Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata di Singapura

Tempat wisata yang rasanya sayang kalau terlewatkan saat Anda berkunjung ke Singapura adalah Marina Bay, Esplanade, Patung Merlion, Fountain of Wealth. Yang paling wajib dikunjungi mungkin adalah Merlion, simbol negara Singapura. Beberapa kali saya ke Singapura, tempat ini tidak saya kunjungi, tapi rasa menyesal itu terobati saat saya menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini.

Singapore-Marina BayTempat ini berada di daerah yang berdekatan. Untuk berkunjung ke tempat ini, kita dapat menggunakan MRT lalu turun di station Raffles Place, nah dari sini sepanjang sungai kita dapat menikmati keindahan sungai di Singapura. Kebetulan waktu itu saya berkunjung di malam hari, sangat romantis suasana di pinggir sungai itu diterangi lampu2 yang indah dan tidak bau seperti sungai2 di Jakarta. Di seberang sungai terdapat sebuah bangunan yang ternyata museum. Museum ini adalah Asian Civilisations Museum, namun sayangnya sudah tutup jadi hanya bisa memfoto bangunan dari luar saja. Lalu juga terdapat hotel Fullerton yang megah.

Singapore-Merlion Setelah berjalan beberapa saat kita dapat menemukan patung merlion yang menjadi simbol negara Singapura ini. Terdapat dua buah patung, yang satu besar dan satunya versi mini. Di tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Boleh percaya atau tidak, tapi tempat ini sukar untuk ditemukan lho, padahal sepertinya sangat mudah dicapai, tapi saya dan beberapa teman saya yg ke Singapura memiliki kesulitan menemukan lokasi si Merlion ini lho. Aneh ya..

Singapore-EsplanadeTidak jauh dari patung merlion terdapat gedung esplanade. Gedung ini cukup unik karena berbentuk seperti durian. Di gedung ini sering diadakan pameran2 maupun konser2 seni. Rasanya di Indonesia belum ada gedung yang setara dengan gedung esplanade ini sebagai tempat pagelaran seni.

Singapore-SuntecAda sebuah kawasan yang bernama Suntec City, dalam area tersebut terdapat mal, kantor, ruang exhibition & konferensi. Dan ada sebuah area di dalam area tersebut yang terdapat Fountain of Wealth, dimana pada jam2 tertentu akan terdapat pertunjukan yang menampilkan semburan air dari atas bangunan berbentuk cincin tersebut. Bahkan dimalam hari pada jam tertentu akan ada pertunjukan laser yang cukup memukau. Ada kepercayaan jika kita memegang air yang keluar dari air mancur tersebut, maka akan mendatangkan keberuntungan, kesehatan dan lain2… berhubung sudah sampai sana, yah sekalian saja ikutan dalam ritual mengelilingi fountain tersebut sambil memegang air yg keluar..

Salam Jalan Jajan Hemat

347 thoughts on “Tempat wisata di Singapura

  1. Nani

    trims mas Bahar atas semua infonya,,,,,tapi ada lagi pertanyaannya nih.hehehehe maklum br pertama mau prgi keluar sekeluarga.untuk transpornya dr changi ke hotel 81 Dickson kalu naik txi mahal gak?trs cr taxinya kayak di indonesia apa gak.mksdnya hrs beli tiket taxi dl di loket apa gak??dan tlg dong mas saaya dibuatin itenerynya dari siang tggl 2 jan 2011 s/d tgl 6.supaya kami gak bingung mau kemana aja sesampainya di sana.trus naik apa aja ya?maaf banget nanyanya banyak bgt.semga Allah membalas kebaikan mas Bahar.Amin……

  2. ita

    Pak Bahar,
    Mau nanya lagi nih : kalau dari KL ke SIN pulang naik bis a/c reguler paling malam jam berapa ? dan Bis dari KL ke Larkin Terminal Johor Baru berapa jam ? (terminal johor baru ke SIN lebih kurang 5 jam ya)
    Atau ada gak, bis yang paling murah yang paling malam dari KL ke SIN ?
    Kalau jadi sih rencana berangkat dari SIN pagi-pagi dan pulangnya dari KL malam supaya banyak waktu ke tempat2 menarik di KL.
    Maaf ya saya banyak nanya. Terima kasih untuk infonya.

  3. bahar

    @ita :
    – Jam 05.45 udah ada.
    – KL – SIN Transtar Classic berangkatnya hanya 1x,pagi doang jam 08.30, naiknya dari Pasarakyat Bus Terminal – Lavender

  4. ita

    Pak Bahar,
    Kalau berangkat dari Spore ke KL naik bis A/C Reguler no.160/170 paling pagi jam berapa ? (lavender st SIN ke larkin terminal johor baru)
    Kalau pulang dari KL ke Spore naik bis Transtar yang Classic bis tingkat 69 seat S$ 14 paling malam jam berapa dan dari terminal bis apa di KL menuju terminal apa di Spore ?
    Terima kasih atas infonya.

