Jalan Jajan Hemat

Gardens by the bay (Singapore)

Sungguh menyenangkan jika kita dapat menikmati ruang terbuka hijau, melihat aneka tanaman, di antara hiruk pikuk aktifitas. Suasana ini dapat kita jumpai di Gardens by the bay seluas 101 hektar, dengan aneka koleksi tanaman, yang letaknya hanya di seberang hotel Marina Bay Sands. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Singapura, apalagi beberapa tempatnya dapat dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya.

Gardens by the bay

Gardens by the bay


Bay East Garden
Adalah area dimana kita dapat menikmati pohon kelapa, aneka jenis bunga dan sekaligus pemandangan gedung pencakar langit di kawasan Marina Bay. Cocok dinikmati untuk jalan sore, bersepeda ataupun kongkow bersama teman / keluarga.
Kawasan ini terbuka 24 jam, gratis.

Jogging & Biking Track

Jogging & Biking Track

Dragonfly & Kingfisher Lakes
Danau ini bukan hanya indah dan dihiasi beberapa patung, namun juga dihuni oleh aneka ikan dan tumbuhan. Tumbuhan di dalam danau ini berfungsi sebagai penyaring air alami dari waduk Marina dan menyeimbangkan kehidupan di dalamnya. Kita dapat menyusuri papan kayu sepanjang 440 meter di sisi danau, karena dari tempat ini banyak spot foto yang indah. Kawasan ini dapat dinikmati gratis. Jam operasional : 5.00 pagi – 2.00 pagi

Dragonfly & Kingfisher Lakes

Dragonfly & Kingfisher Lakes

Heritage Gardens
Ada 4 zona taman bertema yaitu Chinese Garden, Indian Garden, Malay Garden dan Colonial Garden, yang berhubungan dengan sejarah & kebudayaan negara Singapura yang dipengaruhi oleh beberapa etnis ini. Ada patung Buddha tersenyum di Chinese Garden, ada Kampong House di Malay Garden, Night Life of Trees Panel di Indian Garden, dan yang lainnya. Kawasan ini dapat dinikmati gratis. Jam operasional : 5.00 pagi – 2.00 pagi

Heritage Garden

Heritage Garden


Chinese Garden

Chinese Garden

Supertree Grove
Sebanyak 18 pohon raksasa buatan dengan tinggi setara gedung 16 lantai ini di dalamnya ditanami sekitar 162,900 tanaman dari 200 species. Pohon raksasa berkanopi ini juga berfungsi untuk menampung air hujan, menyerap tenaga surya, dan sebagai saluran irigasi. Di malam hari pohon ini akan dihiasi lampu warna-warni yang indah, dan ada pertunjukan lampu dan musik yang dinamakan Garden Rhapsody
Kawasan ini dapat dinikmati gratis. Jam operasional : 5.00 pagi – 2.00 pagi

Supertree Grove

Supertree Grove

OCBC Skyway
Naik ke jembatan dengan panjang 128 meter, yang membentang di ketinggian 22 meter dari tanah, menghubungkan dua buah Supertree akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Pengunjung dapat melihat pemandangan sekeliling taman dan Marina Bay.
Harga tiket dewasa SGD 5, anak SGD 3. Jam operasional : 9.00 pagi – 20.00 malam

OCBC Skyway

OCBC Skyway

Sun Pavilion
Kawasan terpanas ini memiliki koleksi sekitar 1.000 tanaman kaktus dari wilayah padang pasir Madagascar, Mexico, Argentina, Kenya, Brazil.
Kawasan ini dapat dinikmati gratis, dari jam 9:00 pagi – 21:00 malam

Sun Pavilion

Sun Pavilion

World of Plants
Di kawasan ini kita dapat mempelajari lebih banyak mengenai tanaman, apa manfaatnya, bagaimana berkembang biak, melihat tanaman yang dibentuk aneka binatang. Terdiri dari Secret Life of Trees, World of Palms, Understorey, Fruits and Flowers, Web of Life, dan Discovery.
Kawasan ini dapat dinikmati gratis. Jam operasional : 5.00 pagi – 2.00 pagi

The World of Plants

The World of Plants

Flower Dome
Sebuah konservatory dalam ruangan tertutup dengan suhu dan kelembaban udara diatur dengan baik, memiliki koleksi berbagai tanaman dari penjuru dunia. Dengan luas area 1,2 hektar, tinggi 38 meter, dan 3,332 panel kaca tempat ini akan membuat pengunjung kagum.
Harga tiket dewasa SGD 28, anak SGD 15 (sudah termasuk Cloud Forest), jam operasional 9:00 pagi – 21.00 malam

Flower Dome (gambar dari http://www.gardensbythebay.com.sg)

Flower Dome

Cloud Forest
Sama dengan Flower Dome, konservatori ini ada dalam ruangan tertutup, kita dapat melihat kehidupan tanaman yang pada umumnya berada di ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut. Di dalamnya terdapat air terjun dalam ruangan (indoor) buatan, yang tertinggi di dunia yaitu 35 meter.
Dapat melihat virtual tournya di sini
Harga tiket dewasa SGD 28, anak SGD 15 (sudah termasuk Flower Dome), jam operasional 9:00 pagi – 21.00 malam

Air terjun buatan setinggi 35 meter

Air terjun buatan setinggi 35 meter


Cloud Forest

Cloud Forest

Far East Organization Children’s Garden
Di kawasan seluas 1 hektar ini, kita dapat mengajak anak-anak untuk melakukan aktifitas yang menggabungkan unsur alam dengan petualangan. Mulai dari rumah pohon setinggi 7.5 meter sampai aneka permainan air. Pastikan membawa baju ganti.
Kawasan ini dapat dinikmati gratis, buka Selasa-Jumat jam 10.00 – 19.00, Weekend & hari libur jam 9.00 – 21.00

Rainforest Tree Houses

Rainforest Tree Houses


Toddler Play Zone

Toddler Play Zone

catatan : beberapa gambar diambil dari http://www.gardensbythebay.com.sg

Jadi ada tempat menarik yang gratis kan di Singapura…
Salam JJH

Gardens by the bay
18 Marina Gardens Drive, Singapore
http://www.gardensbythebay.com.sg
Lokasi di seberang hotel Marina Bay Sands

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.