Jalan Jajan Hemat

Menginap gratis saat transit di Taipei

Kami ingin membagikan pengalaman saat JJH melakukan perjalanan ke Amerika Serikat beberapa saat yang lalu. Karena menggunakan maskapai EVA air, maka penerbangan kami transit di Taipei yang merupakan hub dari maskapai ini. Jadwal ketibaan kami di Taipei adalah jam 20.45, sedangkan penerbangan lanjutan kami adalah keesokan harinya jam 19.30, sehingga kami harus bermalam di Taipei. Berdasarkan informasi dari rekan, jika terpaksa harus menginap dikarenakan jadwal transit, maka maskapai Eva Air akan menyediakan hotel secara gratis.

Pemegang paspor RI yang transit di Taipei dalam rangka penerbangan ke salah satu negara berikut ini : United States, Canada, the United Kingdom, Japan, Australia, New Zealand atau negara yang tergabung dalam area Schengan, dapat mengajukan permohonan visa Taiwan gratis untuk sekali masuk (one-time entry) secara online di sini. Silahkan dibaca syaratnya dan diisi formnya, maka kita langsung mendapatkan visa tersebut, dan dapat langsung dicetak untuk dibawa.

Saat check in di counter Eva Air di Jakarta, sempat ditanyakan apakah kami sudah membooking hotel, karena ada perbedaan hari kedatangan dan keberangkatan lanjutan (overnight transit). Kami dengan yakin #sokyakin menginformasikan bahwa kami belum membooking hotel, dan menyatakan hal tersebut sudah kewajiban dari masakapai Eva Air untuk menyediakan penginapan. Petugas sempat bingung, dan menanyakan ke atasannya. Setelah beberapa saat kemudian, diinformasikan bahwa nanti akan ditangani oleh petugas saat mendarat di Taipei. Wah deg-deg an juga nih, apakah akan mendapat fasilitas hotel atau tidak.

Setelah mendarat di Taipei, kami menuju counter transit Eva Air. Untungnya rekan saya bisa berbahasa Mandarin, sehingga mempermudah proses. Dan horee.. kami disediakan hotel gratis untuk menginap semalam. Kami diarahkan menuju ke lokasi tempat penjemputan shuttle yang akan mengantarkan kami ke hotel. Kami bertemu dengan 2 penumpang dari Indonesia yang juga diberikan penginapan gratis.

Taoyuan Airport

Hotel yang diberikan adalah City Suites Hotel yang berlokasi tidak jauh dari bandara Taoyuan. Hotelnya memang sederhana (bahkan masih pakai TV tabung), tapi cukup bersih dan nyaman.

Lobby City Suites Hotel

Kamar hotel

Masih pakai TV tabung

Ada dispenser air panas & dingin

Sarapan pagi juga tersedia sebagai fasilitas, walaupun menu makanannya tidak terlalu lengkap. (Untuk teman-teman Muslim, ada baiknya menanyakan ke pelayan perihal menu-menu makanannya, karena tidak tertulis penjelasannya).

Sarapan pagi

Pilihan makanan tanpa penjelasan

Esok harinya setelah check out, tinggal turun ke petugas receptionist, lalu infokan bahwa kita akan kembali ke airport, maka akan disediakan shuttle yang akan mengantar secara gratis. Enak ya…

Tunggu artikel berikutnya mengenai jalan-jalan sejenak di Taipei selama transit, dan juga artikel perjalanan di Amerika Serikat setelah ini…
Salam JJH

catatan : Mohon pastikan ke maskapai / agen perjalanan perihal fasilitas hotel gratis ini, karena kami tidak MENJAMIN tersedianya fasilitas tersebut.

2 thoughts on “Menginap gratis saat transit di Taipei

1. Jalan Jajan Hemat Post author

Setahu kami, selama penerbangan dalam tanggal yang sama dan tidak keluar dari area transit maka tidak diperlukan visa Taiwan. Tapi bisa dipastikan lagi untuk amannya.

2. Pertiwi

Dear JJH,
    i wanna ask something.
    saya akan melakukan perjalanan dinas akhir tahun ini ke korea dg paspor biru.
    Unfortunately saya kurang jeli melihat keterangan sehingga saya membeli tiket pulang yg mengharuskan transit di taipei selama 2jam. Apakah saya harus menggunakan visa juga? Saya tidak berencana untuk keluar bandara.