  5. bahar

    @ita :
    – Harga tiket Bis Transtar bervariasi tergantung kelasnya :
    Bis Transtar berangkat dari 114 Lavender Street Hock Seng Building S’pore menuju Pasarakyat Terminal Kuala Lumpur, tiketnya bisa langsung beli disini (harga tiket :Solitaire S$50/Org Bis tingkat 18 seat, Classic S$14 bis tgkt 69 seat, First Class S$44/org 16 seat, Premium S$25 bis tgkt 39 seat, dan ada bis khusus tengah malam berangkat jam 23.30 Z-Club S$37/org).
    Bis Aeroline Berangkat dari Waterfront Plaza/Harbourfront SIN ke Corus Hotel Jl Ampang KL, tiket bisa beli disini (harga tiket : S$49 atau MYR 115)5 jam Perjalanan.
    Kalau mau naik bis yang lebih murah/ lebih sederhana, hanya saja waktunya lebih lama karena berhenti istrahat (sekitar 6 jam perjalanan): Bis Grassland, Bis Transnational, Bis Srimaju Coaches Brangkat dari Golden Mile Complex di Beach Road SIN ke Terminal Puduraya KL. atau kalau mau lebih murah lagi dengan Bis 707 Coaches, Bis S’pore-KL Express berangkat dari Ban San Street Terminal (dekat MRT Bugis) menuju Puduraya KL.
    Kalau mau yang sangat murah, naik bis A/C Reguler No 160 atau 170 dari Lavender St SIN Ke Larkin Terminal Johor Bahru (harega tiketnya S$1,7) dari sini naik yang jurusan KL (ada banyak sekali Bis) harganya bisa separuhnya .
    Kalau dengan KTMB naik dari Setasiun Kereta dekat MRT Tanjong Pagar SIN ke KL Sentral (harga tiket SIN-KL S$30, KL-SIN MYR30)
    Menjelang Akhir pekan agak suisah cari tiket Eksekutif, hari biasa banyak tiket tersedia langsung saja di counternya

  6. ita

    Pak Bahar, harga tiket bis Transtar atau aeroline berapa per orang ?
    Kalau beli tiket KTM atau bisnya langsung ditempat bisa gak ? Karena kuatir anak2 saya ABG berubah rencana gak jd ke KL lebih senang di Spore (krn tujuan utamanya memang ke Spore), kalau sudah pesan online kan sayang uangnya. Atau kalau sudah di Spore mau pesan tiket KTM dan bis sehari sebelum ke KL pesan/belinya dimana (kalau jadi sih ke KL tgl 20 des 2010 malam & kembali ke Spore tgl 21 des 2010 sore — pasti dapat tiket gak ?). Terima kasih atas infonya

  7. bahar

    @ita :
    – harga tiket KTM Sin$ 30/orang bisa tidur nyaman, sorenya balik ke Sin pakai Bis supaya suasananya beda bis yang bagus adalah yang tingkat dengan jumlah seatnya hanya 18 orang.
    – tiket KTM dan bis Transtar atau aeroline bisa pesan online

  8. ita

    Maaf pak, tiket kereta KTM bisa langsung beli ditempat & dimana belinya karena khan rencana perginya malam banget atau harus dipesan dulu ? Thanks

  9. ita

    Thanks Pak Bahar infonya yang sangat membantu.
    Maaf banyak nanya lagi : kalau ke KL dari Spore berangkat malam jam 11 pm naik kereta KTM, biaya keretanya berapa per orang ?
    Dan balik ke Spore sorenya sebaiknya naik apa ? (transportasi yang masih ada jam operasinya). Terima kasih banyak

  10. Bahar

    @nani :
    – Anak2 yang tingginya dibawah 90 cm tidak perlu beli STP , diatas 90 cm dengan umur dibawah 12 th beli STP untuk anak,diatas 12 th beli STP dewasa.
    – Di S’pore bagusnya kemana mana naik BMW (Bus – MRT – Walk)
    – Geylang adalah nama Kampung (area), tidak semuanya kawasan lampu merah, hanya lorong lorong tertentu saja.
    – Beli Voucher Hotel bisa lewat Travel, atau cari webnya agoda.
    – Apartemen sekitar orchard bisa hubungi/SMS ke ;
    081322548500 (Kiliney Rd, belakang Orchard)
    081807070188 (dekat MRT Somerset)

    @ita :
    – SIN-KL paling bagus berangkat malam jam 11pm naik Kereta KTM tiba di KL jam 7am jadi lebih bebas jalanjalannya sorenya balik ke SIN, kalau mau naik Bis anda boleh ke Golden Mile Complex di Beach rd, ada yang harganya $14 kalau mau lebih murah lagi naik Bis kota aja ke Larkin Terminal Johor Bahr, dari sana baru naik yang jurusan KL harganya MYR.
    – Di KL anda bisa ke : – QS Chocolate Factory (Jl. Imbi), Istana Negara,Stasiun Kereta api lama, Taman tasik perdana (tugu Negara), Dataran Merdeka / Gedung Sultan Abdul Samad,Menara KL, Damansara (bisa naik Shuttlebus dr Bukit Bintang didepan Hotel Royal Bintang),Batu Caves. Putrajaya, Mid Valley Mega Mall, dsb. (Perhitungkan waktunya dengan benar). Khusus untuk Petronas tutup kalau hari senin, selain hari senin ambil tiketnya (gratis) ngantri jadi susah diprediksi (harus pagi pagi). naiknyapun hanya sampai jembatan penghubung 2 menara kembar.
    – Biaya transportasi dan akomodasi jauh lebih murah di KL dari pada SIN ataupun Jakarta (sekedar perbandingan).
    – Kalau naik MRT/bisnya lebih dari 5x perhari lebih murah STP kalau kurang dari 5x perhari lebih murah EZ Link

  11. Early Ersyintia

    hallo mas,… saya minta info donk saya mau liburan sekeluarga besar januari 2011 selama 4 hari. rencananya siyh mau sewa apartemen yg punya 3 kamar, gak sharing sama tamu lain. apartemennya ada kolam renang, pokonya kaya hotel bintang 4 gitu deh.letaknya pengen di samping2 sungai singapur, clarke quay. ada gak ya mas? makasih…. 🙂

