Jalan Jajan Hemat

Catatan Perjalanan ke Phi-Phi Island (Thailand)

Berikut adalah kiriman catatan perjalanan dari seorang rekan JJH, Sarah Melissa saat ke Phi-Phi Island, semoga dapat membantu teman-teman yang ingin kesana.

Tanggal 22 Januari 2011, saya dan teman berwisata ke Phi-Phi Island setelah beli paket “a-half-day tour” dari Chao Koh Group di agency depan Mall Jungceylon Patong seharga 800 Baht (hasil tawar-menawar).


Jam 7.30 kami dijemput di Lobby Hotel dengan mobil van isi 6 orang (4 orang bule dan kami ber-2). Perjalanan menempuh kurang lebih 1 jam ke Rassada Harbour (dermaga kapal menuju ke Phi-Phi).

“Rassada Harbour”

“Tiket kapal yang diberikan oleh counter Chao Koh Group di dermaga”

Kapal berangkat pukul 8.45. Fasilitas cukup bagus: ada AC, cabin luas serta bersih, kursi nyaman, TV, life jacket, tour guide, mask, snorkel, toilet, free coffee/ tea, dan snack (kecuali soft drink, sandwich, coklat serta nasi campur mesti bayar). Kapal terbagi atas 3: lantai paling atas diperuntukkan untuk orang bule yang ingin “sun-bathing”, lantai 1 dan 2 dapat juga berjemur tetapi tidak luas, serta ada indoor cabin.

Pukul 10.15 tiba di Phi-Phi Pier, bagi yang tidak ikut tour dapat turun disini, sedangkan kami melakukan perjalanan ke Maya Bay untuk berenang dan snorkeling, Monkey Beach dan Viking Cave. Menurut opini pribadi, pemandangan bawah laut di Pulau Tidung ataupun di Lombok jauh lebih bagus dibandingkan Phi-Phi Island karena banyaknya kapal yang berlabuh sehingga menyebabkan coral di Phi-Phi Island terkena baling kapal sehingga mati serta jenis ikannya kurang variatif.

Maya Bay

Snorkeling di Maya Bay kurang lebih 1 jam’an

Setelah snorkeling, dapet Snack : Semangka dan Nanas

Viking Cave

Jam 12.30 kembali ke Phi-Phi Pier untuk lunch buffet (sudah termasuk dalam paket tour) di Restaurant Chao Koh Group.
Peta Phi-Phi Island dapat ditemukan di berbagai tempat tourist information di dermaga. Keliling Phi-hi Don Village menggunakan peta pun sangat mudah, selain informatif, lokasi Phi-Phi Don Village tergolong kecil, sehingga segala sesuatu bisa ditemukan disana.
Fyi, bagi yang tidak “over-night” di Phi-Phi, acara bebas mengelilingi pulau sampai jam 14.20, karena jam 14.30 jadwal kapal terakhir untuk kembali ke Phuket *jangan telat karena kan menunggu kapal keesokan harinya*)

Air laut sangat bersih dan terlihat dari atas banyak ikan berenang

Makan siang buffet dari Chao Koh Group Restaurant

Jam 14.00 kami dijemput oleh pihak tempat kami menginap untuk dianter ke Uphill Cottage (per malam 1200 Baht termasuk AC *booking.com*). Uphill Cottage selalu full-booked room dibandingkan yang lain karena harga yang relatif lebih murah, tetapi kurang lebih 5-10 menit jarak dari penginapan sampai ke dermaga.
Sepanjang perjalanan menuju Cottage, terdapat tourist information yang menjual paket tour, akomodasi, transportasi bus/ kapal ke Phuket, Singapura, KL, Penang dsb. Semakin jauh dari dermaga, harga tiket semakin murah (jangan lupa untuk mengandalkan tawar-menawar).

Air Kamar Mandi sangat kecil keluarnya, karena penginapan di Phi-Phi rata-rata hanya memiliki 4-5 drum biru besar penyimpanan air (mungkin di daerah pantai, air bersih sangat “langka”)

