Jalan Jajan Hemat

Tirta Sanita Ciseeng (Parung-Bogor)

Tirta Sanita 01Pada kesempatan ini, penulis mencoba menelusuri tempat wisata yang bernama Tirta Sanita di sekitar perbatasan Tangerang – Bogor, tepatnya di daerah Ciseeng. Untuk menuju tempat ini, kita menuju ke arah BSD Tangerang, lalu dari BSD Junction, ambil arah lurus, terus saja melewati kompleks The Green lalu mengikuti petunjuk jalan ke Puspitek. Di perempatan pasar Prungpung, ambil jalan yang lurus, nanti lokasi wisata ini terdapat di sebelah kiri jalan. Kira2 jaraknya sekitar 22 km dari exit tol Serpong. Sebelum memasuki kawasan ini Anda akan diminta untuk membayar sebesar Rp 1.000 / kendaraan untuk sumbangan lingkungan setempat.

Tempat ini menawarkan pemandian air panas alami yang berasal dari gunung kapur Ciseeng. Air panas tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit, tulang dan lain sebagainya, bahkan sudah diuji oleh TEMAC Thai Engineering Materials Analysis C. Ltd. Tiket masuk ke lokasi sebesar Rp 6.000 untuk dewasa dan Rp 3.500 untuk anak2. Di dalamnya terdapat kolam renang anak2 dengan membayar Rp 3.000 / orang. Kolam tersebut ukurannya kecil dan saat itu cukup padat oleh pengunjung. Lalu ada lagi pemandian untuk dewasa, sebesar Rp 6.000 per orang untuk kamar biasa (ukuran 2×2 m) atau Rp 10.000 per orang untuk kamar VIP (ukuran 4x4m). Tapi saat itu pun tempat pemandian ini Full.. bahkan antrian masih panjang, sehingga kami tidak mencobanya.

Tirta Sanita 02Selain pemandian air panas, di Tirta Sanita juga terdapat taman, bukit kapur, area outbound dan juga beberapa permainan anak. Memang kawasannya tidak terlalu luas, tapi lumayan untuk beristirahat sejenak. Jika kita menaiki bukit kapur, maka dari atas kita dapat melihat pemandangan yang cukup indah. Hamparan sawah dan pepohonan membuat suasana hati menjadi sejuk, walaupun cuaca di lokasi cukup panas. Hati2 dalam menaiki bukit kapur ini, karena beberapa anak tangga sudah rusak.

Tirta Sanita 03Jangan takut akan kelaparan atau kehausan, karena banyak sekali penjual makanan & minuman di dalam kawasan ini. Bahkan begitu Anda duduk, langung ditawarkan kelapa muda juga makanan lainnya. Berhubung cuaca yang cukup panas, minum sebutir kelapa muda menyegarkan tenggorokan yang kering. Harganya pun cukup murah, hanya Rp 5.000. Disana juga terdapat sebuah panggung hiburan, yang saat itu menampilkan musik live yaitu dangdut :D.

Tirta Sanita 04Di sana juga terdapat area outbound, yang berupa flying fox, meniti tali seharga Rp 25.000 / orang. Flying foxnya cukup tinggi lho. Juga terdapat arena mainan anak2 yang berupa mobil/motor yang menggunakan batterai dengan harga Rp 5.000, dan motor kecil yang menggunakan bensin dengan harga Rp 7.000 masing2 selama 15 menit.

Tirta Sanita 05Ada juga restoran yang menyajikan makanan dengan harga cukup terjangkau. Rasanya pun lumayan enak, restoran ini terletak di tengah danau. Tidak jauh dari restoran terdapat sebuah bangunan,yang ternyata penginapan. Penginapannya sederhana, tapi tiap kamar dilengkapi AC. Tarifnya Rp 135.000 untuk yg kamar mandi di luar, dan Rp 165.000 untuk kamar mandi di dalam. Juga tersedia untuk istirahat saja (per 6 jam). Waktu kami iseng menanyakan, ternyata kamarnya penuh semua lho.

Memang tidak terlalu mengagumkan, tapi cukup menjadi alternatif untuk berwisata hemat bersama keluarga. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih detail, dapat menghubungi langsung di (0251)-542551, 542550

Salam Jalan Jajan Hemat.

Mau sharing info ini di facebook Anda ? Tekan saja tombol berikut
Share

102 thoughts on “Tirta Sanita Ciseeng (Parung-Bogor)

  1. JJH

    Wah sayang sekali ya, banyak pengunjung yg mengatakan tempat wisata Tirta Sanita sudah tidak terawat lagi. Semoga segera mendapat perhatian dari pengelola maupun pemerintah daerah.

