Jalan Jajan Hemat

Jalan Hemat Kuala Lumpur – Singapura

Bus TransnasionalJika Anda berencana untuk mengunjungi negara Singapura dan Malaysia dalam suatu perjalanan, saya akan membagikan tips untuk melakukan perjalanan dengan cara hemat. Cara tersebut adalah dengan melalui jalan darat, yaitu bus.

Betul, banyak operator bus yang melayani rute KL – Singapura, bahkan banyak juga kelas yang tersedia, mau ekonomi sampai executive tersedia. Namun kalau boleh saya sarankan pilihlah TransNasional. Selain tepat waktu, pelayanannya pun saya rasakan cukup baik. Dan karena tema kita adalah jalan hemat, maka kita memilih bus ekonomi πŸ™‚ Jangan khawatir, karena bus kelas ekonomi disini tidak sama dengan bus ekonomi di Indonesia. Bus ekonomi ini sudah menggunakan pendingin udara (air conditioner), reclining seat dan ada televisinya pula. Jadi mungkin setara dengan bus executive di Indonesia.

Untuk membeli tiket bus ini dapat dilakukan di terminal bus Puduraya, (update 2012: mohon maaf saat ini terminal Puduraya sedang direnovasi, sehingga pindah ke Terminal Bersepadu Selatan) TransNasional memiliki counter yang lebih bagus dibandingkan operator bus lainnya. Letaknya di Lantai 2, counter no 1-4, telp: +603 – 20703300. Harga tiketnya: RM 30 untuk dewasa, RM 15 untuk anak-anak. Jadwal keberangkatannya adalah : 8:45am, 10:30am, 1:30pm, 5:30pm, 10.30pm,11:59pm.

Tempat perhentian

Sebelum berangkat sopir akan menawarkan kertas form imigrasi kepada penumpang. Ingat, segera minta, dan isi form tersebut selama dalam perjalanan. Bus ini akan berhenti di perjalanan, untuk memberikan kesempatan untuk ke kamar kecil atau untuk membeli makanan / minuman. Rata-rata tempat istirahat ini berukuran cukup besar. Mereka menyediakan toilet (istilah disana tandas) ada yang secara gratis ada juga yang menetapkan tarif 20 sen. Sebaiknya Anda turun dan melemaskan otot2 agar tidak kaku dan pegal.

Bus akan berhenti di imigrasi Malaysia, barang berharga dibawa turun, sisanya tidak apa tinggal di bus. Siapkan potongan kertas imigrasi yang diisi waktu masuk pertama kali ke Malaysia. Urus ke imigrasi, tapi usahakan jangan berlambat-lambat karena bus menunggu kita. Tidak perlu foto-foto, karena dalam kawasan imigrasi kita dilarang untuk mengambil foto atau video. Lalu bis akan menyeberangi sebuah jembatan perbatasan Malaysia-Singapura. Setelah sampai ke wilayah Singapura, maka kita akan berhenti sekali lagi di imigrasi Singapura. Kali ini bawa semua barang-barang kita, siapkan kertas imigrasi yang sudah diisi. Sekali lagi harus cepat, karena disini ada kemungkinan sopir bus meninggalkan kita. Jika ditinggal, simpan karcis Anda, dan Anda dapat naik bus TransNasional yang berikutnya tanpa perlu membayar lagi. Tapi belum tentu tempat duduknya tersedia. Jadi saran saya, cepat saja dan ikut bus yang sama.

Bus akan berhenti di terminal Lavender di Singapura. Jika Anda membawa barang dan jumlah orang cukup banyak, silahkan panggil taksi, tapi jika hanya sendiri dan tidak membawa koper, Anda bisa memilih bus / MRT sesuai dengan tujuan selanjutnya.

Semoga memberi pencerahan, nanti saya sambung dengan jalan-jalan di Singapura.

Salam jalan jajan hemat.

179 thoughts on “Jalan Hemat Kuala Lumpur – Singapura

  1. rommya Post author

    @Susi: salam kenal juga, websitenya bus transnasional adalah http://www.nadi.com.my/transportation_home.asp tapi setahu saya tdk bisa booking online, harus datang ke loketnya.
    @Yanthing: salam kenal, Spore-genting atau spore-KL ada koq bus malamnya. Tapi lebih baik ambil yang executive saja agar lebih aman. Tapi berhubung saya blm pernah naik bus malam, saya blm bisa merekomendasi bus dari operator mana yg paling aman&nyaman. Mungkin ada teman2 yg bisa bantu ?

