Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata di Singapura

Tempat wisata yang rasanya sayang kalau terlewatkan saat Anda berkunjung ke Singapura adalah Marina Bay, Esplanade, Patung Merlion, Fountain of Wealth. Yang paling wajib dikunjungi mungkin adalah Merlion, simbol negara Singapura. Beberapa kali saya ke Singapura, tempat ini tidak saya kunjungi, tapi rasa menyesal itu terobati saat saya menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini.

Singapore-Marina BayTempat ini berada di daerah yang berdekatan. Untuk berkunjung ke tempat ini, kita dapat menggunakan MRT lalu turun di station Raffles Place, nah dari sini sepanjang sungai kita dapat menikmati keindahan sungai di Singapura. Kebetulan waktu itu saya berkunjung di malam hari, sangat romantis suasana di pinggir sungai itu diterangi lampu2 yang indah dan tidak bau seperti sungai2 di Jakarta. Di seberang sungai terdapat sebuah bangunan yang ternyata museum. Museum ini adalah Asian Civilisations Museum, namun sayangnya sudah tutup jadi hanya bisa memfoto bangunan dari luar saja. Lalu juga terdapat hotel Fullerton yang megah.

Singapore-Merlion Setelah berjalan beberapa saat kita dapat menemukan patung merlion yang menjadi simbol negara Singapura ini. Terdapat dua buah patung, yang satu besar dan satunya versi mini. Di tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Boleh percaya atau tidak, tapi tempat ini sukar untuk ditemukan lho, padahal sepertinya sangat mudah dicapai, tapi saya dan beberapa teman saya yg ke Singapura memiliki kesulitan menemukan lokasi si Merlion ini lho. Aneh ya..

Singapore-EsplanadeTidak jauh dari patung merlion terdapat gedung esplanade. Gedung ini cukup unik karena berbentuk seperti durian. Di gedung ini sering diadakan pameran2 maupun konser2 seni. Rasanya di Indonesia belum ada gedung yang setara dengan gedung esplanade ini sebagai tempat pagelaran seni.

Singapore-SuntecAda sebuah kawasan yang bernama Suntec City, dalam area tersebut terdapat mal, kantor, ruang exhibition & konferensi. Dan ada sebuah area di dalam area tersebut yang terdapat Fountain of Wealth, dimana pada jam2 tertentu akan terdapat pertunjukan yang menampilkan semburan air dari atas bangunan berbentuk cincin tersebut. Bahkan dimalam hari pada jam tertentu akan ada pertunjukan laser yang cukup memukau. Ada kepercayaan jika kita memegang air yang keluar dari air mancur tersebut, maka akan mendatangkan keberuntungan, kesehatan dan lain2… berhubung sudah sampai sana, yah sekalian saja ikutan dalam ritual mengelilingi fountain tersebut sambil memegang air yg keluar..

Salam Jalan Jajan Hemat

347 thoughts on “Tempat wisata di Singapura

  1. nana

    Malam pak bahar,

    Saya 3 hari ϑï sing, minta recommended donk apart murah yg dekat orchid ?
    Enaknya hari pertama kemana ya ? Kalau untuk hari ke dua saya berencana ke universal studio, tolong kasih saran untuk jalan malam nya ….
    Dan hari ke tiga , tolong recomended kemana , karena jam 8 malam saya sdh hrs ϑï bandara untuk plg ke jakarta

    Saya tunggu feedbacknya ya …

    Thanks

  2. Dean

    Hi Pak bahar,
    Saya ada plan ke SIN 24/5/11 Tiba 16.55 – Pulang 14.25 27/5/11, Rencananya mau langsung ke KL via Johor Bahru tapi takut kepagian di KL dan stay 1 hari, jadi mohon saran bapak untuk Rute jalan2nya selama di KL dan SIN.
    Terima kasih

  3. bahar

    @Diah Susetianingsih :
    Umumnya penginapan/Hostel utk Backpacker di Singapore bersih dan pakai A/c, tarifnya rata $20/malam/orang, yang terkenal diarea Bugis adalah ABC Backpackers Hostel dan Backpackers Cozy Corner Guest House, kedua penginapan ini sangat strategis karena berada diarea kaya budaya (Melayu & Arab) hanya 5 minit jalan kaki ke Bugis MRT sehingga mudah kemanamana. Tempat2 menarik/belanja diarea ini adalah : Bugis Junction, Bugis Villaga, Bugis Street, KampOng Glam ( Masjid Sultan, Malay Heritage/Istana Kampong Glam, Gedung Kuning (Resto Melayu),Bussorah st, Bagdad st , Haji Lane, Bali lane)
    Tempat yg wajib dikunjungi selain Bugis adalah : Orchard Rd (suasananya Singapura banget), Merlion dan sekitarnya utk berfoto ria (Anderson Bridge,Esplanade, Helix Bridge, Marina Bay Sands, Asean Civilisation Museum, Raffless Statue,Padang, Suntec City, Chinatown,Little India, Sentosa Island (kalau sempat)

