Jalan Jajan Hemat

Perjalanan Johor Bahru ke Singapura

JB City Square

Jika Anda dari Johor Bahru Malaysia dan ingin melakukan perjalanan ke Singapura, cukup mudah dan murah biayanya. Anda dapat mencari taxi untuk mengantar Anda ke mal JB City Square. Anda dapat menghabiskan Ringgit Malaysia Anda disini, dan mengisi perut dan juga perbekalan Anda mengingat harga di Malaysia lebih murah ketimbang di Singapura. Setelah puas berkeliling di City Square, Anda dapat menyeberang melalui jembatan penyeberangan langsung ke JB Sentral.

Gedung JB Sentral ini belum selesai sepenuhnya (per Juli 2009), di sini nantinya akan menjadi pusat dari transportasi di Johor Bahru, kurang lebih seperti KL Sentral di Kuala Lumpur, yaitu untuk bus, KTM,Β  Bahkan lebih lengkap karena di sini juga langsung terhubung dengan imigrasi Johor dan juga luasnya kurang lebih 2x dari KL Sentral. Dibangun dengan desain yang modern, lengkap dengan infrastruktur dan fasilitasnya.

Dari JB Sentral ini Anda akan menemukan arah ke imigrasi Johor, siapkan paspor dan potongan kartu imigrasi Malaysia yang diberikan saat masuk ke Malaysia. Setelah semua beres, maka Anda turun ke bawah dan pilih bus ke Singapore yang sesuai dengan tujuan Anda. Ada bus Causeway Link Express (CW) warna kuning atau SBS Transit. Berikut data lengkap yang diambil dari wikipedia

Service Between And Notes
SBS Transit Trunk Services
160 Jurong East Bus Interchange Kota Raya II Bus Terminal (JB)
170 Queen Street Bus Terminal Larkin Bus & Taxi Terminal (JB) Red Plate
170 Kranji MRT Station Kota Raya II Bus Terminal (JB) Blue Plate
SMRT Buses Trunk Services
950 Woodlands Regional Bus Interchange Kotaraya II Bus Terminal (JB)
Causeway-Link Cross-border Services
CW1 Kranji MRT Station Larkin Bus & Taxi Terminal (JB)
CW2 Queen Street Bus Terminal Larkin Bus & Taxi Terminal (JB)
CW3 Jurong East Bus Interchange Taman Bukit Indah (JB)

Setelah membeli tiket bus, simpan selalu tiket Anda karena Anda akan membutuhkannya kembali. Bus akan berhenti di imigrasi Singapura, Woodland. Bawa semua barang2 Anda, lalu ambil dan isi form imigrasi Singapura. Perhatikan untuk mengisi dengan lengkap tempat menginap selama di Singapura, usahakan jangan menulis hostel karena Anda akan dicurigai akan menjadi imigran gelap. Imigrasi Singapura ini sedikit rewel karena banyak imigran gelap masuk melalui Johor Bahru. Hati2 dalam membawa rokok, karena banyak macam peraturan di Singapura. Setelah selesai, maka cari tempat stasiun bus Anda berada, tidak perlu bus yang sebelumnya Anda naiki. Cukup cari yang perusahaan dan rutenya sama, dan tunjukkan tiket Anda maka Anda tidak perlu membayar tiket lagi.

Harga tiket bis dari Johor Bahru : Termurah adalah bus no 170 : RM 1.7 (jam operasional dari 5.20 pagi sampai dengan jam 12.10 malam), sedangkan Causeway Link : RM 2.4 (jam operasional dari 6.30 pagi sampai jam 11 malam)
Harga tiket bis dari Singapura : Termurah adalah Bus no 170 : SGD 1.7, sedangkan Causeway Link : SGD 2.4
Estimasi harga taxi dari Queen Street (Singapura) ke Airport Senai : SGD 50
Estimasi harga taxi dari Airport Senai ke Queen Street : RM 150
(Harga diatas hanya merupakan estimasi, sangat tergantung dari operator, kondisi perjalanan dan kebijakan harga yang ditetapkan pemerintah)

Dan…. selamat datang di Singapura.. ingat ini negara dengan sejuta peraturan yang ketat. Jangan menyeberang sembarangan, jangan meludah sembarangan, dilarang makan permen karet, dilarang membawa durian ke dalam MRT, dilarang makan dan minum di MRT, menunggu taxi di tempat antrian, dll, dsb. Jangan sampai bikin malu Indonesia di negara orang ya… πŸ™‚

Salam Jalan Jajan Hemat..

