Jalan Jajan Hemat

Jalan Hemat Kuala Lumpur – Singapura

Bus TransnasionalJika Anda berencana untuk mengunjungi negara Singapura dan Malaysia dalam suatu perjalanan, saya akan membagikan tips untuk melakukan perjalanan dengan cara hemat. Cara tersebut adalah dengan melalui jalan darat, yaitu bus.

Betul, banyak operator bus yang melayani rute KL – Singapura, bahkan banyak juga kelas yang tersedia, mau ekonomi sampai executive tersedia. Namun kalau boleh saya sarankan pilihlah TransNasional. Selain tepat waktu, pelayanannya pun saya rasakan cukup baik. Dan karena tema kita adalah jalan hemat, maka kita memilih bus ekonomi 🙂 Jangan khawatir, karena bus kelas ekonomi disini tidak sama dengan bus ekonomi di Indonesia. Bus ekonomi ini sudah menggunakan pendingin udara (air conditioner), reclining seat dan ada televisinya pula. Jadi mungkin setara dengan bus executive di Indonesia.

Untuk membeli tiket bus ini dapat dilakukan di terminal bus Puduraya, (update 2012: mohon maaf saat ini terminal Puduraya sedang direnovasi, sehingga pindah ke Terminal Bersepadu Selatan) TransNasional memiliki counter yang lebih bagus dibandingkan operator bus lainnya. Letaknya di Lantai 2, counter no 1-4, telp: +603 – 20703300. Harga tiketnya: RM 30 untuk dewasa, RM 15 untuk anak-anak. Jadwal keberangkatannya adalah : 8:45am, 10:30am, 1:30pm, 5:30pm, 10.30pm,11:59pm.

Tempat perhentian

Sebelum berangkat sopir akan menawarkan kertas form imigrasi kepada penumpang. Ingat, segera minta, dan isi form tersebut selama dalam perjalanan. Bus ini akan berhenti di perjalanan, untuk memberikan kesempatan untuk ke kamar kecil atau untuk membeli makanan / minuman. Rata-rata tempat istirahat ini berukuran cukup besar. Mereka menyediakan toilet (istilah disana tandas) ada yang secara gratis ada juga yang menetapkan tarif 20 sen. Sebaiknya Anda turun dan melemaskan otot2 agar tidak kaku dan pegal.

Bus akan berhenti di imigrasi Malaysia, barang berharga dibawa turun, sisanya tidak apa tinggal di bus. Siapkan potongan kertas imigrasi yang diisi waktu masuk pertama kali ke Malaysia. Urus ke imigrasi, tapi usahakan jangan berlambat-lambat karena bus menunggu kita. Tidak perlu foto-foto, karena dalam kawasan imigrasi kita dilarang untuk mengambil foto atau video. Lalu bis akan menyeberangi sebuah jembatan perbatasan Malaysia-Singapura. Setelah sampai ke wilayah Singapura, maka kita akan berhenti sekali lagi di imigrasi Singapura. Kali ini bawa semua barang-barang kita, siapkan kertas imigrasi yang sudah diisi. Sekali lagi harus cepat, karena disini ada kemungkinan sopir bus meninggalkan kita. Jika ditinggal, simpan karcis Anda, dan Anda dapat naik bus TransNasional yang berikutnya tanpa perlu membayar lagi. Tapi belum tentu tempat duduknya tersedia. Jadi saran saya, cepat saja dan ikut bus yang sama.

Bus akan berhenti di terminal Lavender di Singapura. Jika Anda membawa barang dan jumlah orang cukup banyak, silahkan panggil taksi, tapi jika hanya sendiri dan tidak membawa koper, Anda bisa memilih bus / MRT sesuai dengan tujuan selanjutnya.

Semoga memberi pencerahan, nanti saya sambung dengan jalan-jalan di Singapura.

Salam jalan jajan hemat.

179 thoughts on “Jalan Hemat Kuala Lumpur – Singapura

  1. Santy

    Pak Rommy,
    Rencana tgl 28-30 Agustus 2009, saya dan keluarga (2 dewasa dan 3 anak umur 8thn, 7thn dan 5thn) ke Malaysia.
    Berhubung ini liburan yang saya rancang sendiri sehingga saya mesti make sure, rencana mau ke mana dan jalan ke mana saja selama di Malaysia.
    Mohon dibantu untuk pertanyaan2 berikut ini yah, Pak…

    1. Tgl 28 Agust’09, saya tiba di LCCT pk. 11.30, langsung check in di Novotel KLCC, Jl. Kiapeng
    Dari LCCT ke Novotel, saya harus naik apa? Kalau naik taxi kira2 berapa?
    Setelah check in, rencana mau ke Bukit Bintang, apakah dari Novotel ada bis yang menuju ke sana? Kalau naik taxi kira2 berapa?

    2. Tgl 29 Agust’09, rencana ke Sunway Lagoon, berangkat pagi dari Novotel.
    Apakah ada bis/MRT yang menuju ke sana? Kalau naik taxi kira2 berapa?