  4. dewi

    pak Bahar yang baik,
    kami sekeluarga berencana ke Sing sekitar 6 hari dr tgl 26 Feb sd 3 Maret (sekalian nebeng suami dinas..heheh)
    hari 1&2 rencana menginap di swissotel, baru hari ke-3 sd 6 pindah di kawasan marina bay.
    bingung ney ngerencanain 6 hari ngapain aja dsana, tempat2 mana aja yg wajib dikunjungi, dan saran2 travel plan utk hari pertama dan berikutnya sesuai dg lokasi penginapan, biar bisa maksimal dan ngga wasting time dsana. Insya Allah kami ber3 ngajak anak sy (8th) pertama kali ke Sing, critanya nyeneng2in anak ney …heheh
    mohon infonya, dan terima kasih

  5. Tuti

    salam kenal Pak Bahar….
    saya dan teman2 (8 orang) akan ke Singapur pada tgl 3 Maret 2011,dan kami mnginap di hostel tresor tavern,tgl 4 Maret kami mau jalan2 di singapura (rencananya mau ke merlion,botanic garden,orchad,little india,bugis juction),kami semua pemula pak dan tidak ada pemandu wisatanya,kami ingin kesetiap lokasi wisata naik MRT/bus, gimana caranya,dan dimana mendapatkan tiketnya,kira2 berapa tarifnya y pak… dan malamnya kami ingin ke Kualalumpur dengan naik bis, jam berapa sebaiknya kami cekout dari hostel untuk ke kekualalumpurnya,dan keterminal mana yg kami tuju,di Kulalumpur kami menginap di Garden city,kemana wisata yg menarik yg akan kami kunjungi pak, dan dimana kita bisa menyewa van dan berapa sewanya di kualalumpur? Terimakasih atas info penting ini y pak…

  6. shafa

    halo pak bahar…
    saya rencana mau ke singapura berlima (2cewek dan 3 cowok) tanggal 3-5 maret 2011, tapi smp skrg belum reservasi hotel. Apakah bapak bs memberikan referensi hotel apa saja yang murah, cukup nyaman, akses mudah dan dapat dibooking tanpa memakai credit card? Terima kasih pak.

  7. talitakum

    met siang pak,….
    saya berencana mau mengikuti seminar di Singapore tgl 18-02-2011, nah untuk tgl 19-20 kami free, mohon informasi untuk penginapan dan tempat wisata yang wajib dikunjungi selama 1.5 hari….

    Terimakasih pak sebelumnya……..

  8. nadia

    pak sy rencana ke singapore tgl 25 feb dr jakarta jm 14.00 tb di sin trs apa sj yg harus sy lakukakn untuk smpe ke hotel dan bs tour kmn aja, sy ber2 sm kakak sy !
    bskx tgl 26 sy ke kuala lumpur dikuala lumpur sy ga tw harus ngapain dan prosesx apa sj !
    tolong bantu sy karna pertm kalix sy ke sin ma kul !

  9. adya andhika

    saya juni mau ke singapore, yah ga meriah sich cuma 2 orang aja ala backpacker an aja…tapi berangkat naek pesawat…

    turun di changi airport…

    bisa kah bapak kasih saya apa saja yang hal2 utama yang harus saya lakukan ketika tiba di changi…saya berangkat sabtu dan pulang hari minggu sore…..

    karena saya bingung juga tiba di changi pukul 2 WIB siang…

    saya mohon bantuannya…balas di email saya yah pak biar saya bisa buka…

    semoga tuhan memberi apa pun yang anda mau,, amien

  10. Fey

    Dear Pak Bahar,

    Pak Bahar, saya dan adik berencana ke Spore 13-16feb.
    Saya sdh ada tiket USS valid hingga 14feb dan city tour,
    menginap di Fragrance Oasis.
    Bagaimana sebaiknya saya mengatur itinerary-nya,
    supaya bisa maksimal menikmati jalan jajan hemat di Spore?
    Tempat apa yg harus saya kunjungi dan naik apa?
    Taxi? Bus? Ato MRT?
    U/ beli oleh2 apa yg bagus dengan harga terjangkau, dimana?
    Lalu u/ beli brg branded Spore sprt Giordano,Baleno, Charles&Keith dimana ya? Apa harganya beda dengan di Indo, atau cuma terpaut sedikit?
    Dari Changi ke Fragrance Oasis sebaiknya naik apa?
    Lalu kalo dari Fragrance Oasis ke USS naik apa?
    Kalau tdk keberatan saya ingin panduan yg lengkap ya pak,
    Nanti saya print dan jadiakan panduan saya selama di Spore;
    Mengingat ini pengalaman pertama saya ke LN,
    Dan saya hanya berdua dengan adik saya.

    Terima Kasih banyak sebelumnya 😉

  11. thiur

    Yth.Pak Bahar,
    minta informasinya, saya dan teman mau jalan2 tgl. 26-29 Mar 2011 dari jakarta ke KL tiba di KL jam 12 siang menginap di Apple Hotel dan dilanjut ke singapore, selama di KL tempat2 yang patut dikunjungi kemana saja dan transport nya naik apa.
    dari KL ke Spore baiknya pakai Bis apa, berapa lama perjalanannya?
    Krn di SPore waktunya singkat (tg. 28-29) apakah sempat ke Sentosa Island?
    Terima kasih atas infonya.

  12. ret

    Pak Bahar,
    Salam kenal
    Sy renc mo ke sin tgl 12, belum reservasi hotel, klu yang murah dimana? kami ber 15 mau backpacker, renc dari batam, ongkos penyeberangannya berapa/org, tq…..

