Jalan Jajan Hemat

Tempat Wisata di Bali

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki pemandangan yang indah, dikelilingi oleh pantai berpasir putih (bandingkan dengan pantai Ancol-Jakarta), memiliki banyak sekali pura dan bangunan bersejarah lainnya, sehingga Bali memiliki daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun manca negara. Ada yang mengatakan bahwa di Bali kita dapat menjumpai orang dari negara manapun di dunia, Perancis, Amerika, Australia, Jepang, Korea, Taiwan, Arab, pokoknya semua dapat kita temui di sini. Jadi jangan merasa mengaku bangsa Indonesia, kalau Anda sudah pernah ke luar negeri tapi belum pernah ke Bali. Lah orang luar negeri saja jauh2 datang ke Bali, masa kita yang di dalam negeri malah belum pernah kesana. Apa kata dunia ??  😀

Ada beberapa tempat wisata yang pada umumnya dikunjungi selama berlibur di Bali :

  • Ground ZeroGround zero, ini adalah monumen bom Bali pertama. Disana terpampang nama-nama korban bom bali, Anda akan menjumpai monumen ini dalam perjalanan menuju pantai Kuta. Semoga tidak ada lagi kekacauan di Bali, karena dari informasi yang kami dapat dari penduduk di sana, pariwisata Bali sangat terpukul dengan adanya bom bali 1 dan 2. Turis asing yang datang berkurang drastis, dan banyak pengusaha yang gulung tikar. Padahal mayoritas penduduk Bali bergantung pada usaha pariwisata.

  • Jalan Pantai Kuta

    Jalan Pantai Kuta

    Sepanjang jalan menuju pantai Kuta terdapat deretan bar, resto, hotel dan juga toko-toko yang menjual pakaian, lukisan, barang seni, dll. Tapi JalanJajanHemat menyarankan untuk membeli oleh2 di kawasan lainnya karena sebenarnya target pembeli di kawasan ini adalah turis asing. Harga barang disini dapat dikatakan cukup tinggi. Mengapa ?? Karena harga sewa toko di kawasan ini harganya selangit lho..

  • Pantai Kuta

    Pantai Kuta

    Pantai Kuta. Ini adalah pantai wajib bagi para turis. Pantai ini memiliki ombak yang bagus, sehingga banyak peselancar bermain di pantai ini. Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan manca negara, umumnya mereka berenang, berjemur, surfing, berlari sepanjang pantai. Untuk masuk ke dalam kawasan ini tidak dipungut bayaran, paling hanya biaya parkir saja. Di pantai ini, Anda akan mendapati para penjaja jasa pijat, mengepang rambut, temporary tatoo, sewa kursi, wah pokoknya ramai sekali disana. Jika Anda hanya berlibur singkat tapi ingin merasakan pantai ini, nikmatilah beberapa saat saja, ingat kita ingin liburan kan ?  Bukan mau berenang … 😀


  • Hardrock hotel

    Hardrock hotel

    Hardrock hotel, di tempat ini Anda dapat berenang di kolam yang besar dan nyaman. Kolam renangnya berair hangat lho, jadi jangan khawatir kalau Anda renang sampai malam. Di tengah kolam ada area yang berpasir, cukup unik, karena pasir tersebut sangat bersih dan tidak membuat kotor kolam. Ada air terjun, ada kolam anak yang dilengkapi seluncuran, dan bahkan dipasang layar projector yang menayangkan film. Kamar gantinya pun bagus, handuk, sabun semua tersedia lengkap. Namun harga tiket masuk kolam renang disini lumayan mahal, 100 ribu per orang. Selain kolam renang, di sini juga terdapat spa, gym, kafe, bahkan ada radio hard rock bali lho di dalamnya, kita dapat melihat mereka sedang on air.

Pada umumnya, paket tur akan menggabungkan tempat wisata di bawah ini ke dalam 1 paket yaitu: Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), pantai dream land, pura uluwatu dan terakhir makan malam sambil melihat matahari terbenam di Jimbaran.

