Jalan Jajan Hemat

Wisata Kuliner di Yogya

Yogya memang selalu menarik sebagai tujuan berlibur. Saat kami mengunjungi tempat-tempat wisata di Yogya di bulan Desember 2016, kami-pun berburu tempat makan yang menarik, ya Yogya juga asik untuk wisata kuliner. Beberapa tempat akan kami ulas di sini.

SATE KLATHAK PAK BARI
Terletak di dalam pasar Wonokromo, Sate Klathak Pak Bari menjadi terkenal sejak muncul di film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC2). Potongan daging yang ditusuk bukan dengan tusuk sate biasa tapi menggunakan jeruji (jari-jari) sepeda ini terasa lezat dengan kematangan yang merata. Tersedia juga tongseng kambing sebagai pendamping sate klathak. Hati-hati dalam memesan, umumnya orang Jakarta terbiasa memesan sate minimal 10 tusuk per orang, tapi sate klathak ini walaupun 1 porsi hanya berisi 2 tusuk, ukurannya besar dan cukup untuk porsi orang Indonesia pada umumnya.

Karena terletak di pasar, maka kondisi tempat makannya tidak terlalu bersih, jadi kalau Anda tipe orang yang biasa makan di tempat yang bersih, rapih dan nyaman, mungkin tempat ini kurang cocok untuk Anda.



Ada sate klathak lain yang juga terkenal yaitu Pak Pong. Namun lama antriannya (bisa sampai 1 jam) membuat kami belum pernah mencobanya.

Sate Klathak Pak Bari
Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Tim. KM.10, Wonokromo, Pleret, Bantul
Jam buka 18:30 โ€“ 02:00 pagi

MIE PERSIS TELAP 12
Kalau Anda searang penggemar indomie, apakah Anda tertarik untuk mencoba indomie yang dihidangkan sesuai dengan gambar yang ada di bungkusnya ? Jika ya, silahkan mampir ke Mie Persis Telap 12.

Indomie yang Anda pesan akan disajikan seperti yang ada di gambar bungkusnya, bahkan mangkoknya pun disesuaikan dengan gambarnya.

Harga yang ditawarkan cukup bersahabat.

Mie Persis Telap 12 โ€œTelap Twelepโ€
Jl. Pandean No. 10B Yogyakarta
Jam buka 12:30 โ€“ 22:00
Telp : 0878-3894-0208

IL TEMPO DEL GELATO
Es krim ala Italia ini sangat menggoda, dan sayang untuk dilewatkan saat Anda berada di Yogya. Teksturnya yang lembut, aneka pilihan rasa yang beragam, tempat yang nyaman untuk hangout menjadikan tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kita memesan dulu di kasir ukuran gelato yang diinginkan, mau pakai cone (Rp 25K) atau cup (small Rp 20K, medium Rp 40K, big Rp 65K, X-big Rp 115K). Setelah membayar, maka tinggal memilih rasa yang diinginkan.

Memang lokasinya berada di jalan kecil, dan tamu harus memarkir kendaraannya di ujung jalan (waktu itu kami diminta Rp 5.000 untuk sekali parkir, ada karcis parkirnya, wah sama seperti mal di Jakarta ya), tapi perjuangannya sebanding setelah menikmati es krim gelato ini.

Il Tempo del Gelato
Jl. Prawirotaman No.43, Brontokusuman, Mergangsan
Jam buka : 10.00 – 22.00
Telp : (0274) 373272

KALIMILK
Resto ini menyediakan susu murni dengan aneka rasa seperti coklat, strawberry, durian, pisang, green tea, dll juga beberapa makanan seperti risoles keju, roti kaya, chicken in the basket, dll. Suasananya yang cozy membuat NeNeN-ers (sebutan untuk pelanggan Kalimilk) menjadi betah berlama-lama di sini.

Kalimilk
Jl. Kaliurang KM. 4.9, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Yogya
Jam buka : 09.00 – 22.00
Telp : (0274) 888999

RESTAURANT PANTAI INDRAYANTI
Pantai indah yang bernama Pulang Syawal ini sekarang dikenal orang dengan nama pantai Indrayanti, yaitu nama restoran yang diambil dari nama pemiliknya yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti.

Resto ini menyediakan aneka sea-food, pengunjung dapat menikmati makanan sambil menikmati juga pemandangan laut dan pantai dengan pasir putihnya.

Di pantai ini juga terdapat beberapa aktifitas water-sport seperti jet-ski, parasailing, dll.

