Jalan Jajan Hemat

Cara hemat berwisata di Bali

Bali, adalah satu pulau yang menjadi incaran tujuan berlibur para wisatawan dari seluruh dunia. Sebagai warga negara Indonesia, jangan sampai Anda belum mengunjungi pulau dewata ini. Masakan orang dari luar negeri  saja rela terbang jauh untuk mencapai Bali, apalagi kita yang di dalam negeri… Perjalanan ke Bali butuh biaya besar ?? Tergantung cara Anda berwisata, seperti biasa dalam Jalan Jajan Hemat, kami akan mengulas cara hemat untuk berwisata ke Bali.

  1. AirAsiaTransportasi. Komponen pertama yang mengeluarkan biaya besar adalah biaya transportasi. Bali dapat dicapai melalui jalan darat dan pesawat udara. Waktu dan tenaga Anda jauh lebih berharga, saran saya gunakan transportasi udara untuk menuju Bali, karena Anda dapat menghemat waktu beberapa hari perjalanan. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan tiket dengan harga murah. Syarat utama mendapat harga murah adalah booking dari jauh-jauh hari sebelum berangkat, bahkan sampai 7 bulan sebelumnya. Hindari tanggal yang merupakan libur nasional ataupun liburan sekolah. Saran JJH : Sering-seringlah mengecek ke website AirAsia untuk melihat promo yang ada.
  2. Airport LoungeSiapkan kartu kredit Anda yang memiliki fasilitas airport executive lounge. Anda akan menghemat biaya makan & minum selama menunggu jadwal keberangkatan pesawat, yang biasanya antara 1-2 jam setelah check-in. Penerbangan dengan biaya murah pada umumnya tidak menyediakan makanan & minuman selama perjalanan. Menunggupun tidak membosankan. Saran JJH : BNI Gold menawarkan fasilitas yang cukup memuaskan. Bahkan di Bali, dengan BNI card Anda akan dibantu untuk proses check-in dan pemasukkan bagasi.
  3. Booking hotel via internet. Carilah hotel yang sesuai dengan kebutuhan Anda, search di internet dan baca komentar (review) dari para tamu mengenai hotel tersebut. Lihat lokasi hotel, apakah dekat dengan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Booking melalui internet (umumnya melalui travel agent di Bali) akan lebih murah dibandingkan datang langsung ke hotelnya. Bandingkan harga antar travel agent untuk mendapatkan harga terbaik. Saran JJH : hotelmurahbali.com memberikan harga yang cukup baik.
  4. Cari tempat wisata yang menarik, cari informasi sebanyak-banyaknya melalui internet, brosur dll sebelum Anda tiba di Bali, susunlah jadwal sebaik-baiknya, sesuai dengan lokasi dan arahnya. Jangan sampai Anda tiba di Bali tanpa Anda mengetahui lokasi mana yang hendak dikunjungi. Silahkan dibaca sharing saya di artikel ini.
  5. Sewa MobilTransportasi darat. Anda sangat membutuhkan kendaraan selama Anda berlibur. Bali memiliki sarana transportasi umum yang kurang baik, Anda disarankan menyewa kendaraan untuk transportasi selama liburan. Jika Anda hanya berdua atau sendiri, Anda dapat menyewa sepeda motor, jika Anda sekeluarga, Anda dapat menyewa mobil. Kami menyarankan untuk menyewa mobil berikut dengan sopirnya. Selain menghemat tenaga, menghemat waktu, mengurangi resiko dalam perjalanan, dan juga sopir tersebut dapat sekaligus menjadi tour guide Anda. Dapatkan brosur2 penyewaan mobil yang dibagikan di hotel, bandara bahkan di toko-toko. Biaya untuk sewa mobil: Rp. 300.000 untuk 8 jam termasuk BBM dan sopir.
  6. Wisata kuliner. Cari informasi tempat makanan yang unik di Bali, seperti bebek bengil, nasi bali Warung Satria, restaurant di Jimbaran dan lain-lain. Akan saya bahas secara detail dalam posting saya berikutnya.
  7. Tempat membeli oleh-oleh. Dapatkan informasi dimana Anda dapat membeli oleh-oleh untuk sahabat Anda, juga akan saya bahas terpisah.

Demikian tips hemat berwisata di Bali, akan saya update terus informasi di dalamya.