  2. yanthing

    hi pak, salam kenal. mao nany klo dari singapura ke genting ato sg-kl ada bus malam gk y? klo ada bus paling malam kira2 jam brp? bagusnya naek bus apa? thx

  3. Riyan

    Lam kenal pa rommya..
    Saya ada plan jalan2 di KL tgl 16-22 Mei 2009. Saya tiba di LCCT jam 15.20 trus langsung naik Skybus. Saya sih plannya jalan lagi ke Singapore atau daerah lain yg dekat en transportnya gak susah.
    Kira2 bisa kasih plan jalan2 yg hemat, murah meriah dan semua daerah wisata bisa dapat. rencananya 3 orang dewasa, tapi 1 orang temen lanjut lagi jalan ke Kamboja. Saya pengen ikut ke Kamboja juga tapi masih bingung apakah ke KL-Singapore atau KL-Kamboja.
    Mohon di bantu yach pa
    Trims a lot.

  4. rommya Post author

    @Apria: salam kenal juga. Expert ? Ngga lah, saya kebetulan pernah ke KL dan mau sharing dengan teman2. Thanks ya atas informasinya, ditunggu bantuan2 info lainnya. Salam Jalan Jajan Hemat.

  5. Apria

    Pak Rommya salam kenal,
    wah expert banget ya mengelilingi KL dan seputaran hihihi
    kapan kemmbali kesini lagi.

    buat pak Benny, sedikit info . dari JB bisa langsung ke LCCT, ada jalan TOL baru yg melewati putra jaya-cyberjaya nah mungkin hanya jalur ini sajah yg terdekat dari keluar TOL arah JB.
    pokoknya arah ke LCCT deket dari cyberjaya.

  6. rommya Post author

    @Benny T: sptnya sih tdk ada yg langsung lho Pak. Tp nanti coba saya cari2 lagi infonya
    @Yanti cantik: wah saya blm pernah ke wild-wild wet pasir ris, lebih seru mana kira2 dibanding ke Ancol (Atlantis) ?
    Trims

  7. Yanti cantik

    Kalo gue jalan2 ke singapur, gue seneng kalo pergi ke Wild-wild wet Pasir Ris. Gue seneng berenang sama perosotan karena seneng banget. Semoga singapura jadi kesenengan gue.

  8. Benny T

    Pa Rommya.

    Ada yang kelupaan , saya dari JB jam 9 malam mo ke LCCT (KL), apa ada bis yg langsung tanpa masuk KL lagi ? atau dari JB ke sekitar wilayah yg paling dekat dengan LCCT ?

  9. Benny T

    Pa Rommya

    Terima Kaasih komennya, btw…pa rommya domisilinya dimana sih ? saya domisilinya di Jakarta.
    Salam buat Keluarga……

  10. rommya Post author

    @Benny T: sejauh yang saya tahu sih skybus itu tepat waktu, kecuali ada hal2 yg diluar dugaan. Tapi kalau mau lebih aman ya naik taxi saja. Di Malaysia harga taxi tdk terlalu mahal koq (dibanding Spore), kira2 sama spt di Indonesia. Hati2 Airasia itu biasanya batas terakhir checkin nya lebih awal dari maskapai lain, jadi kita sudah harus standby di bandara 1,5 jam sebelumnya.

  11. rommya Post author

    @meme : aman koq, asal kita mesti gesit, jangan berlama2 waktu di imigrasi. Saya waktu itu bawa 2 anak koq πŸ™‚
    Alternatif lain naik train atau pesawat.

    @Ferra: Kl dari genting ke spore,rasanya sih ada beberapa operator bus. Kl dari spore ke KL bisa naik train, bus atau pesawat. Banyak koq alternatifnya.

  12. Benny T

    Pa Rommya

    Terima kasih tanggapannya, tapi nurut bapak apa tidak terlalu riskan dengan waktu tiba di LCCT jam 4.45, sedangkan Flight saya jam 6.30.
    Jadi mohon komennya……..
    Terima Kasih.

