Jalan Jajan Hemat

Wisata Kuliner Lampung

Setelah membahas tempat wisata alam di postingan saya sebelumnya, saatnya JJH membagikan informasi untuk wisata kuliner di Lampung.

Mie Khodon
Kedai mie Khodon yang terletak di Jl Ikan Bawal 23-24 ini buka dari jam 13.30 sampai dengan 18.00. Tempatnya sederhana, tapi pembelinya cukup ramai. Hanya khusus menjual mie saja, tidak ada menu lain. Varian mie nya ada mie goreng dan mie rebus, dengan harga Rp 13.000 / porsi. Dua-duanya enak lho, tapi kalau kami lebih suka dengan mie kuahnya.

Kedai Mie Khodon

Kedai Mie Khodon


Mie Kuah Khodon

Mie Kuah Khodon


Mie Goreng Khodon

Mie Goreng Khodon

Bakso & Mie Ayam Son Haji – Sony
Di Lampung terdapat beberapa gerai Bakso & Mie ayam Sonhaji- Sony yang tersebar di Lampung. Pusatnya adalah di Jl Wolter Monginsidi. Tempatnya ramai sekali dikunjungi, sehingga terkesan agak berantakan & kurang bersih, mungkin kebetulan saat kami datang sangat ramai sekali pengunjungnya. Menunggu pesanan juga mesti sabar, karena ramai maka pelayanan agak lama. Tapi untungnya saat sudah datang, tidak mengecewakan. Rasanya enak, harganya Rp 15.000 / porsi. Kami tidak sempat mencoba mie ayam nya, tapi konon juga enak rasanya.

Kedai bakso Sonhaji-Sony

Kedai bakso Sonhaji-Sony


Suasana di kedai bakso Sonhaji-Sony

Suasana di kedai bakso Sonhaji-Sony


Mie Goreng Khodon

Mie Goreng Khodon


Penampakan bakso nya

Penampakan bakso nya

Sate Cak Umar
Sop kambing di tempat ini cukup terkenal di Bandar Lampung, karena tidak tercium bau kambingnya. Untuk satenya, menurut kami standard seperti sate kebanyakan di Jakarta (mungkin karena kami memesan bukan yang spesial ya). Terletak di jalan Raden Intan No 118, dan karena ini adalah jalan satu arah, kita harus memperhatikan gedungnya yang berada di sebelah kanan jalan.

Sate Cak Umar


Penampakan sop kambing nya


Penampakan satenya

Pempek 123
Pempek ternyata bukan hanya terkenal di Palembang, tapi di Bandar Lampung makanan ini juga digemari. Salah satu outlet Pempek yang terkenal adalah Pempek 123. Jangan sampai terlalu sore kalau mau memburu pempek disini, beberapa kali kami datang selalu kehabisan. Kuah cukanya tersedia di tiap meja, jadi kita bisa meracik sendiri, mau yang pedas atau sedang. Tersedia pempek kapal selama, lenjer, bulat, kulit, dan juga makanan-makanan kecil lainnya. Lokasinya di Jl. Jend. Sudirman No. 15. Harga pempek kapal selamnya Rp 15.000 / buah

Pempek 123


Pempek sebelum disiram kuah cuka


Kalau tidak salah namanya pastel pepaya

Jumbo Kakap
Ini adalah restoran sea food yang terletak di Jl Ikan Kakap No 45. Menu yang disediakan cukup beragam, rasanya enak dan harganya juga bersahabat. Ikan nya masih segar, tempatnya pun cukup nyaman, apalagi di lantai atas ada ruangan berpendingin udara (AC). Tempatnya berdekatan dengan Toko oleh2 Yen-yen, dan vihara Thay Hin Bio, jadi bisa sekalian parkir.

Resto Jumbo Kakap


Ikan nya masih segar


Ruangan ber-AC di lantai atas

Toko Oleh2 Yen-yen dan Suseno
Jika JJH-lovers ingin membeli oleh-oleh, tidak perlu repot2 cukup berkunjung ke toko oleh-oleh yang ada di Jl Kakap. Ada 2 toko yaitu Suseno dan Yen-yen. Saat kami kesana, toko Yen-yen terlihat lebih ramai dan tutupnyapun lebih malam.