    3. Tgl 30 Agust’09, rencana ke Petronas, berangkat dari Novotel.
    Apakah ada bis/MRT yang menuju ke sana? Kalau naik taxi kira2 berapa?
    Untuk mendapatkan tiket gratis, kami harus datang jam berapa? Apakah harus kami berlima (berikut anak2), yang antri tiket tsb?
    Balik ke Jakarta dengan Airasia pk. 20.50.

    Apakah ada saran lainnya, Pak, mengingat waktu yang cuma sebentar selama di Malaysia?
    Bagaimana kalau mau ke Cocoa Boutique dan ke Petaling Street?

    Terima kasih banyak atas bantuannya, Pak!

  2. amanda

    Dear mas Rommya,

    Salam kenal..

    Aku boleh minta dikirimin email rute perjalanan yang enak utk 4D3N gak?
    Spt yang mas Rommya mau kirim ke ibu Lidya 🙂
    Rencananya aku brkt pagi2 banget dari Jkt ke Spore, lalu plan ke KL.
    Nah aku bingung nih, enakan spend 2N di Spore atau 2N yang di KL.
    FYI jalan-jalannya cuma lbh ke cuci mata aja, bukan shopping. kalo di Spore walaupun kecil tapi kan banyak jg tuh yg bisa diexplore..nah kalo di KL aku msh buta, soalnya blm pernah kesana ^^
    Lalu utk perjalanan dari Spore ke KL, aku dpt tiket promo Air Asia cuma 280ribuan. Mending naik itu atau bus Transnasional yang sekitar 175 ribuan ya? hmmmm..

  3. Agnes

    Mas Rommya, saya rencana mau ke macau tapi transit di LCCT. Kira-kira di bandara LCCT/ KL Sentral ada penitipan koper tidak? Karena saya mau jalan2 dulu selama kurang lebih 5 jam, sorenya baru berangkat ke macau. Jika ada, dimana tempatnya dan berapa harganya?

    Thx.

  4. Yola

    @Anastasia, related to pertanyaannya Tinche, memangnya kalau jalan darat dari SG – KL harganya berapa sih? Compare to promo naik pesawat air asia.

    Oh ya mas rommya, salam kenal ya.. wahhh blognya sangat membantu banget loh, secara akhir tahun gw ada rencana ke SG & KL. Btw, aku minta info jalan2 hematnya kedua negara tsb ya secara aku mau liburan 4D3N aja didua negara tsb –> spt requestnya ibu lidya diatas.

    Thanks a lot for your info mas ^___^

  5. shushee

    Pak Rommya…salam kenal
    Blog nya sangat bermanfaat dan sy jadikan salah satu referensi nih. Oh iya, Saya mohon jawaban bapak yg via imel ke ibu lidya klo bisa diforward ke sy coz pertanyaan dan plan sy kebetulan sama spt beliau. hanya bedanya mgkn sy hanya sendiri atau berdua sm teman sy, klo dia jd ikut(cewek jg) dan plan nya sih tgl 25 nop -29 nop jd lbh singkat lagi ya. Makasih banyak ya pak untuk infonya….

  6. Anastasia

    Hi Tiche,

    Sing – KL naik pesawat Airasia saja. Cari harga ekonomi promo. Harga ga beda jauh kalo kita naik bis.

    Enak, ga cape, hanya 45 menit.

    Salam.

    Note: Mas Rommy, sekedar usul ke Tiche, boleh kan ya?

  7. tiche

    Dear Pak Rommy,,

    Pak, saya mau tanya nih klo dr Sing mau Ke KL tuh bs lewat rute ap aj yaa??
    kira2 yang mudah untuk orang tua, karena orang tua saya rencana ada perjalanan ke Sing – KL – Jkt,,nah dr jkt – Sing naik pesawat ( nginap di central park ), nah yang saya bingung itu klo dr SIng – KL mesti naik ap yaa??
    yang mudah n simple,.,.n murahh hehhee,..,

    mohon bantuannya,.,.

    thanks

  8. Imelda

    Pak Rommy,
    baca blognya, terima kasih untuk infonya.bermanfaat.
    jika berkenan mohon info transportasi dari airport (saya naik air asia) ke HSC medical center di jl binjai, saya rencana pulang hari karena tak pergi dg anak&suami. tiba pesawat jam 830-an, apa sebaiknya naik taxi atau ada kereta/bus yg melewati jl. binjai. Mohon informasinya.thanks

  9. rommya Post author

    @Tari: untuk tarif bus, dari LCCT ke KL Sentral = RM 9, dari KL Sentral ke Genting (bus+cable car): RM 8.3. Jadi total RM 17.3
    Skyvans LCCT-Genting : RM 70 (http://www.skybus.com.my/skyvans.html)
    @Lidya: Saya balas via email ya.
    @Dewi: Naik taxi relatif aman koq di Spore. Utk tarif kira2 $12, kalau malam – pagi biasanya ada charge tambahan 50% shg totalnya bisa sekitar $18-$20. Anda bisa menceknya di : http://en.wikipedia.org/wiki/Taxicabs_of_Singapore