  13. deeana

    Pak Bahar, mohon infonya : Saya maw jalan2 ke singapore 5hari mulai tgl 14. Hotel mana yg murah dan bagus dan kira2 lebih mudah naik taxi ataw MRT untuk transportasi dan tempat2 wisata apa aja yang dekat dgn hotel yg mudah untuk dikunjungi. Tq..

  14. Diah Susetianingsih

    Yth. Pak Bahar,
    Saya dan teman2, sekitar 23 orang akan ke singapore berangkat Senin 18 April dan pulang 20 April. Mohon saran untuk penginapan yang nyaman dan bersih (backpacker)dan bisa kemana2 kira2 dimana ya pak… Saya pernah dengar ABC hostel itu bagus gak pak? apakah dekat dengan objek wisata? Untuk waktu yang singkat tersebut kira2 tempat apa saja ya pak? boleh minta itinerarynya pak. Terima kasih pak…..

  15. trie

    Salam Pak, saya tgl 3 februari akan transit di singapore dr colombo ke surabaya, pesawat dr colombo tiba pkl 7 pagi, terbang k surabayanya 16.00. Kalo hanya untuk menghilangkan kejenuhan transit di Changi, kira2 bisa mengunjungi lokasi apa aja di Singapore ? Thanks

  16. bahar

    @olla :
    Paket tour yang ditawarkan tidak ada hubungannya dengan Hotel tempatnya menjual (hanya nyewa meja disitu) jadi siapapun yang mau ikut boleh asal bayar, kalau tidak salah ingat harganya sekitar Sin $ 27/pax. Bawa 50 ringgit (RM) sudah cukuplah , apalagi kalau duitnya sudah dalam Singapore $, umumumnya toko di JB bisa transaksi SIN$

  17. olla

    Terima kasih pak bahar atas responnya. Untuk paket tur ke JB yang dari hotel park royal itu kalo saya ga nginep disana bisa tetep ikut kan? Terus kira2 paket turnya berapa ya? Dan kira-kira butuh ringgit berapa ya? Terima kasih.

  18. bahar

    @olla :
    Ada banyak paket tour yang menawarkan Johor Bahru, biasanya ada desknya di Lobby Hotel, untuk yang menginap disekitar Little India coba cari di Hotel Park Royal (dekat Mustafa), durasinya sekitar 4 jam, dijemput pagi jam 8 dan kembali ke Singapura jam 12, biasanya obyek yang dikunjungi adalah : Mesjid Sultan Johor (Sultan Abubakar), Kuburan Orang Arab dan Melayu, Mengunjungi Rumah tradisional Melayu yang menyuguhkan tarian Melayu, tempat kerajinan Perak dan Pengrajin batik.
    Kalau mau jalan sendiri ke JB dengan biaya yang lebih murah alternatifnya adalah :
    – Naik Bis A/C Reguler No. 160 atau No. 170 (Blue Plate) di Lavender Street – ke Kotaraya Bus Terminal (JB)(ongkos berangkatnya $1,7/orang, Pulangnya JB-Sin RM1,7/orang)).
    – Naik Bis No. 170 (Red Plate) dari Queen Street Terminal (Ban San Street dekat Bugis)- Ke Larkin Bus & Taxi Terminal JB ($1,7/orang).
    – Kalau mau yang lebih cepat/ lewat expressway, naik Bis Causeway Link Express (CW) ongkosnya 2x lipat (SIN – JB $2,4/orang, JB – Sin RM2,4/orang):
    CW1 Kranji MRT Station – Larkin Bus & Taxi Terminal Johor Bahru
    CW2 Queen Street Bus Terminal – Larkin Bus & Taxi Terminal JB
    CW3 Jurong East Bus Interchg – Taman Bukit Indah JB
    Selain ke Obyek yang ditawarkan paket tour diatas anda bisa ke Mall yang terkenal di Johor Bahru yaitu : JB City Square, belanja disini harganya lebih murah dari Singapura, disini pakai Ringgit Malaysia. Setelah puas belanja dan makan dan mau kembali ke Singapura tinggal nyebrang jembatan penyebrangan ke JB Central (Pusat terminal bus dan taxi di JB) yang terhubung langsung dengan Imigrasi untuk selanjutnya turun ke bawah dan pilih bis yang ke Singapura sesuai tujuan anda.
    Alternatif lainnya adalah Naik MRT ke Stasiun MRT Woodland, dibawahnya ada terminal bis jurusan Johor Bahru.

  19. olla

    pak bahar, saya akan ke Singapura selama 6 hari dari tanggal 27 januari-1 februari besok. kalo seumpama di salah satu hari itu mau ke Joor, kira2 gimana ya perencanaannya? mulai dari transport (hotel saya di little India)sampai tempat-tempat yang menarik yang bisa dikunjungi di Johor.
    terima kasih sebelumnya.

    regards,
    olla

  20. bahar

    @kus :
    Untuk Tgl 4 Februari, bisa ke Marina Bay Sands dan Singapore Flyer, Siangnya ke Bugis Street, Little India dan Chinatown

  21. Widy

    Pak Bahar, saya akhirnya booking kamar d The Mitraa Hostels, di 427 Race Course Road, Singapore, Singapore. Dr airport enaknya pk apa ya Pa??? mending MRT, taxi atau gmn Pa…Thx Pa..

