Jalan Jajan Hemat

The Great Asia Africa Lembang (Bandung)

Tempat wisata yang dibuka akhir bulan November 2019 ini masih tergolong baru sehingga masih ramai dikunjungi wisatawan. Kami mengunjungi tempat ini di bulan Agustus 2020 saat masih pandemi jadi semua pengunjung wajib mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan. Untungnya saat itu sudah tidak dibatasi hanya yang ber-KTP Jawa Barat saja, jadi sudah bisa dikunjungi dari wisatawan wilayah lain.

The Great Asia Africa ini terletak di Lembang, lokasinya di seberang Farm House Lembang. Kami melihat tempat parkir yang tersedia kurang memadai karena jumlah pengunjung yang banyak, sehingga mobil terpaksa parkir di kantong-kantong parkir di luar area. Saat itu kami dipatok Rp 20.000 untuk sekali parkir, tapi tidak dibatasi waktu.

Di pintu masuk pengunjung akan dicek suhu tubuhnya, lalu wajib menggunakan masker. Dan terlihat petugas berjaga di beberapa tempat utuk memastikan dan menegur pengunjung untuk tetap menggunakan masker. Mantap….

Protokol kesehatan

Tiket masuk saat kami datang adalah Rp 65.000 / orang, infonya ada kenaikan 30% dari tiket normal yaitu Rp 50.000 karena jumlah pengunjung dibatasi. Kita akan mendapatkan hadiah 1 buah sabun saat masuk untuk dibawa pulang. Potongan tiket tersebut juga dapat ditukarkan dengan minuman atau sosis, jadi simpan ya tiketnya.

Areanya cukup luas dan terbagi menjadi beberapa zona yaitu : Indonesia, Korea, Jepang, India, Afrika, Timur Tengah, Animal Park. Dari pintu masuk menuju ke bawah kita harus melewati jalan yang menurun. Jika membawa orang tua, Anda dapat menggunakan lift (harus membeli tiket tambahan). Sebaiknya gunakan sepatu atau sandal yang nyaman karena kita akan banyak turun-naik, dan juga pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat karena tempat ini terbuka dan cuaca terkadang terik, memang agak tertolong dengan penempatan selang penyemprot air di beberapa lokasi sehingga menurunkan hawa panas.

Lift

Spot foto tersebar sepanjang lokasi ini, jadi tidak perlu kuatir rebutan tempat, kecuali di tempat-tempat favorit mungkin kita perlu mengantri untuk bergantian dengan pengunjung lain. Jadi pastikan baterai, memori di kamera atau handphone Anda memadai, juga tongsis untuk berswafoto.

Di tiap zona kita akan melihat bangunan, musik dan penjaja makanan dan cindera mata yang sesuai dengan negara tersebut. Bahkan kita juga dapat menyewa pakaian tradisionalnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan foto seperti sedang berlibur ke mancanegara.

Zona Timur Tengah
Zona India
Penyewaan baju tradisional India

Mulai dari melihat dapur tradisional Korea, dan juga dekorasi Korea, lalu lanjut berfoto di deretan gerbang “Senbon Torii”, Fushimi Inari yang terkenal di Kyoto Jepang dan masih banyak lagi tempat yang bisa bikin suasana liburan ala-ala luar negeri deh.

Zona Jepang
Deretan toko cindera mata dengan suasana di Jepang
Beberapa pengunjung berfoto dengan baju tradisional Jepang
ala-ala Senbon Torii di Kyoto, Jepang
Dapur tradisional Korea
Plakat Ema : menuliskan doa & harapan di potongan kayu

Toilet tidak banyak tersedia, terutama toilet wanita, sehingga membuat antrian cukup panjang. Semoga dikemudian hari toilet dapat diperbanyak untuk kenyamanan pengunjung.

Sempat baca review orang bahwa tidak boleh bawa makanan/minuman ke dalam, tapi saat itu kami tidak diperiksa walaupun kami membawa beberapa makanan ringan dan minuman. Kecuali bawa makanan berat dan jumlahnya banyak mungkin tidak boleh kali ya…

Bisa memberi makan ikan di kolam

Karena lokasinya terbuka, jadi relatif lebih aman dibanding berwisata ke tempat yang tertutup (indoor). Namun pastikan untuk menghindari kerumunan, tidak banyak memegang benda-benda, rajin cuci tangan, serta senantiasa menggunakan masker. Saat itu kami kadang membuka masker saat mengambil foto (setelah memastikan tidak ada orang di sekitar), namun sebaiknya sih tetap dipakai saja.

Deretan resto

Dan jangan lupa untuk menukar tiket masuknya ya.

Penukaran tiket masuk dengan minuman atau sosis

Salam JJH, patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan….

The Great Asia Africa Lembang
 Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang
Jam buka : 09.00 – 18.00
Telp : 0811-2166-000, 0817-1777-2219
Tiket masuk (per Agt 2020) : Rp 65.000

One thought on “The Great Asia Africa Lembang (Bandung)

  1. Pingback: The Great Asia Africa Lembang (Bandung) - KOMBI.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.