Jalan Jajan Hemat

Jalan Hemat di Singapura – Orchard Road

Dalam kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman jalan-jalan di Singapura, mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Singapura dengan cara sehemat mungkin.

Orchard Road

Singapore-Orchard01Tempat ini adalah tempat wajib bagi para pelancong yang gemar belanja. Sepanjang jalan Orchard ini terdapat deretan mal yang berlomba-lomba memanggil para wisatawan untuk menghabiskan dollar mereka. Istilahnya “Shop till you drop”. Jika Anda datang saat menjelang Natal, Anda akan mendapati Orchard road ini dihias dengan sangat indah. Lampu-lampu berkelap-kelip di sepanjang jalan, pohon2 pun dihias dengan indah, sepanjang jalan banyak diadakan pertunjukan seperti operet Natal, paduan suara, atraksi kesenian, wah pokoknya melewatkan Natal di Singapura akan membawa suasana yang berbeda. Di trotoar Orchard ini juga biasanya diadakan pameran2, baik itu baju2, pernak-pernik Natal, dan barang-barang lainnya. Harganya cukup murah, dibandingkan di toko-toko pada hari biasa. (Saya sempat membeli pohon Natal kecil lho disana).

Singapore-Orchard02Anda harus rajin melihat ke informasi turis Singapura ( cek di sini ), terkadang dinas pariwisata mengadakan acara2 gratis yang menarik, contohnya ada tur bis hippo, yang berupa bis tingkat dengan atap terbuka, mengelilingi jalan Orchard lengkap dengan pemandu wisatanya, gratis… hanya cukup mendaftar dengan menunjukkan paspor ke tempat informasi tersebut (ada di bandara Changi, di Suntec City Mall, dan di beberapa tempat lainnya) atau ada juga jika Anda berbelanja sejumlah tertentu maka Anda akan diantar dengan taxi sampai ke hotel Anda gratis..

Nah untuk berbelanja di Orchard ini ada beberapa hal yang umum dilakukan turis Indonesia:

  1. Belanja kaos Giordano, Hang Ten atau Baleno. Biasanya merk2 ini memberikan diskon, dan harganya cukup murah dibanding di Indonesia.
  2. Belanja oleh2 di Lucky Plaza (ada alternatif di China Town, nanti akan saya bahas dalam postingan berikutnya).
  3. Membeli barang2 bermerek (barang premium) yang sedang di diskon gila2an dalam acara Great Singapore Sale.
  4. Mencicipi es potong Singapore sambil duduk2 beristirahat di pinggir trotoar karena kecapekan belanja πŸ™‚

OK, untuk sementara saya menceritakan Orchard Road dulu, tunggu informasi2 hemat selanjutnya.

Salam Jalan Jajan Hemat

88 thoughts on “Jalan Hemat di Singapura – Orchard Road

  1. Joesoef

    mu nny tau alamat shop atau store yang jual part assesoris motor vintage/klasik ga yaa..tq
    email ke Joesoefvicious@yahoo

  2. endah

    bulan nov 2010, sy n suami ada planning ke s’pore, tempat inap yg murah plus ada kmr mandi di dlmnya ada di derah mana ya, sy udah cari2 via internet kok blm dpt ? klo bisa yg dekat dengan univesal studio, s’pore zoo dan s’pore flyer .
    makanan yg murah n halal ada di mana ?
    klo mau jalan2 naik Mrt, bagaimana cara pemblian tiketnya apa berlaku per sekali jalan atau dpt beli untuk pembelian abonemen .maklum ini pertama kali saya akan ke sana
    trims ……

  3. liliek

    aq mo sendirian ke singapore bln nov 2010
    mo nyoba idhul queban disana
    penginapan yg murah aman nyaman dimana ya

  4. Anonymous

    kalo mau beli gantungan kunci atau souvenir2 lainnya lebih banyak dan murah di bugis junction atau di china town juga ada… rata2 harganya lebih murah dibanding yang dijual di orcard road… tapi memang gak selisih banyakk..tapi kalo belinya banyak kan lumanyanm menghemat juga friend….

  5. Anonymous

    kalo untuk tahun 2011 tenang aja.. masih kira kira 6 bulan lagi kan… di sana biasanya bulan januari jarang ada event yang besar seperti singapore great sale bulan juni s/d juli…. tapi jangan kuatir walaupun tidak ada event kota singapore memang banyak tempat untuk dikunjungi untuk berbelanja, atau untuk jalan jalan saja seperti jurong bird park, sentosa island, merlion park, marina bay dll…

  6. Anonymous

    kalo apartmen murah di singapore banyak… jangan kuatir..dideerah orcard road ada namanya lucky plaza..disitu banyak menyewakan apartment murah harian harga sekitar S$90 – S$110..tempatnya juga rata-rata bersih… jarang ada apartmetn yang kotaoor di singapore… selamat berlibur…

  7. Yunan

    kami 4 org sekeluarga mau ke S’pore utk tgl, 19-22 June ’10 ( 3 mlm)
    Pls, info apartment murah dg kamar mandi di dalam di daerah sekitar
    Orchard/Somerset.info saspo !