  22. kus

    pk Bahar sy akan k singapura tgl 3-6 feb.rncana tgl 5feb acara k USS sharian. tgl 3 k suntec mall.patung merlion n keliling city tour. ttp tgl 4feb. sy tdk tau tour kmn ya enaknya. n petunjuknya. mhn bantuannya ya pak. sy 2 kel dg masing2 dua anak yg sdh remaja.atau pk bahar bs merancangkan acara slama d singapore? trimakasih.

  23. Widy

    Maaf Pa, ada yg terlupa…ada rekomendasi penginapan yg murah, bersih dan tdk terlalu jauh Pa..klo bs dgn contact personnya, jd bs secepatnya saya hubungi. Krn sampai skrg blm ada gambaran. sekali lg terima kasih Pa..

  24. Widy

    Wow…makasih banyak Pa buat informasinya..
    Sangat2 bermanfaat buat saya dan teman2…heheheee.. 🙂
    Salam kenal jg ya Pa..

    Cheers,
    Widy n’ friends

  25. bahar

    @Widy :
    Ke Orchard Rd dari Changi berempat alternatifnya adalah :
    – Paling murah naik Bis No 36 (S$ 1,5/orang)
    – Atau naik MRT (S$ 2/orang)
    – Atau Taxi (+/- S$ 26/Taxi, bisa berempat 1 taxi)
    – Atau Bus Shuttle Service dari Airport langsung ke Hotel tempat menginap (S$ 8 – S$ 10 / orang), counternya ada dipintu keluar terminal, anda tinggal sebutkan mau ke Hotel mana.
    Itenerarynya :
    – 24 Jan : Paling cepat keluar dari bandara Changi jam 12 siang langsung ke Penginapan C/i dahulu baru jalan menuju Orchard Rd (kalau anda senang Shopping disini Sorganya boo…!), makan siang bisa di Mc.D (murah tapi tidak ada nasinya) atau di Lucky Plaza Lt 6(banyak masakan Indonesia), Puaskan berjalan jalan di Orchard dan jangan lupa nikmati minum Uncle Ice Cream ($ 1) sambil duduk manis dipedestrian. di tempat ini anda juga bisa menyaksikan atraksi cahaya Gratis di Bideford Junction Crosswalk (tepatnya di persimpangan antara Paragon, Park Hotel, Meritus Mandarin Hotel dan Ngee Ann City) mulai jam 19.30 pertunjukannya hanya berlangsung selama 1 menit yang akan menghentikan lalulintas setiap 30 menit. Pada malam harinya jalan2 ke Clarke Quay menikmati suasana malamnya selanjutnya ke Mustafa Centre (buka 24 Jam).
    – 25 Jan :Pagi pagi Naik MRT ke Suntec City, siapkan waktu untuk Tour jalan kaki sekitar 2 jam untuk menyambangi ; PADANG (diarea sini banyak bangunan dengan arsitektur kolonial), Parliament House, Asean Civilisations Museum, Raffless Statue, Anderson Bridge, Merlion,Esplanade, gedung ini nyambung dengan Suntec City (Mall yang sangat besar dengan 5 Tower siapkan Dollar yg banyak kalau mau belanja) disini ada air mancur yang terkenal dengan nama Fountain of Wealth selanjutnya silahkan menuju Helix Bridge sambil memandang Singapore Flyer dan Marina Bay Sands.
    Setelah jam 9 pagi saya sarankan ambil paket Hippotour untuk berkeliling kota Singapura, beli dicounter Hippo Suntec City ,
    tiketnya US$ 18.7/org, ada 2 route yang ditawarkan (Heritage route & City route)saya rekomendasikan Heritage Route yang akan melalui tempat2 menarik berikut (dalam waktu 1 jam)
    * Suntec City Mall
    * Fu Lu Complex (belanja keperluan Tao/Budha)
    * Little India
    * Mustafa Centre
    * Thieves Market
    * Sultan Gate
    * Bugis Junction
    * Civic District
    * Peninsula Plaza
    * Boat Quay
    * Chinatown
    * People’s Park Centre
    * Suntec City
    Jam beroperasi 09.00 – 18.00, tiket berlaku 24 jam terhitung saat pertama kali digunakan, Bisnya tingkat dengan bagian atas terbuka jadi kalau tdk panas bisa duduk diatas spy visionnya lebih bagus/luas, disetiap tempat menarik yang dilalui anda bisa turun untuk berjalanjalan sendiri dengan bebas tidak terikat waktu, jika sudah puas kembali ketempat anda turun untuk naik bis Hippo lagi yang akan melewati setiap 25 menit.
    (saran:untuk pertama kali tidak usah turun hingga satu putaran jadi bisa melihat suasana kota dan tempat2 menarik ini(+/- 1 jam muter) selanjutnya baru pilih tempat yang mau dilihat lebih dekat misalnya untuk belanja murah, turunnya di Bugis, Chinatown dan Mustafa).
    – 26 Jan : Pagi pagi ke Singapore Botanic Garden, menjelang jam 10 bisa mampir lagi di Orchard (spy dpt harga murah “Penglaris” hehehehehe….) atau bisa juga langsung C/o di Hotel dan lansung menuju Changi Airport menunggu Imigrasi dibuka sambil belanja dan makan disini ada 80 outlet, salah satu yang terkenal adalah outletnya Crocks karena harganya miring.
    Sepulangnya dari Singapura jangan lupa bagi bagi ceritanya/pengalamannya ya…!