Salam Jalan Jajan Hemat.

You may read this article in English version at : http://indo-traveller.com/2010/05/visiting-bali-on-a-budget

78 thoughts on “Cara hemat berwisata di Bali

  1. Anonymous

    kami rencana liburan ke bali awal januari, 2014 tolong info kan tempat wisata yg bernuansa gunung dan makanan halal, serta penginapan yg murah

  2. nela

    Sy skrang lg di Bali malahan, liburan bawa mobil sm sopir. Tp sopir yg aku bw dr rumah gak tau sm skali tempat” wisata dibali.
    Ada saran gak enaknya gimana, ni smentara masih nginep di hotel Made daerah Badung

  3. Thailand Phuket Hotels

    Woah! I’m really digging the template/theme of this site. It’s simple, yet effective.

    A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance. I must say that you’ve done a superb job with this.
    Also, the blog loads extremely quick for me on Opera.
    Outstanding Blog!

  4. Standard: Journey

    Hmm it looks like your website ate my first comment (it was extremely
    long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog.

    I too am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing. Do you have any suggestions for first-time blog writers? I’d
    genuinely appreciate it.

  5. Erwin

    All rekan-rekan yg Untuk pelanggan dari semua yang senang bepergian akan ingin menikmati seafood indonesian-chiness dengan suasana yang berbeda dan restoran kami menawarkan menu serta set menu seafood Madania untuk agen tur pelanggan.
    kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya,
    Madania Moslem Restaurant
    Jl. By Pass Ngurah Rai No 29 F
    Kuta Bali Indonesia 80361

    Phone : 62 361 764 787
    Fax : 62 361 764 484
    Email : Madaniaresto@yahoo.com
    Facebook : Madania Moslem Restaurant Bali
    Reservation Contact :
    Mobile : 0361 8432822 ( ERWIN )

  6. susi

    sy berencana liburan singkat ke Bali-Bromo feb’13 selama 3hr. berangkat from jkt berakhir di bromo,tlg infoin rute terbaik,hrs dimulai dr rute mana.supaya 3hr ini b’manfaat &hemat. thanks….!!

  7. Puteri

    Saya rencananya akan ke bali pada tanggal 24 Januari tahun depan.. mohon info hotel murah dan restaurant halal sekitar kuta… thanx buat infonya…

  8. Anonymous

    Hai teman2 yang mau ke bali, dan bingung dengan masalah penginapan atau aktivitas dll, bisa menghubungi kami di 081933117736 atau di 0361-9970877. Pin bb by request ya… kami bantu liburan anda sesuai dengan budget yang anda miliki.

    Pro Herny kami bisa menyediakan kebutuhannya.. silakan hubungi kami via nomor2 diatas.

    Cheers!
    Kaiia

  9. supriyanto

    saya mau liburan ke bali tgl 12 juni 2012,dan saya liburan dengan teman saya orang korea 1 orang(cuma berdua)saya belum pernah ke bali soalnya jadi belom tahu keadaan disana,rencana 6-7 hari dibali.bagaimana masalah tempat penginapan,sewa kendaraan,tempat4 wisata yang bagus untuk di kunjungi.dan yang pasti dengan harga yang sangat murah dan aman.(kami menyukai pantai,diving,pegunungan,shopping,binatang,makan,dan tempat2 menarik dibali.mohon bantuan informasinya.supaya tidak kecewa liburan ke bali.tolong balas ke email saya.trima kasih

  10. herny

    saya mau ke bali pada tgl 19-21 agustus pas lebaran tapi masih bingung cari hotelnya yg murah,bagus dan deket pantai. boleh minta infonya ?kira2 yg hrgnya dibawah 850rb. makasih atas infonya

  11. ferry f

    Hallo Kawan, saya rencana liburan keluarga ke bali (2 dewasa & 1 anak 8 th) dan mohon informasi ticket pesawat yg murah/promo tgl 5-April (Jkt) dan kembali 8-April (Denpasar), terima kasih atas bantuannya.

