Jalan Jajan Hemat

Prosedur Mengurus Roya

Kali ini postingannya sedikit berbeda, tidak berhubungan dengan wisata maupun kuliner, tapi JJH ingin membagikan informasi cara mengurus Roya (Penghapusan Hak Tanggungan). Kami sempat bertanya ke beberapa kantor notaris untuk pengurusan Roya ini, rata-rata memberikan tarif Rp 1 juta dengan lama pengurusan 2 minggu sampai 1 bulan. Namun setelah mendapat informasi dari salah seorang rekan, kami memutuskan untuk mengurus sendiri.

Ternyata pengurusannya sangat mudah, dan hemattt.. Karena yang mau diurus adalah di daerah Kotamadya Tangerang, maka kami pergi ke Kantor Pertanahan Kota Tangerang yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan Kav 5, Cikokol (seberang TangCity Mall). Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu :
– Asli Sertifikat Tanah
– Asli Sertifikat Hak Tanggungan
– 1 Lembar Foto Kopi KTP
– Surat Permohonan Roya dari Bank/Kreditur (diberikan oleh Bank saat pelunasan)
– Materai Rp 6.000

Kantor Pertanahan Tangerang, Cikokol


Waktu datang, kita akan dilayani oleh Customer Service yang akan membantu dengan ramah dan mengecek kelengkapan dokumen serta memberikan arahan. Kita akan diminta untuk membeli formulir Roya yang dijual di Koperasi Bumi Makmur yang terletak di sebelah gedung ini. Biaya Formulir adalah Rp 10.000, jika tidak bawa materai maka bisa beli di koperasi ini seharga Rp 7.000.

Customer Service


Formulir Roya

Kembali ke Customer Service, petugas akan membantu mengisi form tersebut, dan mengarahkan ke petugas loket. Masukan dokumen, lalu tunggu nama kita dipanggil (sekitar 30 menit – 1 jam), lalu diberikan surat untuk melakukan pembayaran di loket. Setor ke loket pembayaran, dan membayar biaya sebesar Rp 50.000… Ya Anda tidak salah baca, biayanya LIMA PULUH RIBU SAJA…. Setelah itu akan diberikan bukti pembayaran, kita serahkan lagi ke loket. Jika Anda menyerahkan dokumen sebelum jam 11 pagi, ada kemungkinan dokumen akan selesai diproses pada hari yang sama, tapi jika lewat jam tersebut, kita dapat mengambilnya di keesokan harinya.

Loket


Loket Pembayaran

Ruang tunggu cukup nyaman dan bersih berpendingin udara, ada televisi, dan tersedia surat kabar untuk dibaca, serta bebas Calo. Dan lebih hebatnya lagi, kantor Pertanahan Tangerang ini beroperasi juga di hari Sabtu (Weekend Service), menurut Customer Service, lebih enak mengurus di hari Sabtu, karena lebih sepi dan cepat. Jika di hari kerja, lebih banyak pegawai dari kantor Notaris.

Ruang Tunggu

Salut dengan pelayanan Kantor Pertanahan Tangerang, semoga semua kantor pemerintahan kita menjadi lebih baik..!!!
Salam JJH…

Kantor Pertanahan Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan Kav 5, Cikokol
Tangerang
Telepon : 021 5523272
Email :kot-tangerang@bpn.go.id
Jam operasional :
Senin – Kamis : 08.30 – 11.45 13.15 – 15.30
Jumat : 09.00 – 11.15 13.30 – 15.00
Sabtu : setengah hari saja, kemungkinan 09.00 – 11.15, karena tidak ada di papan informasi 🙂

6 thoughts on “Prosedur Mengurus Roya

  1. Meaty

    Mohon info pengurusan roya wilayah BPN Tangerang Kota dimana alamat & nomor telepohnya ?

    Thanks & b’gards,
    Meaty

  2. kukuh

    Saya ngurus ROYA dari tanggal 22-7-2014 di BPN Jakarta Timur s/d hari ini 19-8-2014 , berkas belum selesai masih di meja kasubsi…Belum selesai juga… padahal sudah bolak balik 4 x … alamaaakkkkk

  3. Regina Fiesta

    hati2 urus roya di BPN , ada mafia juga kepalanya tuh mafianya hahahahha , apalagi bila nama di KTP dan nama di sertifikat beda, langsung agak dipersulit, biar uang kita keluarnya lebih dari 50 rebu. padahal sudah tentu nama sebelum nikah dan seduah nikah kadang beda. Lebih baik teliti dulu di dalam surat hak tanggungan yg akan di Roya , kertas putih ditengah apakah ada ket., bahwa nama di sertifikat dan di KTP sama, kl sama ikuti prosedur biasa saja, sebaiknya pagi dtgnya , biar tidak bolak balik hahahah ( ada biaya mau cepet atau lama) , tergantung kena sabotase mafia ga hahaah, pokoe hati 2 saja…….. hiks hiks, kena juga 200 rebu, yg nyebut angka itu Kepala BPNnya loh….. hahahahha , drpd di suruh bolak balik , cape jauh … mending merem aja , anggap aja amal, kasihan , anak yatim kali minta duit ekstra…….

  4. Regina Fiesta

    Wah , berguna sekali nih mbah Google……. jadi saya ga harus tanya sana sini , dan jelas banget + gambar loket2nya lagi, Thank’s yah dah mau share disini…… Alhamdulillah puas deh…..

  5. ruky

    many thanks atas informasinya, pagi ini (22/2/14) saya urus sendiri penghapusan roya di bpn kodya tangerang. Biaya yg saya keluarkan sama persis dengan yg anda infokan, total biaya 60rb krn saya bawa materai sendiri dan proses selesai dengan ditunggu ngga nyampe 1 jam. Kalo di notaris mintanya 1,8 jt kalo ngga salah.
    Tempat kantornya lumayan modern mirip pelayanan bank dan ada ruangan nursing juga jd aman buat isteri saya dan baby.
    Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.