Jalan Jajan Hemat

Kawah Putih dan Situ Patengan (Bandung)

Di Bandung Selatan, ada beberapa obyek pariwisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Kawah Putih dan Situ Patengan (orang sering menyebutnya Situ Patenggang). Dikarenakan jaraknya yang cukup jauh dari kota Bandung,sekitar 2,5 jam, disarankan jika Anda hendak mengunjungi tempat di Bandung Selatan ini, lebih baik ke beberapa tempat sekaligus, agar perjalanan Anda lebih efisien.

Kawah Putih

Tempat ini berada di daerah Ciwidey. Pemandangannya cukup indah, udaranya dingin. Di atas gunung, terdapat hamparan pasir berwarna putih, dan ditengahnya terdapat danau berwarna hijau, suatu pemandangan yang cukup kontras. Bahkan saat saya kesana, ada sepasang pengantin yang sedang mengambil foto untuk pre-wedding.

Kawah Putih 01Tempat yang indah ini kabarnya ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuh. Beliau tidak percaya dengan cerita penduduk sekitar yang mengatakan daerah gunung patuha tersebut angker, karena tempat tinggal jin dan mahluk halus. Sehingga tidak ada binatang yang lewat bahkan burung yang terbang melintasi saja bisa mati. Ternyata ditemukan adanya danau, yang didalamnya terdapat semburan belerang, sehingga binatang tidak suka dengan bau tersebut.

Di dekat pintu masuk terdapat beberapa saung, sehingga kita dapat beristirahat dengan rileks dengan suasana yang tidak pernah kita dapatkan di kota-kota besar. Harga tiket masuknya cukup murah, Rp 3.500 / orang, ditambah Rp 3.000 untuk mobil. Memang di tempat ini tidak terdapat fasilitas yang lengkap, hanya sekedar menjual pemandangan yang ada. Sayang sekali, seharusnya ini dapat menjadi tempat pariwisata yang sangat menarik jika dikelola secara serius oleh pemerintah daerah.

Situ Patengan
Situ Patengan Dari Kawah Putih, kita dapat meneruskan perjalanan kita menuju Situ Patengan. Taman wisata ini lebih ramai dibandingkan Kawah Putih, mungkin disebabkan fasilitas yang ada lebih banyak. Luas taman wisata ini 17 ha, sedangkan luas danaunya 48 ha. Di tengah danau itu terdapat pulau kecil yang dinamakan pulau Asmara, karena berbentuk hati.

Situ Patengan, berasal dari bahasa Sunda, “Pateangan-teangan” yang artinya saling mencari. Dikisahkan dulu ada sepasang sejoli yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling mencintai. Mereka berpisah sekian lamanya, dan saling mencari. Akhirnya mereka bertemu di tempat yang dinamakan Batu Cinta. Dewi Rengganis pun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (pulau Asmara/pulau Sasaka).

Batu Cinta di Pulau AsmaraKonon kabarnya, untuk pasangan yang mengelilingi pulau Asmara dan singgah ke batu Cinta akan mendapatkan cinta abadi seperti pasangan tersebut. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, kami pun menyewa perahu dan memutari pulau dan singgah ke batu Cinta. Di perjalanan, tukang perahu tersebut menceritakan pula bahwa pulau Asmara tersebut angker, dan hanya boleh disinggahi oleh pengunjung jika sudah mendapat ijin dan ditemani oleh sang juru kunci. Sayang sekali banyak tangan jahil yang meninggalkan coretan-coretan di tempat-tempat wisata yang indah ini. Tiket masuknya sedikit lebih mahal dibandingkan Kawah Putih, tapi saya lupa harga pastinya.

Nah tertarik untuk berkunjung ke Bandung Selatan ?
Salam jalan jajan hemat.

WARNING : Berdasarkan informasi dari teman2 JJH yang mengunjungi kawah putih belakangan ini sering diminta harga yang SANGAT tidak manusiawi, alias PREMANISME. Semoga aparat dan petugas yg berwenang dapat segera menindaklanjuti hal ini, sayang sekali kalau pariwisata Indonesia hancur gara2 segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

165 thoughts on “Kawah Putih dan Situ Patengan (Bandung)

  1. likung shotokaw senkke

    Laaaappppaaaaaarrrrrrrrrrrrrr…..!!!!
    Gw kecewa sma kwh putih, apa2an.. gw pikir di atas lokasi ada tukang makanan,padahal kgak ada sama sekalih, udah gitu kgak ada pula airnya di toilet… (tapi salut sama drive angkotnya,gila2an,, anjrit.. sport jantung gw…….bagus’a kaga ampe copoooottt!!!!!!!!!!!)

