Jalan Jajan Hemat

Restoran taman Pringsewu Tegal

Saat melewati jalur pantura, khusunya di daerah Tegal, kami melihat papan reklame yang menuliskan sebuah restoran yang bernama Pringsewu. Banyak sekali papan reklame yang menuliskan restoran taman tersebut lengkap dengan informasi berapa km lagi untuk mencapai Pringsewu, membuat kami menjadi tambah penasaran.

Lesehan

Setelah sekian lama menanti, akhirnya tiba juga kami di Restoran Pringsewu Tegal. Lokasinya berada di pinggir jalan raya, cukup strategis, mudah terlihat, dan ternyata restoran Pringsewu ini buka 24 jam lho. Tempat parkir cukup luas. Dari tempat parkir, kami sudah disambut oleh pelayan restoran ini. Ada beberapa area makan, ada yang menggunakan meja kursi, ada yang lesehan dan ada juga lesehan di pinggir danau.

Ada beberapa mainan anak2 tapi sayangnya terlihat dalam kondisi kurang terawat, ada juga kolam pancing anak yang berisi ikan kecil2, ada juga magic box yang membuat seolah2 badan kita hilang dan hanya kepala kita saja yang muncul di atas meja (seperti di Singapore Science Center). Juga bagi Anda yang pegal-pegal, dapat melepas lelah dengan menggunakan kursi pijat elektrik seharga Rp 15.000. Lalu saya juga melihat piagam penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) terpampang disana, ternyata restoran Pringsewu Tegal telah meraih rekor untuk kategori restoran dengan papan reklame terbanyak yaitu sejumlah 116 buah sepanjang 88 km. Pantas saja, banyak sekali ditemui papan reklame sepanjang jalan. [Tapi terus terang, papan reklame ini menjadi hiburan kami saat perjalanan pulang melalui jalur selatan yang gelap & sepi.]

Pringsewu Tegal ini bernaung dibawah Pringsewu Restaurant Group yang berpusat di Purwokerto, dan memiliki cabang antara lain adalah Pringsewu Yogya, Pringsewu Baturraden, Pringjajar, Pringsewu Banjar Patroman, Pringsewu Tegal, Pringsewu Solo, Pringsewu Cirebon, Karaoke Keluarga & Rumah makan Kabayan, Mie Pasar Baru Yogya, Mie Pasar Baru Tegal, Mie Pasar Baru Solo.

Berikut harga menu per Jan 2009 : sop buntut Rp 35.000, gurame bakar Rp 52.500, Ayam saus tiram Rp 34.000, cumi saos mentega Rp 30.500, nasi goreng Rp 19.500, capcay goreng Rp 24.000. Untuk minuman, tersedia kelapa muda seharga Rp 9.500 per gelas, es bahari dengan harga 9.500 juga dan es jeruk 7.000. Kami merasakan jeda waktu antara saat kami membuat pesanan dengan hidangan datang cukup memakan waktu yang lama.


Seandainya tempat ini dikelola dengan baik, dengan taman bermain anak yang terawat, dengan variasi makanan yang lebih banyak, dan harga yang lebih terjangkau, pasti akan sangat ramai deh. Apalagi terletak di daerah yang sangat strategis..

Salam Jalan Jajan Hemat

catatan: penilaian berdasarkan pengalaman pribadi saat berkunjung yang sangat subjektif dan belum tentu menyatakan keadaan yang sesungguhnya, dan tanpa bermaksud mendeskriditkan resto Pringsewu Tegal.

32 thoughts on “Restoran taman Pringsewu Tegal

  1. Xeo

    salam kenal semua , beberapa hari yang lalu saya dan rombongan dari sekolah pariwisata jakarta mengunjung rumah makan pringsewu tegal , saya kagum dengan pemandangan yang ada disana sangan menarik dan menyegarkan mata , makanan yang di tawarkan disana sangat menarik dan rasanya tidak kalah jauh denag restaurant yang lain .

  2. Darsi

    Barusan saya mampir, ternyata harga sop iga yg cuma 2 potong tulang per porsi 55rb. Mahal dgn rasa yang biasa..