    Thanks

  8. Anonymous

    alow,,
    di singapur apartemen daerah lucy plaza yg murah kira2 brp???
    Untuk tgl 5-10 agustus ini???
    Thanks

  9. tkpik

    @ mbak kiki,

    tahun 2010 ini mulai 28 May to 25 July 2010 untuk singapore great sale,, saya juga kecepetan nih beli tiketnya hehe..taon depan semoga bisa datang pas SGS ini πŸ˜€

  10. kiki

    Mau tanya…kl Great Sale nya biasanya kapan sih?
    Saya dan suami berencana ke sana tapi masih lama sih 22-25 jan 2011 sih (dpt tiket air asia…) kira2 ada event apa ya?
    thanks

  11. theo

    pak,untuk beli oleh2 (gantungan kunci,kaos dll) yang harganya agak murah di daerah mana pak?tq

  12. cahya

    pak,kami rencana tgl 28-29 may 2010 akan kesingapura 10 orang wanita .mau ty penginapan murah disekitar orchard road.apa ada untuk perkamar 5 orang jd kami ambil 2 kamar ajah.lalu bisa minta no tel hotel murah itu untuk dihubungi.dan kalo dr bandar ke hotel paling murah naik apa ya pak.bisa tau harga kisarannya.tempat makan murah dimana pak?tlg bantu kami pak,tks.

  13. dewi

    hai info donk, 4-8 maret aku berempat sm temen2 mau ke singapore, tp sampai saat ini blm dapat hotel…
    aku mau hotel disekitar orchad road, mau yg hostel aja soalnya kt backpacker, terus ada info gak kl dr bandara changi ke orchad road yg paling murah naik apa selain taxi?
    tolong info ya, makasih banyak

  14. primahani

    klo k sing boleh jg mo coba nginep d ymca@one orchard. klo jalan2 better by mrt or bus. enak n nyaman.
    sing smua muanya mahal than jkt,so klo mo ksna emng msti siap brmahal mahal ria lah.

  15. citra

    saya k singapore tgl 8-13 jan 2010 dengan kel jmlnya 6 dewasa dan 2 anak ada yg bisa ksh info hotel atau apart d sekitar orchard?
    kira 2 untuk wkt 5 hari enaknya jalan2 kmana aja ya dan transportasi apa yang baiknya saya gunakan,,,
    Thx…ya untuk infonya…

  16. herlianti

    Pak, Kalo jalan2 ke S.pore 7 dewasa dan 6 anak2 lebih baik naik mobil sewaan atau naik MRT atau bis?
    Harga mbl sewa + sopir + bensin berapa kira2?
    Terima kasih..

  17. ermin

    halo, mohon dibuatkan itenerary..saya rencana mau ke singapore 3 hari. agar rutenya tidak bolak-balik dan ada bbrp tempat yg tutup hr senin. berikut tempat yang akan kami kunjngi:science center , sing discovery center, sing flyer, dhl balloon,merlion, mkn malam di clarke quay, shopping: little india dan orchard.dan kalo sempat ke katong. saya perlu belanja di orchard dan little india yg agak lama. berangkat 19jul – 21 jul ( max jam 5 sore). terimakasih sebelumnya..

  18. Ririn

    Eh, aku mau ke Sing tgl 9-15 Juli nanti..dapet penginapan di Lucky Plaza,untuk high season gini lumayan murah, satu kamar 120 SGD boleh utk 4 orang (kalo bertiga 100 SGD) rencananya mau shopping2 gitu tapi yg murah meriah..kalo di mustafa beli parfum en jam tangan bener ya?

