Jalan Jajan Hemat

Cara membayar paspor menggunakan klikBCA

Saat ini pengurusan paspor di imigrasi sudah mengalami peningkatan pelayanan, setidaknya itu yang kami alami saat mengurus pembuatan paspor untuk orang tua di Imigrasi Tangerang. Catatan : sekarang ini kita bisa mengurus paspor di kantor imigrasi manapun tidak mengikuti wilayah KTP, jadi tinggal pilih yang paling mudah dicapai saja, kecuali e-paspor yang hanya dapat dilayani di kantor imigrasi tertentu. Gedung Imigrasi Tangerang sudah direnovasi menjadi lebih bagus dan nyaman, loketnya rapih dengan informasi nomor antrian yang jelas, customer service siap melayani dengan ramah dan cekatan. Hanya saja yang menjadi catatan adalah fasilitas parkir yang sangat tidak memadai, jadi harus parkir di badan jalan sampai jauh dari lokasi, dan juga antrian untuk awal memasukan berkas melalui pendaftaran manual (yang tidak menggunakan pendaftaran online), antriannya di luar ruangan yang tidak berpendingin udara dan harus berdiri, karena jumlah kursinya terbatas. Saat itu kami berulang-kali mencoba mengakses pendaftaran melalui online, tapi berhari-hari selalu error, dan menurut call centernya memang sedang bermasalah, jadi terpaksa melalui cara manual.

Kembali ke topik utamanya, setelah melakukan pendaftaran, memasukan berkas, lalu difoto -yang saat ini semuanya dilakukan dalam 1 hari- langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Saat ini imigrasi tidak menerima pembayaran tunai, jadi pemohon akan melakukan pembayaran di berbagai bank. Nah yang saya coba adalah menggunakan klikBCA yang biasa saya gunakan sehari-hari karena kepraktisannya. Petugas sempat mengatakan bahwa pembayaran belum bisa melalui klikbca, hanya bisa melalui teller atau ATM, tapi karena penasaran, maka saya mencobanya.

Ternyata bisa dan caranya mudah sekali :
1. Setelah login klikbca, pilih menu Pembayaran, Pajak

Cara bayar paspor pakai klikbca


2. Pilih Penerimaan Negara di kolom Jenis Pajak
3. Masukan No. Kode Bayar yang tertulis dalam kertas Bukti Pengantar Pembayaran yang diberikan oleh pihak imigrasi ke kolom Kode Billing

4. Klik tombol Lanjutkan
5. Akan muncul data pemohon, silahkan dipastikan datanya sudah sesuai.
6. Setelah memasukan kode dari keyBCA, maka proses pembayaran pun selesai, simpan atau cetak transaksi pembayaran tersebut untuk bukti pembayaran.

Sistem akan otomatis memproses paspor kita setelah pembayaran dilakukan, tanpa perlu kita konfirmasi lagi ke pihak imigrasi, tinggal menunggu 3 hari kerja sejak pembayaran dilakukan, lalu ambil deh paspornya ke kantor imigrasi. Mudah kan…

Semoga dapat membantu teman-teman semua…
Salam JJH

Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang
Jl Taman Makam Pahlawan Taruna No. 10
Tangerang
Tel : 021 – 55790871/72
Biaya : Rp 355.000 (per Januari 2017)
Waktu memasukan berkas : sebelum jam 10.00 pagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.