Jalan Jajan Hemat

Cara hemat berwisata di Bali

Bali, adalah satu pulau yang menjadi incaran tujuan berlibur para wisatawan dari seluruh dunia. Sebagai warga negara Indonesia, jangan sampai Anda belum mengunjungi pulau dewata ini. Masakan orang dari luar negeriย  saja rela terbang jauh untuk mencapai Bali, apalagi kita yang di dalam negeri… Perjalanan ke Bali butuh biaya besar ?? Tergantung cara Anda berwisata, seperti biasa dalam Jalan Jajan Hemat, kami akan mengulas cara hemat untuk berwisata ke Bali.

  1. AirAsiaTransportasi. Komponen pertama yang mengeluarkan biaya besar adalah biaya transportasi. Bali dapat dicapai melalui jalan darat dan pesawat udara. Waktu dan tenaga Anda jauh lebih berharga, saran saya gunakan transportasi udara untuk menuju Bali, karena Anda dapat menghemat waktu beberapa hari perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket dengan harga murah. Syarat utama mendapat harga murah adalah booking dari jauh-jauh hari sebelum berangkat, bahkan sampai 7 bulan sebelumnya. Hindari tanggal yang merupakan libur nasional ataupun liburan sekolah. Saran JJH : Sering-seringlah mengecek ke website AirAsia untuk melihat promo yang ada.
  2. Airport LoungeSiapkan kartu kredit Anda yang memiliki fasilitas airport executive lounge. Anda akan menghemat biaya makan & minum selama menunggu jadwal keberangkatan pesawat, yang biasanya antara 1-2 jam setelah check-in. Penerbangan dengan biaya murah pada umumnya tidak menyediakan makanan & minuman selama perjalanan. Menunggupun tidak membosankan. Saran JJH : BNI Gold menawarkan fasilitas yang cukup memuaskan. Bahkan di Bali, dengan BNI card Anda akan dibantu untuk proses check-in dan pemasukkan bagasi.
  3. Booking hotel via internet. Carilah hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda, search di internet dan baca komentar (review) dari para tamu mengenai hotel tersebut. Lihat lokasi hotel, apakah dekat dengan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Booking melalui internet (umumnya melalui travel agent di Bali) akan lebih murah dibandingkan datang langsung ke hotelnya. Bandingkan harga antar travel agent untuk mendapatkan harga terbaik. Saran JJH : hotelmurahbali.com memberikan harga yang cukup baik.
  4. Cari tempat wisata yang menarik, cari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet, brosur dll sebelum Anda tiba di Bali, susunlah jadwal sebaik-baiknya, sesuai dengan lokasi dan arahnya. Jangan sampai Anda tiba di Bali tanpa Anda mengetahui lokasi mana yang hendak dikunjungi. Silahkan dibaca sharing saya di artikel ini.
  5. Sewa MobilTransportasi darat. Anda sangat membutuhkan kendaraan selama Anda berlibur. Bali memiliki sarana transportasi umum yang kurang baik, Anda disarankan menyewa kendaraan untuk transportasi selama liburan. Jika Anda hanya berdua atau sendiri, Anda dapat menyewa sepeda motor, jika Anda sekeluarga, Anda dapat menyewa mobil. Kami menyarankan untuk menyewa mobil berikut dengan sopirnya. Selain menghemat tenaga, menghemat waktu, mengurangi resiko dalam perjalanan, dan juga sopir tersebut dapat sekaligus menjadi tour guide Anda. Dapatkan brosur2 penyewaan mobil yang dibagikan di hotel, bandara bahkan di toko-toko. Biaya untuk sewa mobil: Rp. 300.000 untuk 8 jam termasuk BBM dan sopir.
  6. Wisata kuliner. Cari informasi tempat makanan yang unik di Bali, seperti bebek bengil, nasi bali Warung Satria, restaurant di Jimbaran dan lain-lain. Akan saya bahas secara detail dalam posting saya berikutnya.
  7. Tempat membeli oleh-oleh. Dapatkan informasi dimana Anda dapat membeli oleh-oleh untuk sahabat Anda, juga akan saya bahas terpisah.

Demikian tips hemat berwisata di Bali, akan saya update terus informasi di dalamya.

Salam Jalan Jajan Hemat.