  10. Dewi

    Boleh tanya pak… kalo samapai di Lavender jam 5 pagi, kita mau ke Orchard road, naik taxi. kira-kira aman tak ya? dan tarifnya berapa ya??
    terimakasih

  11. lidya

    pak saya dan keluarga (suami istri + 3 anak remaja) rencana ke singapore tgl 25 nop 2009 dan kembali ke jak tgl 30 nop 2009
    rencana mau jalan ke sing- KL kira2 rute jalan-jalannya yang hemat untuk waktu dan biaya bagusnya gimana pak.
    juga tempat2 wisata yang bisa saya kunjungi dengan waktu yang singkat itu.mohon bisa di email jawabanya pak
    makasih ya atas infonya pak…

  12. Tari

    Pa Edy Liyandry, mungkin bisa bantu kasih info lebih detail lagi, dari LCCT ke Genting, berapa biayanya dan lamanya perjalanan, dengan cara beberapa alternatif diatas, krn bs lebih update dan saya berguna utk menghitung budget.
    Terimakasih

  13. mega

    Thank banget buat Rommya & Edy Liyandri
    mbak Etha : bisa sewa mobil buat 6 org dari LCCT ke Genting ? berapa ya ?? Thanks

  14. Meiggy

    Pak Rom, aku ada pertanyaan lagi nich, kalo mau ke SIN lebih enak dari KL atau genting dari segi waktu lebih cepat dari mana? thx sebelumnya

  15. rommya Post author

    @donny : trims atas updatenya. Saya ikut senang jika dapat membantu memberikan informasi dlm perjalanan Anda.
    @Edy : trims atas bantuan infonya. Semoga teman2 semua bisa saling tukar menukar informasi kepada para pembaca yg berniat utk melakukan perjalanan
    @Meiggy : kita tunggu jawaban mba Etha ya..

  16. Meiggy

    Mbak Etha aku mau tanya2 nich, aku dan temen2 ada rencana ke KL-SIN 7-13 Okt ’09 ada 9org dewasa dan 3 anak2 kira-kira memungkinkan ga klo kita berminat untuk nginep di condonya mbak Etha? Klo tidak memungkinkan bisa kasih info tempat menginap yang murah dan nyaman sekalian tempat mana aja yang enak utuk dikunjungi rencanya kami 4 malam di KL dan sisanya ke SIN, thx ya sebelumnya maklum aja kami semua belum pernah mengunjungi KL, smg mbak Etha bisa memberikan petunjuk pd kami

  17. Edy Liyandri

    mos rommya, izin y utk sedikit sharing membantu mbak mega ;
    @mega : sepengatuan saya ada beberapa cara dr LCCT ke Genting :
    1. LCCT Genting by Taxi, bisa 2 taxi tuh kalo 6 orang. Ini cara yang paling simpel dan muahaaallll (ngx usah dikasih tau, juga udah tau y..he he he.)
    2. LCCT – Genting by Skyvans juga mahal…sharing aja adultnya RM95.
    3. LCCT – Genting dengan Sewa Mobil (mungkin bisa hubungi mbak etha)
    4. LCCT – KL Sentral by Bus – Genting Bus to Genting Skyway Lower Station – Genting Highlands by Genting Skyway(Cable Car).
    cara ini juga bagus, cuma Genting Busnya beroperasi maksimal jam 19.00..so cara ini ngx bisa dipakai..
    atau kalo kepingin naik cable car, mungkin bisa ke Skyway Station by Taxi dari Puduraya. baru nyambung genting skyway utk mencapai Genting.
    5. LCCT – KL Sentral(by skybus RM9, aerobus RM8) – Genting Express Bus direct to Terminal Bus First World Hotel.
    cara ini yang saya pakai kemaren untuk menuju ke Genting. cuma Bus yg direct ini hanya beroperasi di Jumat-Sabtu-Minggu Jam 20.00 & 21.00 dgn harga tiket RM4 adult & RM 2 child….khan mbak mega datang hr minggu jam 19.00, jadi bisa memakai cara ini cuma harus gerak cepat untuk kejar bus jam 21.00.
    Ticket Counter Genting Bus berada di jalur paling belakang dari perhentian skybus.
    Bila tidak terkejar bisa naik taxi dr KL Sentral seharga RM100.
    6. LCCT – Puduraya – Taxi.
    karena bus2 ke genting dr puduraya infonya max jam 19.00 maka harus naik taxi ke genting dengan biaya agak sedikit lebih murah dibanding dr KL Sentral yaitu RM75.

  18. donny

    thnks untuk semua infonya tentang KL dan Singapura, saya baru saja melakukan perjalanan kedua tmpt tersebut..n berkat panduan mas,bisa ketempat2 yg ok punya…cuma sekedar sharing aja nih mas, klo tiket bus dari KL ke Singapura itu sekarang harganya RM39,5 dan lebih baik beli sehari sebelum keberangkatan karena pas hari H itu biasanya gak kebagian deh…itu yang saya alami sehingga harus cari2 tiket ke armada yang lain, akhirnya malah kena calo deh dengan biaya RM40 karena harus berangkat hari itu juga…mungkin sebagai referensi ada armada yang lumayan bagus namanya KONSORTIUM BAS…sewaktu saya mau kembali dari Singapura ke KL,saya menggunakan armada ini dengan harga tiket S$33 untuk keberangkatan pukul 22.30 sementara untuk armada Trans Nasional mematok harga S$32,5…gak beda jauh kan??

