orang sekitar S$65 / malam. Dan itu apartemen udah ada di pusat Singaporenya di Orchad Road sana ^^.

  41. ben

    Bos…,

    ada saran biar dpt hotel murah meriah tapi strategis n berapa kira-kira ratenya n obyek apa saja yang kudu kita sambangi, ada rencana mau ngajak anak-anak neh…Tx alot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.