Ruang kamar Uphill Cottage

Jam 16.00 kami keliling pulau: Loh Dalum Bay, Ton-Sai Bay, dan Long Beach; sekaligus belanja (konon kata orang, harga souvenir di Phi-Phi muahal sekali, tetapi sekali lagi tergantung dari kemampuan tawar-menawar). Ada kejadian lucu, penjual disana sudah dapat menebak asal kami (antara Indonesia dan Malaysia) karena sangkin “semangat” dalam menawar harga.
Di sekitar pantai, banyak bule yang berjemur “topless”, dan keliling menggunakan taxi boat atau bahkan persiapan diving ke berbagai spot.
Kami makan malam di Ciao Bella Restaurant (hasil rekomendasi Trip Advisor rate 4.5*/5*). Harga dan rasa juga oke, ramai pengunjung sampai waiting list cuman sayang pelayanan kurang “cepat”. Saya setuju dengan pernyataan dari salah satu penulis trip wisata ke Thailand, dimana mengatakan : “orang asing (bule) lebih di”perhatikan” dibandingkan orang Asia di Thailand”, kami setuju dan mengalaminya hehehehe(jangan sakit hati yaa jika ada perbedaan).

Loh Dalum Bay

Ton Sai Bay

Makan malam di Ciao Bella hasil rekomendasi Trip-Advisor 4*; pemilik restoran tersebut adalah seorang WNA yang berhasil bertahan hidup pada saat Tsunami. Beliau menerbitkan sebuah buku.

Fyi, jika kekurangan dana dapat menarik uang di berbagai ATM dengan kena charge 150 Baht/ transaksi.

Keesokan hari’nya, kami berenang di Loh Dalum Bay, air laut jernih dan sejuk. Semakin siang semakin ramai, orang bule berjemur disekeliling pantai.

Check-out “wajib” jam 11 (lewat jam 11 kena charge 200 Baht/ jam), kami makan siang di Pum Restaurant (Thai Restaurant).

Ada 3 jadwal kepulangan kembali ke Phuket menggunakan kapal : 9.30, 13.30 dan 14.30 (pilih salah satu), sebaiknya tiba 30 menit lebih awal agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman, dan tentu saja agar tidak ketinggalan kapal. Kami kembali ke Phuket, dijemput oleh minibus dan di transfer kembali ke Amber Residence di Patong Beach.

Salam JJH
@Sarah Melissa: Thanks atas info perjalanan dan juga foto2nya..

59 thoughts on “Catatan Perjalanan ke Phi-Phi Island (Thailand)

  1. aris

    Halo salam kenal…mau tanya, saya rencana pengin ke phuket dari bangkok rencana brangkat sore naik bus, sampe phuket pagi. Nah aku pngin jalan2 k pulau phi-phi. Ada gak yg tau travel yg nyediain paket ke pulau phi-phi??? *yg harganya miring tentunya, hehe. Aku sendiri

  2. Hesti

    hai smua,salam kenal. aku dan teman2 ada mw pergi ke bangkok,tp kami ingin ke pantai phi phi, mohon info utk biro travel dari bangkok ke phuket. mbak melisa minta info ya by emailku..trimakasih bnyk

  3. Nathaline

    Salam kenal mba,
    Mau tanya klo paket “half-day tour”nya termasuk tiket pulang pergi dari phuket ke phi2 island ya?
    Klo misal ketinggalan kapal, dan ikut kapal besoknya apakh baar tambah lagi? atau Bisa pake tiket yg dikasi sebelumnya waktu beli paket tour tsb?

  4. swh

    Jan nanti saya ke phuket. Sampemjam 23 an. Ad yg bisa info cara pesan tur ke phi2 islan. Katanya kalo go show tutupmjam 10. Can u gime some info? Thx u

  5. bambangtko

    Thank’s for sharing, saya juga baru tahu kalau pemandangan bawah phi phi island masih kalah sama lombok, apalagi raja ampat ya…kalau soal pelayanan orang bule, mungkin mereka pikir orang bule lebih banyak duitnya kali dari orang melayu. 😀

  6. vivi

    Mba salam kenal yah…aku minta catatan perjalanan nya jg donk lengkap ama harga2nya n hotelnya…aku brangkat april 12.2hari di phuket 2 hari di malay.waktu bentar gitu kira2 kmana aza ya mba bagusnya.thanks be4…email aku silvianevivi@yahoo.com

  7. REZAF

    Salam kenal,
    Halo aq rencana mau ke Bangkok tanggal 24 Januari 2012 besok (berangkat dari Singapore) siapa tau bisa barengan jadi aq ada kawan
    selama disana.
    Aq kembali dari Bangkok lewat KL tanggal 29 Jan 2012…. kalau sekiranya kita punya jadwal samaan, bisa barengan aja ya’
    ini ym aq reezaf_guna@yahoo.com

    ok, ditunggu kabarnya.
    Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.