Jalan Jajan Hemat

Grand Continental Service Apartment Guangzhou

Catatan ini diberikan dari Pak HC, salah seorang kontributor JJH, untuk memberikan informasi seputar service apartemen di Guangzhou, China. Semoga dapat membantu perencanaan perjalanan JJH-lovers. ~Thanks Pak HC.

Selama 3 malam menempati service apartement ini, saya dapat memberikan catatan-catatan sebagai berikut. Mungkin saja penilaian saya salah karena informasi yang didapat minim dan hanya sebatas pandangan mata. Informasi-informasi tambahan yang dapat diberikan oleh rekan-rekan JJH akan sangat membantu.


Lokasi
Service apartement ini terletak cukup strategis di kawasan Beijing Road, dekat dengan Haizu Square, Mesjid Huaisheng, Six Banyan Tree Temple, Flower Pagoda, Dr. Sun Yat Sen Memorial Hall, Zhenhai Tower, stasiun subway, Pearl Delta river cruise harbour.

Singkatnya jika ingin pergi ke tempat-tempat diatas, cukup keluar dari lobby, belok kiri jika ingin ke kawasan Beijing Road tinggal trus jalan kaki sekitar 10 menitan. Belok kanan, jika ingin ke kawasan Haizu Square tempat dimana pusat perkulakan berada trus jalan kaki sekitar 20 menitan. Mau ke Pearl Delta River cruise, cukup menyeberang dan jalan kaki sekitar 10 menitan. Jika malas jalan kaki, pangkalan taksi gelap terparkir rapi di depan apartemen. Tinggal lakukan tawar-menawar.

Di sekitar kawasan tidak terlihat toko 7-11 atau Circle K, tapi untung saja terdapat McD 24 jam di kawasan Beijing Lu. Di samping-samping terdapat pertokoan dan menyatu dengan pusat perkulakan barang-barang aksesoris. Pasar tradisonal berada tepat di belakang apartemen.

Pertokoan grosir, tepat di samping lobby; mirip dengan Mangga Dua

Suasana pasar di pagi hari; tepat belakang apartemen

Fasilitas 4*
Dari situs diketahui bahwa service apartement ini memiliki fasilitas seperti outdoor pool, sauna, business center, laundry dan billiard. Tapi karena saya tidak menikmati fasilitas ini, jadi saya tidak dapat memberikan komentar.

Bar yang digunakan menjadi tempat breakfast di pagi hari

Lobby & Kamar

Saya dapat memberikan gambaran mengenai situasi lobby dan kamar adalah sebagai berikut:

  • Harga kamar/malam untuk tipe standar berdasarkan harga yang ditawarkan di google adalah sekitar Rp. 500.000 (tanpa Breakfast), jika dengan breakfast sekitar HKD600.
  • Hanya ada room access card. Tidak ada access card di lift sehingga orang-orang bisa leluasa masuk dari lobby langsung ke lift dan naik ke lantai-lantai atas.
  • Variasi menu breeakfast minim dan sepertinya cocok untuk kelas hotel bintang 3. Jika booking, sebaiknya tidak perlu membeli breakfast, karena dibelakang ada pasar dan banyak makanan dan banyak yang jualan kue-kue tradisonal. Lebih murah!
  • Tidak ada concierge room, barang-barang tamu yang early check in/out hanya diikat di lobby dengan jala.
  • Tidak ada porter
  • Setiap kamar dilengkapi dengan flat-panel television;
  • Biasanya hotel-hotel berkelas selalu memberikan compliment teh, kopi, gula, lengkap dengan sendok kecil dan cangkir. Tetapi service apartement ini hanya memberikan 2 Tea Bags setiap hari, tanpa dilengkapi dengan gula, kopi, maupun sendok teh!
  • Lantai parkit agak lengket. Karena mungkin saja lantai dibersihkan dengan asal. Belakangan baru mengetahui bahwa service apartement sebagian adalah milik pribadi orang lain. Terdapat unit-unit yang memang disewakan dan terdapat unit-unit yang sudah terjual. Jadi sangat mungkin, kamar yang kami tempati sudah beberapa waktu tidak ada yang menyewa sehingga lantainya agak lengket dan sedikit kotor. Untungnya hotel ini menyediakan room sandal. Cukup menolong juga.
  • Kamar cukup luas, dilengkapi dengan twin bed, bisa untuk 2 adult dan 2 children. Atau jika ingin combo (maksudnya tidur dempet2an) bisa nyolong-nyolong masuk dan mengunakan kasur angin. Gampang koq…cukup 2 orang lakukan check in di receiptionist, lalu setelah selesai urusan check in, langsung masuk ke lift yang ada disamping kanan-kiri counter receiptionist. Selang beberapa lama, jemput deh yang lainnya dan langsung cuek bebek aja masuk ke lift. Santai aja, security dan receiptinoist yang rada-rada jutek itu juga engak terlalu pusingin tamu. Lah…orang-orang yang keluar masuk banyak banget, kan’ jadi satu dengan orang-orang yang punya apartemen/penghuni disitu!
  • Lantai, desk lamps, telepon semua berdebu. Sampah-sampah kecil seperti potongan kertas, bungkus permen, yang ada disudut-sudut ruangan tidak dibersihkan. Meskipun selama menginap 3 malam disana kamar selalu dilakukan daily make-up, tetap saja daily make-up terkesan asal-asalan.
  • Toilet standar bintang 4, cukup luas, bersih, kering, handuk selalu diganti, toiletries tersedia, air panas, exhaust, semua OK, two thumbs deh! (tapi agak percuma, buat apa juga lama2 di toilet?)
  • Ketel air; kompor listrik; microwave dalam kondisi baik dan dapat digunakan. Hanya sayang, tidak tersedia peralatan makan. (mungkin sengaja tidak disediakan karena takut dicuri kali ye?)
  • Tersedia safe deposit box dan perlengkapan pelindung jika terjadi kebakaran di dalam lemari.
  • Wallpaper dikamar cukup baik, dibandingkan dengan wallpaper yang berada diluar (lorong) kamar. Wallpaper di lorong sudah banyak yang rusak, terkelupas, kotor, dan sudah seharusnya diganti. Bisa jadi karena dalam satu lantai terdapat unit-unit yang telah dijual, sehingga pengelola enggan untuk mengganti karpet dan wallpaper.

