Jalan Jajan Hemat

Panduan Wisata Ho Chi Minh City Vietnam (Hari 3)

Ini adalah kisah perjalanan Sarah Melissa selama di Ho Chi Minh City dan Vung Thau, ringkasannya adalah sebagai berikut
Hari Pertama : Ben Thanh Night Market
Hari kedua : Sungai Mekong, Coconut Island, rumah penduduk, Turqoise Island, Water Pupper Show, Opera House, Taman Kota
Hari ketiga : Chu Chi Tunnel, Choy Binh Tay Market, Huyen Cathedral, War Remnants Museum, Reunification Palace, Notre Dame Cathedral, Post Office
Hari keempat : Vung Tau, Bai Tam, Thang Tam Temple, Laksamana Cheng Ho, Patung Tuhan Yesus

Setelah sarapan di hotel, kami kembali lagi dijemput oleh Ms. Thi untuk melanjutkan tour ke Chu Chi Tunnels pada pukul 08.00. Sepanjang perjalanan, Ms. Thi menceritakan secara singkat tentang Chu Chi Tunnels yang akan kami kunjungi. Sebelum ke Chu Chi Tunnel, mobil tour kami sempat berhenti dihutan karet, disini dijelaskan proses getah karet yang dihasilkan dari pohon karet ini, dan yang menarik pada saat itu kami lihat ada sepasang calon pengantin yang sedang melakukan foto pre-wedding, kemudian Ms. Thi pun menjelaskan lokasi ini sering dijadikan lokasi pemotretan.

Foto2 Pre Wedding



Sesampai di Chu Chi Tunnels, kami memasuki pintu gerbang yang menurun kebawah, setelah itu keluarlah kami di sekitar hutan-hutan, dan melihat perangkap jebakan dan lubang bawah tanah tempat para penduduk dan tentara Vietnam bersembunyi saat menghadapi tentara Amerika yang menjajah saat itu. Ms. Thi pun menjelaskan bagaimana sistem keluar masuk dan ironi cerita dari peperangan yang ada.

Pahlawan Wanita dari Indonesia

Menurut Ms. Thi : ”Semua lubang persembunyian bawah tanahnya kecil, hal ini dikarenakan perawakan orang Vietnam yang memang tidak besar-besar, dan diceritakan pula kalau istri tentara dulu tidak boleh ada yang hamil, ataupun mengandung, namun sekali waktu ada seorang yang melahirkan seorang bayi, namun karena suara bayi bisa mengundang perhatian atau terdengar oleh tentara Amerika yang saat itu sedang patroli, si ibu pun dengan berat hati membekap si bayi hingga akhirnya  bayi itu meninggal.”

Lubang persembunyian


Snack singkong rebus+kacang tanah tumbuk

3 jam berlalu, saatnya kami kembali ke hotel dan siap melanjutkan menjelajahi tempat lainnya. Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan ke Choy Bin Than Market menggunakan taksi dengan supir perempuan (wooow). Pasar ini terletak di China Town-nya HCMC. Kami membeli oleh-oleh snack, teh dan kopi Vietnam yang terkenal itu dengan harga yang super murah. Puas dengan banyak jinjingan ditangan kami pun naik taksi ke lokasi tempat yang ingin kami kunjungi berikutnya seperti Reunification Palace, City Hall, Post Office, War Museum, Huyen Cathedral dan Temple dengan menggunakan taksi karena dapat memanfaatkan waktu seoptimal mungkin dengan harga yang relatif murah.

Choy Binh Tay Market


Dalamnya Choy Binh Tay Market


Beli oleh-oleh


Salah satu temple di HCMC


Huyen Cathedral


War Remnants Museum


Reunification Palace


Notre Dame Cathedral


Post Office


Patung Paman Ho di City Hall


Boneka Vietnam

Setelah lelah berkeliling dan berbelanja, kami menutup malam dengan makan di Banh khot daerah Nguyen Trai dengan menu Sapi Lada Hitam, Chicken Wings ala Vietnam dan cumi bakar karena tempat ini selalu penuh ramai pengunjung setiap kami berjalan kaki ke Ben Thanh.

Harga Tour di Vietnam

Cerita bersambung ke perjalanan hari keempat

One thought on “Panduan Wisata Ho Chi Minh City Vietnam (Hari 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.