Untuk informasi hotel di Johor Bahru dapat melihat posting saya disini
Untuk informasi hotel hemat di Singapura dapat melihat posting saya disini

65 thoughts on “Perjalanan Johor Bahru ke Singapura

  1. Merrya

    mau tanya. aku tanggal 28 agustus sampai 3 september mau ke singapure.
    tapi bingung buat tempat-tempat wisatanya. rencana mau nyebrang ke genting juga kalo bisa nginep juga. caranya gimana ya? soalnya baru pertama kali ke singapure juga.
    sama minta info buat aturin schedule nya ya? aku ke singapure jam 8 pagi sampai lalu pulang dari sin ke jkt tgl 3 september jam 4 sore.
    mohon di balas ya.
    thank you

  2. Pingback: welcome to my home Rute Johor Bahru ke Singapore

  3. irey

    Dear All…

    Aku tnya donks, tmn aq dpt htl di sin free bintang 4 utk 2org, nah dia ngajak 2org lg utk ikt ke sin. Kalau seandainya dlm 1 kmr htl tsbt ada 4org seharusnya standart htl itu 2org, gimana ya?
    Apa akan dikenakan denda 10x lipat dr hrga htl itu gt??

  4. Lubis

    Dari JB ke Singapore, yg murah naik bis apa ya. Kelihatannya ada jga bis yang menuju singapore dengan rute yang panjang. Kami ngingap di JB, tapi mau tahun baru di Singapore 2011, baiknya kembali naik bis atau by taxi yaaa ?

  5. sumpena

    mau jalan singkat dan mau hemat (berdua); dari jakarta (pagi)ke singapore, kemudian sore/malamnya nyebrang ke johor baru,paginya menuju KL, malamnya penerbangan terakhir ke jakrta.mohon info obyek yg mungkin bisa dikunjungi, lokasi/route transportasi,hotel.

    demikian juga kl semalam di SG dan malam berikutnya di bermalam di KL, mohon info jg obyek, lokasi/route, hotel dan estimasi biaya, mksh

  6. Liana

    Pak Rommya, saya rencana mau ke JB dari Singapore PP, pergi pagi pulang sore… kira2 tmpt2 mna ya yg menarik yg bsa sy kunjungi selama di JB. makasih pak….

  7. Rose Amsil

    Pak Rommya, saya mau ke S’pore lanjut ke KL naik kereta api. Pertimbangannya karena saya bawa bayi jd takut repot naik turun urusan imigrasinya. Kalau naik kereta malam naiknya/beli tiket distasiun mana harganya berapa ya pak?
    Kalau pilihan lainnya naik bis kira-kira repot nggak sih kalau bawa bayi? Mohon saran pak.

  8. adinda

    Pak, salam kenal.. Mohon bantuannya, saya ingin naik bis dr Bugis (SInG) ke Johor, lalu dr Johor ke KL. Dan dr KL ke Bangkok. Kira2 naik Bis apa dan berapa biayanya?
    Bisa kasih saran juga gak ya PAk, di Malaysia dan Bangkok saya mesti kemana saja (perkiraan di Malaysia 1 hr dan Bangkok 2 hr) kalau bisa beserta perkiraan biayanya juga, maklum ini baru pertama kalinya saya jalan ke LN πŸ™‚
    Terima kasih sebelumnya Pak πŸ™‚

  9. nunik

    met mlm pak,sy mau ke malay 3 mlm dan sin 2 malm dg anak2. tlg data lengkap dari JHB-Sin berikut biayanya. sy dr kl jam 07.10 ke JHB. rcn mau nginep di Lucky plz. trus malamnya mau nonton song of the sea di sentosa Island. paginya mau ke mustafa center, sin court. di Sin 2 malam. yg 1mlm sy gak tau mau kmn, tlg carikan obyek wisata yg bgs dan murah. makasih pak.