  26. Widy

    Pa Bahar, saya akan ke Singapur tgl 24-26 jan berempat dgn teman2 tanpa tour guide. Keberangkatan tgl 24 pukul 09.00 wib dan kepulangan tgl 26 pukul 14.00 waktu Singapur. Ini kali pertama kami ke sana. Bisa minta tolong informasi rute2 transportasi dr bandara k orchard dsb, krn kami sangat buta tntg negara itu. Usahakan rute2 yg Bapak beri rute menuju tempat2 wisata, tmpat kuliner dan oleh2 yg sebaiknya kami kunjungi. Contoh, bagaimana cara kami menuju patung merlion dsb. Jika bs, dgn perkiraan tarif yg Bapak ketahui. Terima kasih banyak atas bantuannya.

  27. bahar

    @eva :
    1. Penginapan murah tersebar dibanyak tempat Mulai dari Penginapan Backpacker (Dormitory) yang hitungannya perkepala, Apartemen hingga Hotel non Bintang. Anda bisa coba di ABC Backpacker Bugis, cara kesananya bisa naik taxi dari Harbourfront atau naik MRT menuju Stasiun MRT Bugis, atau kalau mau di Hotel anda bisa Coba di Groupnya Hotel 81 atau Fragrance yang tersebar dibeberapa tempat.
    2. Penginapan murah di KL, Coba cari di Bukit Bintang yang lokasinya sangat strategis : Hotel Agora Bukit Bintang (lokasinya diseberang Sungai Wong Plaza dan hanya sekitar 50 mtr dari stasiun Monorail) tarifnya sekitar RM 120/malam atau Hotel Tune (www.tunehotel.com) kalau beruntung bisa sangat murah, menuju hotelnya sebaiknya naik taxi saja dulu, nanti kalau jalanjalannya baru naik bis.
    3. Kalau ngambil paket tour biasanya sudah termasuk guidenya
    4. Untuk transportasi di singapura umumnya orang menggunakan MRT karena lebih murah dan lebih cepat, kalau tidak terjangkau MRT biasanya dilanjutkan dengan Bis Kota (bis kotanya bagus dan bersih dan tidak ada tangan jahil alias copet, kalau dibandingkan dengan jakarta lebih bagus dari Busway). Pakai taxi lebih bagus tapi tarifnya lebih mahal dan ngantrinya lama.
    Untuk Transportasi di KL selain Taxi, ada Rapid KL (Bis Milik Pemerintah) tarifnya RM 2/orang perhari (jadi tiketnya bisa dipakai berulangulang, setiap mau naik tinggal nunjukin tiketnya aja) atau Metro Bus (Bis Swasta) tarifnya RM 1 – RM 2 /orang setiap kali naik. atau naik kereta Monorail (LRT)

    @Alia :
    MRT adalah Mass Rapid Transit (angkutan massal atau sarana transportasi publik yang cepat dan bebasis rel)
    LRT adalah Light Rapid Transit (Sarana transportasi umum / Ringan dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit)
    Kedua alat transportasi ini sama sama berbasis Rel, perbedaannya adalah MRT Jangkauannya lebih luas sedangkan LRT hanya dalam satu kawasan kecil dan difungsikan sebagai Feeder untuk MRT

  28. Alia

    Yth. Pak Bahar,

    Pak mohon informasinya apa perbedaan MRT dengan LRT, apakah jalur MRT dilalui juga oleh LRT? terima kasih.