Disana terdapat beragam jenis oleh2, manisan, krupuk, kripik pisang (ini salah satu oleh2 ciri khas Lampung). Di toko Yen-yen, kita dapat minta di packing dalam dus, dan bahkan dibungkus kertas coklat yang rapi tanpa dikenakan biaya tambahan. Pegawainya pun melayani dengan ramah. Toko di ruangan depan terlihat kecil, tapi ternyata di dalamnya besar dan ber-AC.

Toko Oleh2 Suseno & Yen2


Toko Yen2 sebelah depan


Toko oleh2 Yen2 sebelah dalam

Untuk pencinta durian, persis di depan toko Yen-yen, kita bisa memilih, membeli dan langsung makan di tempat. Sebenarnya ada beberapa tempat yang menjual durian, namun yang paling mudah dicari ya di depan toko Yen-yen ini. Waktu itu kami membeli seharga Rp 25.000 / buah.

Makan durian

Pasar Mambo
Di waktu malam, sepanjang jalan Pasar Mambo, terdapat penjual makanan, mirip dengan di Pecenongan, Jakarta.
Tinggal memilih makanan yang disuka

Pasar Mambo

Nasi Campur Sekba Aloy
WARNING !!! Mohon maaf untuk teman2 Muslim, karena ini adalah makanan non Halal. Terletak di wilayah Pasar Mambo, di tempat ini menjual nasi campur sekba dan juga bakmi pangsit.

Nasi Campur Sekba Aloy


Kedai Nasi Campur Aloy


Penampakan Nasi Campur nya

Semoga informasi2 kuliner di atas dapat membantu JJH-lovers yang sedang berlibur di Lampung, tambahan informasi dari teman2 akan berguna untuk kita semua…

Salam JJH

6 thoughts on “Wisata Kuliner Lampung

  1. Anonymous

    Di coba Visited ya min

    Granny’sNest adalah cafe dan resto yang mengusung konsep dekorasi Shabby vintage style yang unik. Bagi anda yang suka berselfie ria, Granny’sNest sangat cocok bagi anda. Desainnya yang Unik membuat banyak sekali spot untuk berfoto-foto bagi para pengunjung. advertisements Cafe yang mulai beroperasi sejak 27 mei 2014 ini Menjual makanan western seperti spaghetti bolognese, fettucine carbonara, lasagna, chicken cordon bleu, churros, risol nutella. Namun bagi Anda yang suka masakan masakan Asia tidak perlu kwatir, Granny’sNest juga menyajikan menu yang unik seperti ayam geprek judes special, nasi pedro (peda’ bro), nasi gila, Iga bumbu rawit, thai fried rice, chicken katsu, dll. Begitu juga dengan minuman yang khas seperti Infused water, mixed fruit punch, milovers, Ice choco mint, mojito mint. Dengan Harga yang sangat pas dikantong mulai dari Rp. 5.000,00.- Rp.42.000,00, serta Rasa khas masakan rumahan yang berasal dari resep rahasia keluarga yang sudah turun temurun, membuat cafe ini banyak diminati pengunjung dari semua kalangan baik dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pejabat, keluarga, bahkan juga para Selebriti. Tidak hanya itu, Granny’sNest punya promo berbeda setiap harinya (senin-jum’at), dan setiap malam minggu & malam senin Granny’sNest menyelenggarakan Accoustic night. Bagi anda yang ingin merayakan ulang tahun dengan dekorasi yang meriah, Granny’sNest juga menyediakan paket Birthday party (dekorasi + cake + paket makan-makan), dan paket foto Pre Wedding. Granny’sNest cafe & resto buka dari jam 10:00-22:00, malam minggu 10:00-23:00. Bagi anda yang penasaran dengan masakan dan suasana yang berbeda dari Granny’sNest, Anda dapat datang langsung ke Jl. Pulau Sebuku No.9, antasari (belakang divka swalayan). Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Nomor : 082179837819 atau twitter : @grannys_nest

  2. wiwien

    Saya pnh tinggal d lampung jadii sudah pernah cobaa smua nya \(´▽`)/ .. Kec sekba nya ya.. ƗƚεƗƚε˘⌣˘ƗƚεƗƚε ˘⌣ˇ … Smuaa nya enak enak.. So recomended.. Hikss… Jadi pngen pulang lagi ke lampung..

  3. Goiq

    saya kalo ke Lampung pasti makan bakso Sony yang terkenal itu dan bile oleh-olehnya di Yen Yen.. hahahaha . Tapi nanti mo nyobain kuliner lain yang ada disini. Tks infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.