  13. Ferra

    pak rommy bisa bantu saya?
    rencananya saya dan keluarga 11org dewasa naik air asia dari palembang mau traveling ke KL-Genting-S’pore-KL.
    Saya mau tanya kalau langsung dr LCCT ke KL sentral bisa langsung ke genting kan, nah kalo dari genting mau ke singapore apa cuma bisa naek bus transtar? kalau bus yang lain ada gak ya?
    trus kalo dari s’pore balik lagi ke KL naek apa ya?
    sorry nih banyak pertanyaan.

    Thank u

  14. meme

    PAK, kalo alternative pake BUS ngajak ana kecil kira2 aman gak . takutnya ditinggalijn ama bus itu ketika serahkan urus imigrasi lho.. ada alternative laen utk keluarga yang bawa anak gak? tks

  15. rommya Post author

    @Maya: Kalau naik bus ekonomi sebaiknya sih di pagi/siang hari ya. Tp kalau mau naik kereta atau bus executive, no problem di malam hari. Dan sebenarnya Anda dapat menghemat 1 malam penginapan dengan menginap di perjalanan (kecuali bawa anak2 mungkin agak repot), dan juga tidak membuang waktu untuk perjalanan, karena pagi & siangnya sudah bisa jalan2 lagi. Efektif & efisien. Untuk jadwal dan harga tiket kereta dapat dilihat di http://travelmalaysiaguide.com/singapore-kuala-lumpur-ktm-train-route/ atau di http://www.ktmb.com.my/
    Naik bus (ekonomi) lebih murah, naik kereta lebih nyaman. Silahkan dipilih.
    Untuk jadwal di Singapore, menurut saya sih kalau Anda blm pernah ke Spore sebaiknya menghabiskan waktu yang lebih banyak di Spore saja. Karena suasana negara ini agak berbeda dgn Indonesia, kalau di Malaysia agak2 mirip lah. Mungkin di Malaysia, Anda pilih tempat2 yg menarik saja, dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/2007/07/tempat-wisata-di-kuala-lumpur-malaysia/
    Kalau untuk di spore dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/category/singapura/
    Tapi memang untuk biaya makanan & hotel di spore lebih mahal.
    Semoga membantu. Salam Jalan Jajan Hemat

  16. Maya

    Dear Pak Rom,

    Bisa bantu saya? rencananya saya akan ke KL by air asia tanggal 22 Apr 09 dari YK tibanya sekitar jam 19 malam di KL kemudian ada rencana mau ke Singapore. Apakah sebaiknya saya langsung ke Singapore atau nginap dulu di KL? Baiknya naik kereta atau Bus? karena saya baru pertama kali ke Singapore dan berangkat sendiri..Bila naik kereta, kisaran harganya berapa ya? Apakah bisa dibeli langsung saat saya tiba di KL central? Apakah Pak Rom tahu jadwal keretanya?

    Oiya bila saya ke KL & Singapura antara tanggal 22 – 26, sebaiknya saya menghabiskan waktu berapa lama di Singapore?

    Thanks before

  17. rommya Post author

    @mary: rencana ke Sing nya naik apa? Kalau naik kereta sih, langsung saja. Tapi kalau naik bus ekonomi, sebaiknya menginap semalam saja di KL, cari hotel yang murah2.

  18. mary

    hi…pak rom
    kebetulan saya dan temen saya mau mengadakan perjalanan KL-Sing-KL tgl 18-23 sep ini.kita mengunakan airasia dan sampai di KL jam 18.55.kira2 amannya saya perlu menginap di KL atau langsung ke sing aja.karna kita cewek2 nih..

    thanks infonya

  19. hari lutfi

    kalau untuk org Jakarta jalan-jalan di KUL, paling-paling belanja VINCI, harganya terjangkau dan modelnya oke, Khusus untuk ibu2X muda

  20. rommya Post author

    @indy : thks jg sdh mampir.. Rute perjalanan tergantung maskapainya. Kl pakai airasia, pasti sampai di malay, shg rute menjadi malay-sing-malay. Tp kalau naik Valuair atau via batam, enaknya sih Sing-Malay-Sing. Salam Jalan Jajan Hemat

  21. indy

    wih pak…
    thx banget buat info2nya…
    kebetulan saya ada rencana pergi ke sing malay rombongan keluarga
    jadi sangat membantu..
    tapi saya mau tanya nih pak enak mana ke sing-malay atau malay-sing?