    Salam,
    Alia

  29. bahar

    @FEBE :
    – Mengunjungi tempat wisata menarik di S’pore tidak perlu diurut searah karena pada dasarnya S’pore adalah Negara Kota yang sangat kecil bahkan didalam atlas Dunia kadang tidak digambarkan atau hanya sebuah titik, karena negaranya kecil maka jarak antara satu lokasi wisata sangat dekat bahkan bisa ditempuh dengan jalankaki, hanya saja tidak kelihatan dari tempat kita berdiri karena pandangan terhalang oleh gedung2 pencakar langit. Kecuali untuk obyek obyek yang berada dalam satu kawasan yang ditempuh dengan jalan kaki misalnya Marina Bay (Sebagai Contoh : Pertamatama naik MRT ke City Hall exit B ke kiri (kitari St Andrews Cathedral disini ada Shuttlebus ke Singapore Flyer) ketemu Coleman St Belok kiri hingga mentok ketemu PADANG (diarea sini banyak bangunan dengan arsitektur kolonial) ambil kanan ketemu Parliament House, nyebrang ke Empress Plase ketemu Asean Civilisations Museum (disekitar sini ada Raffless Statue), ikuti jalan yang mengitari Victoria Theatre hingga ketemu persimpangan, ambil kanan {Fullerton) hingga ketemu Anderson Bridge (dipojok bawahnya ada toko souvenir kecil)dari sini sudah kelihatan Merlion (lewat dibawah jembatan Esplanade), selanjutnya kembali ke arah Anderson Bridge lewati jembatan, selepasjembatan masuk kekanan (taman pinggir kali menuju Esplanade) silahkan istrahat disini sambil menikmati Uncle Ice Cream ($1), selanjutnya masuk ke Gedung Esplanade, gedung ini nyambung dengan Suntec City (Mall yang sangat besar dengan 5 Tower siapkan Dollar yg banyak kalau mau belanja) disini ada air mancur yang terkenal dengan nama Fountain of Wealth selanjutnya silahkan menuju Singapore Flyer (+/- $29) dari sini anda bisa melanjutkan ke Marina Bay Sands).
    Yang perlu diatur dengan baik adalah masalah waktunya.
    – Jika berencana mengunjungi tempat tempat yang disebutkan, terserah anda memulainya darimana saja, sedangkan cara kesananya yg murah dan mudah adalah sbb:
    * Sentosa Island, dgn MRT (Harbourfront) dilanjutkan dengan Monorail/Bis/Cable Car. ( disini ada : Universal Studio, Song of the Sea, Carlsberg Sky Tower,Butterfly Park & Insect Kingdom,Merlion, Sentosa $D Magix, Image Of Singapore, Sentosa Luge & Skyride, Sentosa Cineblast, Fort Siloso, Underwater World.
    * Snow City : dengan MRT (Jurong East)
    * Spore science centre : MRT (Jurong East) lanjutkan dengan jalan kaki +/-15 menit atau bis SBS 335.
    * Jurong bird park : MRT (Boon Lay) dilanjutkan dengan Bis SBS 194 atau 251.
    * safari night, sing zoo : MRT (Ang Mo Kio)
    * China town : MRT (Chinatown)
    * Orchard : MRT (Orchard, Somerset, Dhoby Ghout).
    * IKEA Alexandra di Alexandra Road, cara kesana bisa naik Shuttlebus dari : Chua Chu Kang MRT dan Bukit Batok MRT atau Boon Lay MRT dan Jurong East MRT
    * Clarke Quay : MRT Clarke Quay
    * Merlion, Marina, Esplanade, Suntec City, : MRT Suntec City atau City Hall
    * Spore Botanic Garden : MRT Orchard/ Newton
    * Museum of Toys : MRT City Hall
    * Bugis : MRT Bugis

  30. bahar

    @F-siska :
    – Stasiun MRT yang paling dekat dengan apartmn Anchorage adalah Queenstown (-/+ 0,5 Km)
    – Ke Marina Bay kalau mau murah dan cepat enaknya naik MRT, anak yang digendong tidak bayar, malah dpt keistimewaan krn akan diutamakan mendapatkan tempat duduk pada jam-jam sibuk.
    – Kalau mau diurutkan Pertamatama naik MRT ke City Hall exit B ke kiri (kitari St Andrews Cathedral disini ada Shuttlebus ke Singapore Flyer) ketemu Coleman St Belok kiri hingga mentok ketemu PADANG (diarea sini banyak bangunan dengan arsitektur kolonial) ambil kanan ketemu Parliament House, nyebrang ke Empress Plase ketemu Asean Civilisations Museum (disekitar sini ada Raffless Statue), ikuti jalan yang mengitari Victoria Theatre hingga ketemu persimpangan, ambil kanan {Fullerton) hingga ketemu Anderson Bridge (dipojok bawahnya ada toko souvenir kecil)dari sini sudah kelihatan Merlion (lewat dibawah jembatan Esplanade), selanjutnya kembali ke arah Anderson Bridge lewati jembatan, selepasjembatan masuk kekanan (taman pinggir kali menuju Esplanade) silahkan istrahat disini sambil menikmati Uncle Ice Cream ($1), selanjutnya masuk ke Gedung Esplanade, gedung ini nyambung dengan Suntec City (Mall yang sangat besar dengan 5 Tower siapkan Dollar yg banyak kalau mau belanja) disini ada air mancur yang terkenal dengan nama Fountain of Wealth selanjutnya silahkan menuju Singapore Flyer (+/- $29) dari sini anda bisa melanjutkan ke Marina Bay Sands.
    – Singapore Science Centre bisa dengan MRT dilanjutkan dengan Bis kota, Universal Studio bisa dengan MRT ke Harbourfront dilanjutkan dengan Sentosa Bus atau Sentosa Express atau Cable Car, lanjutkan ke Song Of The Sea dengan jalan kaki atau Free Shuttlebus atau Monorail.
    Tiketnya bisa dibeli langsung disana.
    – Mustafa ada di Little India, naik MRT ke Farrer Park, atau naik bis juga ada
    Selamat Jalan Jalan

  31. eva

    salam kenal pak.
    wah pak.jujur saya terkagum2 krn bpk bersedia memberikan informasi mengenai singapura.semoga termasuk memberikan ke saya.
    kebetulan saya rencana ke Singapura&Malaysia dgn keluarga (4 dewasa&2 anak).Start dari Batam dgn kapal feri.
    1. Dimana penginapan yg murah tapi bersih & bgm transportasi utk menuju penginapan tsb sesampainya kami di pelabuhan Harbourfront.
    2. Kalo dari Singapura kami lanjut ke Malaysia.dimana penginapan yg murah tapi bersih & bgm transportasi utk menuju penginapan tsb.
    3. Adakah guide yg bisa kami pakai saat di singapura&Malysia.bisa tahu biaya guide disana?
    4.Utk kami yg baru pertama kali ke Singapura & Malaysia.transportasi apa yg sebaiknya kami pakai disana?ada tips khusus?
    Kami tunggu infonya.terima kasih sebelumnya….