  10. syam

    @Ny.Dede : Ibu berangkat sendiri atau bawa keluarga? kalau jalan sendiri yang paling murah adalah dari changi naik MRT turun di Bugis lalu jalan ke terminal bus/taxi yang ke JB di Rochor Canal Road.Naik bus dari situ langsung ke Terminal Bus Larkin di JB.Dari larkin banyak bus yang ke KL dari klas executive (double decker) sampai yang kelas biasa.Harga tiketnya 50 % lebih murah daripada kalau kita naik dari singapore.perjalanan dari JB-KL kurang lebih 4 jam.
    Bus yang dari JB biasanya masuk ke KL di Terminal Pudu Raya.Tetapi untuk sementara dipindahkan di Bukit Jalil (karena terminal Pudu sedang direnovasi).Nanti dari bukit jalil,kalau ke pusat KL bisa naik taxi atau naik Rapid KL dari Stasiun Bukit Jalil.
    Kalau dari pusat KL ke genting lebih baik berangkat ke sananya pakai taxi karena lebih praktis.baru kalau turun dari sana banyak alternatif bisa pakai taxi atau bus.

  11. syam

    @ Lenny : nginep di hotel yang dekat dengan stasiun MRT yang NS/North East line.Karena kalau mau ke Universal Studio dengan murah dan nyaman paling enak naik MRT sampai harbourfront.Kalau pakai NE line udah ngak pindah MRT.Dari harbourfront tinggal nyambung pakai Monorel atau Bus ke Sentosa.

  12. Dede

    Met siang dan met kenal bang romm, mohon info skedul detail (nama terminal untuk masing-masing jenis bis/Taxi/ka/motoboat, ratenya dari yang termurah – tertinggt, dan proses imigrasinya diantaranya :

    1. SIn-KL/JB dll
    2. KL-SIN dll
    3. Dan mohon pemaparan tour yang menarik yang paling efektif selama di KL berikut info hotel yang harga termurah untuk bintang dua digenting dan KL.

    setelah Bang romm paparkan dan saya pelajari segera saya mau booking via bang romm.

    mohon dengan sangat jawaban dari bang romm karena saya harus segera mengarange skedul saya 5 – 12 des 10( 5-8 brd di sin)trs lanjut Kl/genting dll. pswt jkt-sin sdh ada jam 06.30-09.15 sedangkan u tgl 12 des 10 sy belum book pswt krn menunggu skedul dari bang romm saya akan menssesuaikan info dr bang romm.

    sekali lagi mohon amat saya jawaban dengan amat segera. tks byk atas kebaikan bang romm. sebenarnya saya sdh krm bbrp kali email ke bang romm tapi pai skg belum ada jawabannya.

    Wass

    Ny. Dede

  13. ansyori

    mas… saya baru gabung ne/…

    da yang mau ditanya ne mas/….

    kira2 bawa uang brapa ya buat travel ke malaysia mas..

    karena saya belum tau sama sekali..
    and kalo kita sampai di air port kuala lumpur.. tu biaya bandara n lain2 yang mesti dibayar brapa ya mas? mohon pencerahannya mas….

    tolong mas

    komfirmasi ke email ya mas
    thanks atas batuannya mas

  14. lindo

    selamat siang pak
    Mau nanya, kalau naik bis dari johor Baru ke Singapura ? , apakah ada yang langsung turun ke airport, saya bulan agustus mau pulang dari JB- Singapura-Denpasar bali ?
    many thanks

  15. azalia afiff

    selamat sore pak.
    Saya ada rencana mau ke malaysia naik bus . harga busnya berapa ya?
    Terima kasih ya pak

