Jalan Jajan Hemat

Cara cerdas penggunaan kartu kredit dalam perjalanan wisata

BNI CardUntuk Anda yang senang bepergian, ada baiknya Anda menyiapkan kartu kredit Anda. Mengapa ? Karena banyak keuntungan yang dapat Anda dapatkan, antara lain :

  • Faktor keamanan, karena tidak perlu membawa uang tunai yang mengundang resiko lebih tinggi
  • Faktor kepraktisan, karena belum tentu mudah menjumpai ATM bank Anda di kota yang dikunjungi
  • Faktor kemudahan, saat Anda kehabisan uang tunai dan ada barang yang murah / promo tertentu, Anda masih memiliki dana cadangan (Namun hati2 terjebak konsumerisme)
  • Faktor point reward, dengan berbelanja menggunakan kartu kredit saat perjalanan maka Anda akan mengumpulkan point yang biasanya dapat ditukar dengan hadiah2
  • Faktor ekonomis, di beberapa tempat wisata, sering terdapat promo2 dari kartu kredit tertentu.
  • Faktor kenyamanan, jika Anda menggunakan transportasi pesawat terbang, cek apakah kartu kredit Anda memiliki fasilitas executive lounge di airport.

Tanpa bermaksud promosi, (karena saya tdk bekerja di bank/kartu kredit tertentu), saya ingin membagikan pengalaman saya saat berlibur di Bandung, saat itu ada promo dari kartu kredit BNI berupa diskon yg cukup besar. Wah lumayan penghematan lho, bisa dibayangkan pandangan iri pembeli lain yang sedang membayar di kasir saat melihat potongan harganya.. Juga Mandiri sering mengadakan potongan untuk berbelanja di hipermarket. BCA untuk pizza hut & Studi21. Juga HSBC yang memberikan buy 1 get 1 free di Blitz. Juga cek ke brosur2 kartu kredit Anda untuk melihat penawaran hotel2 yang bekerja sama lumayan lho diskon nya, mengurangi biaya perjalanan Anda.

Lounge 01Jika Anda menggunakan pesawat terbang, Anda perlu datang paling tidak 45 menit sebelumnya, bahkan beberapa maskapai mengharuskan 1 jam sebelumnya untuk check in. Nah setelah Anda check-in, apa yang Anda lakukan ? Wah menunggu di airport bukan sesuatu yang menyenangkan, apalagi Anda tahu sendiri suasana airport di negara kita tercinta ini. Untuk nongkrong di cafe/resto, harus merogoh kocek lebih dalam. Tapi coba cek apakah bank penerbit kartu kredit Anda terdaftar di list airport executive lounge yang berjajar di bandara. Jika ada, wah Anda selamat dari waktu menunggu yang menyebalkan…

lounge02Di dalam airport lounge umumnya terdapat sofa yang empuk, televisi, koran/majalah, minuman hangat dan dingin, snack, kue, minuman ringan, buah, bahkan makan prasmanan. Bahkan di beberapa lounge tersedia hotspot internet dan tempat bermain anak. Bisa dibayangkan bukan kenyamanan Anda saat menunggu. Bisa2 tertinggal pesawat ya, saking betahnya menunggu. Di beberapa lounge, Anda akan diinformasikan lewat pengeras suara jika pesawat Anda sudah mendarat… Enak kan ? Setahu saya BNI gold, Mandiri gold sudah memiliki fasilitas ini, sayangnya BCA baru tersedia di BCA Prioritas.. Pengalaman saya menggunakan BNI gold untuk menikmati airport lounge cukup memuaskan.

Lounge03

Beberapa bandara yang dapat menggunakan fasilitas BNI Gold (sumber dari website BNI) :

Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng) : Merpati Executive Lounge, Batavia Lounge, Mutiara Lounge, BNI Lounge, JW Lounge; Adi Sucipto (Yogyakarta) : Borobudur Lounge; Juanda (Surabaya) : Singosari Lounge; Ngurah Rai (Denpasar) : Sanur Lounge, Cempaka Lounge; Polonia (Medan) : Samosir Lounge; Sultan Hasanudin (Makassar) : Toraja Lounge; Sepinggan (Balikpapan) : Blue Sky Lounge; Syamsuddin Noor (Banjarmasin) : El Jhon Lounge; Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) : El Jhon Lounge; Sam Ratulangi (Manado) : Bunaken Lounge; Hang Nadim (Batam) : El Jhon Lounge; Ahmad Yani (Semarang) : Srikandi Lounge; ; Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) : El Jhon Lounge; Selaparang (Mataram) : El Jhon Lounge; Minangkabau (Padang) : Anugrah Lounge.