  2. mamax

    waaah kamis tanggal 31 Agustus w g smpe ke kawah putih,padahal lebaran k-2..
    kecewa berat,gara-gara ada mobol mogok di atas..
    pdahal first trip to ciwidey…

  3. lulu

    mang ada bener pemandian air hangat yah???ato jangan2 salah info gw…mohon petunjuk duuunggg…pleace……

  4. thya'

    kawah putih keren euy…kmaren pas masuk ksana bayar 250 ribu…satu mobil
    sayagnya kita kemaleman sampainya jd ga sempat k situ patenggang

  5. Pingback: Bandung Trip: Tour de Mall | Pojok Mungil

  6. Ayu Shahbanu

    gimana Mau berekreasi..
    temen saya Masuk sana PARKIR 200 RB..
    Gilaa bgd tuh… besok saya adukan kepada PEMERINTAH KAB. BANDUNG..
    Bersiap-siap saja…

  7. budy

    Postingan ini kayaknya musti diganti because menyesatkan. Hari ini 2 juni 2011 saya dan keluarga bermaksud berwisata ke kawah putih karena teringat keindahan kawahnya. Masya Allah kami dikenakan tarif yang nggak masuk akal perorang rp. 16 ribu x 4 plus tarif mobil 150 ribu belum ditambah biaya parkir di dalam 5000 belum banyak pak ogah yang berkeliaran fasilitas seadanya selangit SUDAHLAH PAK JANGAN AmBIL UNTUNG BANYAK BANYAK

  8. Endang Zamahsyarie

    yang pasti kalo pake motor tiket masuk k kawah putih satu motor satu pengendara tanpa boncenger harga nya 15 ribu. ga bayar apa2 lagi. paling bayar penitipan helem (kalo nitip helem.Red) 2 helem 5 ribu.

  9. dydy

    buat backpacker atau yg pake angkutan umum hati2 mas bro dan mba sis, bisa2 nt tertipu oleh para supir angkot,,yang jelas kalau tarif angkutannya sendiri segini nih…
    dari bandung ke ciwidey: Rp 6.000 – 8.000/orang (sampeterminal ciwidey)
    dari ciwidey ke depan pintu masuk kawah putih: RP 6.000/orang (catatan: kalau diajak masuk ke dalam jangan mau, karena nt semua bisa ditembak dengan harga yang ga masuk akal, sampe 30.000/orang karena nt dianggap carter tuh angkot, itu cuma sampe atas doang, nanti baliknya nt dikenain bayaran lagi)
    dari pintu masuk kawah putih ada angkot ke kawah putih: tarifnya antara Rp 22.000-25.000 (pulang-pergi, sudah termasuk karcis masuk didalamnya seharga 12.000, jd nt ga usah bayar tiket masuk lagi)

  10. Ruwet ginggang

    Buzzzet jalanany belak belok,tanjakany gilaaaaaaa.ud gt dnginy bkin gue streeesss aj.tpi assik jug seeh

  11. Yeni Sulistriyani

    Tempat penginapan yang murah deket ciwidey ada g n kira2 harganya berapa untuk 10 Orang ya ?? mhon infonya dong… Isy tgl. 21 April Mau kesana.

    Tks

  12. doel thea

    insya allah tgl 05 maret 2011,saya akan kesana……kawah outih,i am commiiiiing……….

  13. Shanty

    Hai minta infonya dund minggu dpn ku mo kekawah putih hrg tiket msknya berapa perorg n hrg tiket mobilnya

  14. siphenxs

    Liat Situ Patenggang inget dl, wkt gw msih SMP, kl diitung2 dah lebih 15 taun, emang asyik tmptny sejuk, jd pngen kesana lagi…

  15. Anonymous

    Mz aku mau Tannyak kalau jalur Dari jakarta mau ke ciwidy jalur.nya giy mana,
    Tarif laen2.nya Berapa Mz,

  16. ela

    kalo misalnya parkir mobil di bawah terus ke atas naik mobil penyedia wisata 10rb per org.. turunnya bayar lg ga??

  17. hartini

    Kmrn tgl 3 Feb sy br aja ke Kawah Putih n dikenakan harga yang tak masuk akal,tiket per orang 16.000 dan mobil 150.000,sampai diatas parkir sebentar saja 5.000,sedangkan fasilitasnya hanya sedikit,katanya untuk biaya pemeliharaan hutan. Yang sy kecewakan kenapa harganya bs semahal itu sedangkan kawah itu tidak da fasilitas apa2,yang da kawahnya akan semakin sepi pengunjung krn harganya yang selangit.