    thx

  22. rommya Post author

    @chacha: tergantung, Anda mau praktis atau mau hemat. Kalau mau praktis, dari Bangkok ke KL dulu jalan2, lalu besoknya ke Genting, menginap semalam, lalu besoknya cari bus yang langsung ke Spore. Tapi sepertinya kalau dari Genting, adanya hanya bus2 yg eksekutif, tapi coba nanti cari2 lagi infonya, apa ada bus ekonomi.
    Kalau mau hemat, naik bus nya dari puduraya (KL) karena dari sana banyak bus2 ekonomi yang murah tapi cukup bagus & nyaman koq. Bisa dilihat disini https://www.jalanjajanhemat.com/index.php/2007/07/05/jalan-hemat-kuala-lumpur-singapura/
    Semoga membantu. Salam Jalan Jajan Hemat.

  23. chacha

    hi… Pak rom.. salam kenal..
    Saya ada rencana trip ke bangkok – KL – Sing tanggal 25 sept – 3 Oct
    dan rencana menginap di genting dan KL @ 1 malam.. Bisa bantu saya susun rute bagaimana baiknya dari bangkok ke KL – Genting – Sin atau BKK – Genting – KL – Sin yah..
    karena rencananya kami berangkat dari Bkk menuju Malay tanggal 28 malam dan diperkirakan akan sampai Malay tanggal 29 Sept.
    Trims yah

  24. nov

    Pak, biaya bus dari genting ke singapore kira-kira berapa ya? jika beli langsung di tempat apakah bisa? lebih hemat jika langsung dari genting atau ke pudu dulu?thanks

  25. rommya Post author

    @mmw : saya blm pernah naik kereta api, tp kalau tdk salah berhentinya itu di Keppel Road, tdk jauh dari stasiun MRT Outram park, berjarak satu station lagi ke Chinatown. Rasanya sih 1 bln sebelumnya pun bisa pesan tiket, silahkan cek ke http://www.ktmb.com.my/
    @nov: ada beberapa bus yg dari genting langsung ke singapore. Diantaranya transtar, http://www.transtar.com.sg/ nanti sampainya di golden miles.

  26. nov

    Pak, apakah bisa dari genting langsung ke singapore tanpa melewati station pudu? kalau bisa, apakah naik kereta atau bis? kemudian setelah itu akan turun di statiun mana? jauhkan dari orchad road?
    maaf kalau saya banyak bertanya..thanks

  27. mmw

    pak rommya tau gak kalo naik kereta api ke singapore itu ampe singapore di daerah mana? masi jauh gak dari people’spark atau china town?terus kalo mau beli tiket sebulan sebelumnya bisa gak ya ?

  28. rommya Post author

    @mmw: Kalau menurut saya sih kedua2nya aman ya. Kalau kereta api malam keuntungannya bisa menghemat hotel 1 malam. Tiket dapat dibeli beberapa hari sblmnya di loketnya / KL Sentral, atau online di http://www.ktmb.com.my (tapi saat ini web tsb tdk bisa diakses). Utk bus transnasional (atau bus ekonomi lainnya), bisa langsung beli tiket beberapa jam/hari sebelumnya ke terminal Puduraya. Usahakan membeli tiket pulang pergi, karena harganya akan lebih murah. Jgn membeli pada saat keberangkatan, ada kemungkinan tdk mendapatkan kursi.

  29. mmw

    Hai….
    Pak rommya, saya baca diatas dikatakan kalo mau ke singapore dari KL bisa dengan transport kereta api malam.. bisa gak dikasi info mengenai gimana cara membeli tiketnya? terus lebih aman mana naik kereta api atau bus transnasional ke singapore?(mengingat kami rencananya pergi bertiga cewek semua ) thanks

  30. rommya Post author

    @hari lutfi: boleh di share tempat2nya Pak, agar bisa menjadi referensi utk kita semua? Baik utk yg refreshing maupun yg belanja. Thanks

  31. hari lutfi

    sebenarnya masih banyak daerah wisata yg lebih murah dari yg sedang ditawarkan dan yg penting lebih indah pemandangannya
    tapi semua tergatung tujuannya mau reffresing atau belanja

  32. adagio

    bantu jwb pertanyaan mbak ratna nih. kalo dr airport KLIA, ada bbrp alternatif utk ke KL city. ada ERL (kereta cepat) dg harga RM 35, jarak tempuh 28 menit. nah, itu turunnya di KL sentral. kemudian bisa naik taksi ke stasiun pudu. kalo langsung naik taksi dr KLIA ke stasiun Pudu, mahal bgt (sktr RM 100). tp kalo brngkt rame2, bisa sewa mini bus sektr RM 180.

    oh ya kalo dtg pakai Air Asia, nggak turun di KLIA tapi di LCCT. nah dr LCCT ada skybus ke KL sentral, hrgnya juga jauh lbh murah (RM 9). nah itu turunnya di KL sentral juga.