  3. suyanto

    Pringsewu Management Yth,
    Apapun komentarnya, ini adalah sebuah input progress qwality yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk kemajuan resto pringsewu dan seluruh dunia usaha kulinary di tanah air.
    Semoga Pringsewu dapat menangkap maksud saya, dan kepada publik yang akan berkomentar juga mempertimbangkan aspek publik interst obyek yang mungkin terlanggar,

    Terimakasih buat semua.
    Bravo Kuliner Indonesia.
    Semoga dunia pariwisata Indonesia mampu menopang kemakmuran rakyat, Amin….

    Suyanto
    08116122196

  4. yeni atini

    mau nanya restaurant pringsewu menerima siswa yang ingin magang atau prakerin tidak,mohon di jawab yaah karena saya ingin sekali bisa prakerin di situ syukur-syukur bisa bekerja di situ .amiin
    maaf kalau kata-katanya kurang sopan .
    ditunggu yaa infonya di nomer :
    (089673190072)

  5. zen garden

    wah.. Jadi kepingin punya resto ni,hehe, tpi itu masih sebatas mimpi untuk saat ini saya bermimpi yg real saja sebagai peternak ayam, seandainya dipringsewu membuka menu kalkun saya pasti sangat siap untuk menjadi mitra,.

  6. Suranto Suryo Utomo

    Kalau sempat berkunjung ke Rumah makan taman Pringsewu …. Jangan lupakan Kepiting gemburinya… Renyah Kriuuuuuk

  7. Hasan

    Kayaknya Pihak Management Pringsewu dan Pak Rommya sudah saling memaafkan rasanya sebaiknya kita cukupkan komentar2 yang berseberangan mengenai R.M. Pringsewu. saya cuma mo menambahkan kalau Harga memang lebih mahal dari R.M. Padang Biasa, tapi di Pringsewu banyak mainnanya kalau ajak anak2 seneng banget mulai dari Rumah Pohon, Sulap, Jalan Dingklik atau apa namanya yang pake bambu, sepeda gandeng, bahkan kalau pada bulan itu ada yang Ulang Tahun, ada group Angklung yang menghibur dan memberikan satu kue dan di foto. Salam kenal buat Semua. Terima kasih.

  8. musa al farizi

    mantappp nihhhh makanannya ……… tapi tolong donk di website nya pring sewu tegal semua karyawannya di perkenalkan…………

  9. asri

    wah kykna blog ini paling byk komen tentang pringsewu tegal

    wajar aja kok konsumen mau nulis review d blog tentang resto yg didatangi

    btw saya sepakat dg pemilik blog, pringsewu rasanya pricey antara harga dg makanannya

    kantong saya standar warteg?
    whatever, saya konsumen.
    saya berhak memberi penilaian uang yg dikeluarkan sebanding atau tdk dg yg sy terima.

    dg tarif segitu sy mending cari tempat lain, sori, kyk situ aja satu2nya resto 😉

    sdh berkunjung ke pringsewu jogja & pringsewu baturraden

  10. Retno

    Saya pernah mampir juga, tapi yg di jalur Selatan (lupa nama kotanya). Gurameh gorengnya enak lho! Kayaknya komentar mas Rommy tdk buruk kok, tapi kritik membangun,… Saran saya , di menunya dicantumkan porsi untuk berapa orang (mis : Tumis kangkung per porsi (3-4 orang))..gitu… Semoga makin maju…

  11. rommya Post author

    @Pak Rosyad : Terima kasih atas concern Bapak terhadap para customernya. Bravo !!! Semoga makin sukses. Memang beda Pak, komentar yg berpendidikan dan yg hanya asal comment… 🙂
    @Randy : Ini hanya pengalaman yg benar2 saya alami, tanpa ada unsur apapun..

  12. randy winata

    Pringsewu ok2 saja kok,… mahal ko’ ga lho, msakannya enak ko,…
    ngaco aja lo postingnya untungnya Team Pringsewu org. pro yg mang sabarnya minta ampyun,…

    Ati2 bro klo mo nulis tuh!!

  13. Buat waiter 5 waitres

    Assalamu’alaikum wr.wb.salam sejahtera to pringsewu tegal.saya cuman mau ngasih saran dan masukan aja sama para senior waitrer 5 waitres tlg bimbing dan ajari adik2 magang dengan baek.cz mrka smua msh membutuhkan ilmu dr tempat mereka magang.jd tlg jngn terlalu di marahin kalo mreka bkin suatu ksalahan pda customer.salam kenal to waiter yg brnama anggun.