  19. rommya Post author

    @mega: sptnya tdk bisa langsung ke Genting, krn dari LCCT Anda perlu ke KL Sentral, nanti dari sana ada bus ke Genting, tp paling malam jam 7pm dari KL Sentral. Naik taxi lumayan mahal sih, krn jaraknya cukup jauh. Sewa mobil mungkin lebih pas, tapi coba2 cari info harganya.
    @Riyan: Kalau mau jelajah sptnya waktunya sangat mepet ya, utk rentang 4 hari sptnya baru puas di 1 negara saja. Bisa saja sih, asal diatur tempat2 wisata yg tertentu saja yg dikunjungi. Dan jg jalur pulangnya sebaiknya tdk kembali lagi, mis : Jkt-KL, KL-Spore, Spore-Jkt biar hemat waktu. Utk dana, amannya kira2 per orang siapkan 3-5 juta deh, tergantung banyak hal. Paling besar pengeluaran di spore, hotel & makanannya lebih mahal dari Malaysia. Sebaiknya booking dulu agar lebih aman.

  20. Riyan

    Pagi pa rommya…
    Mau konsultasi dikit nih..
    Saya berencana mengunjungi KL-Singapore bulan Mei 2009 tanggal 16-19
    Kira cukup aja gak yach dengan rentang waktu yg pendek tersebut sebagian besar obyek wisata dapat dikunjungi ???
    Trus kira2 brapa duit yg harus saya siapkan jika saya backpacking (kemungkinan pergi 4 orang) untuk di KL-Singapore (untuk KL-Singapore rencananya akan pergi malam hari via Train atau Bis untuk menghemat biaya)
    Thanks infonya pa..

  21. mega

    lo…boleh minta saran nggak ?
    Saya berencana ke KL bulan Juni ntar…tgl 14 Juni, minggu…tibanya di LCCT pukul 7 pm… dari LCCT, saya mau ke Genting…gimana ya caranya ?
    Saya datang bersama keluarga, yg anggotanya 5 org dewasa termasuk saya dengan satu anak-anak. Kalo saya mau ke Genting….gimana ya baiknya ? apakah saya harus ke KL Sentral dulu ? Apakah Bus yg ke Genting masih beroperasi ? Naek Taxi atau Sewa Mobil ? Thanks dulu ya

  22. etha

    hai nubow..klo mau hematnya coba deh kamu cek di tune hotel sepang, bisa di lihat di http://www.tunehotels.com mudah2 an sih jauhh lebih murah and besok paginya kamu cuma jalan kaki aja ke bandara lcctnya, or mungkin juga hotelnya sediain free shuttle ke bandara lebih enakk lagi dehh..met berliburr yaaaa

  23. Nubow

    Mba Etha..waduhhh maklum ini pertama kali sy ke malaysia..brarti sy coba cari htl di KL ya..mungkin ada rekomendasi hotel di KL yg dekat dr kl sentral dgn harga yg standar mba? btw sy tertarik jg dg condo nya nanti sy coba lihat ke web nya ya..trima kasih banyak u infonya

  24. etha

    hai nubow, saya saranin sih mending kamu nginap dihotel KL aja utk mlm terakhir, kalaupun naik taksi jam 5 pg tarifnya pasti mahall banget krn kena surcharge, di sini taksi dari jam 12 mlm s/d jam 6 pg tarif taksi kena surcharge 30-50% tergantung si supir taksinya lagi..bus mulai beroperasi mulai jam 6 pg klo di KL.

  25. Nubow

    pak edy trims atas infonya..wah brarti kalo naek bus sulit ya. kl dari genting sy naik taxi ke KL sentral trus nyambung dg sky bus ke lcct kira-kira bgmn? ato ada yg lebih hemat lagi 🙂 , kl sy naik pesawat jam 09.50 kira2 dr genting jam 05 pagi msh keburu gak ya? trima kasih banyak

  26. Edy Liyandri

    sekedar sharing..
    Nubow..yg saya tahu, kalo mau hemat sih naik skyway dan nyambung ke genting express bus, trus baru nyambung via skybus/aerobus ke lcct. cuma karena pesawatmu terlalu pagi, pasti tidak keburu. karena…
    operating hours genting sky way mulai jam 07.30, (http://www.genting.com.my/en/getting_there/skyway.htm)
    trus operating hours genting express bus fr Genting skyway lower station B4 ke Puduraya mulai jam 09.00.
    (http://www.genting.com.my/en/getting_there/express_bus.htm)
    perjalanan dr genting – puduraya memakan waktu +/- 45 menit s/d 1 jam.
    perjalanan dr puduraya – lcct +/- 1 jam ..
    jadi sudah pasti ngx keburu khan….
    jadi sy pikir sih utk safety spy tdk ketinggalan pesawat adalah naik taxi.
    mungkin ada temen2 lain yg bisa membantu agar lebih hemat?