  12. ita

    Terima kasih banyak Pak Bahar.
    Saya masih pengin nanya kalau SIN ke KL pulang-pergi dalam sehari bisa naik bis (yang murah), sebaiknya saya sudah jalan dari people park jam berapa dan ke stasiun bis apa namanya & dimana ?
    Di KL tempat wisata yang paling menarik/bagus kemana saja yang bisa cukup waktu sehari itu (gak buang2 waktu)sehingga bisa kembali ke SIN hari itu juga (Petronas/Menara Kembar bisa nyampe sana gak). Biayanya sekitar berapa ya per orangnya untuk transportasi & tempat wisata ke KL tsb.
    Menurut Bapak di SIN sesuai saran itinerary Bapak tsb sebaiknya untuk transportasi saya beli STP atau EZ Link supaya murah dan efisien.
    Ditunggu infonya. Sekali lagi terima kasih

  13. nani

    trima kasih mas bantuannya.tapi ada yg ganjel nih…..ada yg mau saya tnya lagi nih…kalu untuk 3 orang dewasa dan 2 anak.1o dan 6 thn kira2 butuh stp card berapa ya?dan tolong dong mas aku dikasih rute perjalnan wisata kemana aja dan naik apa aja selama di singapura.mas menurut sampean kalau hotel 81 orchard di geylang itu bagus gak.karena sya bc di web anda mengatakan daerah geylang adalah daerah yg ……..saya jadi takut nih mas.trus kalu mau cr voucher hotel kemana mas?dan kalau apartemen di lucky plaza contack personnya brap kalu bs jgn nms sin ada gak mas……trims lo mas….udah mau di repotin…

  14. bahar

    @Nani :
    Usahakan sudah punya Voucher Hotel atau minimal sudah reservasi hotel sebelum berangkat (spy tdkhabis waktu & biaya hanya utk muter2 nyari Hotel karena pada tgl 2 Januari hotel2 disana masih pada penuh/tahun baruan), Untuk Hotel yang Strategis dan tidak terlalu mahal anda bisa coba di Hotel Central (Orchard Rd), Hotel Bencoolen di Bencoolen Street.
    Kemana saja di Singapura ? Silahkan baca “Tips wisata ke Singapura” di Blog ini (https://www.jalanjajanhemat.com/2010/07/tips-berwisata-di-singapura/), kalau masih merasa kurang baru tanya yang lebih detail.
    Kalau mau ke KL (Balik Hari) bisa dengan naik Bis, waktu tempuhnya SIN-KL kurang lebih 5 jam ditambah dengan waktu ngantri di Chek Poin Imigrasi Woodland & Johor Bahru kurang lebih 1 jam tergantung antriannya, Biayanya bervariasi dari S$14- $80
    Di KL anda bisa ke : – QS Chocolate Factory (Jl. Imbi), Istana Negara (foto2 dgn pengawal istana berkuda atau coba Harley Pengawal),Stasiun Kereta api lama, Taman tasik perdana (tugu Negara), Dataran Merdeka / Gedung Sultan Abdul Samad,Menara KL, Petronas/Suria, Damansara (bisa naik Shuttlebus dr Bukit Bintang didepan Hotel Royal Bintang),Batu Caves. Putrajaya, Mid Valley Mega Mall, dsb. (Perhitungkan waktunya dengan benar)

  15. Nani

    Salam kenal Mas…saya Nani, kami bersama suami dan anak2 berencana akan melakukan perjalanan nekat ke singapura dari tgl 2 januari s/d 6 januari 2011, di bilang nekat krn kami belum tau kemana mana…
    Kami berangkat dari jkt pagi dan plan tiba di changi jam 10.00. sebaiknya kita nginap dimana ya Mas??? yang tempatnya dekat dari mana2 dan tdk terlalu mahal dan dekat tempat makan yg halal.Tolong ya Mas Sarannya tempat mana saja yg bisa kami kunjungi disana bersama anak2.
    Kalau mau ke KL pulang pergi dalam sehari kita bisa naik apa ya ? dan biaya berapa ya? Kalau di KL tempat apa ya yg bisa dikunjungi?
    Terima kasih Ya Mas atas bantuannya…

  16. bahar

    @ita :
    Betul People Park ada di Chinatown (People Park Centre dan People Park Complex.
    Setibanya di Singapura tgl 19 Desember langsung C/i dulu dihotel setelah itu anda bisa jalan jalan ke Clarke Quay nikmati suasana malam disana, kemudian lanjutkan dengan ke Mustafa Centre yang buka 24 jam.
    Pada tgl 20 (hari ke 2) setelah sarapan silahkan menuju City Hall dengan MRT, disekitaran sini anda bisa menemukan Padang, Esplanade, Patung Merlion, Hotel Fullerton,Raffles Landing, Suntec City, Asean Civilization Museum dengan berjalan kaki. selanjutnya anda bisa naik shuttlebus dari St. Andrew ke Singapore Flyer dan MBS, dan pada sore harinya anda bisa menuju ke Orchard Rd (naik MRT aja supaya murah).
    Pada Tgl 21 (hari ke 3), setelah sarapan silahkan menuju ke Harbourfront dengan MRT, kemudian cari gedung Vivo City mutar mutar disini dulu dan menjelang jam 11.00 anda bisa naik Sentosa Express (S$3/orang PP)menuju Universal Studio(USS) dilanjutkan dengan nonton Song of the Sea dimalam hari.
    Pada tgl 22 (hari ke 4) pagi2 and bisa ke KL dan kembali ke Singapura sore atau malam hari.
    Pada tgl 23 (hari ke 5) anda masih punya waktu jalanjalan hingga jam 11.00 silahkan telusuri Pagoda Street untuk melengkapi oleh oleh dan selanjutnya ke Changi untuk kembali ke Indonesia jam 14.00