  14. Ratna dewi

    Pringsewu tegal smga semakin maju dan sukses selalu.tingkatkan trus sistem pelayanan yg sudh sangat baek.saya ikt seneng pas mengetahui skr pringsewu semakin bnyak kmajuan.skr ada lesehan tmbhan d pinggr tmbak ada pemancingan gratis.dan pelayananya jg sgt ramah pda customer.trus da sulapnya lg.para mb n ms waiter tlg bimbng adek psg dgn baek ya.tanks

  15. Buat pak rosyad

    Pak rosyad,sukses selalu.smga pring sewu tambah maju dan menjadi jasa wara laba trbaik se jateng.sesuai misi perusahan pring sewu.

  16. rosyad

    slm kenal jg mas,moga kmi ttp dpt melayani m ROMMY & customer diwaktu lain dgn yg tbaik.by rosyad

  17. Lam kenal balik m ROMYY,Sy tgu mmprny lg di PRINGSEWU TEGAL.Moga kmi dpt sll mbrkn yg terbaik buat smua customer
  18. Salam kenal balik mas ROMMY,kmi undang mampir lg ke PRINGSEWU TEGAL,kami sllu mencoba brikan yg tbaik tk para customer.
  19. rommya Post author

    @rosyad: Salam kenal Pak, wah ini baru namanya komentar dari orang yang terpelajar .. Semoga Pringsewu makin memberikan pelayanan terbaik untuk tamunya dan sukses selalu …

  20. andry

    Kayaknya gue setuju tuch sama komentarnya mas Krisna. Tapi ngomong-ngomong lebih bagus kalau masukanya langsung aja pihak management Pringsewu. Apalagi ini demi kita semua.
    Gue juga pernah mampir ke sana tapi pas kondisi ramai sih jadi gue pikir wajar saja dech kalau rada kurang nyaman, tapi pas gue bawa baki full makanan, pengen duduk di lesehan belakang, eh ada waiter langsung nyamber tuch baki buat dibawain. Emang susah juga sih kalau menu ambil & bawa sendiri. Makasih ya pringsewu.

  21. rosyad

    trima kasih atas komentar & masukannya, semoga pringsewu tegal kedepan dapat lebih baik lagi. mengenai harga – harga yang kami tawarkan mestinya dilihat porsinya. kalo sop buntut misalnnya, harga 35.000, adalah porsi untuk 2-3 orang. gurameh untuk 3-4 orang. ayam, cumi capcay untuk 3-4 orang. untuk semua pembaca & pencinta jajan, untuk saat ini sudah ada fasilitas tambahan, seperti sepeda tandem, otoped, taman pijat refleksi dll. ini untuk memperlengkap fasilitas untuk tamu pringsewu tegal tentunya

    salam

  22. rommya Post author

    @teman2 terutama Bp Krisna : Terima kasih atas komentarnya, dan kami mohon maaf dengan kerendahan hati, terutama kepada Resto Pringsewu. Saya sama sekali bukan kompetitor Pringsewu, tdk memiliki usaha di bidang makanan sama sekali. Saya memang benar2 menjadi tamu yg singgah di Pringsewu Tegal, yg mungkin kebetulan apes terkena pelayanan yg kurang baik saat itu. Tapi sekali lagi kami tdk bermaksud mendeskriditkan Pringsewu. Usul Anda untuk menata ulang artikel ini menjadi masukkan yg berharga utk kami. Dan jika memang menurut Pak Krisna kelas kami adalah kelas Warteg… kami terima saja, mohon maaf.

  23. Krisna

    Wah kalo saya lihat tulisan diatas … dari Mas ROMMY, kayaknya bentuk tulisan itu sudah cenderung merugikan nama baik PRINGSEWU Tegal Lho Mas, …

    Karena saya pikir, yang namanya selera seorang dengan seorang yang lain positif pasti berbeda. Dan kebetulan saya pernah ke PRINGSEWU Tegal tetapi kenyataannya nggak seperti itu ??