You may read this article in English version at : http://indo-traveller.com/2010/05/visiting-bali-on-a-budget

78 thoughts on “Cara hemat berwisata di Bali

  1. tips cara bisnis kerajinan indonesia kerajinan unik web facebook twitter google

    terimakasih tipsnya,bisa di jadikan referensi untuk liburan keluarga

  2. fajar

    @yoppy : 2 hari di bali cukup om,hari pertama ke GWK,Dreamland n menikmati Sunset di Uluwatu.Hari kedua lanjut ke utara seperti pasar sukawati,monkey forest,melihat danau bedugul,n menikmati eksotisme tanah lot.Untuk penginapan murah,cari aja di Jl Poppies lane.nah,soal mobil,tinggal nego aja sama penjaga penginapannya.

  3. yoppy

    aloww mas..kasi info donk…sy n keluarga feb akhir 2011 mau liburan ke bali tp cuma 2 hari..kira2 tempat wisata yg wajib dikunjungi, rental mobil n penginapan yg murah dimana yaa..tks infonya

  4. desi

    iya mba, aku juga butuh info sebanyak-banyak na tentang penginapan maupun akomodasi di bali. tolong bantuan na y mba

    tq

  5. GIT

    Dear All,

    Wah ini dia neh “tema” yang lagi saya cari2 beberapa hari belakangan.
    Kebetulan tahun dah berubah pasti harga dah berubah,
    rencananya mau liburan lagi ke Bali, tapi via Surabaya (Ketapangan-Gilimanuk). Planning 3 hari di Bali (Tgl 9 Feb’11 s.d 11 Feb’11).

    Sebenarnya saya dari Makassar(dengan Merpati Airline), tapi sudah memutuskan utk berangkat via Sby ( ketemu sodara dulu di Sby ).

    Mohon infonya dung untuk tahun 2011 utk biaya Transportasi(Darat mulai dari surabaya sampai Kuta) & Akomodasi (Hotel) ke sana. sudah review beberapa website rencananya pengen nginap di Poppies Lane aja.

    Thanks before…

  6. mulyati

    MAS, mba…yg baik
    tolong bantu aq, klo ada tiket promo sms aja ke nmr ini
    021 92529990-081310011472.
    britahu caranya,
    trimakasih

  7. tona

    nice……..:-).tolong cantumin daftar harga untuk pergi ke setiap provinsi setiap bulanya.terimakasih

  8. tona

    nice……..:-).tolong cantumin daftar harga untuk pergi ke setiap provinsi setiap bulanya.terimakasih

  9. LuSia

    hii mas,

    wow membantu banget nih infonya.

    tapi bisa kasih saran ga mas perjalan searah klo nginepnya dari didaerah kuta. ketempat2 wisata yang mas jelasin diatas tuh.

    Thanks ๐Ÿ™‚

  10. AdeL

    Mas, aq minta tolong ksh info tiket murah ke Bali untuk awal tahun 2011 donx..

    Tolong kasih tanggal dan waktu flight’nya sekalian mas dan berapa harga tiket yang paling murahnya ya Mas..?? soalnya mw pergi rombongan niyh..hehe
    thx..

  11. riana pohan

    Mas, tolong dikabarin dong kalau ada tiket promo Air Asia Medan-Den Pasar untuk 6 orang dewasa sejak tanggal 25 Juni 2011 sampai dengan tanggal 1 Juli 2011 atau antara 24 Juni 2011 sampai dengan tanggal 2 Juli 2011.Thanx ya…

  12. ratna

    saya hendak berlibur ke bali setelah saya membaca artikel di web ini.
    saya ingin tahu dimana lokasi tempat penyewaan mobil 300.000/8 jam? no telp berapa yang bisa dihubungi ?
    terima kasih
    saya tunggu balasannya

  13. lini

    haiii klu ke bali jgn takut nyasaaar..hehehe sy pernah kebali sekeluarga 4 orang..taon 2006..yg selalu sy ingat tentang bali adalah
    ke indahan pulaunya ama keramahan orangnya…kami sampai dibandara baru sewa mobil setelah dpt brosur…setir sendiri…bkn apa..sy lg butuh suasana dimana tdk ada orang lain selain kami suami istri & anak…eehh bener sering nyasar tapi orang bali selalu bersedia ditanya.
    kami kebali sampai dibedugul….setir sendiri…dikuta kami nginap di bali bungalo…msuk gang dr jln kuta…tp klu mo kepantai kuta jalan kali cuma 5 menit….harga nya tdk mahal…pelayanan lumayan hotelnya bersih…ada satu saran saya…jgn ke LN dulu..jelajahi dulu bali kita””

  14. Selly Hartanti

    Mas, nanya donk tiket Medan-Bali PP berapa mas yg murah?
    berangkatnya tanggal 23dec-2jan 2010. Lebih kurang 8org. Tq y mas.

