Jalan Jajan Hemat

Kebun Raya Cibodas

Gerbang Masuk Kebun Raya Cibodas


Menjelang liburan anak sekolah, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas yang juga sering dikenal dengan Taman Cibodas. Taman Cibodas ini terletak di kawasan Puncak, Jawa Barat. Sebelumnya kami pernah gagal berkunjung ke tempat ini karenaΒ  sempat ditutup pada tanggal 1 November 2007 dan baru dibuka kembali pada tanggal 1 Desember 2007, sehingga akhirnya kami sempat berkunjung ke Taman Cibodas Mandalawangi.


Johannes Elias Tesjmann


Kami penasaran dengan istilah “sorga dunia” yang diucapkan oleh Dr. F.W.Went seorang ahli fisiologi tumbuhan yang berasal dari Jerman, sehingga kami kembali datang ke tempat ini, walaupun dulu waktu kecil & remaja sudah beberapa kali ke Taman Cibodas, namun hanya sekedar sebagai “lokasi acara” yang digunakan oleh sekolah, gereja atau perkumpulan lainnya. Sehingga saya belum menikmati “sorga dunia” tersebut. Kebun Raya Cibodas ini didirikan oleh Johannes Elias Teysjmann pada 11 April 1852 dengan ditandai tibanya bibit pohon kina dari Belanda, dulunya bernama Bergtuin te Tjibodas atau Kebun Pegunungan Cibodas. Di tempat ini terdapat 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri dari anggrek (320 jenis), kaktus (289 jenis), dan sukulen (169 jenis). Namun Anda juga dapat menemukan jenis tumbuhan liar di dalam kebun. Sedangkan koleksi tanaman di kebun berjumlah 1.014 jenis di antaranya terdapat tanaman khas dan menarik seperti Kina (Cinchona pubescens) yang merupakan tanaman obat, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang merupakan tanaman tua dan mempunyai pokok batang besar, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) yang mempunyai bunga berukuran raksasa dan menarik serangga.



Terletak lereng gunung Gede Pangrango, tepatnya di desa Rarahan, Cimacan, dengan jarak sekitar 85 km dari Jakarta, cukup mudah mencapai tempat ini, karena ada petunjuk jalan di jalan Raya Puncak. Jika dari arah Jakarta maka lokasi Kebun Raya Cibodas ini terletak di sebelah kanan jalan. Dari jalan raya, kita masuk sekitar 4 km lagi untuk mencapai gerbang Kebun Raya Cibodas. Dari gerbang masuk pertama, kita dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang dan Rp 5.000 untuk mobil (semua harga per Juli 2008). Dari tiket yang diberikan tertulis atas nama Pemerintah Kabupaten Cianjur sebagai retribusi daerah wisata. Dari pintu gerbang pertama kita mengikuti jalan, lalu pilih arah yang ke arah kiri (yang lurus akan menuju ke Cibodas Mandalawangi). Di sini kita akan menemui pintu gerbang lagi, pintu ini adalah pintu masuk ke kawasan Kebun Raya Cibodas. Di sini dikenakan biaya sebesar Rp 6.000/orang dan Rp. 15.500 untuk mobil. Anda juga bisa parkir di tempat parkir, jika hendak berjalan kaki ke dalam, namun saran saya sebaiknya Anda membawa kendaraan ke dalam areal Kebun Raya, terutama jika ada anggota keluarga yang sudah lanjut usianya atau membawa anak kecil. Kita ingin berekreasi, dan bukan berlelah-lelah kan ?

Pemandangan di Kebun Raya Cibodas


Dalam Kebun Raya Cibodas ini, udara sejuk dan bersih langsung membuat paru-paru kita bernafas lega, hilanglah kepenatan selama hidup di kota besar yang penuh polusi udara, kebisingan dan kesibukan sehari-hari. Ikuti jalan, dan Anda akan menjumpai beberapa taman-taman. Yang pertama adalah Rhododendron Garden, taman ini berlokasi agak berbukit-bukit, ada beberapa pondokan yang dapat digunakan untuk beristirahat. Indah sekali tanaman yang terdapat disini. Lalu setelah itu ada . Dalam taman yang memiliki landscape bernuansa Jepang ini terdapat jembatan untuk menyeberangi sungai kecil yang mengalirkan air yang jernih dan dingin. Disini pun terdapat pondokan untuk beristirahat. Saat kami beristirahat di pondokan ini, kami mengagumi keindahan Kebun Raya Cibodas ini dan sekaligus salut kepada LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sebagai pengelola Kebun Raya, bagaimana mereka dapat memelihara taman sebesar ini.