  27. Nubow

    Pak Rommya & teman2 yang laen..
    Salam kenal niy..mohon bantuannya ya..gmn caranya bisa nyampe ke LCCT dari genting hotel firstworld, sy naek pesawat yang jam 09.50 pagi?
    kira-kira mesti brkt jam brp dari genting n naik apa ya?? pastinya yang hemat :)..

    terima kasih

  28. Edy Liyandri

    halo semua…pak rommya & mbak etha..
    saya juga sudah menyelesaikan perjalanan saya..trims atas informasinya…
    sekedar info…bus genting express juga menyediakan tempat bagasi sehingga saya ngx begitu susah bawa koper berat2..
    kmrn sy ke genting via KL Sentral by bus direct to lobby first world, pulangnya via skyway ke gohtong jaya & by genting express bus ke Puduraya/KL..sensasinya itu lho..naik skyway dgn koper2 berat…sekalian hemat..he he he….
    sy dpt info dr supir taxi bhw eye on malaysia di titiwangsa lake sdh TUTUP & pindah ke malaka? apa bener tuh mbak etha..bukannya di malaka itu buka baru?..
    Trus sy juga sempetin ke Malaka..by bus dr puduraya, tempatnya sih lumayan enak..wisatanya cuma sekeliling stahdyus (christ church) saja sdh banyak ( gereja st paul, benteng tua, jonker walk, museum maritime, kincir angin). sy ngx ke eye on malaka krn rencnnya mau naik yg eye on malaysia. eh ternyata eye on malaysia ny sdh tutup.
    makanan yg enak di malaka adalah chicken rice ball di kedai chung wah..hanya RM 4.5…info dr supir taxi disana. itu tempat yg paling terkenal di malaka..makan aja ngantri..tapi ruasanya enak tenan..
    oce d..itulah sedikit share perjalanan sy yang cukup hemat. yg ngx hemat adalah pulsa telepon sy yg roaming internasional.susah kalo cuti masih diganggu oleh urusan kantor..grrrrrrrrrrrrrrr…
    saran sy, belilah nomor telp selular malaysia utk telp2..
    thanks sekali lagi buat p’rommya & mbak etha atas informasinya…

  29. andrew

    akhirnya kelar sudah perjalanan kita.. hehehe
    untung ada forum ini, sampai sana jd ga bengong2…
    untuk info aja bus kl-sing saya pakai transnational, ga seperti yg saya bayangkan sih… (saya pikir bagus gimana gt deh hehehe) ya seperti bus biasa lah… temen2 klo mau ke sing by bus mending cari yg mahalan dikit, ga nyesel deh nyamannya jauh bgt… tapi klo yg mau murah meriah ya transnational ok lah (yg pasti bawa jaket yg tebel yah, didalam bus dinginnya ampun2). di kl aku sempet sms ba etha, karena istriku sakit disana. thanx mbak etha. info lagi buat temen2 yg mendadak sakit di kl, di kl ada klinik (persis diatas kfc bukit bintang namanya klinik orlof) tapi jgn tanya soal harga yah… buat klinik si termasuk mahal bgt.. (abis bingung mau kemana lg) apa lagi ke rs yah ?? hehehehe.
    segini dulu nanti lanjut lagi…

  30. vivi

    halo
    saya dan suami berencana ke batu caves lalu melanjutkannya ke cameron highlands. bisa dapet informasi nga ? ada yang tau naik apa dari batu caves kalo mau ke cameron highlands ?

    thanks,

  31. Joice

    hi salam kenal,,

    Saya rencana mau ke KL april nanti bersama 2 tmn saya.
    Berangkat 25 April pagi.
    Pulang 29 April malam.
    Saya brkt naik airasia dr Surabaya ke KL..
    Saya pake skybus dr airasia menuju KL central.

    Yg saya mau tanyakan mungkin ga saya dlm wkt sesingkat itu mampir ke S’pore sebentar??
    Cm mau ke pusatnya saja.
    Orchard,esplanade,& merlion.
    Kalo dr KL central menuju s’pore naik bus apa ya??
    tarifnya brp?
    Saya blm pernah ke S’pore.

    Menurut anda spend wkt di KL dulu atau lsg ke S’pore saja di hari2 pertama??
    Mengingat tgl 29 saya harus sudah kembali ke SBY naik airasia dr KL.
    Ekonomis ga pak??

    Kmudian dr S’pore ke KL naik bus apa dan tarifnya brp??
    Rencananya dr S’pore saya lsg menuju Bukit Bintang??
    Apakah ada bus yg lsg kesana??