  2. Joe

    6 Juni 2013 kemarin kesana, baru belok sudah ditagih Rp. 2.000. Masuk arena parkir bayar Rp. 3.000. Mau pulang ada beberapa oknum yang memakirkan dengan muka cukup seram, keluar lagi Rp. 2.000. Walau begitu infrastrukturnya tetap saja terlihat kurang terawat dan tidak bersih.

  3. dina fitroh

    sis, minta no tlp yang bisa di hubungi doong ke lokasi ciseeng, nomor yang tertera malah g bs di hubungi kira2 ada nomor lainnya lagi tidak ya…. sy mau ty2 coal pemandian tersebut.

    mohon informasinya yaaa…..

  4. kang demul

    Tempatnya lumayan bagus, tapi sampah di mana-mana jadinya mengurangi kenyamana dan cukup terganggu disarankan kepada pengelola untuk membenahi sampah2 dan tata letak permainan dsb supaya pengunjung lebih nyaman dan ingin balik lagi untuk berwisata di sana. Trims

  5. samsul

    Kurang Bagus tempatnya. Sampe disana nyesel, langsung pergi lagi cari tempat wisata lain.
    Pemandiannya kotor dan kurang terawat. Jalannya juga rusak. sekitar maret 2012 terakhir kesana.

  6. Taufik Hidayatullah

    Saya punya saran agar penghijauannya lebih diperhatikan agar kesan gersangnya bisa menjadi nyaman ( apalagi kali ini musin panas ) dan untuk lokasi pemandian VIPnya bisa ditambah karena begerapa kali kesana selalu tunggu antrian tidak sebentar

  7. Nasrul

    Suasana gersang banyak debu pengunjungnya luar biasa banyak iou kalau sudah jam 10 lewat tapi kalau nasih pagi sekitar jam 9 masih segar udaranya
    Mungkin kalau di urus fasilitasnya akan lebih menarik misalnya tempat ibadah yg bersih

  8. Anonymous

    memang keren tempat nya apalagi deket dari rumah …
    tapi, karna kurung di publish mungkin hanya sebagian aja yan yang tau tempan pemandian air panas ini …

  9. acenk

    a:wah boleh tuwh jadi pengen ke sana
    b:la buset ksana dah,mumpung murah meria tuwh
    a:la iya dah!,w bsk
    b:dah buru dah ksono.
    a:lah iya bang,w ksono,elu kgk ksana
    B:jangankan wksono k amerika w jabanin

  10. nuke

    Taman Wisata Tirta Sanita
    Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng – Parung 16330
    Telp/Fax. 0251-542551/0251-542550 Sumber: Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kab. Bogor.

  11. nuke

    Akses menuju Tirta Sanita

    1. Bogor – Jampang – perempatan Ciseeng lalu ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.

    2. Bogor – Pasar Parung – Bojong Indah, lalu ke ambil jalan kiri ke aras Gunung Kapur.

    3. Depok – Sawangan – Pasar Parung – ambil jalan lurus ke arah Gunung Kapur.

    4. Jakarta – Tol Serpong – Puspitek – Pasar Prumpung – lurus ke aras Gunung Kapur.

    5. Jakarta – Pasar Ciputat – Parung – ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.

    6. Jakarta – Pondok Cabe – Parung – ambil jalan ke kanan menuju Ciseeng.

    7. Tangerang – Serpong – Puspitek – Pasar Prumpung – lurus ke aras Gunung Kapur.

    telp 0818 0492 9145

  12. Rizka

    Min, minta alamat lengkapnya dong + no. tlp yg bisa d hubungi kali aja bisa booking via phone. Kalo akses daro tol gmn? Tq

  13. sanny diana waty

    mau tanya tirta sanita ciseeng,kalau wisata memakai bus bisa gak ya?….., dan kalau kita buat acara sekitar 70 an orang ada tempat atau halaman luasnya gak ya?…. makasih

  14. eca

    saya mau tanya, kalo mau ke tempat ini dari pasar ciseeng ke arah mana ya? klo saya jalannya dari arah serpong posisinya dikiri / kanan jalan?
    Terimaksih πŸ™‚

  15. Rochmansyah

    Fyi,arah menuju lokasi dari BSD tanya aja arah menuju daerah prapatan MUNCUL, nanti dr sana tanya lagi arah menuju Ciseeng via Puspitek dijamin gak akan nyasar krn cukup mudah/tdk banyak persimpangan.Sebelum lokasi nanti akan ketemu plang (kl tdk salah markas TNI), dr sana tdk jauh koq.. terus aja pelan2. Kl untuk BUS sptnya bisa dilalui cuma harus hati2 aja krn jalannya kecil.