Taman Lumut


Tempat menarik berikutnya adalah taman lumut. Sayangnya taman tersebut tidak dibuka saat kami kesana. Namun kami masih dapat melihat2 dari balik pagar. Dari informasi yang kami dapat, lumut yang tumbuh di Taman Cibodas berjumlah tak kurang dari 178 spesies. Seluruhnya tumbuh subur di antara percikan air terjun yang menimpa bebatuan. Dari dalam mulut gua, tumbuhan tingkat rendah itu merayap hingga akar dan batang pepohonan. Walhasil, tak ada ruang bebas lumut di taman itu. “Ini taman lumut terbesar dan satu-satunya yang berada di luar ruangan di dunia,” ujar Holif Immamuddin, Kepala Kebun Raya Cibodas. Menurut dia, di Jerman dan di Singapura memang ada taman lumut juga, tapi berada di rumah kaca, dan koleksinya cuma tujuh spesies. Taman lumut di Jepang pun cuma memiliki sekitar 10 spesies. “Ini taman lumut pertama dan terbesar di dunia,” kata Benito Tan, Wakil Presiden Bryophyta Internasional, lembaga yang membidangi lumut. Sebagian besar lumut yang tumbuh di Cibodas adalah lumut lokal yang tumbuh di kawasan Kebun Raya Cibodas. Sebagian lagi diperoleh dari Sumatera dan Kalimantan. Wah cukup membanggakan bukan… Oh ya persis di sebelah taman lumut terdapat taman bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanium).

Aneka Kaktus


Terdapat pula rumah kaca yang didalamnya terdapat kaktus, anggrek dan tanaman-tanaman lainnya. Untuk rumah kaca kaktus dan sukulen menampung 353 jenis. Koleksinya datang dari seluruh dunia, termasuk Agave, Dracaena, Sansevieria, Yucca dan Aloe. Sedangkan untuk anggrek bila ditotal, ada 320 jenis anggrek yang mengisi rumah kaca. (sumber: http://liburan.info/content/view/511/43/). Wah sangat menarik melihat tanaman-tanaman ini. Di Kebun Raya Cibodas ini juga terdapat kolam ikan, guest house, aneka tanaman obat, galeri tanaman hias. Juga tidak ketinggalan ada air terjun, namun Anda harus berjalan sekitar 1 km untuk mencapainya. Wah pokoknya banyak deh yang bisa dilihat-lihat di tempat ini. Saya sempat beristirahat di samping pohon yang rindang, sambil memandang ke langit biru, dengan diiringi kicauan burung dan aroma sedap bunga-bunga, wah pengalaman yang jarang dapat saya temukan.

Pemandangan yang indah


Beberapa saran dari kami untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas ini: hindari datang saat liburan, pasti ramai sekali, yang pada akhirnya Anda hanya dapat melihat manusia-manusia saja, dan Anda tidak dapat menikmati keindahan tanaman disini. Juga perhatikan jam dimana ada pengaturan arus di jalan raya puncak, dan hindari jam-jam macet. Kami mengalami perjalanan selama 5 jam dari Jakarta ke Cibodas, karena adanya penutupan jalur dari Jakarta ke Puncak. Dan pulangnya lebih parah, yaitu selama 6 jam.. Ini disebabkan padatnya jalan karena libur anak sekolah. Masukkan dari kami untuk pengelola, ada baiknya di tempat-tempat parkir di dalam lokasi tidak dipungut lagi bayaran oleh tukang parkir liar. Karena spot-spot tempat parkir yang disediakan sebenarnya cukup baik dan memudahkan untuk pengunjung menikmati taman-taman disekitarnya, tapi akan repot kalau tiap kali berhenti kita harus menyiapkan biaya parkir lagi. Kami juga mendapatkan pengalaman kurang baik saat makan & minum di kantin Kebun Raya Cibodas, mungkin ada baiknya membawa makanan & minuman dari luar. Oh ya akan sangat baik jika dari Pemda setempat dapat membuat jalur ke Taman Safari melalui jalur Sukabumi, karena salah satu penyebab kemacetan adalah banyaknya kendaraan yang menuju Taman Safari ini.

Tapi secara keseluruhan, kami cukup puas berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, sambil berekreasi, mengenal tumbuh-tumbuhan dan sekaligus menikmati keindahan Sang Pencipta.
Salam Jalan Jajan Hemat.

Kebun Raya Cibodas
Jalan Kebun Raya Sindanglaya Cipanas Cianjur
Telp. 0263-512233, 520448, 520467

Tiket masuk (Update terakhir 2012)
Dewasa dan Anak-anak : Rp. 9.500,-
Mobil : Rp. 16.000,-
Motor : Rp. 5.000,-

105 thoughts on “Kebun Raya Cibodas

  1. yaman

    parah parah parah jalan menuju taman bunga nusantara rusak parah .padahal banyak di kunjungi turis dari arab .seharusnya jalan nya di bagusin .pemda kabupaten cianjur hanya menarik pajak nya aja jalan g mau di benerin payah ,sebagai daerah tujuan wisata harus nya pemda cianjur bangga karena telah menjadi tujuan wisata warga jakarta .jalan rusak apa g malu sama tamu dr luar kota ,payah payah pemda cianujr

  2. santi

    untuk harga tiker masuk update per januari 2012 berapa ya ? kalau untuk rombongan ada harga khusus gak ya?

