Jalan Jajan Hemat

Perjalanan Wisata ke Singapore – Macau – Hongkong – Shenzhen Part 4

Sambungan dari part 3

Hari ke sembilan

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Hong Kong adalah Disneyland. Perjalanan sendiri dengan mengunakan MTR ke arah MTR Disneyland. Memang perjalanan cukup jauh dan perlu transfer MTR dua atau tiga kali untuk sampai ke Disneyland Resort Line.

Tapi santai aja, public transportation disini nyaman. Semua petunjuk arah terpampang jelas. Cukup bawa peta MTR dan brosur Disneyland sebagai persiapan kalo nanti kesasar di jalan.

Berbeda dengan Ocean Park yang harus membeli tiket satu hari sebelumnya. Tiket Disneyland dapat dibeli di ticket box. Tapi, kami melakukan pembelian online dari Jakarta karena sekalian untuk pembelian tiket Ocean Park.

Harga tiket dewasa HKD350 dan anak-anak HKD250.

Jangan sampai ketinggalan nonton pawai ya…rugi kalo sampai ketinggalan.

Disini juga terdapat pemeriksaan atas semua barang-barang bawaan pengunjung. Tetapi, air minum diperbolehkan dibawa masuk, hanya makanan yang dilarang. Baik di dalam area Disneyland maupun diluar, ternyata banyak ditemui drinking water fountain, jadi tidak perlu kuatir kalo kehausan.

Tips:
Jangan lupa bawa topi, payung, dan baju ganti. Karena dalam pawai ini ada acara semprot-semprotan air. Jadi siap-siap aja basah kuyup.

Kesempatan untuk bertemu dan berfoto dengan penghuni Disneyland juga tidak boleh ditinggalkan.

Foto-foto di dalam Disneyland

Tepat jam 8 malam, diadakan pertunjukkan kembang api. Semua pengunjung Disneyland berkumpul di taman depan Disney Castle. Dibelakang Disney Castle inilah, kembang api dinyalakan.

Tips:
Jangan lupa bawa tripod!

Jarak dari stasiun MTR Disneyland ke pintu gerbang Disneyland juga dekat. Tidak perlu kuatir kehabisan kereta. Disini, kereta yang nunggu penumpang bukan penumpang yang nunggu kereta! Meskipun pengunjung yang bubar dari Disneyland banyak sekali, tetap aja kami mendapatkan tempat duduk dalam MTR. Tidak ada acara berebut kursi!

(foto MTR Disneyland, bagus ya!)

Masih ada sisa waktu di malam terakhir, dihabiskan untuk berbelanja di Temple Street. Last day shopping!

Hari Kesepuluh

Tiba saatnya untuk berkemas dan meninggalkan Hong Kong. Perjalanan dari Cityview ke airport mengunakan Taxi.

Satu hal yang terlewat adalah tidak satu pun dari kami yang mempelajari panduan bandara Hong Kong, akibatnya kami diturunkan di Terminal 3. Padahal counter Jetstar berada di terminal 2.

Akhirnya dengan bersusah payah, kami harus berjalan dari Terminal 3 ke Terminal 2 untuk cek in di counter JetStar. Setelah selesai cek in, ternyata boarding berada di Terminal 3, jadinya harus kembali lagi ke Terminal 3! Asyik’kan kesampaian juga untuk explore bandara Hong Kong!

Tidak ada masalah dengan proses imigrasi. Cukup tunjukkan passport, immigration card dan boarding pass untuk di stempel.

Perjalanan dari Hong Kong ke Singapore sekitar 4 jam. Satu lagi yang terlupakan adalah kami lupa untuk memesan makanan terlebih dulu saat pembelian online. Jadinya pembelian makanan di pesawat dikenakan harga yang lebih mahal.

Sampai di Singapore sekitar sore hari. Selesai proses imigrasi dan klaim bagasi, dilanjutkan dengan mencari free shuttle bus ke Changi Village. Dari informasi yang didapat diketahui bahwa free shuttle bus ke Changi Village ternyata telah berangkat. Akibatnya kami harus menunggu sekitar satu jam di Changi. Memang bisa mengunakan taxi tetapi mengingat kondisi keuangan yang benar-benar kritis, diputuskan untuk menunggu free shuttle bus.

Jarak dari Changi airport ke Changi Village sekitar 15 menit. Perjalanan lancer tidak ada kemacetan. Kami memilih hotel ini agar dekat dengan airport, mengingat keberangkatan kami dari Singapore ke Cengkareng besok hari mengunakan flight yang paling pagi.

Agoda merekomendasikan dua hotel, yaitu Crowne Plaza dan Changi Village. Memang hotel yang paling dekat adalan Crowne Plaza, tetapi untuk kesekian kali karena alasan budget maka hotel ini tidak masuk nominasi.