  32. FEBE

    Dear Pak Bahar,

    Saya bersama keluarga (2 anak) berencana ke Singapore selama 7 hari 6 malam dan menginap di apartemen sekitar Orchard dalam waktu dekat ini, mohon bantuannya untuk memberikan informasi dan itenarry yang searah dilengkapi dengan keterangan lokasi tsb dan transportasi menuju lokasi, serta biaya untuk masuk ke dalam tempat wisata.

    Saya berencana akan mengunjungi : Universal Studio, Sentosa, Snow city, Spore science centre, Jurong bird park, safari night, sing zoo, China town, Orchard, Ikea, Marina, Clarke Quake, Merlion, Marina, Esplanade, Spore Botanic Garden, Museum of Toys, Suntec City, Bugis.

    Ditunggu informasinya ya … Thanks atas bantuannya 🙂

  33. FEBE

    Dear Pak Bahar,

    Saya bersama keluarga (2 anak) berencana ke Singapore selama 7 hari 6 malam dan menginap di apartemen sekitar Orchard dalam waktu dekat ini, mohon bantuannya untuk memberikan informasi dan itenarry yang searah dan diberikan keterangan lokasi tsb dan transportasi menuju lokasi.

    Saya berencana akan mengunjungi : Universal Studio, Sentosa, Snow city, Spore science centre, Jurong bird park, safari night, sing zoo, China town, Orchard, Ikea, Marina, Clarke Quake, Merlion, Marina, Esplanade, Spore Botanic Garden, Museum of Toys, Suntec City, Bugis.

    Ditunggu informasinya ya … Thanks atas bantuannya 🙂

  34. F-siska

    Salam kenal P.bahar,

    Mau tny nih,kalo aku nginap di apartmn Anchorage (sebelah anchor point)alexandra road, MRT paling dekat dimana ya?
    *kalo saya dewasa 3org,anak2 org: 7thn n 2,4thn, dr anchorage kl mau ke marina bay enaknya naik apa ya? Kl naik MRT anak sy yg kcl hrs bayar ʼnƍƍɑªk,kl msh digendong?
    *kalo ud sampai di marina bay, urutan nya mana dulu yg hrs dikunjungi tuh tempat wisata nya?,spy tdk bolak balik krn repot bawa anak kcl. Maksudnya rencana sy habiskan 1 hari di daerah situ. Dan bgmn cara dr 1tmpt ke tempat lain,apa kl jalan kaki cukup jauh? Misal dr merlion ke espelenade,dll. Apa bisa inform brp biaya utk msk ke tempt2 wisata di marina bay tsb?
    *trus next day,rencana ke science museum ya? Juga ke universal, naik apa ya? Mending taxi atau MRT? Abis dr situ ke song of d sea gmn caranya? Apa dekat? Brp tiket msk univeral n song ? Apa hrs beli di indo tiket US?
    *mustafa itu di china town ya? Naik bus bisa kan? Kl jarak dekat sy mau ajak anak biar pengalaman naik bus, krn kl di indo jarang ªdª bus bagus. Hehehe! Oiya top up EZ link dimana ya?
    *¨Ŧђäήĸş¨* atas bantuannya ya!

  35. Nani

    mas………….mau tnya klo mau bl Sinapore Pass dimana ya????trus utk 3 dewas dan anak usia 10 dan 6th.butuh brp tiket?dan naiknya dr mana??kami menginap di htl 81 Dicson.itu kalu mau kemn mana jauh gak mas?trims infonya.maaf nanya terus…..

  36. bahar

    @Susan :
    – Hotel anda sangat strategis hanya saja kamarnya kecil tapi bersih
    – Dari Changi Airport ke Fragrance Htl Selegie sekitar 30 menit naik taxi.
    – Tempat pemberhentian bus ada didepan hotel sebelah kanan
    – Stasiun MRT terdekat dengan Htlnya adalah Little India MRT (sekitar 5 menit jalan kaki). Utk naik MRT, ikuti tanda panah menuju MRT-Station hingga ketemu mesin penjualan tiket semacam ATM tapi lebih besar,ikuti petunjuk /Menunya (pilih bahasa, dilayarnya ada peta MRT, tunjuk/sentuh stasiun yang akan dituju, berapa orang)dan masukkan uang sejumlah yang tertera dimonitor, maka tiket berupa kartu akan keluar sesuai permintaan, pegang tiket masing masing, kemudian jalan ke Pintu masuknya dengan menempelkan/tap tiketnya pada pintu masuk maka pintu akan terbuka silahkan masuk menuju Platform sesuai tujuan anda, jangan lupa pada saat turun cari mesin seperti tadi dan kembalikan tiket untuk mendapatkan uang jaminannya (Jangan takut bingung, pilih menu bahasa Melayu atau minta bantuan orang yang sama sama mau beli tiket)
    – Tempat makan enak dan murah di Tikka Wet Market, jalan kaki 5 menit dari hotel

  37. Susan

    Dear Pak Bahar, salam kenal,

    Saya dan keluarga (3org) berencana untuk liburan ke singapore 23-26 Januari 2011.
    berhubung dulu ke Singapore cuma transit doang di Changi, jadi sama sekali buta dengan Singapore.hehe…
    untuk penginapan kami sudah reservasi di fragrance hotel selegie di Selegie Road.
    kira2 berapa lama ya dari Airport menuju hotel? kalo naik MRT gimana sih caranya mas dan berapa harganya?
    untuk tempat makan yang halal, murah dan dekat dengan penginapan kami apakah ada rekomendasi dari pak bahar?

