Jalan Jajan Hemat

Kampung Batik Trusmi Cirebon

Saat berlibur ke Cirebon, jangan lewatkan untuk mampir ke Trusmi. Kampung Batik Trusmi merupakan pusat industri batik di kota Cirebon, seperti kampung batik Laweyan di Solo. Sepanjang kawasan ini terdapat deretan toko dan pengrajin yang menjual aneka koleksi batik, wisatawan dapat membeli aneka batik baik dalam pakaian yang sudah jadi maupun yang masih berbentuk kain. Harganya pun bervariasi mulai dari kelas ekonomis sampai yang eksklusif.

Deretan toko di Kampung Batik Trusmi

Desain batik yang populer di Cirebon adalah Mega Mendung, Paksinaga Liman, Patran Keris, Patran Kangkung, Singa Payung, Singa Barong, Banjar Balong, Ayam Alas, Sawat Penganten, Katewono, Gunung Giwur, Simbar Menjangan, Simbar Kendo, dan lain-lain.

Ada sebuah toko besar yang bernama Toko Batik Trusmi, dan menjadi tempat tujuan utama para wisatawan, karena tokonya besar, koleksinya banyak, menjual barang oleh2 Cirebon, area parkirnya pun cukup luas, dan juga tersedia jajanan kuliner khas Cirebon.

Toko Batik Trusmi


Area Parkir cukup luas


Koleksi Batik


Tarian Gang Nam Style dibawakan oleh petugas toko

Helm pun bermotif batik 🙂


Menjual oleh2 asal garut, Chocodot

Tapi saran kami agar lebih puas, setelah berbelanja di toko Batik Trusmi, tidak ada salahnya berkunjung ke beberapa toko di deretan jalan tersebut dengan berjalan kaki.

Selamat berburu batik, salam JJH…

Kampung Batik Trusmi
Jalan Raya Trusmi Kulon
Plered Cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.