Proses cek in di Changi Village juga tidak sulit, cukup menunjukkan booking confirmation dan kartu kredit sebagai jaminan, maka kunci kamar diserahterimakan. Area sekitar Changi Village benar-benar seperti suasana di desa, jauh dari keramaian kota. Meskipun demikian, disebelah hotel terdapat area pertokoan. Disana beberapa rumah makan buka 24 jam termasuk toko-toko kelontong. Jadi sekali lagi tidak perlu kuatir. Taxi juga beroperasi 24 jam. Concierge terlihat sibuk menelpon taxi, karena banyak tamu yang menunggu jemputan taxi.

Rencana saya semula yang ingin santai menikmati ketenangan di hotel, batal! Karena terjadi lagi Last Day Shopping di Singapore. Masih ada kesempatan untuk berbelanja di Sengkang. Dengan mengunakan taxi besar seharga SGD45, sampailah kami disana untuk sekedar menunaikan hajatan terakhir.

Hari Kesebelas

Kejadian buruk terjadi lagi, harus bangun pagi-pagi dan menyerahkan kunci ke kuncen Changi Village. Free shuttle bus beroperasi 24, jadi kami tetap mengunakan free shuttle bus ini menuju Changi Airport. Karena, concierge dan supir sudah berpengalaman membawa tamu bolak-balik airport hotel, maka saya cukup menunjukkan tiket Jetstar dan mereka langsung mengatakan, “Ok, I understood, please enjoy your trip” Sekitar 15 menit kemudian, kami tiba di Changi Budget Terminal. Kali ini tidak kesasar!

Masih ada waktu untuk acara breakfast dan last minute shopping! Target utama adalah Bee Cheng Hiang (http://www.bch.com.sg/) dan Coklat di duty free.

Perjalanan dari Singapore ke Cengkareng lancar. Tiba di Cengkareng dengan selamat, proses imigrasi dan klaim bagasi lancar. Sebelum meninggalkan bandara, masih sempat lunch di area kedatangan bandara Soekarno Hatta.

Dari bandara menuju rumah, mengunakan taxi bandara yang mempunyai counter tepat di depan Solaria! Meskipun harganya lebih mahal, dikenakan airport handling charges, no problem. Juga tidak lupa memberikan tip untuk petugas resmi taxi yang menaikkan barang-barang kami ke taxi.

Penutup

Demikian field report perjalanan kami dari Singapore-Macau-Hong Kong-Shenzhen-Singapore. File report ini dipersembahkan kepada JJH dengan harapan para pembaca setia JJH dapat melakukan perjalanan wisata dengan hemat, merancang rute perjalanan yang efisien, tidak tertipu oleh para pedagang, tidak dikerjain oleh local guide yang mata duitan, membayar sewa hotel dan transportasi yang wajar.

Next Target:
Vietnam & Cambodia?…..or….Beijing, here we go!

From Rommy-JJH : Thanks a lot Pak HC atas informasinya yang pasti sangat berguna untuk para pembaca JJH (termasuk saya yg tahun depan rencana mau ke HK nih), ditunggu cerita perjalanan berikutnya

23 thoughts on “Perjalanan Wisata ke Singapore – Macau – Hongkong – Shenzhen Part 4

1. Tjandrawati

Aku sekeluarga (anak 16thn n 13thn) rencana desember 2014 mau ke Spore-Hkg-Shenchen-Macau. Boleh tau naik apa saja dan yang pasti 3M (murah meriah menyenangkan) Hotel gak usah mewah asal bersih.
    Bisa tau budget berapa dan naik apa saja. Terima kasih

2. Erni

andy arek surobyo , saya di sidoarjo, bisa saya telpon/dikirim email minta info ttg perjalanan backpack-mu di HK dan sekitar, biar sy makin lancar bikin itinerary, bawa 3 anak kecil soale, tq

3. Erni

Sarmel : info detil perjalananya dong, bisa di forum ini ato tolong di email ke erni.puspiko@yahoo.com, thanks
    all : saya sekeluarga beserta 3 anak kecil, ada yang bisa kasih tips tujuan ke hongkong, macau dan senzhen yg cocok buat keluarga mana aja

4. Cacil

A duh seneng banget baca tulisan ini…. Lucu, inspiratif u/ dicontek… banyak info Dan cocok u/ saya yg Ingin irit… Terima kasih banyak…

5. Maria

Kerennnn banget pengalaman nya.
    Share dong untuk apartment di HKG, krn mau backpacker style bulan Sept ’12 ini.
    So, should press budget.

Thanks.