    Terimakasih,

  3. bonno

    mau tanya saya mau ngantar keluarga ke cibodas, untuk penginapan sendiri yang muraha ada nggak ya terus harganya berapa trims ..

  4. jaya wijaya bejo

    Gan-gan..
    Pkok y puas bngt deh jlan”k cibodas d sna bnyk curug y dn jg ada taman sakura berasa kyk d jepang πŸ˜‰ udara y sejuk bngt
    wah klo gw k Cibodas sdh gk ke itung dr umur 8 taun ampe skrang.
    Klo skrang gw lebuh sneng klo k puncak naek motor bisa ngerasain udara dingin yoo..
    Klo ksana jngn lupa pke jaket yg TebaLL..

  5. Irwan

    Ayo kita kecibodas gw jga mo ksana tar 10september mo bikin tenda dsana ma tmen2 kantor πŸ˜€

  6. putra

    pak numpang tanya donk, kalo karcis masuk ke cibodas /rombongan berapa?
    trus kalo di cibodas ada hiburannya ga?
    informasi sya butuh kan hub:02193572104 putra

  7. Gerald

    mas numpang tanya donk, kan di kebun raya cibodas akan ada Taman Bunga sakura, mau kalo mau tau bunga sakuranya sudah mekar gimana yah?
    terima kasih

  8. SMP AL KAUTSAR

    Ass….
    pak saya dari SMP Alkautsar Insya Allah tgl.16 Mei 2011 Siswa/i mau acara perpisahan di Kebun Raya Cibodas, mohon dibantu tuk diskonnya, gimana caranya ?

  9. edwin santosa

    Malem Pak, saya mo tanya kalo rombongan kesana, pake bis untuk tempat parkir dan tiket masuk sekitar 50 Orang,dpt diskon ga yah?Planning skitar bulan Mei 2011

  10. Neni

    wah, tiketnya bener2 murah meriah.. layak dijadikan tujuan rekreasi nih, pelarian dari jakarta yg bikin pengap hehehe…

  11. lulu

    mau tanya rute dr bekasi ke cibodas naik angkutan umum dr mana yach trus naik apak sekalian juga harga angkutan kesana nya berapa??thks gan..

  12. riyo

    untuk harga msuk pling up date saat liburan . untuk rombongan dknakan biaya brpa ?? trims .

  13. hastira

    saya juga sudah kesana bersama keluarga sekitar 3 tahun yang lalu. Memang jauh berubah dan sudah banyak perkembangan banyak sekali, karena ketika saya masih kuliah, keadaannya tidak seperti sekarang.

  14. rianti

    Bos,mau tanya nih Wisata Cibodas sama Wisata Pangrango itu sama/beda sih???klo beda,Wisata Pangrango itu disebelah mana ya???masih jauh ga dari Wisata Cibodas.And mohon info penginapan (Hotel) yg murah di hari libur.thanks…

  15. ati

    Sore
    saya dan teman2 rencananya mau ke cibodas kami dari jakarta sekarang tiket masuk berapa? dan tiket bis brp? apabila rombongan discount brp %

  16. eric

    mas rom, saya punya usaha “ayam bakar alumanda” di jl.raya tajur no 77 b. selain rasa ayam bakarnya yg unik, ada juga masakan lainnya seperti spaghetti, soup iga balado, steak, ice cream pancake, milk shake & yoghurt shake. kami tawarkan dr harga 1rb s/d 25rb. di alumanda jg menyediakan paket ultah, arisan & nasi box dgn menu & bugdeg yg bisa disesuaikan. krn alumanda berarti apa lu mau ada, saya rasa cocok u/ info kuliner / jajan hemat di bogor.
    info lbh lanjut hub eric 081-808075353

  17. Harry

    Kalau liburan harga masuk sama harga penginapannya naik gak? Kalau naik jadi berapa?

    Trims

  18. rommya Post author

    @Nugraha: boleh juga sih utk foto2 buku tahunan. Asalkan kamera nya keren, dimana saja pasti jadinya keren sih πŸ™‚
    @luna: betul sekali ada penginapannya. Ada 2 tipe:
    1. Guest House Sakura
    Fasilitas 5 kamar tidur dan dilengkapi dengan ruang tamu, ruang rapat, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.
    Hari Senin – Kamis (bisa disewa per kamar)
    Rp. 300.000,- per kamar per malam.
    Hari Jum’at – Minggu (seluruhnya)
    Rp. 1.500.000,- per malam.