  • Tanjung Benoa. Di pantai ini kita dapat melakukan banyak olahraga air, seperti jetski, parasailing (parasut yang ditarik oleh speedboat), banana boat, flying fish (tadinya saya pikir permainan ini biasa saja, tapi setelah melihatnya langsung bagaimana permainannya, wauw.. seru banget), diving, bottom glass boat. Anda dapat menyewa kapal yang di dasarnya dipasang kaca sehingga dapat melihat ke dalam air. Hati-hati saat menyewa, harga price list yang ada itu dapat ditawar gila-gilaan. Untungnya sebelum berangkat saya sempat browsing dan mencari informasi harga permainan2 tersebut. Berikut adalah beberapa harga yang sempat saya dapatkan di internet (Juli 2008)
  • Parasailing : Rp 55.000 / orang
  • Banana boat : Rp 50.000 / orang (min 2 org)
  • Flying fish : Rp 120.000 / orang (min 2 org)
  • Water skiing : Rp 110.000 / org, 15 menit
  • Snorkeling : Rp 90.000 / org (min 2 org)
  • Diving : Rp 235.000 / org
  • Glass bottom boat : Rp 250.000 / boat (max 10 org)
  • Dolphin tour : Rp 500.000 / orang / 4 jam

Tanjung BenoaWaktu saya tanya ke salah satu operator, untuk sewa bottom glass boat dikenakan Rp 500.000 / perahu, untungnya saya sudah tahu harga2 ini sebelumnya, setelah tawar menawar akhirnya jatuh di harga Rp 250.000 / perahu. Dengan menggunakan perahu tersebut, kita dapat melihat ke dasar laut, memberi makan ikan dengan roti tawar yang sudah disediakan dan juga sekaligus mengunjungi tempat penangkaran penyu (ada beberapa tempat). Disana kita dapat berfoto bersama binatang-binatang seperti ular, burung, kelelawar dan penyu tentunya. Di pulau tersebut juga terdapat kerajinan-kerajinan, juga menjual kelapa muda untuk menghilangkan haus. Masuk ke pulau ini dikenakan biaya Rp 2.000 / org yang katanya untuk pemeliharaan binatang-binatang disana. JJH merekomendasikan ke tempat ini..

Operator yang kami pakai : Benoa Marine Recreation (BMR Dive & Water Sport), Jl Pratama No. 99X, phone : (0361)771757

  • GWKGaruda Wisnu Kencana (GWK). Berada di daerah Jimbaran, bagian Selatan pulau Bali, di sini akan dibangun patung besar yang berbentuk dewa Wisnu yang sedang duduk di atas burung garuda. Saat Juli 2008, bagian patung raksasa yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta tersebut masih terpisah, patung dewa Wisnu, patung garuda dan juga tangan dewa Wisnu. Patung ini akan menjadi suatu simbol sama seperti patung Liberty di Amerika. Lokasinya di atas bukit, cukup indah pemandangan di sana. GWK juga dilengkapi dengan areal untuk teater yang menampilkan sendra tari Bali (tergantung jadwal pertunjukan). Di depan gerbang masuk, disambut oleh musik Bali yang mengiringi 2 orang penari Bali yang menyambut tamu. Tidak ketinggalan di GWK terdapat beberapa toko, kios makanan bahkan factory outlet (tempat idola ibu-ibu). Beberapa operator tour menjadikan GWK lokasi untuk makan sore sambil menikmati matahari terbenam. Tiket masuk Rp 15.000 / orang + mobil Rp 5.000. Agak mahal untuk masuk ke tempat ini, tapi jika patung ini sudah jadi, maka tempat ini pasti menjadi ‘tempat wajib dikunjungi’.
  • Dreamland BaliPantai Dreamland. Berada satu arah dengan GWK, di tempat ini terlihat sedang dibangun hotel dan resor berbintang. Kawasan ini dulu ‘digarap’ oleh Tommy Suharto, namun terbengkalai setelah rezim Orde Baru tumbang. Terlihat pantai ini lebih bersih dibandingkan dengan pantai Kuta, dan lebih banyak turis asing ketimbang turis lokal. Tapi menurut saya cukup jauh jarak yang perlu ditempuh untuk mencapai pantai ini dan lokasinya agak terpencil. (Atau mungkin hal ini yang dicari oleh turis-turis asing tersebut?). Jika nanti proyek hotel dan resor sudah selesai, pasti pantai ini akan lebih ramai dikunjungi. Untuk masuk ke kawasan ini, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja sebesar Rp 2.000 untuk mobil. Menurut JJH, kalau Anda tidak suka renang sebaiknya tidak perlu ke tempat ini.
  • Pura luhur UluwatuPura Luhur Uluwatu. Pura ini terletak di ujung paling Barat semenanjung bukit, itu sebabnya disebut Ulu yang berarti ujung dan watu yang artinya batu. Pura ini berada di atas batu karang yang menjorok ke laut. Pemandangan dari sini luaaarrr biaasaa.. JJH merekomendasikan tempat ini. Sebelum masuk ke lokasi, tiap pengunjung diminta untuk mengenakan selendang (dan ditambah kain bagi yang menggunakan celana pendek) sebagai penghormatan kepada leluhur yang berada di lokasi tersebut. Pura ini dikelilingi oleh hutan yang didalamnya terdapat monyet-monyet yang konon merupakan pengikut setia sang Pendeta suci yang ditugaskan untuk menjaga pura luhur Uluwatu. Hati-hati dengan barang bawaan Anda: topi, kacamata, kamera, kalung, anting disarankan untuk disimpan di tempat yang aman. Karena monyet-monyet ini terkadang iseng dan mengambil barang-barang tersebut dari tangan turis. Banyak yang mengambil ranting untuk dibawa dengan tujuan menghindari dari tangan jahil sang monyet, tapi ingat jangan mengganggu/menyakiti monyet-monyet tersebut. Disana juga ada pertunjukan tari kecak (dengan tambahan biaya) yang berlokasi di ujung tebing. Wah pokoknya akan terdengar decakan kagum dari tiap pengunjung yang datang kesini. Untuk tiket masuk ke lokasi ini hanya sebesar Rp 3.000 saja.