  15. iqha

    helpp me dunk… mw ke bali tgl 15,16,17,18
    tp blm dpt ticket yg murah T_T mw honeymoon ber 2… ada yg tw ga booking tiket murah dmn?

  16. isma

    selamat siang..mohon di info no.telp Inna putri Bali Hotel/ sebelah hotel hhyat..salam Isma Jkt

  17. adhi

    info sewa mobil+sopir+bbm di bali

    avanza th09 : 350rb/8 jam
    apv th09 : 450rb/10jam

    terima antar jemput airport

    harga tidak termasuk parkir,tiket masuk obyek wisata,makan

    info lebih lanjut

    hub ADHI: 0361 8853919
    081338316317
    08164723320
    email :adhi.trans@gmail.com

  18. kitty

    harga tiket dari jakarta ke bali bulan july berapa yah ?????? ada promo ga di bulan july ?????bls yah pliss

  19. jon

    pilihin tujuaan wisata sie yg paling menarik buat dikunjungin dan termasuk ikon nya balii…. sekalian rurtan kunJUNGAN NYA ya, biar lebih terkonsep perjalanan nya …cuma punya waktu 2hari 2 malam doang, thanksss…

  20. Pingback: Visiting Bali on a budget

  21. nita

    just sharing aja, kalau mau nginep di daerah nusa dua dengan harga miring bisa coba di Inna putri bali, sebelah Hotel Hyatt, dapet harga (460rb bln april 2009) dan terletak langsung bersebelahan dengan pantai nusa dua, aman banget karena serasa punya private beach,, naruh hp kamera dan kita tinggal berenang aja ga ilang,, dan waktu itu kita orang domestik sendiri alias yang lain bule atau orang asia lainnya he he he…

    salam kenal mas ๐Ÿ˜€

  22. Artrievals

    Tips yang menarik. Ada ga ya tips untuk transportasi yang paling murah ke Bali? Karena cukup jauh dan mahal untuk kantong mahasiswa…
    Saya juga mengajukan tips jalan-jalan hemat, tapi masih kaliber Bandung saja. ๐Ÿ™‚
    tolong di kritik ๐Ÿ™‚ terimakasih..

  23. dhani

    saya ada rencana ke Bali Bulan April 2010, pengennya ke Pantai Tanjung Benoa. Lebih enak nginep di hotel daerah mana ya? yang murah n cukup jln kaki ke Pantai, di Nusa Dua, Tj. Benoa, atau area Jimbaran?? trs klo mau sewa motor di dekat situ alamatnya di mana? untuk ke uluwatu lebih baik naik mtr ato sewa mbl yah? pls tipsnya donk…..

    trim’s

  24. adhadi praja

    jalan-jalan ke bali ternyata bisa sangat hemat, kuncinya adalah mau sdikit capek. Banyak penginapan murah klo mau nyari, kemarin saya dapat losmen yang rate-nya 50rb per malam..trus klo mau keliling2 bali lebih baik sewa motor ajah lebih praktis dan ekonomis ratenya 40-50rb per hari tapi bisa ditawar klo minjemnya agak lamaan lebih dari 3 hari lah…biaya perjalanan saya kemarin dari Bandung sampai dnegan Bali tidak lebih dari 500rb saja.

    selamat mencoba ๐Ÿ™‚

  25. Florida Sitepu

    Kalo tidak ada halangan 28/01/10 pkl 13:25 saya, suami, dan 2 orang anak kami sampai di bandara Ngurah Rai Bali. Tgl 30/01/10 pkl 07:00 kami harus sudah berangkat ke Surabaya. Mohon kiranya saran dari teman2 untuk perjalanan liburan kami yg singkat ini.

    Terima Kasih

  26. theresia

    hi mas
    saya ad rencn bwt libur ke bali ala backpacker

    slain hotel ada ga tempat pnginapan yg murah???
    n harga sewa motor brapa?

    kr2 brapa budget utk liburan ala backpacker????????????

    tlg di rep ya mas

    tinkyuuuuuuuu

  27. Trisno

    mas mau tanya nih saya bersama rombongan sebanyak 25 orang, rencananya kan pergi ke bali bulan januari 10 mau cari hotel or villa yang bisa menanpung rombongan kami,budget perorang kira-kira 80 rb/orang/malam dimana yah tempatnya yang cocok?minta alamatnya yah mas. makasih

  28. Uu Tea

    Mw nanya donk.
    Tiket pesawat yang murah & aman untuk Jakarta – Bali apa ya? Gw butuh utk tgl 22 Juli ini, yang paling pagi.
    Bwt Rika, minta no telp utk rental motornya donk? Kalo mobil, kena brp per hari yah? Sukur2 ada yg pny no telp.
    Tempat wisata yg paling seru apa aja yah?
    Thx to all.

