Jalan Jajan Hemat

Taman Kota 1 BSD – Kawasan hijau di tengah padatnya kota

Taman Kota 1 BSD

Taman Kota 1 BSD

Ditengah hiruk pikuknya, polusi & padatnya lalu lintas ibukota Jakarta & juga kota Tangerang, dibutuhkan sebuah tempat dimana kita dapat sejenak melepas lelah, melakukan relaksasi dan sekaligus berolahraga. Adalah suatu tempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang yang bernama Taman Kota yang dapat memenuhi kriteria ini. Pengembang BSD membangun 2 buah taman kota. Taman Kota 1 terletak di depan sekolah Al Azhar (dekat Giri Loka 3), sedangkan Taman Kota 2 terletak di Taman Tekno.

Dalam kesempatan ini, tim Jalan Jajan Hemat (JJH) mengunjungi Taman Kota 1. Lokasinya mudah dicapai, dari jalan raya Serpong ambil arah ke BSD, lalu di depan BSD Junction ambil jalur kiri yaitu jalan yang menuju tol Bintaro / Pondok Indah. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan. Ada papan petunjuk di depan kawasan Taman Kota ini.

Kios makanan

Kios makanan

Panggung mini

Panggung mini

Pepohonan

Pepohonan

Papan Informasi

Papan Informasi

Untuk masuk ke Taman Kota, tidak dipungut bayaran sama sekali, bahkan parkir pun tidak bayar, kecuali parkir motor karena ada petugas  khusus yang menjaga keamanan motor. Tempatnya cukup bersih dan rapih, di pintu masuk berjajar rapi kios para penjual makanan dan minuman, tidak terlihat pedagang asongan yang seringkali mengganggu kenyamanan pengunjung.

Taman Kota 1 ini dibangun di atas lahan seluas 2,5 ha dan memiliki 60 jenis tanaman dengan total 2000 batang pohon, sungguh menjadi paru-paru kota. Rasa teduh langsung terasa begitu memasuki kawasan ini, bahkan di saat teriknya matahari. Pohon2 yang rindang berjajar rapi, rumputnya pun terlihat terawat dan kawasan ini terlihat bersih dari sampah, terdapat tempat sampah di sepanjang kawasan dan papan peringatan untuk menjaga kebersihan. Papan petunjuk yang menjelaskan nama pohon membuat kawasan ini dapat sekaligus sebagai wahana untuk menambah ilmu untuk anak-anak kita, bahkan terdapat beberapa papan informasi yang menjelaskan tentang jenis daun dan juga jenis2 kayu.

Nama pohon

Nama pohon

Jogging Track

Jogging Track

Petunjuk jarak

Petunjuk jarak

Taman Bermain

Taman Bermain

Terlihat disini sering diadakan acara rutin seperti senam aerobic, taichi. Untuk yang ingin berolahraga terdapat jalur untuk jogging (jogging track) yang memutari kawasan ini, lengkap dengan petunjuk jarak, sehingga kita dapat mengetahui berapa jarak yang sudah kita tempuh. Untuk anak-anak pun tersedia beberapa area untuk bermain yang dilengkapi dengan permainan ketangkasan. Saat kami kesana, terlihat beberapa warga yang sedang berolahraga, dan juga anak-anak yang terlihat dengan riang bermain disana. Cukup nyaman dan aman karena memang kebanyakan yang datang kesini adalah penghuni perumahan.

Di tempat ini terdapat jalur untuk refleksi gratis, yaitu cukup melepaskan sepatu kita dan berjalan sepanjang jalur refleksi (accupuncture walk) untuk melancarkan peredaran darah. Fasilitas toilet juga tersedia. Dan di belakang taman kota, ada sebuah jembatan gantung yang menghubungkan ke depan sekolah Al Azhar.

Jalur refleksi

Jalur refleksi

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung

Kami sangat kagum kepada pihak pengembang BSD yang peduli dengan lingkungan, sekaligus menyediakan fasilitas yang begitu baik untuk masyarakat secara gratis. Semoga Taman Kota ini dapat senantiasa dirawat dengan baik.

Salam Jalan Jajan Hemat..

Taman Kota 1 BSD

Lokasi : Depan sekolah Al Azhar (dekat Giri Loka 3)

Fasilitas : plaza dan panggung, jogging track, fitness ground, acupuncture walk, tempat bermain anak, papan pendidikan lingkungan, dan kios jajanan.

Jam operasional : 05.30 – 18.00