Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata di Langkawi Malaysia

Kita selingi dulu postingan wisata di Korea, atas request dari pembaca JJH, kami akan membagikan informasi tempat wisata di Langkawi, Malaysia. Langkawi bagi turis Indonesia kurang populer dibandingkan Kuala Lumpur, Genting, Malaka, Penang dan Johor Bahru. Namun sebenarnya Langkawi merupakan salah satu tempat favorit wisata di Malaysia.

Langkawi adalah sebuah pulau terbesar di kepulauan Langkawi yang terletak berdekatan dengan Thailand dan juga dengan Sumatera. Kalau dari jarak penerbangan dari Jakarta memang paling jauh dibandingkan destinasi wisata yang lain di Malaysia, itu sebabnya harga tiketnya lebih mahal. Beberapa maskapai yang melayani rute Jakarta – Langkawi adalah AirAsia, Scoot, Malaysian Airlines, namun harus transit di Kuala Lumpur dulu. Ke negara Malaysia tidak dibutuhkan visa karena masuk dalam negara ASEAN. Bandar Udara International Langkawi tidak terlalu besar, penerbangan kami waktu itu tiba di malam hari, tokonya sudah banyak yang tutup sehingga terlihat sepi.

Bandara Langkawi

Untuk makanan mirip dengan di Kuala Lumpur, seperti asam laksa, mie mamak, satay, teh tarik, dan bahkan durian Musang King (yang durian agak sulit ditemukan). Nyammm…

Asam Laksa

Mie Mamak

Satay

Durian Musang King

Untuk menginap, lokasinya lebih ramai kalau memilih di daerah Pantai Cenang. Karena banyak kedai penjual makanan, mal serta toko oleh-oleh.

Untuk wisata di Langkawi kebanyakan adalah wisata pemandangan alam. Beberapa diantaranya adalah :

Langkawi Sky Bridge
Selesai dibangun pada tahun 2004, jembatan ini bergantung di atas puncak bukit Machinchang dan merupakan jembatan gantung yang melengkung terpanjang di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 125 m, tergantung 100m di atas permukaan, dan dapat menampung 250 orang. Menurut kami tempat ini adalah tempat yang WAJIB dikunjungi saat berlibur ke Langkawi.

Per Maret 2018 harga tiket ke SkyBridge ini adalah RM 5 untuk dewasa dan RM 3 untuk anak-anak, kita bisa cek ke counternya karena biasanya ada paket-paket dengan wahana lain seperti skycab, skydome, skyrex, 3D Art sehingga menjadi lebih hemat.

Langkawi Sky Bridge

Dan di tengah jembatan terdapat kaca di bagian lantainya sehingga kita dapat melihat ke bawah dari ketinggian. Seru juga berjalan melewati kaca ini.

Kaca di sky bridge

Langkawi SkyCab
Menuju ke jembatan SkyBridge kita dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian dengan menggunakan SkyCab. SkyCab adalah cable car atau gondola yang melintasi dari base station, middle station dan top station sepanjang 2,2 km. Satu gondola standard dapat memuat sampai 6 orang, juga tersedia gondola VIP dan gondola yang berlantai kaca. Di stasiun tengah (middle station) kita dapat melihat-lihat pemandangan sekitar. Dari stasiun atas (top station), kita dapat melihat pemandangan dari 2 platform untuk melihat pemandangan 360 derajat dari ketiggian 708m di atas permukaan laut, terdapat resto dan juga deretan gembok cinta di sini.

SkyCab

View dari Top Station

Deretan Gambok Cinta

Di kawasan ini pengunjung juga dapat menikmati SkyGlide, SkyRex, SkyTrail, SkyPos, SkyDome, 6D Cinemation, 3D Art Langkawi, dll.

Normal Gondola : Dewasa RM 55, anak-anak RM 40
Bottom Glass Gondola : RM 105 per orang
VIP Gondola : Dewasa RM 550 per gondola (isi 3 orang)

Island Hoping
Anda bisa mencari kios-kios agen wisata di seputaran hotel, atau bisa cari juga secara online untuk membooking wisata mengunjungi beberapa pulau kecil di sekitar Langkawi. Biasanya operator tour menyediakan antar jemput ke hotel. Pengunjung akan berangkat dari Teluk Baru Jetty, untuk didata dan akan diarahkan naik ke perahu yang mana.

Teluk Baru Jetty

Kita dapat membooking full 1 kapal atau kalau perorangan maka akan digabung dengan peserta lain. Satu kapal bisa menampung sekitar 20 orang.

Pengunjung akan turun di Pulau Beras Basah, pulau ini memiliki pasir putih. Kita dapat berenang, bermain di pantai, atau duduk-duduk sambil menikmati suasana. Tapi harus dicatat, bahwa pantai ini tidak memiliki toilet lho. Jadi yang sudah tidak tahan harus mencari semak-semak, repot juga ya.

Pulau Beras Basah

Lalu kita akan melihat atau memberi makan elang di Pulau Singa Besar, kita tidak turun ke pulaunya, tapi hanya dari perahu saja.

Melihat / memberi makan elang di Pulau Singa Besar

Berikutnya adalah berkunjung ke Pulau Dayang Bunting. Cukup unik ya namanya. Di pulau ini kita bisa bermain water sport, seperti kano, perahu bebek, atau sekedar berenang, tapi kita harus menyewa jaket pelampung terlebih dulu. Nah kalau di pulau ini ada toilet dan kamar bilasnya.

Water sport di Pulau Dayang Bunting

Perahu kano / kayak

Dataran Lang (Eagle Square)
Datarang Lang ini merupakan sebuah tempat dengan patung simbol dari Langkawi yaitu sebuah elang setinggi 12 meter yang menghadap ke laut seolah menyambut tamu yang baru datang dari pelabuhan Kuah Jetty yang berada di sebelahnya. Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke tempat ini.

Elang simbol Langkawi

Kawasan Dataran Lang

Wat Koh Wanararm
Adalah sebuah kuil Budha Thailand di dekat kota Kuah. Terdapat bangunan untuk sembahyang, dan juga stupa Budha, serta pahatan Dewi Kwan Im. Tidak dikenakan biaya untuk masuk tempat ini.

Main Prayer Hall

Deretan stupa

Stupa

Pahatan Dewi Kwan Im

Pantai
Untuk bermain di pantai, bisa bermain di Pantai Cenang (tapi pantainya kurang begitu bersih), atau agak jauh bisa di Pantai Tanjung Rhu. Tanjung Rhu lebih eksklusif dan banyak resort di kawasan ini.

Pantai Tanjung Rhu

Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise
Jika Anda pencinta burung, Anda dapat mengunjungi tempat ini. Karena di sini Anda dapat menjumpai lebih dari 2,500 ekor unggas dari berbagai species.

Tiket masuknya dewasa RM 28, anak-anak (3-12 tahun) RM 18
Lot 1485, Jalan Ayer Hangat, Kampung Belanga Pecah

Langkawi Wildlife Park & Bird Paradise (gambar diambil dari https://naturallylangkawi.my)

Underwater World
Berlokasi di pantai Cenang, tempat ini menampilkan ratusan species binatang laut. Seperti Sea World kalau di Ancol. Kalau sudah pernah ke Sea World, Anda bisa skip tempat ini.

Harga tiket dewasa RM 46, anak-anak (3-12 tahun) RM 36
Lokasi : Pantai Cenang, Mukim Kedawang

Underwater World Langkawi (gambar diambil dari http://www.langkawi.sg/)

Bagaimana, cukup seru kan liburan ke Langkawi. Silahkan comment kalau ada yang ingin ditambahkan.

Salam JJH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.