    @Tjandra :
    dari Changi airport to Hotel Frarance Rose Balestier kalau dengan orang tua sebaiknya naik taxi ongkosnya sekitar Sin $30/taxi, Stasiun MRT terdekat dengan hotel anda adalah Novena dan Farrer Park tapi jaraknya tidak terlalu dekat butuh waktu 10 menit jalan kaki. Nanti setelah tiba di Changi airport Coba ke Counter Bus di pintu keluar tanyakan yang ke Hotel Fragrance Rose Balestier rd kali aja ongkosnya lebih murah. Di Balestier Rd ada banyak sekali Shelter Bus sehingga tetap mudah dan murah kalau mau kemana mana.

    @suri :
    http://www.wego.com/hotels/singapore/singapore/a-travellers-rest-stop–258107

  17. suri

    salam kenal pak bahar ,
    minta info website nya Traveller Rest Stop Hostel donk . Sy berminat nginap di sana . tapi sampai skrg saya masih blom menemukan website nya . Terima kasih

  18. Tjandra

    Salam kenal Pak Bahar,
    saya 13 januari 2011 sampai 18 jan 2011 akan ke singapura, sampai singapura pk 18.10, hotel di fragrance rose balestier, dari changi ke hotel baiknya naik apa ya? yg berangkat 9 dewasa 3 anak(8-9th), murah yg mana ? kemudian ez link, sekali naik berapa S$ ? dari hotel ke stasiun MTR terdekat di mana ya ? berapa jauh ? ini saya sama orang tua, jadi perlu di perkirakan jarak kalau harus jalan kaki. maaf kalau terlalu banyak tanya, terima kasih sebelumnya atas informasinya.

  19. ita

    Salam kenal,

    Sy akan ke spore tgl 19-23 des 2010, 7 orang (2 keluarga dgn anak-anak remaja). Sy tinggal di People’s Park (daerah China Town betul gak ?)
    Sy tiba di changi spore jam 17:00 tgl 19 des dan pulang 23 des jam 14:00.
    Sy mohon info tempat2 & rutenya (itinerary) yang cocok untuk kami, yang penting harus mengunjungi Patung Merlion, Universal Studio, Song of the Sea, Orchad, belanja oleh2 yang murah
    Dari changi airport sebaiknya saya naik apa ?
    Untuk tour lebih baik & murah, paket singapore pass atau hippo tour dan biayanya berapa dan belinya terdekat dimana ?
    Transportasi yang murah & mudah, sebaiknya beli STP atau EZ Link dan belinya terdekat dimana ?
    Mau nanya juga bisa gak ya saya main ke Malaysia/KL untuk 1 hari (gak nginap tapinya), kalau bisa tolong bagaimana jadwal rutenya & tempat yang perlu dikunjungi serta biaya.
    Saya tunggu infonya. Kalau tidak keberatan bisanya infonya dikirim ke email saya. Terima kasih banyak untuk bantuannya.

  20. bahar

    @Lelly :
    23 Dec, kalau datangnya siang/sore setelah simpan barang di hotel silahkan langsung jalanjalan ke Orchard Road, malamnya boleh lanjutkan ke Clarke Quay setelah itu istrahat dulu siapkan tenaga untuk besok.
    24 Dec, ambil paket Hippotour tiketnya US$ 18.7/org, ada 2 route yang ditawarkan (Heritage route & City route)saya rekomendasikan Heritage Route yang akan melalui tempat2 menarik berikut (dalam waktu 1 jam)
    * Suntec City Mall
    * Fu Lu Complex (belanja keperluan Tao/Budha)
    * Little India
    * Mustafa Centre
    * Thieves Market (pasar loak dengan lebih dari 400 penjual)
    * Sultan Gate
    * Bugis Junction
    * Civic District (bisa lihat kaki lima dengan ruko2 tua)
    * Peninsula Plaza
    * Boat Quay
    * Chinatown
    * People’s Park Centre
    * Suntec City (Padang,Esplanade,Merlion, Raff.Landing dsb)
    Jam beroperasi 09.00 – 18.00, tiket berlaku 24 jam terhitung saat pertama kali digunakan, Bisnya tingkat dengan bagian atas terbuka jadi kalau tdk panas bisa duduk diatas spy memandangnya lebih bagus, disetiap tempat menarik yang dilalui anda bisa turun untuk berjalanjalan sendiri dengan bebas tidak terikat waktu, jika sudah puas kembali ketempat anda turun untuk naik bis Hippo lagi yang akan melewati setiap 25 menit (saran:untuk pertama kali tidak usah turun hingga satu putaran jadi bisa melihat suasana kota dan tempat2 menarik ini selanjutnya baru pilih tempat yang mau dilihat lebih dekat).
    25 Dec, Jalanjalan di Area Marina Bay disitu ada Singapore Flyer, Marina Bay Sands sore harinya silahkan menuju Patung Merlion untuk berfoto ria, lanjutkan ke teatre on the bay sekalian makan malam, di sekitar situ saja banyak sekali tempat yg bisa diteluisuri.
    26 Dec, pagi main ke Singapore Botanic Garden (buka dari Jam 05.00) rasakan kedamaian taman yang yang indah didalamnya ada Taman anggrek yang sangat bagus, menjelang siang silahkan main ke Singapore Science Centre dilanjutkan Sentosa Island, disana ada Universal Studio (yg terbaru)dan pada malam hari anda bisa nonton Song Of the Sea
    27 Dec, kalau pulangnya malam, titip barang direseption dan mutar lagi ketempat yang masih bikin penasaran, biasanya adalah Bugis dan China town atau Orchard untuk tambahan oleh oleh.