 

Kamar tamu, lumayan luas, AC berfungsi baik

Kamar

View dari kamar menghadap lokasi Beijing Road

Dapur : ketel air, microwave, kompor listrik dapat digunakan

Toilet : standar bintang 4, lengkap, bersih

Lobby utama, beberapa gypsum sudah perlu diganti

Lorong Apartemen

Cara booking:

  • langsung melalui website resmi
  • melalui Agoda, Expedia, Tripadvisor.

 

Penilaian:

Tripadvisor

  1. Memberikan peringkat 615 dari 1791 hotel di Guangzhou; (posisi pertengahan 2012)
  2. 65% tamu-tamu sebelumnya merekomendasikan hotel ini.
  3. Hanya 7 komentar mengatakan “mengerikan”.
  4. Sebagian besar tamu memilih hotel ini karena lokasi yang strategis.
  5. Pelayanan yang biasa-biasa.
  6. Foto-foto dan komentar-komentar dari tamu sebelumnya dapat dilihat di situs ini.

 

Agoda

  1. Memberikan peringkat “Bagus” dengan skor 7 dari 1581 ulasan. (posisi pertengahan 2012)
  2. Sebagian besar tamu memilih hotel ini karena lokasi yang strategis (skor 8.1)
  3. Pelayanan dengan skor 7.
  4. Foto-foto dan komentar-komentar dari tamu sebelumnya dapat dilihat di situs ini.

 

Penilaian pribadi

Secara umum, komentar-komentar yang disediakan oleh Tripadvisor dan Agoda adalah sesuai dengan kenyataan. Kelebihan hotel ini adalah strategis dekat dengan Beijing Road dan pusat perbelanjaan, sehingga jika ingin “belanja until stroke” tidak perlu ragu untuk memilih akomodasi ini. Harga rata-rata adalah sekelas hotel bintang 3. Luas ruangan kamar lumayan dan tidak kecil dengan semua fasilitas dalam ruangan yang cukup baik.

Dari segala kekurangan-kekurangan diatas, ternyata apartemen ini cukup favorit. Terbukti dengan sering terlihatnya group-group wisatawan sedang menunggu check-in di lobby. Apartemen ini jika ingin tetap didatangi oleh wisatawan, sudah harus di-refurbish! Embel-embel 4 stars sudah tidak layak lagi digunakan. Cukup pakai pangkat bintang 3 atau 2. Penilaian saya secara keseluruhan untuk apartemen ini adalah akomodasi yang cocok untuk TTM (Tidur, Taruh barang, dan Mandi).

 

Repeat Order: Maybe YES!

 

Salam JJH

 1651 reviews

No. 147-149 Beijing Road, Yuexiu District -Beijing road / Haizhu Square, Guangzhou, China (Show on map)

3 thoughts on “Grand Continental Service Apartment Guangzhou

  1. Anonymous

    Hotel lido lokasi lebih dekat beijing lu, persis depan jalan masuknya, bersebelahan dengan mc donald yg open 24 hour. Ada bus transport langsung dari hotel ke senzhen tiap pagi, langsung beli tiket bus di lobby hotel. Banyak perusahaan cargo di hotel lido.

  2. Lydia

    waktu pak HC menginap disini, beli vouchernya dmn?
    Apakah JJH juga ada jual voucher apartemen ini?
    email ke sy ya.

    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.