Nah untuk paket tur berikutnya, biasanya digabungkan antara Tanah Lot, Bedugul, Taman Ayun (ada juga yang menggabungkan dengan Kintamani), dan kalau kita sewa mobil bisa juga diarahkan langsung ke Ubud, Celuk, Pasar Sukowati.

Tanah Lot

Tanah Lot

  • Tanah Lot. Tempat ini berada di Desa Beraban, 13 km arah barat dari Tabanan. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang menurut JJH wajib dikunjungi. Disana terdapat dua pura, yang satu terletak di atas bongkahan batu, dan satunya berada di tebing. Kalau air surut, kita dapat berjalan menyeberangi ke pura yang berada di tengah pantai tersebut, tapi tidak boleh masuk kecuali untuk berdoa. Di bawah tebing terdapat areal ular suci. Konon kabarnya ular tersebut berasal dari selendang sang pendiri pura, Danghyang Nirarta sebagai penjaga pura. Banyak yang suka menikmati matahari terbenam di tempat ini.. Kalau dipikir2 di Bali itu lebih banyak tempat untuk Sunset ya ? 🙂 Tiket masuk ke tempat ini Rp 7.500/dewasa dan Rp 5.000/anak2, sedangkan untuk turis asing Rp. 10.000/orang.
Bedugul

Bedugul

  • Bedugul. Tempat ini berada di atas bukit, sehingga suhu disana sangat sejuk, 18 derajat celcius lho (serasa di Lembang, Bandung). Disana juga terdapat danau Beratan, Anda memiliki 2 pilihan, turun di dermaga (biasanya dilakukan rombongan turis lokal), lalu melakukan wisata air mengelilingi pura Ulundanu, atau langsung mengunjungi ke dalam pura Ulundanu, dan melihat danaunya (biasanya dilakukan turis perorangan atau turis asing). JJH merekomendasikan untuk masuk ke dalam kawasan pura Ulundanu, karena kita dapat menikmati pemandangan yang lebih indah. Tiket masuk Rp 7.500 untuk domestik dan Rp 10.000 untuk turis asing.
  • Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun

    Pura Taman Ayun. Pura yang berarti “Taman Indah” ini terletak di desa Mengwi, Badung. Pura ini dikelilingi parit kecil yang konon sering dilalui oleh dayang-dayang istana dengan menggunakan perahu kecil. Di tengahnya terdapat tugu air mancur yang mengarah ke 9 mata angin. Terdapat menara yaitu bale kul-kul dimana Anda dapat naik ke atasnya, dan melihat pemandangan di sekitar lokasi dengan mudah.  Harga tiket masuk Rp 3.000 / orang. Tapi maaf, menurut JJH tempat ini tidak terlalu istimewa.

Pengrajin patung di Bali

Pengrajin patung di Bali

  • Jika Anda suka dengan benda-benda seni, Anda mungkin mau mengunjungi Tohpati (kerajinan batik), Celuk (pengrajin perak), Batuan (seni lukis), Kemenuh (pematung kayu), Ubud Art Market (Museum Renaissance BLANCO). Dan juga jika diperhatikan banyak sekali pengrajin patung Budha di Bali, padahal disana kan beraga Hindu ? Saat JJH tanyakan kepada sopir sekaligus pemandu wisata, para pengrajin tersebut datang dari luar Bali, dan karena banyaknya tamu asing yang tertarik dengan patung Budha, maka pengrajin tersebut menjamur di Bali.