    @melly :
    Ke Mustafa Jalan kaki saja, hotel anda dekat dengan Novena Square Shopping Mall, kalau ke Orchard jalan kaki juga boleh (ingat banyak jalan kaki berarti nanti banyak tahu tentang Singapura lagi pula lebih sehat karena udaranya lebih bersih, mungkin karena nggak ada Kopaja dan Metromini kali ya …..hehehehehehe) naik bis jug a boleh tapi nomor bisnya nggak hafal.

  21. DANIEL BIMATHESDA

    KE SINGAPORE ENAK NYA NAIK PESAWAT TERUS KALO SUDAH SAMPAI NAIK MRT SAJA. SUPAYA BISA MELIHAT PEMANDANGAN DARI KERETA.

  22. melly

    pak bahar saya mau tanya kalo dr quality hotel ke mustafa center itu naek apa……lebih dekat ke pusat perbelanjaan mana….trus kalo ke orchard naek apa yg praktis mohon batuannya trims

  23. Lelly

    Dear pak Bahar

    Kami rencana ke sing tanggal 23 – 27 dec 2010
    4 dewasa + anak 5 (2 – 14 Tahun).Kami baru pertama kali ke sing .
    bisakah bapak memberi kami saran mengenai tour di sing.
    berikut budget nya?
    Maaf merepotkan
    terima kasih sebelumnya

  24. bahar

    @Indri :diterminal 3 keberangkatan, sebelum Departure Hall. kalau anda beruntung bisa dapat dengan harga sangat murah pada saat clearence sale, kalau mau tahu stok dan jadwalnya , silahkan klik di Crocs Clearence Sale @ Changi Terminal 3, selain itu kalau tidak salah ada 2 toko khusus Crocs di Suntec City

  25. bahar

    @indri : diterminal keberangkatan sebelum Departure Hall, kalau beruntung bisa dapat harga sangat murah karena biasanya ditentukan waktu Clearence Salenya, untuk mengetahui jadwal lengkapnya coba klik di Crocs Clearence Sale@changi airport atau Suntec city

  26. Indri

    Terima Kasih pak Bahar….

    mau tanya lg bisa…??
    Outlet Crocs ada di Changi Airpot terminal 3 harganya murah bahkan ada yang $10,( itu di terminal kedatangan atau keberangkatan ya ? sebelum atau sesudah pemeriksaan imigrasi ? )
    jd lebih baik sy ke crocs waktu tiba di singapore atau pas kepulangan ?

    terima kasih

  27. bahar

    @Indri : di USS cukup setengah hari, Jadi lebih baik ke Singapore Science Centre aja dulu hingga jam 12.30 selanjutnya ke Harbourfront dan Makan siang di Foodcourtnya Vivo City, setelah makan siang baru ke Universal Studio hingga jam 18.00(di USS dapat Voucher makan $5 tapi harga makanannya mahal) selanjutnya Nonton Song Of The Sea

  28. Indri

    teriam kasih pak bahar atas infonya yg cukup detail dan jelas….
    mudah2an dpt membantu sy & keluarga menikmati singapore….
    utk hari ketiga tujuan ke Singapore Science Centre lalu ke Universal Studio apa tdk memakan waktu….??
    kira2 utk mengelilingi Universal Studio perlu brp jam ya?

    tq

  29. bahar

    @Indri :
    – Masing masing Terminal (1,2 & 3) di Changi Airport ada Foodcourtnya demikian pula makanan halalnya.
    – Naik Taxi saja, pakai 2 taxi ongkosnya kurang lebih $20/taxi. Sebenarnya bisa pakai Maxicab tapi ongkosnya juga mahal $7/0rang dewasa dan $5/orang anak.
    – Hotel Ibis Bencoolen dekat dengan Area Bugis (sekitar 100m dari MRT Bugis), juga dekat denga Area Little India, hanya 1,5km dari Orchard dan sekitar 1,5 km ke City Hall. Jadi pada hari pertama siang silahkan jalan2 disekitar Hotel bisa di Bugis atau di Little India dilanjutkan dengan sore hari ke Orchard dan bisa makan malam di Lucky Plaza atau dimana saja karena Foodcourt ada disetiap Mall(Orchard Road walaupun dikunjungi berkali kali tidak membosankan)di sini pada malam hari ada atraksi cahaya di Bideford Junction Crosswalk setiap 30 menit selama 1 menit.
    -Pada hari kedua setelah Sholat subuh ajak keluarga jalan jalan ke Singapore Botanic Garden (Orang tua Pasti senang) buka dari pukul 05.00 Pagi disana banyak orang yang beolahraga, tamannya cantik sekali dan didalamnya ada Kebun anggrek, sekitar jam 08.00 tinggalkan tempat ini dan cari sarapan selanjutnya kitari Singapura dengan mengambil paket Hippotour, pilih Route Heritage yang akan membawa kesebahagian besar tempat wisata yang anda tanyakan (Baca postingan 18 Agustus lebi jelas).
    – Stasiun MRT yang terdekat dengan Hotel Ibis adalah MRT Bugis, caranya : Silahkan masuk Stasiun cari Mesin tiket, disitu tertera Peta/ Jalur MRT, silahkan tunjuk/sentuh stasiun yg dituju hingga keluar angka yang harus dibayar, masukkan Uang maximum $10 dan tiket berupa kartu akan keluar beserta kembaliannya, tiket inilah yang di tap di pintu masuk MRT yang akan terbuka secara Otomatis, Silahkan masuk dan cari Platform sesuai tujuan. Ingat jangan lupa setelah Turun dari kereta Kembalikan tiket anda kemesin tiket yang secara otomatis akan mengembalikan uang jaminan kartu sebesar $1, mudah kan…!. Kalau tidak mau repot membeli tiket setiap mau naik MRT sebaiknya beli EZ Link, selain MRT bisa juga dipakai naik BIS kota dan beli minuman.
    – Outlet Crocs ada di Changi Airpot terminal 3 harganya murah bahkan ada yang $10, sedangkan untuk beli Produk Charles & Keith, G2000, Pedro, Bossini, Esprit, Club Marco dll. anda bisa mengunjungi Anchor Point Shopping Mall di Alexandra Rd depan IKEA (Facory Outlet)
    – Pada hari ke tiga, ajak dulu anak anak ke Singapore Science Centre (buka mulai jam 10) Jika seandainya belum sempat pada hari kedua ke marin. Setelah itu baru menuju Universal Studio di Sentosa Island, caranya : Naik MRT ke Harbourfront Cari Gedung Vivo City naik ke Lantai 3 Lobby L beli tiket Sentosa Express ($3/orang PP) ke USS atau bisa juga naik Bis (Sentosa Bus $2/orang PP) diSentosa sekalian nonton Song Of The sea jam 19.40 setelah itu Pulang ke Hotel dgn cara Ke Harbourfront dulu kemudian naik MRT satu kali ke Little India. Bis dari Sentosa sampai Jam 23.30.
    – Setelah puas jalan jalan di Singapura, kita tunggu ceritanya disini ya..!!!