    Saya malah berpikir bahwa Anda salah seorang yang kecewa dengan PRINGSEWU tapi bukan karena kualitas pelayanannya yang gak baik, akan tetapi lebih sebagai individu subyektif yang memiliki usaha sejenis dan PRINGSEWU Tegal merupakan Competitor Bisnis Anda …

    Awas lho mas … ROMMY, mereka punya management yang solid dan teratur rapih sekali serta profesional, setidaknya itu gambaran yang bItu isa saya lihat dari seporsi nasi goreng yang saya santap bersama 18 orang teman saya di PRINGSEWU Tegal.

    Wujud riil-nya memang Sebatas Nasi Goreng yang saya rasakan, tetapi dibalik sepiring nasi goreng yang saya dan 18 teman saya, saya santap bersama itu ada sebuah management profesional dan solid yang PRINGSEWU Tegal sebaiknya segera diralat … minimal sebelum ada personal pringsewu restoran group ada yang tahu …

    Gimana ?? itu sekedar saran dari saya yang pecinta kuliner Indonesia.

    Hampir di tiap tempat di kawasan jalur pantura sempat jadi persinggahan saya untuk sekedar mencoba menu favorit saya : Nasi Goreng. Dan ramuan kulineri ala PRINGSEWU Tegal, bisa dibilang OK !!!
    Notabene : Demi Tuhan, saya bukan karyawan , cuman penikmat masakan.

    NASI Goreng ala PRINGSEWU Tegal nyaris sama dengan Nasi Goreng buatan istri saya sendiri, lengkap ada udang goreng, ada ayam, ada kombinasi sayurannya juga. Masalah harga … kalo mau yang murah ya jangan di Restaurant, mungkin kelas Anda Warteg, jadi harga segitu sudah sangat mahal … mereka bertaruh dengan segala kehormatan dan nama baik lho untuk sekedar menghidangkan menu yang dipesan tamu/ pelanggan mereka !! Dan nilai segitu bukan nilai yang mahal !!!

    Gitu azja … makasih …

  24. Shiangmoo

    aku mau ngikut komentar nih,karena pernah 2x ke pringsewu,pertama di tegal & yang ke dua di jogya..sebelum sampai di pringsewu ada ciri khasnya yang kental di road signnya yg isinya cukup simpatik seperti :awas jangan mengantuk,diingatkan tentang bahaya lalat dsb..mengenai makananya aku suka ayam bakar,harganya kalo nda salah 13rb-an deh,bumbu2nya enak..sop buntutnya jg ok seger dan dagingnya empuk,yang membuat betah tu kebersihannya,ada teori kalau mau menilai sebuah rumah makan ya dilihat dari kamar mandinya..,ada juga yang unik bagi para pengunjung akan dapat oleh oleh gratis yaitu kartu sulap,diajarin dan di bagi bagi…wah kalau di magician shop udah berapa tu harganya..hati hati juga yg berultah akan di buat surprise oleh karyawan2nya yang sangat peduli terhadap customer care(promosi ni yee..)Reference :harga makanan sepadan dg tempat,rasa,kebersihan & pelayanan..bravo Pringsewu!

  25. Trie Andiny

    salam hangat,

    tolong kirimkan harga untuk rombongan 50 orang
    kalau pke ala karte berapa ya per orang?
    kalau bisa tolong d fax untuk harga dan menu
    di nomor fax (0234)276036

    thanks…

  26. Suroto

    Kepada semua pembaca dan pecinta jajanan.
    Memang jajanan di sepanjang pantura kebanyakan tidak enak dan yang ada mahalnya doang,oleh karena itu pilihlah jajanan makan yang dadakan sehat dan terjangkau,karena menurut si tukang warung sayang amat orang makan di Preingsewu tidak digetok harganya karena apa sebab hanya sekali mampir.enakan makan ikan bakar kalo diTegal itu choy yang dekat Tegalsari itu rasa dan harga sangat siiiiiiiiiip dan dijamin puas.mudah2an sewsama penggemar jajanan di pantura jangan sampai kecelek atas papan reklamenya saja.tks dari warga Temanggung.

  27. rommya Post author

    @nyit: tdk tahu sih restoran Pringsewu yg lain, tp pengalaman pertama saya di pringsewu tegal ya spt itu.. Tapi mungkin subjektif ya..

  28. nyit

    hua, untung tidak jadi makan di pringsewu. soalnya pas dalam perjalan dari jogja ke malang, aku juga liat buanyaakk sekali papan reklame pringsewu. thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.