  16. srifera

    Wah asyik bgus kya nya tempatny, saya barue tAhu. Yang saya tahu cm ciater ja itu jga mahal masuknya

  17. Sandiputra

    Presentasinya Ok
    Paktanya mmmmmmhhhhhh
    Bikin kapok kebanyakan Punglinya dan akses jalan tidak memenuhi standar tidak profesional
    Sari Ater lebih mahal tapi lebih puas & nyaman.

  18. Dian

    tamannya sih cocok untuk liburan keluarga. tapi ada sedikit yang harus diperhatikan oleh pengelola mengenai tempat pemandiannya, air dalam bak pemandian tolong lebih sering dikuras n wc mushallahnya tlg diperluas.

  19. Anto Aroyan

    Pemandian air panas Tirta sanita sangat sederhana, cuman sedikit kumuh karna pemeliharaannya kurang teratur, sebaiknya diserahkan aja ke swasta biar pengelolaanya lebih serius

  20. chinen

    wah,klo buanyak preman nya bisa kapok orang kesana……gimana nih pengelolanya ?????????

  21. Adhy

    Jauh2 dari Semarang,ke lokasinya banyak pungli-nya,udah gitu macet&jalannya hancur………..puanase pooool,tlg management-nya diperbaiki&keamanan dr preman2nya…………gelo adoh2 diparani

  22. irfan

    Gan, Kalo Dari cibinong Bogor, rutenya kemana ajha ?
    terimakasih, info bales lewat sms ke 083874253853

  23. didi

    air panas d sana memang bisa menyegarkan badan tapi,ada +\- nya. masuk lokasi bayar 2000.blm termasuk parkir. masuk menuju bukit byr 3000. mau berendam byr lagi 5000. saya merasa ko slalu uang yg di sajikan ke pengunjung sedangkan pra sarana tdk memuaskan. pengalaman pribadi 24 april 2011.

  24. azi doang

    waw,,,,,mantap nih sekarang gunung kapur, ga kaya dulu sekarang pasilitas ya cukup oke bayak permainan anank2,ga ky dulu pasilitas yg sy tau cuma ada pemandian air panas sm dangdutan aja.

  25. chomplano

    tirta sanita atau gunung kapur sekarang man9 dah layak dikunjungi tapi ga layak klo bawa keluarga dihari raya lebaran…JANGAN!!! bisa2 pulang jalan2 cuma membawa gondok….

    sayangnya pihak pengelola selalu berdalih rugi aja dan tidak memperhatikan lingkungan sekitar, buktinya akses pintu yang digunakan karyawan tak pernah dirawat, dibiarkan aja terbengkalai……(apalagi di aspal jalannya!!)

    itulah sebabnya masyarakat bojong indah yang bermukim di sekitar tirta sanita menginginkan supaya pengelolaan dikembalikan aja ke pemda!!!!!!

    GIVE Us JUstice!!

  26. eman

    emang tirta sanita itu bagus lohh,enak buat acara apa aja…apa lagi kalau stiap hari minggu pagi pasti ramai di kujungi sma anak2 muda yang lari pagi trus pada kumpul di sana..wahh pokonya seru duaeehh..gw dulu sering lari pagi trus mampir di sana..karna jarak antara rumah gw sma tirta sanita ga jauh..thaks..

  27. gono

    untuk yang belum tau…
    ambil aja jalan ke parung..
    masuk “ke arah” terminal parung…
    tingal lurus dah dari terminal parung,

    mau tanya harga tiket sekarang bulan juli berapa ya. dan tempat mandinya…
    soalnya dah lama banget kesana…
    terakhir 1995

  28. kank ncep

    Rabu kemarin saya ke tirta salira…..petugas loket mainan anaknya jangan judes2 donk….tamu kan raja pastas mendapat pelayanan yg baik….untuk lokasi Oke banget….kapan2 saya mau kesitu lagi n mudah2an pelayanannya lebih baik….

  29. antown

    mantap infonya. saya tinggal di BSD. kalau dari stasiun serpong (deket pasar yang kerap macet) itu masih jauh gak? kalau ditempuh menggunakan motor bisa gak mbak? mohon infonya dunk

    balas di blog saya ya πŸ™‚

    mkasih

  30. ronnie endey

    bagus tulisannya kang Rommya… tanya dong. klo naik mobil pribadi tolong lebih detail dong petunjuknya.. misalnya dari jakarta keluar tol srpong dst…. saya udah lama niat kesana tapi masih buta arah.. Trimakasih banyak.

  31. titon

    wah bagus tuh….
    tp sayang klo kurang d publish,,harusnya dkasih plang besar2 djalan rayanya, biar makin banyak orang tau gthu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.