    2. Guest House Medinilla
    Fasilitas 9 kamar tidur dan dilengkapi dengan ruang tamu dan ruang keluarga.
    Hari Senin – Kamis (bisa disewa per kamar)
    Rp. 250.000,- per kamar per malam.
    Hari Jum’at – Minggu (seluruhnya)
    Rp. 2.250.000,- per malam.

    Salam Jalan Jajan Hemat

  19. luna

    di sana ada penginapan juga kan
    berapa ya harga sewa kamarnya..?
    bisa untuk keluarga ga ?
    atau harus rombongan ?

    trims.

  20. Nugraha

    omm, kira2 kalo ngadain foto2 untuk buku tahunan di kebun raya cibodas gmna?
    keren ga sih om tempatnya,

  21. rommya Post author

    @Anton: silahkan dicari angkutan yg menuju Cibodas, karena jalur ini dilalui banyak kendaraan umum. Nanti turun di pertigaan Cibodas, lalu langsung menggunakan angkutan umum rute Cipanas-Rarahan.
    @pita: trims atas infonya
    @triwahyuni: silahkan coba menghubungi telp (0263)512233, 520448, 520467
    @karina: lokasi taman cibodas masih agak jauh dari Mega Mendung, Taman Cibodas masih lebih naik ke atas… Utk pre wedding sebaiknya menghubungi kantor pengelola dulu saja.

  22. karina

    mohon informasinya,
    apa benar, lokasi cibodas dekat dengan mega mendung?
    kalau mau pre wedding, apakah akan dikenakan biaya extra?
    terima kasih sebelumnya.

  23. triwahyuni

    mohon informasi…..

    kami dari sekolah Dasar di Jakarta Timur akan mengadakan piknik dng tujuan Kebun raya cibodas…mohon informasinya mengenai biaya per anak..dan kami menggunakan bus pariwisata. kami mohon No tel yang dapat kami hubungi. segera…
    atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.;

  24. pita

    to dody:
    Berdasarkan PP. NO: 75 Tahun 2007 Tanggal 10 Desember 2007, terhitung mulai tanggal 1 Januari 2008 harga tiket masuk UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, LIPI sebagai berikut :

    * Tiket masuk orang Rp. 5.500,- / orang
    * Tiket masuk kendaraan roda empat Rp. 15.000,- / kendaraan
    * Tiket masuk kendaraan roda dua Rp. 2.000,- / kendaraan

    Harga tiket tersebut diatas belum termasuk asuransi

    Rombongan Perusahaan / Organisasai Umum 10%
    Rombongan Pendidikan 50%
    Rombongan Panti asuhan FREE

  25. Anton

    klo mw ke sana naek apa ya…
    saya dari jakarta mw naek kereta.
    nah, setelah dari stasiun bogor naek apa?? (angkutan umum)

  26. dody

    harga masuk kebun raya cibodas secara keseluruhan berapa?
    kalau rombongan dikenakan diskon tidak?
    sudah termasuk uang parkir?

  27. rommya Post author

    @risca: Anda bisa naik bus yang ke Bandung, tapi pilih yang lewat puncak (awas nanti salah naik yg tol cipularang). Nanti turun di pertigaan Cibodas, lalu sambung naik angkot ke pasar Cibodas.

    @abdurrohman: Kami kesana belum lama koq, Pak (Juli 2008). Mestinya sih belum ada perubahan harga. Rp 2.000/orang di gerbang depan dan Rp 6.000/orang untuk masuk Kebun Raya.

    Salam Jalan Jajan Hemat…

  28. abdurrohman

    om….saya berencana ngadain tour bareng tman2 ke kebun rya Cibodas..sekarang tiket masuk berapa ya……..
    Kita sih sebenarnya udah dua kali kesana..tapi masih penasaran,,
    thanks ya ommmmm…….

  29. rommya Post author

    @Alisanta: iya om, sekalian ajak anak2 liburan. Kalau dari luasnya dan sejuknya sih saya rasa masih menang Kebun Raya Cibodas. Tp kalau dari keindahan “bunga” sptnya masih menang Taman Bunga, karena KR Cibodas lebih banyak pepohonan ketimbang bunga.
    Mending tunggu monorail Grogol – Puncak pass tahun 2095 aja Om πŸ™‚

  30. Alisanta

    Jalan terus ommm πŸ™‚

    Terlepas dari koleksi lumut, bagusan mana kebun raya cibodas sama Taman bunga nusantara?

    Saya berencana ke sana kalau sudah dibangun kereta gantung Sentul – Puncak 2030.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.