  19. dian

    mau tanya.. Bulan juni nanti kta rencana mau k sana jg n nginep d daerah orchard, kira2 klo mau jalan2 murah naik MRT atau Taksi (2 orang dewasa 1 bayi).. thaks…

  20. rommya Post author

    @Yuni: Beberapa tempat wisata dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/2007/12/marina-bay-esplanade-patung-merlion-singapura/ dan artikel2 lainnya di JalanJajanHemat, klik saja di bannernya “Singapura” untuk seputar artikel Singapura.
    @Anisah: Utk 9 org mestinya lebih murah sewa mobil ya, karena MRT kalau utk 4 org saja sdh tdk ekonomis. Utk harga sewanya, apa teman2 ada yg bisa bantu ?
    @Julia: Kalau mau yg benar2 murah, sebenarnya di daerah Geylang, tapi ya itu dekat daerah prostitusi, aman sih cuma tdk nyaman saja. Lewat jalan darat menurut saya lebih enak naik kereta, tp lebih murah & mudah naik bis, krn operatornya banyak. Dapat dilihat di https://www.jalanjajanhemat.com/2007/07/jalan-hemat-kuala-lumpur-singapura/
    @Ida: Kl mau penginapan di sekitar orchard bisa sewa apartemen saja Bu. Tempat makanan di spore rata2 agak mahal dibanding indo / malaysia. Nanti cari yg ada tulisan halalnya saja.. Tempat khususnya maaf saya kurang tahu, mungkin ada teman2 yg bisa bantu ?
    @efi: beli hp sih rata2 sama dgn di indo, dan hati2 dgn garansinya lho. Biasanya tdk berlaku di Indo. Kecuali mau beli iPhone yg “katanya” lebih murah di spore, tapi ya itu garansinya tdk berlaku.

  21. Ida

    saya berencana ke singapore awal Juli mendatang bersama keluarga (2 dewasa+2anak)..kira-kira dimana saya bisa mendapat penginapan yang murah dan strategis (sekitar Orcard) serta tempat makan moslem yang tidak terlalu mahal.

  22. Julia

    salam kenal,
    saya sekeluarga akan ke singapore awal mei nanti (anak 14 bulan), kira2 nginep dimana ya yang strategis tapi gak tlalu mahal ?? krn saya cuma 1 hari besoknya mau langsung ke KL. Kira2 lebih enak naik kreta atau bis ya ke KL ? *pengen nyoba jaln darat* Nyamana gak ya klo bawa anak masih umur 1 tahun, n brapa jam ? tapi klo kepepet ya naek pesawat juga sih …

  23. Anisah

    Salam Kenal,

    Saya dan keluarga rencana ke Sing pertengahan bulan Juni 2009,
    karena kita rombongan 9 orang, untuk jalan2 disana lebih hemat mana, menggunakan MRT atau sewa mobil harian?
    berapa kira2 harga sewa mobil perhari + bensin + driver dengan kapasitas penumpang 9 orang. terima kasih

  24. yuni A Mei

    Hi, salam kenal..
    wah info jalan2nya berguna bgt tuh buat aku yg baru akan berangkat april ini.
    mau nanya aja kira2 dsna beli oleh2 yang murah dimana ya? aku gak mau pake jasa travel, tp dsna gak tahu jalan.. gmn tuh kak rommya? aku minta info tempat main yang enak n seru aja dsna?
    thanks..

  25. andri

    Bantu2 jawab pak rommya…
    @dadang, suprem hotel orchard dekat dengan stasiun MRT somerset atau dhoby ghaut, untuk ke merlion anda bisa turun di stasiun raffles place tanpa perlu ganti MRT. lebih bagus beli kartu ez link karena anda tak perlu membeli tiket per trip lg… info MRT http://www.smrt.com.sg/main/index.asp…bus di singapore jg bagus asal kita mau perhatikan rute disetiap halte….

  26. dadang

    bos, sy ada rencana mau ke sq maret rencana nginep di supreme hotel orchad road, kalo mau ke Merlion Park naik MRT dari stasiun mana ke mana?, kalo naik MRT pakai ticket Singapore Paspor yg khusus turis utk 3 hari ok ngak tuh?tks

  27. erika

    umm soal sewa apartment yg di lucky plaza, trakhir tmn sy 50 dolar per kamar, kl sewa satu apartment nya sekitar 550 dolar per hari nya. semoga info nya blm telat =)

    and chicken rice yg di food court lucky plaza paling bawah paling pojok kiri enak jg..

  28. denny

    Eh iya, lupa
    Saya pergi kan lwt Batam, pulang maunya lsg dari malaysia, tapi tdk naik air asia..
    Mau liat KLCC..
    Kira2 pesawat yang murah selain air asia apa ya?
    Kl ad yang punya info promo tiket murah, bagi2 ya..

  29. denny

    Hi, salam kenal
    Saya bulan Januari nanti mo ke sing-malaysia..

    di S’pore, saya interest untuk nginep di ORchard Road.

    Katanya di lucky plaza ada apartment yang murah ya? Sekitar 70 SGD semalem.

    Ada yang punya info ga no telp yang nyewaian apartment di lucky plaza?
    Tapi emang bener ya cuma 70 SGD semalem?

