Jalan Jajan Hemat

Tempat wisata GRATIS di Washington DC (Amerika Serikat)

Washington DC merupakan ibukota negara Amerika Serikat (USA). Di distrik yang menjadi pusat pemerintahan negara adidaya ini terdapat tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan asiknya kebanyakan tempat tersebut gratis lho, seperti yang akan kami infokan dalam postingan berikut ini.




SMITHSONIAN NATIONAL AIR AND SPACE MUSEUM
Lobby Museum National Air and Space

Museum ini terletak di area National Mall, National mall itu bukan mall tempat belanja ya, tapi itu adalah sebuah kawasan di Washington DC yaitu antara gedung Lincoln Memorial dan gedung US Capitol. Museum ini memiliki ribuan koleksi pesawat terbang dan pesawat luar angkasa. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke museum ini (namun silahkan jika Anda ingin memberikan donasi), bahkan disediakan pemandu yang akan menjelaskan koleksi di museum ini, silahkan mendaftar terlebih dahulu di Visitor Center.

Kita dapat melihat sejarah penerbangan, mulai dari rumah Wright bersaudara, replika pesawatnya, perkembangan pesawat sampai pesawat tempur modern, bahkan sampai lomba antar negara untuk mengarungi luar angkasa dan mencapai bulan. Kita dapat melihat seperti apa aktifitas astronot di luar angkasa. Pengunjung juga dapat mempelajari teori aerodinamika, bagaimana pesawat dapat terbang, wah menarik deh.

Pesawat Wright bersaudara

Pesawat Wright bersaudara

Terdapat studio iMax dengan membeli tiket pertunjukan, namun sayangnya waktu itu kami tidak sempat menontonnya. Museum buka setiap hari (kecuali tanggal 25 Desember), dari jam 10:00 pagi sampai jam 17:30.

Untuk melihat foto-foto Smithsonian National Air and Space Museum yang lebih lengkap silahkan buka di sini




SMITHSONIAN NATIONAL MUSEUM OF AMERICAN HISTORY
National Museum of American History - Outside

Terletak di area National Mall juga, tepatnya di 14th Street and Constitution Avenue. Museum ini menyimpan koleksi benda-benda dari sejarah Amerika yang meliputi bidang sosial, politik, budaya, iptek dan juga militer. Koleksi bendanya luar biasa banyak dan lengkap, seru sekali melihat dari jaman kereta kuda, kereta api, komputer apple pertama, sampai artis-artis ternama.

Suasana di dalam gerbong kereta

Suasana di dalam gerbong kereta

Apple Computer

Apple Computer

Helikopter & sejarah perang Vietnam

Helikopter & sejarah perang Vietnam

Di museum ini terdapat loker barang untuk menitipkan barang bawaan secara gratis, jadi kita dapat menikmati museum ini dengan nyaman. Museum buka setiap hari (kecuali tanggal 25 Desember), dari jam 10:00 pagi sampai jam 17:30.

Loker penyimpanan

Loker penyimpanan

Untuk melihat foto-foto Smithsonian National Museum of American History yang lebih lengkap silahkan buka di sini




US CAPITOL
US Capitol with RM
Merupakan kantor dari Kongres Amerika Serikat, terletak di area National Mall. Disediakan tour dengan pemandu dengan cara mendaftar di Visitor Center. Kita dapat membeli souvenir di Gift Shops atau makan di restoran yang ada di dalamnya. Bangunannya di desain dengan indah dan rapih. Pada waktu kami datang, sedang dilakukan renovasi.

Gedung US Capitol yang sedang direnovasi

Gedung US Capitol yang sedang direnovasi




LIBRARY OF CONGRESS
Library of Congress - Outside
Perpustakaan yang digunakan untuk riset oleh Kongres Amerika Serikat ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia setelah British Library. Terletak di 101 Independence Ave, Perpustakaan ini terbuka untuk masyarakat umum yang ingin melakukan penelitian akademis, dan tersedia tur bagi pengunjung yang berminat. Pastikan melihat jadwal buka perpustakaan di sini. Sayangnya saat kami berkunjung ke sana, perpustakaan sedang tidak dibuka untuk umum.

Katalog perpustakaan ini mendaftar lebih dari 32 juta judul bahan pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa. Perpustakaan juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan Kitab Gutenberg (satu dari 4 salinan velum dalam keadaan sempurna yang ada). Selain itu, perpustakaan menyimpan lebih dari 1 juta judul terbitan pemerintah Amerika Serikat, 1 juta terbitan surat kabar dari seluruh dunia selama 3 abad terakhir, 33.000 volume surat kabar yang dijilid, 500.000 gulung mikrofilm, lebih dari 6.000 judul buku komik, dan koleksi literatur hukum terbesar di dunia.Koleksi bahan nonbuku terdiri dari film, 4,8 juta judul peta, lembar musik, 2,7 juta judul rekaman suara, lebih dari 13,7 juta lembar foto (termasuk gambar arsitektur), serta biola Betts Stradivarius dan Cassavetti Stradivarius. [Informasi ini diambil dari wikipedia]

Bagian dalam Library of Congress

Bagian dalam Library of Congress

Untuk melihat foto-foto Library of Congress yang lebih lengkap silahkan buka di sini




NATIONAL WORLD WAR II MEMORIAL
Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada 16 juta prajurit yang membela negara Amerika Serikat, terlebih kepada 400.000 orang yang telah gugur maka dibangunlah bangunan memorial ini. Lokasinya berdekatan dengan Lincoln Memorial, tempat ini buka 24 jam untuk dikunjungi publik.