6. Jee

Salam….

kami sekeluarga akan ke HK liburan Natal mendatang… sehari-hari kami sudah pesan hotel di Ibis North Point, tapi sekitar 26-27 Desember kami akan berkunjung ke Disneyland HK. Kami rencana pindah ke hotel yang dekat-dekat Disneyland, supaya siang bisa istirahat sejenak, dan bisa lanjut. Masalahnya, harga hotel Disneyland Resort dan Holywood Resort sangat mahal… 2juta – 2.5 juta semalam (belum surcharge peak season).

Boleh diinformasikan hotel sekitar Sunny Bay atau Discovery Bay yang bagus dan terjangkau (maunya sih), sehingga kita bisa menjangkau Disneyland dengan mudah dan cepat (dibanding kami harus pp ke Ibis North Point).

Maklum, kami bawa anak kecil (7 tahun), perlu istirahat cukup dan tidak bisa terlalu lelah.

Thanks.

Jee

7. MUL

CARI TIKET2 MURAH GITU GIMANA CARANYA SIH? SOALNYA I CARI 2 TETEAP AJA GAK DPT YG MURAH, PLAN BUAT JAN 2012 NANTI

8. selli

@ silvie: minta emailnya dunk…ada rcn mo k sana jg soalnya nii..tq..
    @sarmel: naek pesawat apa aja? n itu book via ol/travel?
    n book penginapan d hk,sz, macau book via apa jg? thank u b4…

9. SarMeL

Saya rencana berangkat tanggal 17-25 April 2011 ke Jkt-Penang-HK-Shenz-Macau-KL-Jkt habis tiket Rp 2.2 jeti sudah all in.

Saya sudah booking penginapan di Golden Crown (HK), Lao Di Fang Hotel (Shenzhen) dan Macau NamPan (www.cnmacauhotel.com). Kalau melihat review yang pernah menginap di 3 tempat tersebut, kamarnya bersih dan berAC dan mendapatkan kortingan harga jika pilih kamar isi 3-4 orang.

Sebelum berangkat sebaiknya yang ingin pergi ke sana, banyakin cari informasi wisata yang ingin dikunjungin dan transportasi yang terjangkau. Supaya ga abis waktu di HK-Macau-Shenzhen, so far itinerary untuk bulan depan sudah beres, semakin ga sabar untuk segera ber-backpacker-ria

10. Titin

Mau tanya penginapan atau apartemen yg murah n bersih dimana ya?
    Saya n keluarga (2 anak) rencana brgkt ke HK tgl 21 Jun 2011. thx

11. dewi hartini

saya dan teman-teman ada rencana mau pergi ke Hongkong – Macau selama 5 hari 4 malam, mohon tipsnya..untuk travel hemat..thanks

12. nana

mau tanya dong pengtnapan yang murah atau aptmn tp bersih dmn ya..jg di shenzen krn kt mau brgkt tgl 15 jan ini,,thx

13. silvie

Okto 2010 kmrn aku br dr Hk.7hari 6malam.Rencana awal kita adalah Jky-KL-HK-Shenzhen-Macau-HK-KL-jkt.1hari menginap di KL(brgkt)4hari di Hk dan 1 hari di Macau.Tapi rencana berubah karena setelah kita sampai sana,VOA utk ke shenzhen sdh tdk bisa apply dr sana,hrs di apply dr home country.Dan utk semua itu saya cuma menghabiskan uang 5jt sdh include tiket pesawat dan bbrp oleh2.Next time pengen kesana lagi,tp include shenzhen tentunya.Yg mau tanya2 perjalanan saya bisa email lgs ke saya.thx

14. Sam

Kalau boleh ralat, di Bandara Hongkong itu cuma ada 2 terminal, tidak ada terminal 3 di HK, dan waktu saya naik Jetstar Agustus 2010 lalu, berangkat dan mendaratnya di Terminal 1, bukan Budget Terminal.

Terima Kasih

15. andy

o yaaa.. bln april 2011 i pny planing ke SIN-HK-Shenz-Guangzhou-KL selama 8hari.. budget utk akomodasi yg i sediakan cukup 5jt’an/org. hehehe… nekat aja maklum arek suroboyo sh.. bonek mode ON.. tapi tetap bw credit card buat jaga2.
    budget segitu udh cukup krn tema perjlnanku budget ala backpacker tp tetap isa enjoy perjlnan. tidur ditempat yg layak meski ga tidur di hotel bintang.. mkn cukup di depot.. bnyk naik public transpotation..
    utk info nh.. i udh dpt tiket pswt sby-KL-sin-HK guangzhou-KL-sby utk 2org cukup 3,3jt all in (5x naik pesawat). hehehehe…

16. melly

keren bgt postingannya..jadi nambah info buat jalan2..mau tanya..kira2 berapaan jadinya ya habisnya 1 orang buat jalan2 segitu banyak??thx..