  29. bs

    mau numpang tanya nih, kenapa hotel2 di bali agustus ini lebih mahal yah ? ada apa gerangan ?

    thanks.

  30. non

    aku rencana ama teman ber2 mau ke bali. dr jkt tgl 4 nov malam, pulang 7 nov yg malam bgt. bisa saranin hotel yg murah tp bersih n ber AC, kan cuma buat mandi n tidur. rencananya sih mau sewa mobil utk jln tgl 5-6, trus tgl 7 mungkin pakai motor aja utk yg dekat2 sebelum pulang malamnya. bisa saranin rute jln2 nya mulai dr mana? hi2…. byk mintanya. tq

  31. RIKA

    Mo kasih info aja neh…
    terakhir gw ke Bali waktu liburan Lebaran th.2007. Dengan kondisi budget yg super minim.Utk tiket gw bayarnya cicil smp 6 bln pke CC gw hehehe. gw pergi ber 2 sm tmn gw selama 8 hari. Gw nginep di motel jl. Poppies, dng hrg 50.000/hr n gw sewa motor mio 25.000/hr (gw nego hrg, krn gw sewa nya lama).Gw bisa keliling Bali pke Mio, Ke Tanah Lot, Uluwatu, Ubud, Psr.Sukawati, GWK, DreamLand, Jimbaran n Keliling Kuta. Gw ke kintamani dengan travel agent, krn jauh dari Kuta, mampir ke tampak siring n plngnya nonton tari Kecak. So gw bner2 puas bgt.Soal jln, jangan takut nyasar, tanya aja sm orng2 Bali.

    Met…Jalan2 hemat deh
    -Rika-

  32. rommya Post author

    @erika: turut prihatin, semoga pihak hotel dpt berbenah diri
    @Anggi: trims atas tipsnya ya. Ayo siapa mau menyusul ke Bali ??

  33. Anggi

    nimbrung yah…

    kemarin taun baru saya baru aja ke bali sama temen gank saya (cw bertiga)..

    kita lumayan dapat banyak dengan budget yang minim..hehehe

    saran saya ,coba cari travel agent disana buat hotel(kalo gak ada kenalan tmen di bali), kami pake jatra tour yang ada di lt 2 boutique hotel (tempatnya di ujung jalan kartika plaza kuta)..Harga hotel bisa di discount almost 60% loh (cth hrg kamar di boutique itu 1.1jt, saya dan tman dapat dg hrg hanya 500 rb)..or jika kalian minim budget, datang aja ke poppies, sekarang byk hotel kecil dan nyaman or apartment yang disewakan lbh murah bila ambil satu minggu full)

    kedua, buat atraksi air (watersport adv),jangan beli di pinggir kuta (banyak boo loketnya bertebaran), sekali lagi, dtg aja ke travel agent ,harga bule 90 dollar, kami bisa dapat 450 rb..lumyan kan ..hehehe

    ketiga, biar hemat ,makan aja di poppies (jalan kecil di blkg kuta,bisa di akses lwt McD kuta), fav saya adalah bamboe resto (pancake pisang segede gambrong cuma 7500) , atau warung indonesia..
    harga warteg tapi menu internasional..

    oke..

    met berlibur everyone..

    ps : kenapa kita dtg akhir taun? karena buat cw2..bali akhir taun itu SURGA BELANJA..boutique di seminyak hampir all discount 50%..hehehhehe..