  16. suryaman

    Sealamt pagi Pak,

    Saya minggu ini akan ke johor bahru dari singapore meski sudah beberapakali ke jhb tapi saya belum pernah nginap,kali ini saya ada rencana nginap di jhb kira kira ada nggak bugdge hotel murah dan bersih seperti di Bukit bintang Kl aya rencana semalam saja di JHb otw ke Kl ,thanks pak untuk infonya.salam

    Suryaman jakarta indonesia

  17. fifi

    numpang tanya pak…
    saya akan ke singapore pada bulan mei 2010 nanti, disarankan oleh teman menginap di johor baru. apakah memang hal itu memungkinkan?
    maksud saya, pagi keluar imigrasi malaysia masuk s.pore dan malamnya keluar s.pore masuk malaysia, dan itu dilakukan beberapa hari? apakah nanti tidak ditanya macam macam oleh petugas imigrasinya? dan apakah ada batas jamnya untuk keluar/masuk itu pak? maap pertanyaannya agak panjang… terima kasih sebelumnya

  18. maria

    buat Harjo, mau nanya urusan di custom lama nggak ? dari pengalaman, enaknya ke JB jam berapa ya…
    buat novi, sharring dong pengalamannya, jadi ke JB ?

  19. Haddy

    sorry mo nanya nihh kalo di kuala lumpur ada city tour ga? kalo ada dimana tempatnya………
    tq

  20. santi

    numpang nanya juga pak, saya mau ke KL tgl 20 maret ini, kira-kira 3 hari cukup enggak pak kalo ke genting highland,petronas twin tower, batu caves dan taman negara.enaknya kemana dulu ya? penerbangan saya jam 11 siang nyampe malaysia.
    terima kasih sebelumnya…

  21. shima

    Numpang tanya nih pak…
    saya agak bingung, kalo dari changi mo ke johor by bus, lebih enak lewat terminal queen street ato kranji ya?
    hasil searching di google, bus CW2 (ongkos SG$ 3) itu hanya ada di queen street ajah, ga lewat kranji…
    perkiraan waktu lebih cepat mana antara changi-kranji-johor dengan changi-queen street-johor…
    mohon pencerahan…
    terima kasih sebelumnya…

    salam,
    -shima-

  22. lina

    Maaf mau tanya, saya naik lion ke KL nah dari airport ke bukit bintang naik apa yah? lalu dari bukit bintang mau ke genting naik apa lagi yang murah , trus dari genting langsung ke Spore naik apa lagi yg murah juga dan harus apa saja dari KL ke spore prosedurenya. Thanks pak.

  23. alung

    maaf tumpang tanya…. Saya ada rencana mau ke Malay trus mau singgah sing. Hotel yg murah meriah apa ya? brp kira2. thx

  24. lily

    Buat pak Rommya dan Reno thanks ya, saya sdh contact air asia dan dapat penggantian jadwal jadi SBY-KL terus lanjut KL-JB terpaksa deh nginep semalem di sepang ( hotel concorde inn ) krn ke Jb flightnya pagi jadinya agak ribet dan biaya lagi deh

  25. Renno

    Betul pak rommya, saya juga mengalami hal yg sama belum lama ini, penerbangan air asia gak sampai di cancel paling di pindah jadwalnya, waktu itu schedulnya jadi maju harusnya berangkat tgl 3 maju dua hari jadi tgl 1. sebaiknya segera menghubungi call center-nya air asia u/ mendapatkan penjelasan lebih lengkap.
    Salam,
    Renno

  26. rommya Post author

    @lily : apakah jadwalnya diganti atau di cancel tanpa ada penggantian ? Karena yg pernah saya alami adalah perubahan jadwal penerbangan oleh AirAsia, tapi tidak sampai di cancel. Ibu bisa menghubungi kantor AirAsia di no telpon : (021) 50505088 untuk meminta penjelasannya.