Tunggu terus update tempat-tempat wisata Bali di Jalan Jajan Hemat..


203 thoughts on “Tempat Wisata di Bali

  1. Irene

    Tahun depan saya mau liburan ke bali , penginapan dan sewa bis yg muatan 15 orang dan supir dimananya? Berapa bajet yg harus di siapkan ? Ada tdk 15jt ?

  2. rifky

    Harga2 di warung makan , yg ad di tempat wisatanya jga donk … Jdi bisa mikirin brapa bajed kalau seharian jalan . Hehe

  3. JUMAIDI

    saya dan keluarga berencana ke Bali tgl 24 sd 27 des 2012, membawa kendaraan sendiri. mohon info hotel strategis yg bisa menjangkau sebagian tempat wisata. dan mohon info tempat wisata budaya yang cocok utk keluarga, trims

  4. astin astanti

    tengkiu informasinya…. sepertinya terjawab apa yang saya cari-cari…sedang merencanakan wisata ke bali,.

  5. DANIA TRINI MUTIARA SARI

    MINGGU BESOK SAYA MAU KESANA LAGI AHAHAHAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  6. riska septianita

    saya berencana tgl 4 oct bsk liburan ke bali,skrang sya lg cb search seputar bali,yg pnya info lokasi penginapan murah dan tempat wisata di bali please tell me cz penting bgt buat refrensi sya,thanks…

  7. christee

    Bagi yg bosen muter” di Kuta, boleh coba ke Karangasem – Bali : Taman Air Tirta Gangga dan Pulangnya mampir ke Taman Ujung Soekasada…Tiket masuknya cuma 5000 perak. Bener” indah dan kebanyakan malah turis mancanegara yg sampe ke sana…Perjalanan dari Kuta cuma sekitar 1 Jam 45 menit kalau terjebak macet dan jalan mobilnya sedang” saja.Perjalanan ke sana melewati banyak pemandangan pantai yg indah.Jgn lupa jg kuliner sate lilit Ikan Mertha sari (500 mtr-an sblm goa lawah ada pertigaan belok kiri jika dari kuta), cuma 20ribu per paket, enak dan tidak amis.

  8. Romanza Amelia

    wah memang dari dulu sampai sekarang bali adalah tempat yang paling di sukai untuk tour dan traveling, pulau yang di kelilingi banyak lautan dn berbagai tempat wisata seperti, pantai kuta,legian,tanah lot,sanur dll masih banyak lagi tempat wisatanya kalau di sebutin satu2 bisa2 1 hari saya ngetik hihihi,, saya pernah kawan membaca di web jimbaran hotels , banyak saya melihat2 situsnya banyak villa,kolam renang fasilitasnya memang memuaskan sekali jika di lihat … hehehe saya belum pernah kesana soalnya kawand… ada yang punya usul’an silahkan kawand agar saya dapat lebih banyak informasi mengenai wisata di pulau nan dewata indah ini :).

  9. suhendi

    untuk temen-temen yang akan berlibur ke bali n mau tempat nginap yang murah meriah saya informasikan/dianjurkan untuk :
    1.Pantai Sanur : ambil di mess WERDAPURE tuk jenis kamar cotage,Familly,Siswa. harga dari 150 rb s/d 350 rb/ malam,
    2. Pantai kuta : ambil di mess BIMA 1 dan BIMA 2 harga kamar sda. SLAMAT MENIKMATI………..

  10. made

    bali memang begitu indah buat semua orang yang pernah mengunjunginya, tapi aq yang asli kelahiran bali masih belum merasakannya indah nya pulau dewata bali, tapi aq tak putus asa suatu saat aq pasti kembali bersama keluarga aq and membangun serta menata nya supaya lebih asri dari sekarang gito lo,…………….