    Thx before,,

  32. etha

    @ Vie : sorry yahh aku baru sempat kasih komen soalnya lumayan sibuk minggu2 ini ama tour guide,klo udah beli tiket kan memang udah gak bisa d ubah ya, tpi gpp kok lumayan sejalan juga tiketnya, so no need to regret.untuk nyebrang dari sing ke batam gampang kok naik aja MRT ke harbor front jadwal n pricenya bisa di lihat di http://www.batamfast.com/index.aspx
    klo untuk biaya hidup di kl sih relatif murah kok, untuk makan aja rata2 di food court sekali makan + minum 10 rm deh, klo makan d resto2 pinggir jalan juga mungkin bisa d bwah rm 10 , klo ongkos2 ya tergantung mau naik apa klo bus nya ada tiket rm 2 yg berlaku seharian jadi bayarnya cuma sekali aja nanti naik bus itu lagi tinggal tunjukin tiket.klo singapore agak mahal ya, mungkin bisa sing $10 untuk makan n minum.
    @ liza, untuk train dari KL ke sing bisa dilihat di webnya : http://www.ktmb.com.my mungkin sebaiknya ambil yg senandung mlm aja berangkat dari KL sentral jam 9 sampe disingapore jam 8 pg,tiketnya sekitar rm 50an deh untuk pastinya bisa d cek d web yg aku kasih, klo mau sewa2 apartemen disingapore mungkin bisa di lihat di web aku : http://ethakl.multiply.com disana bnyak referensi nya semoga membantu.
    salam-etha

  33. andrew

    @ liza

    kapan tanggal perginya? hotel singapore harganya gampang sekali berubah, sebentar promosi, bisa sebentar lgs naek lagi, tergantung kegiatan kotanya. jd ga bisa di prediksi 🙂 yang pastinya sih, hotel singapore itu rata2 harganya lebih murah kalau di hari2 weekend (jd seperti busines hotel gitu deh, tapi bukan long weekend yah/memang libur international) jd saran saya ambil lebih banyak di weekendnya 🙂

  34. Liza

    Mas rommy ato Mba etha ato sapa aja deh..
    Aku mau tanya niy.. dari KL – Spore naik train malam yg plus ranjang itu katanya lebih nyaman, karna aku bawa anak 2org, umur 5th dan 1,5th, jd masih kecil2…
    Kira2 repot ga yah?.. lumayan khan hemat 1 malam hotel, trus kira2 brp siy hrg trainnya?..
    Ohya, skalian minta hotel murah donk di spore, soalnya lumayan 4ml termasuk weekend soalnya…
    Thx, Liza

  35. vie

    Mas Rommya / Mba Etha (siapa aja deh yg mo jawab),, aq rencana mo pergi ke KL dan Sin, msh lama siy tp pngn semuanya well organized aja, jd mo tanya2 n cari info dr skrg.

    1.Mnurut kalian bdua, salah ga ya, krn aq beli tiket itu 30jul JKT-KL, lalu 1 AUg KL-Sin dan 4 Aug Batam-Jkt. SEmua itu naek airasia, kesel niy, krn tnyt belakangan ini br dibuka penerbangan baru JKT-SIN ..huhu.. tau gtu ga usa ke batam dulu… hiks.. (aq beli tiket utk 2org, total semuanya Rp 1,6jt)

    2.Cara nyebrang dr spore k batamnya gmn siy?plus tiket ferrynya brp ya?

    2. Kira2 6hari 5 mlm di KL dan Sin butuh biaya brp diluar hotel alias cm utk jalan2 tnp oleh2? hehe (FYI, aq siap jln2 ala backpackers koq)..

    Maaf ya, nanya nya kebanyakan, abis ini pengalaman pertama k luar negri,, maklum, memanfaatkan fiskal gratis dan memenfaatkan tiket murah airasia.. tks before utk jawabannya…

  36. Zul

    Meonks:

    dari KL ke Singapore bisa naik kereta api KTMB, kalo kelas tidur harganya cuman RM38 untuk katil atas dan RM43 katil bawah. Kereta api bertolak jam 21.20 dan tiba di Singapore sekitar jam 8.30pagi.

    Bisa booking tiket lewat internet atau beli di kaunter di KL Sentral

    http://www.ktmb.com.my

  37. etha

    hai Mas Rommya, aku lom pernah jalan2 ke johor, jadi lom bisa kasih info2 deh,maaf yaa..
    @Pak Edy : Pak aku udah tnya ama temen aku, dari pada di hitung per tujuan yah, jadi dia buat satu paket harga rm 300 untuk jemput LCCT-Genting trus besokannya jemput dari Genting-Hotel season view, and pas balik dari Hotel mampir ke putrajaya buat fto2 trus lanjut ke LCCT.buat tour ke malacca bisa 10jam ya dia mnta rm 275,(tolnya yg bikin mahal sih RM32. klo city Tour KL saja rm 200 per 10 jam. klo pak edy berminat kasih kabar secepatnya ya soalnya biar ga bentrok sama tamu yg lain yg mau pke jasa dia. thanks.
    @meonks : dari KL ke SIngapore naik kereta dari KL sentral cuma buat harganya aku kurang tahu.