  27. lily

    tlg tanya ya lagi bingung nih…ini penerbangan air asia bln feb. sby-johor dicancel padahal hotel sdh booking dan sdh bayar juga rencana semua sdh mateng what shoukl i do? kasihan anak2 … kok bisa2nya cancel seenakknya gitu..pls help..

  28. harjo

    @Novi, Ada beberapa tempat di Sin yang tidak dilewati sama public transport, jadinya harus naik taksi, atau kalau mau maksain naik bus/MRT harus jalan kaki yang lumayan jauh dari stasiunnya, contohnya kalau mau ke Science center.
    Kalau mau ke vivo,sentosa,esplanade, dan quay bisa naik MRT (beli single trip juga oke). Ke vivo turun di harbour front dan stasiunnya nempel ama vivo trus tinggal naik monorail ke sentosa. Kalau Quay yah turun di Quay langsung deh ketemu Singapore River dan ke esplanade bisa turun di Raffles trus jalan kaki bisa lewat underground (asik loh full ac dan banyak toko2 kayak mall) atau bisa jalan kaki lewat suntec city trus ke milenia walk dan tembus ke esplanade juga sih..Kalau ke Sin mah enakan naik MRT dan trus jalan kaki (sambil windows shopping) daripada naik taksi.
    Ke JB kan udah pernah dijelasin diatas.

  29. novi

    punten..mau nanya lagi nih.. saya kan ntar nginep di orchard (usual place:lucky plaza).. untuk kartu2an transportasi, ditawarkan beberapa opsi ada EZ-Link, singapore tourist pass, hippo tours.. which one that i should buy and very2 useful yah?? biar ga sia2 beli, kan lumayan juga.
    Itinerary sih standar sm spt org2 yg ke sg (apalagi ini 1st time), saya akan ke JB, science centre, snow city, vivo, sentosa, esplanade, quay, etc. Yg pst akan banyak menggunakan bus & MRT.. Thanks a bunch yaaaa πŸ™‚

  30. harjo

    Sip… tenang aja.. jangan disamain terminal bis ama imigrasi yang di Sin – JB ama disini… beda jauh.. Pokoke aman daaaaahh..

  31. novi

    mau beli sepatu gitu..hehe.. ya ga banyak2 sih.. takut aja kenapa2.. first time juga ke sg hanya berdua sm adek, bonek nyebrang ke JB.hehe.
    DOAKAN SAYA! πŸ˜€

  32. harjo

    @novi, kayaknya imigrasi JB-Sin oke2 aja deh. Gw bawa belanjaan banyak bener lancar2 aja.. Lagipula seberapa banyak sih belanjaan kita? kan kalau bawa barang bawaan banyak2 dan mesti naik turun bis serta lewatin imigrasi agak repot juga.

  33. novi

    Mau tanya, saya berencana ke SG minggu depan dan mau sekalian jalan2 sehari ke JB.. Apakah ada masalah jika kita berbelanja dari JB dan membawa ke SG?? Apakah ada tambahan tax yg diminta di perbatasan? Mohon infonya..agak takut juga, males kl bersitegang nantinya kl emang ada masalah2 yg bisa muncul karena belanjaan dari JB. Thx>

  34. harjo

    Mo cerita pengalaman akhir desember 2009 kemarin, ke JB dari Singapore naik bus SJB (Singapore Johor Bahru).
    Sengaja milih SJB karena kalau pake bis lain yang warna kuning (CW) atau bis SBS lebih nyaman dan lebih sepi.. dan juga waktu antri bus nya lebih pendek.
    Dari Singapore naik bis SJB bayar S$2,5/orang dan naik dari terminal di daerah Bugis (seberang MRT Bugis) terus bis berangkat lewat jalan tol ke Woodland, sampe di imigrasi turun (stempel paspor) dan naik bisa yang sama ke city Square.
    Kalau baliknya lebih murah sekitar RM2,5 (bisa SJB juga) dan seperti biasa diantar sampai pangkalannya di Bugis Singapore.