  11. Gittuanistya

    maaf mau tanya, kalau biaya 3 hari 2 malam ke Bali budget minimal yang harus dikeluarkan berapa (untuk 2 orang) ? sudah termasuk transport dan penginapan . terimakasih ^_^

  12. agam yudita

    bli mnurut gw pantai yg plng indah men
    suasa na sngat sjuk
    banyak bule yg lg berjemur
    mnurut gw itu pmandangan yg pling indah

  13. laura

    Saya taun dpan ♍àΰ kbali bulan madu,,tlng
    Info nya donkk tempat Чά‎​πƍ nyaman απϑ romantiss Ĵů9ª.
    Thanks JJH

  14. indra

    Tolong infonya donk, kalau ada rencana group trip sekitar 40 orang ke Bali dengan menggunakan Bus apakah available untuk menuju ke Bedugul? kemudian, untuk rencana susunan acaranya kami ingin mengunjungi Bedugul, nonton tari2xan Bali (kecak atau Barong), mengunjungi Pura Hindu yang letaknya diatas tebing pinggir laut, mengunjungi pusat kerajinan Bali (patung atau perak), pusat oleh2x Bali. kira2x apakah bisa dibantu untuk ittinerarynya yang searah dan cukup dijelajahi dalam waktu 1 hari full (start from 08.00 – 21.00)? trims

  15. Dame

    kmrn wktu saya liburan ke Bali , saya ke pantai kuta . yg saya herankan kok pantai kuta nya udh kotor ya pantai nya ??

  16. rury perdana

    Saya dan istri berencana ke bali 17-20 mei 2012, ada saran hotel murah di daerah kuta/legian?

  17. Niken

    saya mo ke bali desember ini dg suami n BB 1th
    dimana ya tempat yg cocok tuk kami berlibur sedangkan kita nginapnya d novotel nusa dua…

    Plz advise lah ya….sekalian berapa costnya kalo mo masuk k tempat wisatanya..budget pas2 an nih…

    thx-nikz

  18. deta

    Ada homestay (bed and breakfast) only. Lokasi Kerobokan-Kuta. 15 menit naik motor ke pantai Kuta. SETYA JAYA ABADI homestay. Cuma 300-350 ribu / malam. Fasilitas : King bed, AC, air hangat, TV. Utk info lebih jauh Hubungi : ITA no hp. 081337927809 . Tersedia paket wisata juga.. Happy Holiday..

  19. Pingback: Objek Wisata di Bali « indonesian tourist destination

  20. Sonny

    Tks infonya JJH, membantu sangat. Rencana tgl 30 nov sy bersama istri N ank akan ke bali. Bs tlg bantu tempat wisata yg alami serta modern yg wajib di kunjungi termasuk hotel murah, rate IDR 200 – 250. Mgkn info – info lain yg menarik ttg Bali. Tks a lot JJH

  21. ludmila

    tgl 11 nov saya berencana berlibur k bali bersama kakak n anak2..tolong infonyanya dunk tempat yg wajib d kunjungi slama 4hr 3 malam dsana.kami menginap d legian..terima kasih

  22. ludmila

    tgl 11 nov saya berencana berlibur k bali bersama kakak n anak2..tolong infonyanya dunk tempat yg wajib d kunjungi slama 4hr 3 malam dsana.kami menginap d legian..terima kasih

  23. ade indera maulana

    hallo, saya dan teman2 saya akan mengunjungi bali untuk pertama kalinya, rencananya kita akan menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di bali akhir tahun 2011,kasih tahu donk info tempat yang wajib di kunjungi….thanks you.

  24. agnes

    rencana ke bali th dpn skitar bulan juni akhir. bisa d infokan hotel n sewa mobil yg murah dan harga2 tempat pariwisata dsana. thx

  25. adit

    Saya mau kebali sekitar tgl 16-19 oktober2011 , dimana ya penginapan murah meriah, nama tempat dan nama lokasi nya , Ƭƕαƞƙ Ƴ☺Ư. Yahhhh 🙂

  26. bali tour guide

    tergantung keperluan anda, karena kalo dah nyampe di bali bakalan pengen kemana-mana,, hehehe

  27. rizqy

    Pagi…
    saya mau tanya kira2 kalau holiday ke bali selama 3 hr 2 malam budget yg harus dibawa minimal berapa? trims

  28. andik

    tolong info objek wisata yg cocok untuk bulan madu di bali…pokoknya yg tennang indah..damai…

  29. dolphin

    mantap…jd ad bayangan mau kemana lok lbrn,,,,,,orbitkan tmpt2 wisata yg lain dunk d bali…

  30. veia

    Rencana akhir Agustus sampai Awal Sep 2011 (sekitar 1 minggu) kita mau jj ke Bali.. Mohon bantu info tempat menginap dan transportasi yang murah, secara budget kita ga gede2 amat.. TQ… ^^

  31. karsa sutisna

    saya ada rencana sewa mbl untuk liburan di bali tanggal 16 dan 17 mei mohon informasi sekalian tempat wisatanya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.