  30. Indri

    Dear pak Bahar….

    Kami rencana ke Sing pada tgl 22-25 Nop 2010 ini dan sdh dpt penginapan di hotel ibis Bencolen, saya bersama suami + 2 anak laki2(6thn&9thn)+ 4 orang tua kami,kira2 kalau kami tiba pas makan siang di changi,ada pilihan tpt makan yg enak,murah dan halal di sana…?? kalau kami ber 8 org lebih nyaman naik apa ke hotel ibis bencolen, kalau naik taksi , taksi apa dan tarifnya sekitar brp ?
    * utk hari pertama dari siang ke malam kira2 tujuan mana yg cocok kami kunjungi duluan..??
    * utk hari kedua tujuan wisata mana saja di bawah ini yg wajib kami kunjungi utk keluarga dgn 2 anak dan 4 orang tua , kira2 kalau dari hotel menuju station MRT mana dan bagaimana caranya jg menggunakan MRT utk tujuan :
    1. marina bay
    2. China Town/Pagoda Street
    3. patung merlion
    4. fountain of wealth
    5. asia civilsations museum
    6. menyaksikan air mancur di Suntec City
    7. atraksi cahaya di Bideford Junction (Orchard rd)
    8. Hotel Fullerton
    9. Singapore Science Center
    10. orchard road
    11. mustofa center
    12. little india
    13. kampoeng bugis
    14. clark quay
    15. vivo city
    kalau mau belanja barang bermerk seperti charles & keith,giordano,crocs dan oulet lainnya di mana yg murah….??
    (kalau ikut SUNNY HIPPO TOURS apa kelebihannya ? bs ga ke tpt2 tsb diatas )dan jg info tempat2 wiskul di singapore….
    * utk hari ketiga kami berencana ke Universal Studio dan Song of the sea kalau dari hotel naik MRT tujuan ke mana dan bagaimana caranya spy sampai ke Universal Studio dan lanjut malamnya naik apa kami utk mengunjungi Song of the sea, dan terakhit MRT dari Sentosa island ke hotel jam berapa?
    *kembali ke Indonesia

    terima kasih

  31. riri

    pak bahar…

    saya ada rencana liburan 3hari di singapura…
    tempat wisata mana saja yg bisa saya kunjungi selama 3hari dsana..?
    saya menginap di daerah little india..

    thanks…

  32. verawati

    dear pak bahar

    biasanya taeif taxi dr changi ke chinatown kira2 brp??terima kasih atas seluruh informasinya..