  38. meonks

    mas rommy, meonk mau tau kalo dr KL ke SINg naik kereta dunk…naik dr mana trus tiketnya brapa??*yg ada ranjangnya*
    di singapur penginapan ato apartemen yg bisadisewakan 2-3 hari yg murah dan nyaman dimana sihh?? mohon infonya niihh.. thank’s ya

  39. rommya Post author

    @Etha: terima kasih lagi nih sudah dibantu jawab. Ngomong2 saya jg mau ikutan tanya nih.. 🙂
    Saya ada rencana utk ke Johor, sblm ke Singapore & Bangkok. Kira2 ada saran tempat wisata di seputar Johor ? Thanks ya…

  40. Edy Liyandri

    @andrew : ha ha ha ha.. saya cuma 2 kali ke KL . yang pertama thn 2003 bareng2 temen kantor dari SIng-Genting-SIng via Bus .berangkat jam 7 malam nyampe jam 3 pagi..ngx bisa check in di Arwana jadi nginep lagi di Seri Malaysia..(udah dingin, ngantuk. harus cari hotel lain lagi..parah..) maklum saat itu ngx ngerti sama sekali..besoknya bangun kesiangan jam 11 lalu naik genting highland via cable car arwana.nyampe ke genting highland tmbh ngx jelas..keliling2 mampir ke kasino..mau liat outdoor kabut..udah..balek lagi ke hotel.kacau deh.he he he
    yg kedua rame2 sekeluarga (ber8) lewat Johor-Sing-Malaysia. semua sdh diatur oleh keluarga.jadi agak boros dan ngx puas di KL nya krn waktunya ngx cukup..Belum naik Skybridge.belum pergi ke KL Tower,Eye On Malaysia, Sunway,Putrajaya…di genting aja cuma main Flying coaster krn dapat tiket Genting Bus jam 1 siang dan sdh hrs balik jam 5 kalo ngx salah. Itulah sekarang sih maunya nginep aja di First World. biar puas dan seronok..he he he
    o ya..haw par villa sdh agak sedikit berubah..liat aja ntar disana..ada tambahan Ruang Neraka (Tiket S$ 1). en tambah luas dengan patung2 baru..
    @Etha: wah.kayaknya saya tertarik tuh ke Malaka tapi ngx usah nginep disana.pulang hari aja..tapi tlg info biayanya y..thanks atas bantuannya

  41. etha

    Dear Mas Rommya sebelumnya mnta maaf dlu nih, teman2 jadi tnya2 nya ke saya bukan ke Mas Rommya.
    @Pak Edy : temen ku ini org chinese malaysia pak, jadi gak mungkin nyasar deh malah bisa di kasih rekomendasi tempat2 makan yg enak and tempat2 wisata baik di KL maupun Luar KL seperti malacca(ini malacca baguss lohh pak, aku seneng banget wisata disini ada benteng tua,gereja tua, jonker walk,eye of malacca, menara malacca nya bisa muter tuh atasnya jadi kita cuma duduk aja,ada perahu jaman portugis, ada cruise kaya venice, ada kincir angin wahh pokoknya nih kota old fashion banget deh..)Pulang hari juga bisa dia 1,5 jam perjalanan klo menggunakan kendaraan pribadi klo bus 2 jam.untuk ratenya yg bapak tnya aku udah tnya ke dia dia masih mau itung2 dlu pak, nanti saya kabarin, ohh iya klo nanti memang mau klo bisa confirmasinya 2 minggu sebelum yah pak biar dia bisa atur kendaraannya.mungkin klo nanti bapak jadi d jemput dari genting menuju season hotel bisa mnta mampir dlu ke tanah tinggi sekedar fto2,bnyak bangunan tua disana kynya.
    ohh iya bus disini juga sama pak gampang naiknya stopnya gak ngerti turun dimna klo naik yg rapid KL (krn ga ada kondekturnya kan)klo yg metrobus lebih enakan bs tnya ama kondekturnya cuma tiap naik harus bayar lagi gak kaya rapid KL bayar sekali berlaku satu hari penuh klo naik lg tinggal tunjukin tiket aja.
    @andrew: ok sms aja nanti klo udah d KL mudah2 an bisa membantu incase tersesat,hehehe. nanti aku tnyain lagi ya, harusnya sih sama yah spt LCCT ke Genting rm 150, soalnya LCCT n KLIA kan tetanggaan tuh.

  42. andrew

    mbak etha thanx yah… saya sudah simpen no hpnya :), saya bole sms/telp yah…

    pak edy, kelitannya udah sering bgt nih ke kl… sudah hapal tempat2nya hahahaha….
    saya pernah si ke kl tapi sudah 12 thn yg lalu.. waktu belum punya ktp hehehe…
    pak, haw par villa masih ada yah?.. sudah lama bgt ngga kesana (patung naganya aja nih ingetnya hehe)… tiap kali ke spore pasti cuma shopping n shopping …. pengen bgt si nanti ga shopping, mengunjungi tempat2 wisata aja… nanti harus dicatet nih tempat2 yg pak edy sebutin… thanx pak…

    oya, btw mbak eta, kalau sama temennya dari klia ke genting bisa ? berapa rm yah? seandainya lebih murah dan lebih efisien, pasti sangat membantu… 🙂

  43. Edy Liyandri

    ntar kalo sudah ke tanah tinggi..diinfo y mbak apkh tempat itu bagus..sehingga ntar aku bisa sekalian mampir..
    o ya..rekanan mbak itu org indo?
    trus kalo bicara taxi di Singapore sih memang enak, tapi harganya itu yang ngx kuat..
    kalo naik bis di Sing..bayarnya sih mudah..tinggal tempelkan EZ LINK.. tapi stopnya itu yg ngx ngerti..he he he..ntar nyampe kemana gitu..ngx tahu.. so enakkan naik MRT..lebih jelas&tepat..kayak di Hongkong ya mbak etha..situsnya khan ada gambar Symphony of The Lights nya Hongkong y …mantabs..