    Terima kasih atas informasinya. 🙂

  38. bahar

    @zenal :
    – Tarif taxi dari Changi ke Htl 81 Bencoolen sekitar S$26, kalau mau naik Bis SBS Nomor 36 turun di Orchard, dengan MRT lebih dekat turun di Dhoby Ghaut.
    – Usahakan satu jam sebelumnya sudah di Harbourfront
    – Kalau hanya bawa kamera yang dipakai tidak perlu didaftar, petugas tahu membedakan pelancong dengan pedagang hehehehehehehe,
    – STP dan EZ Link bisa beli di Stasiun MRT Changi atau Harbourfront

  39. zenal

    Pak Bahar, mohon info tarif taksi dari changi ke hotel bencoolen 81 berapa ya? lalu bagaimana jika naik bis, pake bis apa dan turun dimana? begitu juga jika pake MRT lebih dekat turun di bugis atau nyambung dan turun di dhobyghaut?
    jika saya pulang ke jkt lewat batam, berapa lama harus tiba sebelumnya di harbourfront sebelum nyebrang?
    oiya, apakah benar sekarang ada peraturan yg mengharuskan kita mendaftarkan barang bawaan elektronik (kamera, dll) jika akan ke sin? lalu STP dan EZ link counternya dimana? terimakasih.

  40. bahar

    @Lelly :
    1.Kalau mau City Tour saja di KL membawa anak anak, Usahakan menginapnya disekitaran Bukit Bintang (banyak tempat makan enak, murah dan Halal), aku rekomendasikan di Berjaya Time Square (Selain Hotel dan Shopping Centre, juga tempat main berupa kolam renang dan semacam roller Coster) harganya memang sedikit lebih mahal tapi puas karena hotelnya memang bagus. Di KL ibu bisa Jalan jalan ke :
    – QS Chocolate Factory (Jl. Imbi), Istana Negara (foto2 dgn pengawal istana berkuda atau coba Harley Pengawal),Stasiun Kereta api lama, Taman tasik perdana (tugu Negara), Dataran Merdeka / Gedung Sultan Abdul Samad,Menara KL, Petronas/Suria, Damansara (bisa naik Shuttlebus dr Bukit Bintang didepan Hotel Royal Bintang),Batu Caves. Putrajaya, Mid Valley Mega Mall, dsb.
    Kalau mau cari suasana lain/beda bisa main ke Genting highland(tidak usah nginap), kesananya bisa :
    – Naik taksi RM 80 sekali jalan atau
    – Ambil paket tour “Go Genting” seharga RM35/orang (PP) sudah termasuk Cable car dan Outdoor Theme Park (Pergi Pagi pulang sore, , Go Genting bisa di peroleh dari Terminal Puduraya dan KL Sentral. Dari Genting Highland ada bus yang langsung ke singapura dan sebaliknya
    2.Penginapan murah Tune Hotel Reservasi lewat Webnya Air Asia

  41. Maia Annas

    Yang paling urgent adalah nomer telepon guide yang bisa saya hubungi deh supaya ga nyasar disana,thax ya

  42. Maia Annas

    Halo,saya rencana ke Sing bersama 3 anak yg masih balita nih.Perginya kamis siang sampai selasa sore jadi 5hari4malam,saya perlu seorang guide utk menemani wisata disana mohon infonya dan tlg info ittenarynya pak yg searah.Tempat yg mau qta kunjungi hampir semua yaitu Sing Zoo,Sentosa,Universal,Juring Bird,Sing Science Centre,Suntec MALL,sNOW City,Sing Botanic Garden,Museum of Toys,Ikea,Marina,ClarKE quay,Little India,Bugis,merlion ,esplanade.Makasih infonya

  43. Lelly

    Pak Bahar., Mohon Infonya

    Kalau kita dari SIN ,Rencana ke KL selama 2 hari (dengan Bus)

    1.Lokasi Wisata yang dapat di kunjungi di KL (Dengan membawa anak umur 14 s/d 2 tahun)

    2. Hotel/ Penginapan dengan biaya murah & bersih, nyaman

    Terima kasih

  44. bahar

    @ita :
    Bis KL – SIN ada yang berangkat jam 24, schedule lengkapnya bisa Klik disini http://www.journeymalaysia.com/ptasingapore.htm
    Bis dari KL – Larkin (johor Bahru) sekitar 5 Jam, dari Larkin – Sin sekitar 1 jam (tergantung antriannya di Check Point Imigrasi.

    @Nani :
    Taxi dari Changi airport ke Htl 81 Dickson sekitar $25-$30. untuk transportasi di Changi airport petunjuknya sangat lengkap, mulai dari naik Bis, MRT, Taksi hingga naik Monorail gratis antar terminal. Jadi kalau mau naik taxi ikuti saja petunjuk berupa tanda panah bertuliskan Taxi lalu ikut ngantri dengan tertib. Jangan membayangkan seperti di JIAC (Jakarta International Airport Cengkareng) yang dipenuhi oleh calo calo taxi yang sangat menjengkelkan, di Changi tidak demikian bahkan nyari orang untuk bertanya kadangkala susah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.