  18. Umi Dian

    apa bener tarifnya segitu? akhir desember 2010 saya dan keluarga mau kesana diminta bayaran Rp. 214.000 untuk 1 mobil dan 4 orang. Katanya tiket masuk Rp. 16.000 per orang + mobil Rp. 150.000 per unit. Mahal banget…

  19. yeni

    Aku mau nanya Villa Buat besok ni abis Mendadak banget kasi taunya aku minta tolong dong ada yang tau ga penginapan disana

  20. yantie

    AQ minta info na dund…
    Coz dalam waktu dekat ini aq dan rekan2 ingin pergi kesana…
    terakhir aq kesana masih murah qo sekarang maaahaaalll banget ya kyak na…

    info pasti dund…
    -parkir bawah bus…
    -tiket masuk…
    -harga angkutan naik keatas…
    masing2 berapa ya???

  21. ester

    ehmmm klo harga motor brapa?
    htm na brapa?
    lalu apa harus bayar yang lain2 lagii ataw cukup dengan htm awal saja?
    lalu klo mw ke danau na apa harus bayar lagheee????????
    thanks

  22. bebs

    Emg enk k kawah puth!! Tp pas gw k sth cuma bentr soal’y ujan jd bentar doag dehh emg sumpah edduuuuuunnnnnnn piasannnn by subang! Tanjung

  23. asri

    betul bbrp komen di atas
    setelah renov tiket kawah putih melambung drastis utk tarif mobilnya

    tiket per org 15rb (sama dg tiket tangkuban perahu)
    tarif mobil 150rb (betul, seratus lima puluh ribu)

    disarankan parkir mobil di bawah dan menggunakan mobil dari pihak tempat wisata 10rb per org.

    tarif motor masih wajar 🙂

  24. jantie

    hi, minta info penginapan murah ala backpacker dunk.. lokasi di sekitar kawah putih aja.. thank u.

  25. echi

    Saya dr Jakarta dan u/pertama mcoba ke wisata kawah putih ternyata kami telah di kenakan tarif yg sangat tdk masuk akal dmana per orang rp.16.000 dan mobil rp.150.000 saat kami protes knapa hrganya sangat mahal mereka blg ad knaikan hrga bahkan mereka memberikan tiket masuk dgn stiker hrga2 tsebut. Terus terang kami sangat kecewa dg pgalaman pertama k kawah putih tsb. Mohon Pemkot kota Bandung menindak tegas thdp hal ini jgn sampe pengunjung2 lain mgalami hal yg sm sperti yang sy alami. Total uang yg saya keluarkan untuk masuk Ciwidey adalah rp.240,000 per hari ini jam 2pm.

  26. ria

    kalo dri jakarta mo langsung ke ciwidey keluarnya lewat tol kopo, lampu merah pertigaan belok kanan. udah deh ikutin ja tuh jalan ampe ciwidey. kalo gak salah dri kopo kira2 28 km lgi lah.

  27. Vianytari

    Denger kawah putih setelah d buka,harga tiket msk ny naik…bnr g??skrg tiket msk k kawah putih brp kah??

  28. Arie

    Mas, numpang nanya, klo ke kawah putih & situ pateangan jalanannya bagus ga? kalo naik mobil sedan pribadi memungkinkan ga ya?
    Soalnya mobil saya HONDA JAZZ, mhn keterangannya ya mas, mksh..

  29. zein

    kalo tiket msuk rombongan kira2 berapa????soalna lebaran besok saia mau bikin acara kesana. .mohon info ya. . .

  30. chip

    kabarnya kawah putih sempet tutup….
    ada yg dah pernah kesana dalam waktu dekat ini ga???kira2 dah buka blum y???mohon infonya…thx’s….

  31. shinta

    ada yg tau hotel murah deket kawah putih g??? ksh tau dunk plus no tlpon hotel’a,,,,, thank’s yuaaaa yg dah ksh tau

  32. grace helen nora debora

    ini gw lagi nih, pas gw liat liat tempatnya bagus untuk syuting “pembunuhan di danau” {lake dead}. asal kalian tau aja gw bukan pak sudtra dara tapi gw cita citanya pingin jadi penulis tekenal,kalau gw udah terkenal banget sama karangan gw pasti banyak mau jadi temen gw ngga kaya sekarang ngga ada satu pun orang yang ngga mau berteman dengan gw?! kalau di sekolah jam istirahat pasti gw sendirian melihat banyak anak normal lagi asyik bercanda bersama ngga kaya gw

  33. rosiah

    kelihatannya menarikjuga tuh wisata kawah putih insaallah nanti liburan sekolah saya akan berkunjung,yang enak nginapnya dimanayah hotel yang enak, bersih dan murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.