  33. bahar

    @Nurhayati Candra :
    Setibanya di Singapura lansung cari peta Singapura dan Peta MRT, peta ini anda bisa peroleh secara gratis dibanyak tempat diantaranya : Show Case di Bandara, Dilobby hotel, dibagian Informasi pusat perbelanjaan atau ditempat tempat yang bertanda STB/SVC, setibanya penginapan pilih peta yang paling mudah anda fahami dan bawa kemana saja anda pergi.
    Singapura terkenal dengan obyek wisatanya yang termasuk mahal, tapi tenang saja karena ada banyak sekali tempat menarik yang gratisan dan tidak kalah serunya :
    • Orchard Road adalah pusat perbelanjaan yang sangat terkenal bahkan ada yang mengatakan bahwa tidak syah perjalanan anda ke Singapura kalau tidak jalan jalan ke Orchard Road. Nikmati indahnya suasana kota singapura dengan menyuri pedestriannya yang lebar disini anda akan merasakan penghargaan buat pejalan kaki.
    • China Town, yang paling disukai adalah di Pagoda Street disini anda bisa belanja oleh oleh, banyak sekali barang yang ditawarkan dengan harga $10 /3 bh, anda bisa kesini dengan naik MRT dan keluarnya di pintu A itulah pagoda street, susuri jalan itu dengan santai kalau haus anda bisa mampir ngopi disalah satu tenda. Smith Sreet, OG People Park.
    • Area Bugis/ Arab Street(MRT Bugis), silahkan berkeliling jalan kaki diarea ini, jangan lewatkan Parco Bugis Junction, Bugis Street, OG Albert, Mesjid Sultan, Malay Heritage. Kalau mau melihat Singapura 360 derajat selama kurang lebih 10 menit silahkan Naik DHL Balloon, waktu itu tarifnya S$23/orang dewasa dan $13/anak, lokasinya dilapangan disamping New 7th Storey Hotel
    • Little India (MRT Little India/MRT Farrer Park) : Tekka Mall, Tekka Market, Little India Arcade, Mustafa Centre yg buka 24 jam
    • City Hall/Marina Bay (MRT City Hall/Promenade) : Esplanade, Patung Merlion, Fullerton, Raffles Landing,Asean Civilization Musium, Padang , Singapore Flyer, MBS
    • Sentosa Island (MRT Harbourfront + Sentosa Express $3PP/Sentosa Bus $2PP/Cable Car) :
    RWS/USS, Image Of Singapore, Butterfly Park, Sentosa $D Magix, Sentosa Cine Blast, Sentosa Luge & Skyride, Tiger Sky Tower.TheMarlion, Song of the Sea, The Flying Trapeze, Underwater World, Siloso Beach
    • Selain itu ada : Singapore Science Centre, Jurong Bird Park, Singapore Zoo
    • Kalau anda tertarik disingapura banyak sekali taman yang indah
    • Dan lain lain

  34. bahar

    @Verawati: Sebenarnya kalau dari Changi ke China Town Hotel bisa juga turunnya di Outram Park saja jadi lebih simpel rutenya adalah dari Changi naik LRT ke Tanah Merah turun disebelah kiri dan lansung naik MRT ke Outram Park keluarnya di pintu G atau C. kalau keluar di G nanti ketemu Cantonment Road jalan terus dan belok kiri di Neil Road sekitar 100m dari situ ketemu Teck Lim road sebelah kiri. Kalau keluarnya di Pintu C menyebrang jalan ke Bukit Pasoh Road jalan terus sampai mentok di Neil Road belok kiri nanti ketemu Teck Lim Rd sebelah kiri(sepanjang jalan yang saya sebutkan ini dipenuhi toko2 yang sangat menarik, jalan lewat sini pasti senang deh…!)
    Kartu EZ Link bisa dipakai oleh siapa saja/ bisa pindah tangan yang penting ada depositnya. jangan lupa setiap keluar/turun MRT/Bis kartunya di Tap yang otomatis akan mendebet deposit anda sesuai ongkosnya, Sebaiknya masing masing punya Card.

  35. verawati

    terima kasih atas informasinya pak bahar..tp saya masih mempunyai bbrp pertanyaan nih.sesampainya saya di mrt station chinatown,bagaimana arah saya ke hotel chinatown yg di teck lim road??kartu EZ link harus masing2 1 atau bisa dikongsi?trims

  36. Bahar

    @verawaty : dari Changi ke Chinatown Hotel, naik MRT aja murah (Routenya :Changi-Tanah Merah-Outram Park- China Town). Ada banyak tempat yang wajib Ibu Kunjungi selama diS’pore, yaitu kawasan/area: Orchard Road, China Town, Little India, Bugis/Arab Street, City Hall, Marina bay, Harbourfront/Sentosa Island dan Jurong, Touris yg ke Singapura mutarnya pasti disekitaran tempat ini saja. Mengunjungi tempat2 ini tidak perlu berurutan/kaku, jadi terserah mau yg mana lebih dulu dikunjungi karena pada dasarnya jarak antara satu dengan lainnya berdekatan. Mengenai tempat grosiran perlengkapan bayi mungkin ada kawan yang bisa memberikan info.

    @Lusi : Kendaraan yang paling populer di Singapura adalah naik BMW (Bus, MRT dan Walk).
    Dari Hotel 81 Selegie bisa Jalan kaki ke Orchard Rd, sekitar 30 meter dari Hotel ada tempat pemberhentian Bis, anda tinggal lihat nomor dan jurusannya dipapan petunjuk, kalau kebetulan tertera tujuan yang hendak dikunjungi maka langsung naik bis saja sesuai nomornya. kalau tidak ada baru naik MRT. Hotel 81 Selegie kebetulan berada ditempat strategis antara Little India dan Orchard, disekitar situ ada banyak tempat makan.

  37. Lusi

    pak bahar tanya lg nih :
    dr hotel 81 selegie ke orchad lebih efisien naek apa ?
    dr hotel 81 selegie ke sentosa naek apa ?
    dr hotel 81 selegie ke bugis naek apa ?

    thx infonya pak ^

  38. verawati

    Dear Pak Basar,

    Saya sekeluarga ber3 dgn anak umur 1.5thn mau ke singapura tgl 5 des-8des.kami tlh memesan hotel di chinatown hotel yg di teck lim road.apakah transportasi yg pas dr changi airport??taxi or mrt?bagaimana sebaiknya rute saya selama 4 hari disana?sekalian mau nanya tempat grosiran ato distributor perlangkapan bayi spt btl susu dimana ya pak basar?