Jadi sebelum liburan, siapkan kartu kredit Anda, jika belum ada, coba apply beberapa kartu kredit, toh biasanya gratis iuran tahun pertama. Dan jadikan perjalanan liburan Anda menjadi menyenangkan. Tapi ingat jangan sampai boros dan tidak terkendali… bisa2 pulang dari liburan malah pusing karena meninggalkan tagihan yang menumpuk.

Salam Jalan Jajan Hemat…

10 thoughts on “Cara cerdas penggunaan kartu kredit dalam perjalanan wisata

  1. nadhifah

    Update terbaru, bukan cuma pke CC aja yg bisa msk Lounge. Sekarang, smua pengguna Halo dari telkomsel juga bisa masuk Bluesky Executive Lounge (Bandara juanda surabaya) cukup dengan potong 1 poin. Bingung juga kan manfaatin poin dari provider seluler buat apa?! daripada bingung, tinggal dial aja ke *700*31# pas lagi di bandara. Cuz dah tunjukin sms balasan ke reception. Makan dech sepuasnya. Klo di Bluesky yg selalu aku cari mie kluntung. Rasanya maknyus gurih aroma udang…hmmm bener2 khas surabaya

  2. Anonymous

    bca otomatis bebas iuran kalau jumlah pemakaian nencapai jumlah tertentu dari total limit /tahun

  3. Vriska

    Stres menghadapi kolektor?
    Tagihan anda membengkak?
    Ingin bayar sesuai dengan kemampuan anda?
    Rubah hidup anda sekarang juga!
    Hubungi kami ( LEGAL )!!
    Debt Solution Center :
    Vriska ( 021 ) 96601661
    Tita ( 021 ) 36483456
    Ridwan ( 021 ) 95441212
    Ranti ( 021 ) 99893061

  4. rommya Post author

    @milsa_tyde: berarti tips utk dapat gratis berlangganan, harus ‘berlagak’ tutup kartu dulu ya.. Eh tapi kalau BCA card dengar2nya kl kita minta ditutup benar2 ditutup lho ..
    @drgdondy : empat kartu kredit? ok juga. Agar dpt memanfaatkan setiap promo nya. Tapi bener tuh harus hati2 dlm pengelolaannya, jgn sampai kelupaan bayar tagihannya karena banyaknya kartu.

  5. drgdondy

    mampir bang…..saya punya kartu kredit empat tuh.. hehehehe//…memang enak kok kalau kita bisa ngatur keuangan kita…….dan ingat kartu kredit itu bukan uang lebih..itu kata safir senduk loh yah…

  6. milsa_tyde

    Kayaknya gitu Bro… Saya juga pernah mau berhenti jadi pemegang kartu, eh malah dibilang jangan berhenti deh, iurannnya gratis. Kalo gratis, ya… oke aja.

  7. rommya Post author

    Update terbaru: saya melanjutkan kembali keanggotaan BNI Visa Gold saya… Kemarin dihubungi oleh BNI Card center, dan setelah dilihat riwayat pembayaran saya yang baik, saya ditawarkan bebas iuran selama 1 tahun. Yes !! Hidup BNI… bisa pakai airport lounge lagi deh 🙂
    Jadi apakah untuk mendapatkan free annual fee, kita harus menutup kartu kredit kita dulu ya ??

  8. rommya Post author

    Hhmm dengan ini saya menginformasikan kalau saya telah menutup kartu kredit BNI saya. BNI tidak memberikan fasilitas free anual fee lagi, bahkan iuran tahunan nya tergolong tinggi yaitu Rp 240.000 per tahun untuk kartu utama (gold) dan Rp 120.000 per tahun untuk kartu tambahan. Menurut saya, masih belum sebanding antara fasilitas dengan biaya iuran tahunan. Saran saya, apply saja kartu kredit yang memberikan fasilitas gratis iuran tahunan. Salam Jalan Jajan Hemat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.