  44. Edy Liyandri

    he he he..maklum mbak etha..sy pikir khan hrg taxi KL Sentral-Genting RM75 trus skybus 3 dewasa+1 anak(anak satu lagi masih kecil jd gabung aja duduknya) kan RM36 TOT RM 111..
    trus kalo saya jadi..ntar saya kontek mbak etha aja khan? sipp lah…ntar kalo uda deket2 dikontek..sekalian ditanya mau ngx kalo dr Genting ke Hotel Season view dan berapa RM? trus dr Bukit bintang ke LCCT(tp mampir putrajaya bentar-foto2 aja) itu berapa RM? Tq y

  45. etha

    @pak edy : pak aku udah cek ke perush taksi ternyata dari Kl sentral ke genting biayanya rm 100 jadi sama aja sih, klo aku itung2 bapak ber5 naik sky bus ke Kl sentral aja udah kena rm 45 trus taksi ke genting rm 100 (itu juga klo supir taksinya gak minta charge tambahan krn bapa b5) yah paling cuma hemat rm 5,hehehe tpi waktunya jadi abis di jalan aja sih, itu udah murah lohh pak edy menurut saya dan klo bapak mau coba naik cable car saya bisa request ke temen saya turunin bapak di tempat cable carnya trus nanti dia bawa barang ke hotel and ketemuan ama pak edy dihotel,tempat2 yg bapak sebutin memang bener tpi ke sunway lagoon bisa habis seharian, ke putra jaya bisa menghabiskan 1//2 hari itu juga klo naik bus duhh lama bangett nunggu busnya (pengalaman pribadi ngurus sim Lokal meskipun mobilnya lom ada he he he)ada juga deket genting namanya tanah tinggi klo naik mobil bisa sekalian jalan, ada juga cameron highlands, tpi tanah tinggi and cameron high land aku lom pernah cuma denger dari temen yg org lokal, besok maret 8-9 aku mau ke port dickson nanti aku info2in, itu ktnya 1 jam dari KL and posisinya d pinggir pantai. btw untuk taksi tergantung tempatnya sih, disini taksi juga nakal2 pa lagi klo tahu kita turis klo engga pke argo tembak ato pke argo krn kt gak tau jalannya bisa d bawa muter2 ama dia padahal harusnya deket jadi serba salah juga sih, tpi saran aku hindarkan supir taksi org india lebih baik melayu (kadang org indo lohh)or chinese. klo di singapore naik taksi mahh enak pak udah kota nya kecil n bayar taksinya pke kartu kredit juga bisa yg gak enaknya ratenya 2,5 kali ringgit,hehehe….

  46. Edy Liyandri

    @rommya : iya nih pak, kita mau menyambangi mbak etha nih untuk minta petunjuk lebih lanjut.agar bisa keliling KL dengan biaya hemat tapi enjoy..he he he..
    @etha : boleh tuh mbak etha..tapi bisa ngx harganya dinego lagi gitu. mungkin sekitar 100-125 RM ghitu dr LCCT ke Genting.he he he namanya juga nawar..info dr temen sih katanya dr Puduraya ke Genting RM 75, Genting – puduraya pun sama RM 75..sy pikir dr KL sentral mungkin sama.
    @ andrew : ngomong2 p’andrew sdh rencn mau ngunjungi tempat2 wisata di Malaysia & Singapura..biar lebih efisien honeymoonnya..
    ini sedikit info ttp wisata yg sy kumpulkan ;
    Malaysia:Batu Caves, Twin Tower, KL Tower,Sunway Lagoon, Genting (jgn lupa naik Flying coaster di Outdoor), Merdeka Sq, masjid Jamek, Putra Jaya,Eye on Malaysia, China Town,Bukit Bintang Walk.
    Singapura : Sentosa(jgn lupa nonton Songs of The Sea en naik luge&skyride),Merlion Park,Jurong Bird Park,Haw Far Villa(masuk ke tpt ini GRATIS&bagus-recommended),China Town, Orchard Road(jgn lupa makan ice creamnya..ummmmh-titip y).
    Dari rekan2 ada yang mau nambahin??
    NB:o ya sedikit tips katanya kalo mau naik taxi di KL lebih baik cari taxi kosong yang lagi jalan (bukan yg ngetem) krn yang ngetem biasanya ngx mau pake meter(argo).
    kalo di Singapura sih enakkan naik MRT, pake EZ link card aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.