National WW II Memorial

National WW II Memorial




LINCOLN MEMORIAL
Bangunan ini merupakan monumen yang didirikan untuk mengenang jasa Presiden Amerika Serikat yang ke-16 yaitu Abraham Lincoln. Monumen ini berada di National Mall, berseberangan dengan Monumen Washington. Di sisi jalan setapak menuju bangunan ini, ada kolam yang dinamakan Reflecting Pool.
Lincoln Memorial Building

Dengan arsitektur berbentuk kuil gaya Yunani, di dalamnya terdapat patung Abraham Lincoln yang berukuran besar setinggi 5,8 meter yang seandainya berdiri maka Abe ini akan setinggi 8,5 meter yang terbuat dari marmer Georgia, dengan berat keseluruhannya 159 ton. Patung ini menghadap ke Reflecting Pool yang segaris lurus ke National WWII Memorial, lalu ke Washington Monument dan terakhir ke US Capitol.

Patung Abraham Lincoln

Patung Abraham Lincoln

Pidato dari Martin Luther King Jr pernah dilakukan di tempat ini. Pada titik di tempat King berdiri, lantai pelataran anak tangga ke-18 di bawah patung Lincoln, diukirlah pidato “I have a dream” yang terkenal itu.

Untuk melihat foto-foto Lincoln Monument dapat dilihat di sini




WASHINGTON MONUMENT
Monumen ini berbentuk obeliks yang terbuat dari marmer setinggi 169 meter. Didirikan untuk menghargai dan mengenang jasa George Washington, presiden Amerika Serikat pertama. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke bangunan ini, namun kita perlu mengambil tiket di Washington Monument Lodge yang terletak 15th Street pada hari kunjungan.
Washington Monument-1

Kita akan masuk dalam rombongan kecil, dan naik ke lift yang akan membawa ke observation deck setinggi 500 feet (152,4 meter). Di lantai ini kita dapat melihat pemandangan di sekeliling monumen dari ketinggian, bahkan white house juga dapat dilihat dengan jelas dari sini. Setelah puas melihat di observation deck ini pengunjung dapat turun ke level 490 feet untuk melihat museum. Di museum ini kita dapat melihat sejarah bangunan ini, konstruksinya dan hal seputar bangunan tersebut.

Dari level 490 kaki ini kita akan naik lift untuk turun ke bawah, nah dalam perjalanan turun, kaca lift yang awalnya buram akan menjadi bening dan memperlihatkan prasasti para donatur monumen Washington ini.

Untuk melihat foto-foto Washington Monument dapat dilihat di sini




WHITE HOUSE VISITOR CENTER
Sebagai tempat tinggal dan tempat bekerja dari Presiden Amerika Serikat, Gedung Putih ini tentu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya ada tour untuk publik, tapi persyaratannya cukup ribet, karena perlu mengajukan ijin melalui kedutaan terlebih dahulu. Tapi tidak perlu berkecil hati, selain melihat melalui virtual tour, kita juga dapat berkunjung ke White House Visitor Center.
White House Visitor Center

Di dalam gedung ini kita dapat melihat informasi seputar White House, keterangan tentang ruangan, sejarah, beberapa koleksi barang dan juga miniatur White House dapat kita temukan di sini. Ada mini teater yang menampilkan sambutan dari Presiden Barack Obama,kita juga dapat berfoto dengan latar belakang White House, seakan-akan sedang berdiri di depan gedung.
White House Visitor Center - Miniature




WHITE HOUSE
Nah agar tidak penasaran, kita bisa koq berfoto di depan gedung putih ini, tapi dari jarak yang cukup jauh, karena sekelilingnya dipagar dan dijaga oleh petugas bersenjata lengkap. Tapi kalau dilihat White House ini tidak besar-besar amat lho, padahal kalau menonton di film-film Holywood sepertinya White House ini luar biasa sekali ya.

White House

White House 2

… masih berlanjut …

2 thoughts on “Tempat wisata GRATIS di Washington DC (Amerika Serikat)

  1. Jalan Jajan Hemat Post author

    Benar, tempat tersebut selain gratis, juga terawat, dan disediakan pemandunya gratis dalam beberapa bahasa. Semoga di Indonesia juga dapat seperti itu ke depannya.

  2. Anis Hidayah

    Banyak juga yaw,,, semuanya menarik,,, kapan bisa kesitu. tempat – tempat situ gratis yaw kak masuknya? kalau di Indo rata – rata bayar kak…. Jadi pengunjungnya terbilang masih sedikit 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.