  34. erika

    nimbrung ahh…=)
    pengalaman buruk sewkt di bali nie…
    nasehat sy…never ever nginep di hotel Ayodya resort yg ada di kawasan BTDC Nusa Dua !!! nyesel dech….
    1.MAHAL dah pasti.
    2.security nya gak punya otak alias sopan santun.
    3.fo supervisor or manager nya sy lupa, tdk bisa menangani komplain dg baik.

    kenapa sy blg begitu???

    wkt itu tgl 5 maret 2008 (sehari sebelum Nyepi).
    sy ada appointment dg seorg tmn di Ayodya.
    sy dtg dg mengendarai motor.
    di pintu masuk, sy dtg bersamaan dg tamu bermobil.
    sy mengantri, krn yg dilayani lbh dl adl yg bermobil (sy blm buka helm.

    kemudian security nya dtg dan lsg bicara dg nada yg menyebalkan dan tdk ada sopan sama sekali! saat itu bertugas 3 security yg sama kasarnya. mrk mlh menasehati sy macam2 spt sy tdk tw apa2, spt harus buka helm kl mw masuk rmh org n turun dr motor utk lapor k pos jaga segala. dan tanya2 hal2 ttg sy. tdk etis bgt khan? perlu diketahui, MEREKA BICARA DG SANGAT TDK MENGENAKKAN HATI.
    sy kecewa sekali. pdhal mrk bs sopan dg yg bermobil!

    sampai dlm hotel, sy ke counter fo. disana sy complain kpd supervisor / managernya. and….security yg bertugas di lobby ikt nimbrung! n melaporkan kpd tmn2nya yg jaga d pintu masuk bahwa sy complain.

    pas sy mw plg, security2 pintu masuk mlh “mengeroyok”. nyaris sy nail darah saat itu. mrk tdk terima sy laporkan mrk ke petugas fo rupanya.

    DAN YG PALING BWT SAKIT HATI HINGGA SAAT INI ADALAH :

    SECURITY2 TERSEBUT DG SENGAJA MEMBOCORKAN BAN MOTOR SY.
    SO, HATI2 DECH KL COMPLAIN DI BALI.
    BISA2 ANDA CELAKA.

    pdhal seharusnya complain dipandang sbg hal positif kan..

    saran sy naek mobil aja d bali, selain panas and tentu akan lbh dihargai!!!

    cerita ini terdgr tdk mungkin?

    believe it, that’s true.

  35. bigguy

    ada cara lain menghemat, beli peta bali di toko buku periplus. Sewa mobil tanpa sopir mulai saat kita datang menjejakkan kaki di bandara, dan dikembalikan lagi pada saat kita meninggalkan bandar, mobil bisa diantar ke bandara oleh pemilik rental. Dengan demikian kita menghemat ongkos taksi dari bandara ke hotel.

    Untuk jalan-jalan gunakan peta yang sudah dibeli dan rencana perjalanan , lebih baik 1 hari satu tujuan jauh. Misalnya, pergi ke Taro Ubud, pulangnya mampir makan bebek bengil di ubud / cafe2 disepanjang ubud. Malamnya jalan-jalan disekitar kuta.

    Menginap dikuta akan lebih baik untuk wisata keluarga anda, tapi jika membawa banyak orang / keluarga / rombongan, bisa dicoba untuk menginap di Plaza Apartment Sanur, 1 apartement tersedia 2/3 kamar (1 kamar utama, lainnya kamar biasa) kamar mandi 2, ada ruang TV, dapur, ruang makan, pernight 750-1jt sudah termasuk breakfast, kalao tanpa breakfast bisa kurang lagi.

    Happy Trip

  36. SuryaBali

    Info Rent Car Murah

    Artha Rent Car & Tour Service
    Jl. Cok Agung Tresna 11A, Renon Denpasar
    Telp. 0361-800 6519 , 0819 1625 6632

    Katana 125rb/hari
    Karimun 150rb/hari
    Kijang Grand 175rb/hari
    Taruna 200rb/hari
    APV/Avanza/Xenia 225rb/hari
    Kijang Kapsul 250rb/hari

    Incl. Asuransi, Excl. Sopir & BBM

    Semoga bermanfaat

  37. rommya Post author

    @hari lutfi: Thanks lagi atas infonya. Tp memang kalau ke Bali sebaiknya hindari hari libur sekolah/nasional, pasti ramai dan hotelnya mahal.

  38. hari lutfi

    Wah, kalo di Bali banyak penginapan yg murah dan bersih.
    Tapi harus pesan dulu spy dapat harga eggak sampai 200rb, lokasi dekat
    cafe2X.
    Kalau transportasi yach standart semua langsung ke agentnya jangan melalui hotel counter pasti ok
    Daerah wisata yg masih asri enak di daerah pegunungan, karena pantai
    udah engga aneh khan, tapi kalau masih penasaran daerah pantai bpleh coba Dreamland beach……
    selamat mencoba

  39. rommya Post author

    @Marvin: betul sekali bos, Anda menyediakan voucher hotel? Bisa kasih harga special untuk pembaca JalanJajanHemat.com ? ๐Ÿ™‚ Thks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.