    Thx ya…

  30. cathy

    di orchard mananya tuh hostel yg murah hrga SGD40-60??? ada phone yg bsa dihub ga?atau email mreka?coz mau brgkat ke sing neh.thx

  31. TiestoCK:-)

    Kalo CC setau saya asal VISA, MASTER atau AMEX bisa kok digunakan disana.
    Kalau rate selain BCA yg affordable kartu UOB dan Standard Chartered.
    Kalo semacam hostel yg murah ada tuh disekitar Orchard Road – Lucky Plaza atau dkt RS Mount Elizabeth. Mereka sewa in kamar sekitar SGD40-60/malam. Yang punya orang Indo kok πŸ™‚

  32. rommya Post author

    @mpus: setahu saya rata2 kartu kredit VISA akan diterima disana koq. Tapi tidak ada salahnya mempersiapkan mata uang SGD untuk berbelanja, terkadang rate yang digunakan oleh kartu kredit kurang menguntungkan, sayang kan selisih ratenya (berdasarkan info dari teman saya, rate yg paling ‘manusiawi’ adalah BCA).

  33. mpus

    mo tanya dong ttg credit card. saya denger dari temen yg baru aja kesana, kalau dia gak bisa pake citibank clearcardnya. nah, kira2 credit card apa yaa yg pasti berlaku disana.
    terimakasih

  34. rommya Post author

    @stevina: trims atas infonya. Tapi kira2 apa cukup sebanding dgn harga tiket masuknya? Kalau dibandingkan dgn Night Safari di Taman Safari Puncak bgm ?

  35. SteViNa

    Menurutku, klo k Singapore, kunjungi Singapore Zoo. Tempatnya enak bgt! Bisa ngopi n ngafe sambil liat binatang2. Malem2nya ada Night Safari. Asyik bgt! Kita bisa beli merchandise lucu2 berbentuk binatang d tempat2 oleh2nya. Ku anjurin utk yg k Singapore, ksana buruan!!!!!!!!

  36. Ivren

    kalau mau di hostel, aku rekomendasi Summer Tavern, tempatnya bagus dan lokasinya strategis (tepat di Clarke Quay), akses MRT juga gampang krn tepat di depan MRT Clarke Quay. Utk harga, SGD 38/bed.

  37. rommya Post author

    @erick : sptnya sih utk harga 50-100rb agak susah ya di Spore, mungkin mesti cari yg hostel utk backpackers. Tp itu sharing satu kamar dgn tamu lain. Utk makanan di spore cukup mahal dibanding malaysia. Utk satu kali makan paling murah sekitar SGD 3,5 blm termasuk minum. Fiskal 1 juta per orang. Kalau belanja, tergantung selera & kemampuan kantong πŸ˜€

  38. Erick FEbryan

    mau tanya hotel murah di singapore dimana yah macem hotel melati gitu deh yang semalem cuman 50rb-100rb rupiah? berapa per malamnya? terus jajan makan disingapura yang murah dimana yah???and berapa uang yang kita butuhkan buat ke singapura termasuk pesawat dan fiskal dan saku…

  39. rommya Post author

    @ingkan: terima kasih atas infonya. Sptnya termasuk turis yg sering berburu sale nih, atau pengunjung rutin great singapore sale πŸ™‚
    Kl makanan/jajanan rasanya hampir semua sdh ada di jkt ya.. Tp boleh jg kita merasakan di tempat asalnya, waktu kesana saya menyempatkan utk membeli BreadTalk disana.. rasanya.. hhm sptnya sama ya, tp harganya lebih mahal πŸ˜€

  40. ingkan

    mau tambahin comment untuk kaos2 giordano hang ten dan bossini, kalau ada waktu coba browsing ke daerah toa payoh atau bedok. disana counter2 kaos2 tsb menjual design yang (terkadang) berbeda dengan yang di orchard, dan bisa dapet lebih murah pula, terkadang sampai 5sgd each.
    kalau di orchard kan rata2 turis dan upscale, kalo di bedok atau toa payoh lebih merakyat, tapi tetep bagus2.. hehe..

    trus, kalau ke orchard jangan lupa beli old chang kee.. makan sate cumi sambil jalan2 seru juga tuh.. hehehe

  41. rommya Post author

    Kunjungan paling lama itu 4 hari ke sana, wah habisnya sih relatif ya kan tergantung jajanan dan barang2 yg dibeli πŸ™‚
    Kalau mau irit2 sih bisa jg.. Salam kenal juga

  42. LiSan Skywalker

    Asiknya bisa jalan-jalan ke Singapura… Berapa hari kamu disana? Trus abis berapa uang? Aku ada plan pengen main ke sana juga. Salam kenal ^o^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.