  33. Ratna

    Pak, mau tny donk..Saya rencana mau ke Singapore lewat KL dulu, kalau dari aiport Kuala Lumpur ke terminal bus berapa lama ya? Naik bus atau taxi ke terminal? Terima kasih atas perhatiannya…

  34. rommya Post author

    Setahu saya sih kalau dari airport naik bus ke KL Sentral dulu, nah dari sana ada bus ke Puduraya. Beli tiket transnasional bisa beli di loketnya langsung koq. Lebih baik lagi, kalau kita beli sblm bawa barang2 (kalau hotelnya dekat sana), jadi nanti saat mendekati jam keberangkatan, baru kita membawa barang2. Selamat jalan2

  35. Hadi

    Halo, mau nanya nih, kalo dari KL airport mau ke terminal puduraya bisa naik bus ga? berapa lama dan berapa harganya?

    Trus kalo tiket transnasional bisa dibeli di loketnya di puduraya?

    Terima kasih.

  36. mama icel

    salam kenal,
    bulan desember nanti sya rencana akan berlibur ke KL-SIN bersama keluarga 2 dewasa dan 2 anak (11 dan 8 th)selama 6 hari.Sebaiknya menginap di hotel(menengah) mana di KL dan di SIN yang strategis dkt dg tempat wisata?Dan rute wisata mana sajakah yang bisa kami kunjungi selama @3 hari?
    Trimakasih

  37. diani

    saya mau ke KL dengan air asia dan ingin menginap di daerah bukit bintang, bgmn cara menuju ke lokasi penginapan daerah bukit bintang?

  38. rommya

    Kalau sendirian (tanpa keluarga), jika mau menghemat waktu dan dana, sebaiknya langsung saja ke Singapura, kl mau hemat, bisa naik bus / kereta api yang malam hari. Sehingga Anda bisa hemat hotel 1 malam, dan jg waktunya efisien, tdk ada yg terbuang. Pagi harinya sudah siap menjelajah singapura. Selamat berpetualang.

  39. Budi Santoso

    Saya rencana berangkat sendiri tanpa ikut tour.
    saya berangkat dari surabaya jam 22.00 sampai di KL mungkin sekitar jam 01.00 dini hari.
    Apakah sebaiknya saya ke Singapura langsung ?, dengan menggunakan apa ?..
    atau saya sebaiknya istrisahat di KL ?. alasannya apa ?…
    Thx untuk bantuannya.

  40. rommya

    Wah kayanya asyik juga ya. Nanti deh, kl ada kesempatan lagi mau jg mampir ke Penang…

  41. pitshu

    owww… hahaha, waktu itu pas ke malay ikutan tour, jadi udah di ajakin ke penang hihihi. Di penang kek bali ada lautnya dan kotanya agak kecil, disana banyak orang medannya jadi klo ngomong gampang hahaha… bisa pakai bahasa hok kian LOL

  42. rommya

    Sebenarnya stl coba keliling2 sendiri (sama keluarga sih), ternyata kalau di KL sendiri sih gampang lah. Kemana2 bisa naik LRT atau bus, dan kotanya kecil koq, dan “rasanya” sih lumayan aman. Cuma memang blm coba explore ke wilayah lain spt Penang, Melaka, dll karena waktu cutinya ga cukup. πŸ˜€ Mudah2an lain kali kl sempat jalan2 lagi, saya coba explore ke wilayah lain deh.

  43. Pitshu

    Hmmm… rommy, maksudnya pitshu itu, klo mo keliling di malay itu agak susah, karena kotanya besar enggak kek di singapore kita bisa jalan – jalan sendiri dengan menggunakan MRT.

    Klo di malay, mau keliling di dalam kotanya harus modal nekad atau klo ada kenalan biar bisa jalan – jalan. Susah klo mo jalan – jalan sendiri :((

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.