  35. rommya Post author

    Maaf baru saya jawab pertanyaan2nya, untuk Spore-Johor secara jarak sangat dekat, hanya melewati jembatan saja. Tapi waktu yang dibutuhkan adalah saat kita melewati imigrasi kedua negara tsb. Jadi kurang lebih sekitar 1 jam – 2 jam, tergantung dari antrian di imigrasi.
    Informasi harga tiket saya update dalam postingan saya. Terima kasih

  36. glamond

    Tempat2 apa yg bisa kita kunjungi di JB?
    ada rekomendasi hostel di JB?
    Apakah bus JB-Sin-JB selalu memiliki banyak frekuensi dalam 1 hari?
    Thanks

  37. ferry adrian

    Tolong tanya informasi ya
    Berapa jam dari Singapura ke Johor Bahru?
    Berapa harga tiket bis per orang?kalo bisa termasuk J,Bahru ke Singapore juga
    Dimana beli tiket bis dan Stasiun-nya?
    Apa benar di imigrasi Johor Bahru diminta uang?
    Berapa jam dan jarak dari imigrasi ke Mal itu? Naik apa?
    Mohon informasinya.
    rencananya sih sy tiba singpore dan besoknya mau ke Johorbahru P.P
    Terima kasih bp Rommy, saya tunggu balasannya.

  38. ibu suti

    Yth Bp. Rom,

    Tolong tanya informasi ya
    Berapa jam dari Singapura ke Johor Bahru?
    Berapa harga tiket bis per orang?
    Dimana beli tiket bis dan Stasiun-nya?
    Apa benar di imigrasi Johor Bahru diminta uang?
    Berapa jam dan jarak dari imigrasi ke Mal itu? Naik apa?
    Mohon informasinya.

    Terima kasih, saya tunggu balasannya.
    Salam, Ibu Suti

  39. rommya Post author

    @Jakup H. : Trims atas infonya
    @Fay: Karena melewati imigrasi antar negara, maka semua bagasi memang harus ikut turun naik utk pemeriksaan.
    Umumnya max taxi 4 org, coba saja dinego krn tambahannya kan hanya anak kecil.
    @dwi: nanti saya cari informasinya dulu ya
    @devina: sebaiknya sih sdh ada hotel yg di booking dulu. Apalagi kalau ini adalah kedatangan pertama ke negara tsb, suka tanya macam2 gitu lah. Atau masukkan alamat teman utk menginap (tapi harus benar2 alamatnya valid).

  40. devina

    klo ga bole nulis hostel jadi nulisnya apa donk hotel gitu ya?klo hotelnya dmn nyabelum di tentukan bagaimana donk apa juga ttp harus di tulis dmn akan tinggalnya nanti?padhal kan blm booking hotel.

  41. dwi

    Pak Rommya,
    Mohon informasinya, saya ingin ke malaysia tahun depan (2010) melalui Johor Baru. Sepertinya saya sampai Johor Baru sekitar jam 11 malam, apakah masih ada bis yang berangkat sekitar jam 12 malam ke Kuala Lumpur, apabila masih apakah harga bis tersebut sama dengan harga pada siang atau sore hari. Apabila saya naik taxi dari Bandaran Senai (johor Baru) ke terminal larkin sekitar berapa ya….

    Saya sangat menunggu informasi Bapak, Sebelum dan sesudahnya terima kasih banyak.

    Dwi

  42. Fay

    Dengar dari teman-teman, kalau naik bus dr JB ke Singapore ribet, karena harus naik turun bus u/ imigrasi. Bagasi juga ikut turun naik. Apa benar ? Karena naik taxi dan naik bus lumayan beda harganya, he..he..he.. Btw, naik taxi ke Singapore ber 5 (4 dewasa, 1 anak 8 tahun), bisa gak ya ? Atau harus naik 2 taxi ?

  43. Jakup.H

    Harga bus dari JohorBaru ke Woodland-Singapura Rm 2.50 terus menggunakan MRT langsung ke Orchard Road $.2.85 TP di stasiun tujuan jangan lupa masukan kartu tiket anda kemesin dan otomatis $.1 balik kedalam kocek anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.