  12. angky

    Saya punya rencana ke bali. Menurut jjh klo book hotel via internet aman ga si. Takutnya klo kita book ternyata ga connect ma hotelnya ato card kita malah bisa dibobol!!! Kan serem tuch. Tolong infonya ya… Thanks

  13. Fajar Akbar S,Pd

    Sy baru sj ke Bali 26-29 Des 2011, utk sewa motor itu harga Rp. 50.000 dari pagi sampe mlm, tiket pesawat cari yg promo 3 bln sblmnya sy dah booking, utk penginapan yg murah pilih yg di jalan Poppies II murah 250 rb pake AC, wastafel, swimmingpool, bathup, closet duduk lg, kalo yg 150 ribu pake kipas angin baling-baling atas semuanya dpt braekfast roti telor teh manis namanya “DUA DARA” sy recomendasiin deh sebab bersih aman tuh, kalo sewa mobil+bbm+supir toyota avanza sy bayar 400 ribu utk keliling 5 objek wisata/harinya, WATER SPORT Tanjung Benoa jgn ragu utk nego sama salesnya pilih harga paket dan tawar sy bisa kok banana boat 2 org, jet sky 1 org, ke Pulau Penyu 3 org harga setelah sy rayu dan tawar jd cuma Rp.700.000, buka harga 1,2 juta, itu saja tips dari sy smg liburan anda menyenangkan!..

  14. shinta

    Aku mau ke bali 20 orang. . . . . bisa dibantu cari tiket air asia yang murah ga? plus mobil selama di bali, tempat penginapan, tempat makan, tempat wisata dan Oleh2
    kalo bisa semuanya yang murah.
    thanks yach guys. . . . . . .

  15. cperick

    untuk transportasi, saat ini di bali sudah ada Bus Trans Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan),, semoga membantu..

  16. JJH

    Bisa cari2 di internet, nanti janjian langsung ketemu dg yg menyewakan di airport saja, sehingga bisa irit uang taksi.

  17. RISYA

    KLU SAYA MAU SEWA SEPEDA MOTOR ITU DIMANA, KLU DARI AIRPORT SAYA HARUS NAIK APA KE TEMPAT PENYEWAAN SEPEDA ? MINTA TOLONG DIBALAS YA TEMAN- TEMAN

  18. ludmila

    saya n kel. brngkat k bali tgl 11-14 nov,info dong tempat wisata apa yg bsa sya kunjungi tentunya yg murah dan menarik..kami mnginap d wida hotel legian..terimakasih sbelumnya.

  19. lidya ambarita

    sya mau cari tiket murah semarang – medan 08-11-2011 dan medan – semarang 14 – 11 – 2011 tolong infonya ya
    bls ke email saya
    tq

  20. Mega_Bali

    Klo di Kuta, yg terkenal adalah nasi pedas bu andika, tempatnya di seberang supermarket supernova,, pedasnya mantap!
    Klo di denpasar, ada nasi ayam kedewatan khas Bali di jl tukad batanghari nomor 18 A, atau nasi ayam betutu di jalan gandapura,,

    Klo mau cari penginapan murah, daripada sewa hotel mahal2, mending sewa rumah or villa aja, harga jauuuuh lebih murah, lokasi strategis dan fasilitas lengkap,, bs check info lengkapnya di my website http://www.rumahvillabali.com

    Semoga bermanfaat ya..

  21. Anas.P.

    Kebetulan Dapat Job:1.th ,di Komplek Villa Bukit Jimbaran Bali,Seputar Hotel “FOR SEASON”,The SERAI CLUB&International Villa.Sekalian kalau pas Liburan Berwisata Keliling Lok Par di Bali, khusus di Bukit Jimbaran ini aku merasakan udara yg sejuk sepanjang hari tak spt lokasi 2x lain yg sbgan besar panas udaranya,cost Bali di dominasi oleh Wisata Pantai, sempatkan sewa perahu & Mancing & Fun,di P.Kedonganan.

  22. iva

    sy sdh lama ngak brkunjung ke bali, rencana oktober ke bali. di daerah sanur hotel mn ya yg agak muurah,brsh n nyaman. brgkali teman, shbt or saudara mau ksh info…

  23. andhikarentcar

    hello shabat, info restoran halal di kuta banyak ada di antaranya,,tempo dulu restorant pawon pasunda ada di tuban kuta, and ,warung padang indah di tuban juga, warung wong solo.,trus ada juga nasi pedas

  24. N.halid

    saya akan berangkat ke bali pada decmber .mukin saudara dapat memberi saya tip gerai atau restaurent yang halal terdapat di kuta ,denpasar,seminyak… terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.