    Terima kasih untk infonya

  39. bahar

    @ardi : Ikut paket Singapore Pass adalah pilihan yang tepat. dengan paket itu anda tinggal menikmati Tour tanpa perlu lagi mikirin mau kemana dan naik apa, turun dimana (harga tidak boong), Singapore Pass berdurasi 2 hari penuh dengan program yang cukup lengkap termasuk didalamnya : Singapore Flyer, Hippotours,River Hippotours, Rhinotours. dengan paket ini akan membawa anda bercity tour ke Orchard,Merlion, esplanade,Raffles Landing dan Heritage tour ke China town,Little india hingga ke Sentosa Island, pokoknya lengkap dan puas deh.
    Selamat berwisata dan jangan lupa bagi bagi ceritanya untuk menjadi panduan buat teman teman yang mau berwisata ke Singapura.

  40. ardi

    mas bahar..
    saya besok ke singapore, berangkat 20 oktober jam 15.30 dan pulang sabtu 23 oktober pukul 9.45
    saya pengen singapore flyer, song of the sea, skyride,dll..
    kira2 perencanaan perjalanannya gmana yaa?
    trus enakan ikut paket Singapore Pass yang dari ducktour atau jalan sendiri aja?
    mohon pencerahannya..
    thanx…

  41. bahar

    @rurry : kalau naik MRT/LRT atau Bis kotanya hanya 1x, 2x atau 3x dalam satu hari maka lebih menguntungkan pakai EZ Link, kalau berkali kali, lebih dari 4x hingga tidak terbatas maka lebih menguntungkan STP.
    STP hitungannya harian (S$8/hari) sedangkan EZ Link hitungannya perkali naik

  42. rurry

    dear mas bahar..

    thanx untuk info penginapannya…

    saya dan teman saya rencana akan disana selama 4malam 3hari..sampai di sana sekitar jam 23.00..

    Bisa tolong dibantu rute2 tempat wisata mana saja yg bisa kami kunjungi selama 3hari disana..biar berurutan n ga bingung…
    maklum..baru pertama kali kesana…

    Thanx before..

  43. bahar

    @rurry :
    Tarif kamar di Lucky Plaza bervariasi yang termurah S$50an dan yang termahal S$130an, sedangkan di People Park dikisaran S$50 hingga S$90an.Kedua2nya lokasinya bagus.
    @ryan :
    Untuk penginapan murah silahkan coba di :
    – Cosy Corner Guest Hause, 490 North Bridge rd, lantai 2. +65 63396128/+65 62246859, tarifnya :S$12 (Dormitory tanpa AC)dan S$17 pakai AC. Tempatnya sangat strategis (diseberang Bugis Junction Shopping Centre)
    – ABC Backpackers Hostel, 3 Jalan Kubor, +65 62981611. Tarifnya bervariasi dari S$15-S$22 tergantung jumlah tempat tidurnya (ada Dormitory khusus wanita), tempatnya strategis hanya 5 menit jalan kaki ke MRT Bugis.
    – Fernloft Hostel, 257 Jalan Besar. +65 91734028/+65 62976495. Tarifnya S$16/orang utk kamar dgn jumlah tempat tidur 14 buah dan S$20 yg 6 tempat tidur (ada dormitory utk wanita), lokasinya di Little India.

  44. ryan

    dear mas bahar…

    minta tlg info penginapan murah dsn..klo ada yg dbwh 40$/perkamar utk ber-2..n lokasi ckp strategis..

    qira2 klo penginapan dorm gitu aman gak..?yg recommended dmn ya..?harga kamar permalamnya brp..?

    thanx before..

  45. rurry

    mas bahar…

    minta infona dong…klo harga kamar di Lucky plaza tu rata2 permalamnya brp ya..??ada ga yg sekitar 40$ permalam..??

    klo di people’s park rata2 harga kamar permalamnya brp..??

    Lebih recommended mana..??

  46. bahar

    @minar :
    Kalau mau nginap disekitar Orchard rd, bisa coba booking di :
    – Kum Hing Court, 28 Tomlinson Rd (MRT Orchard) +65-98951489, Disini ada 2 pilihan kamar :
    S$75 Common room (kamar mandi bersama
    S$100 Master room (kamar mandi didalam)
    Setiap kamarnya bisa diisi 2 – 3 orang
    – Hotel Fragrance Oasis, 435 Balestier rd +65-62596888, tarifnya sekitar US$39/malam. (di Blesteir rd ada 3 buah Hotel Fragrance berdekatan,pilih di Fragrance Oasis), didekat hotel ini ada Hawker Center (Pujasera) yang buka hingga malam.
    Atau menginap di Apartemen Lucky Plaza (LP) di Orchard rd, pasilitasnya tidak kalah dengan htl melati, untuk urusan perut disini lebih gampang karena ada banyak makanan halal di lantai 6. (saran “Jangan pernah beli alat elektronik di Lucky Plaza”), kalau mau menginap disini anda bisa hubungi yg pemiliknya orang Indonesia (lebih ramah) diantaranya sbb :
    – Ibu Yani +65 90680061
    – Ibu Ani +65 67363901
    – Ibu Frieda +65 67379128
    – Ibu Acu +65 97665703
    – Mba Ummi +65 90680061
    Kamar yg disewakan mulai dari Lt 9 hingga 23, kalau mau ke pertokoan LP tinggal turun ke Lt 5 – 1, karena saat ini musim hujan maka tdk perlu khawatir karena dibawah LP nyambung dengan beberapa pertokoan hingga ke sebrang jalan ( Takasimaya, Wisma Atria, Tang, Weelock Place, Shaw House).
    Kalau tiba S’pore jam segitu, maka silahkan langsung ambil taxi aja.
    Selamat Jalan Jalan, jangan lupa bagi bagi ceritanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.