Resto Pantai Indrayanti
Tepus, Gunung Kidul Regency, Yogya
Jam buka : 7.00 – 18.00
Telp : 0821-3525-5558

ANGKRINGAN GADJAH
Saat kami turun dari Kaliurang, kami mencicipi angkringan Yogya, namun kali ini kami mencobanya di Angkringan Gadjah. Memang tidak semurah angkringan tradisional yang ada di kota Yogya, tapi pilihan lauk di sini banyak dan enak-enak, mulai dari nasi kucing, oseng-oseng, sate, tempe bacem, banyak deh… katanya ada sekitar 150 jenis makanan dan minuman yang tersedia.

Minuman yang menjadi ciri khasnya adalah Wedhang Gadjah yang merupakan campuran teh dengan serai, madu, cengkeh dan kayu manis. Membuat badan hangat dan menghilangkan masuk angin.

Tempat parkirnya luas dan di dekor dengan unik karena memajang barang-barang tua. Ruangannya pun luas, ada yang di dalam ruangan, ada yang di lantai 2, dan ada juga yang di outdoor.

Kami juga sempat berbincang-bincang dengan pemilik resto ini yang ramah, Punky dan ibunya.

Angkringan Gadjah
Jl. Kaliurang KM.9, Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogya
Jam buka : 12.00 – 24.00
Telp : 0819-1549-8080

SIOMAY KANG CEPOT
Saat Anda berlibur di Yogya dan ingin makan siomay, silahkan meluncur ke Kaliurang, karena di sana ada Siomay Kang Cepot. Memang perlu lebih jeli melihat lokasinya, karena terlihat kecil dari depan (yang digunakan hanya untuk pemesanan take-away saja), tapi ternyata di belakang ada ruang parkir dan ruang untuk santap di tempat.

Kita tinggal memilih sendiri siomay yang kita inginkan (self-service), ada beraneka jenis siomay mulai dari ikan tenggiri, daging sapi, daging ayam dan lain-lain, kelasnya pun beraneka ragam ada yang biasa dan ada yang super. Ada juga pendampingnya seperti telor, pare, kentang, tahu. Lalu kita menentukan apakah ada siomay yang mau digoreng atau cukup dikukus saja.

Siomay akan disajikan dengan bumbu dipisah dalam mangkuk kecil. Bumbunya ini memang bikin siomay menjadi pas di mulut. Memang sebaiknya pilih yang tenggiri super, karena kalau yang biasa cenderung kenyal (baca:alot) karena lebih banyak sagunya dibanding ikannya. Harganya bervariasi mulai dari Rp 2.500 sampai Rp 5.000.

Siomay Kang Cepot
Jl. Kaliurang Km. 8, Yogya
Jam buka : 10.00 – 22.00
Telp : 0821-3666-9000

GUDEG YU DJUM
Rasanya belum ke Yogya kalau belum makan gudeg. Salah satu penjual gudeg yang terkenal adalah Yu Djum. Memiliki banyak cabang, kalau sebelumnya kami makan yang di Jl Wilijan, kali ini kami mencoba di Jl Laksda Adisucipto.

Kapasitas untuk menampung tamunya lebih besar dibanding yang di Wilijan, dan rasa gudegnya tidak perlu diragukan lagi. Tapi parkiran menjadi masalah karena area parkirnya terbatas, waktu itu kami parkir di sebelah, ada penjual snack / oleh-oleh, jadi kami beli dulu beberapa bungkus snack agar bisa sekalian parkir di depan tokonya ๐Ÿ™‚

Karena pengunjung cukup ramai, alangkah baiknya jika ada pemisahan area untuk yang merokok dan tidak merokok, karena asap rokok sangat mengganggu tamu lain terutama untuk anak-anak.

Gudeg Yu Djum
Laksda Adisucipto Km. 8,7 Yogya
Jam Buka : 07.00 – 20:30
Telp : 62 274 484858

THE WAROENG OF RAMINTEN
Walau sudah beberapa kali makan di House of Raminten, namun tiap berlibur ke Yogya kami pasti menyempatkan diri mampir ke Raminten, kali ini kami mencoba yang di Kaliurang. Lokasinya di sebelah Mirota Batik (pemiliknya sama), jadi Ibu-ibu bisa belanja dulu di sebelah.

Tempat yang di Kaliurang ini tidak buka 24 jam, menunya tidak selengkap yang di House of Raminten dan waktu kami datang beberapa menu sudah habis. Tapi suasananya lebih enak yang di Kaliurang ini. Tidak ramai dan udaranya lebih sejuk karena lokasinya di kawasan Kaliurang. Berbentuk pendopo Jawa, ada kolam ikan di tengah dan panggung yang sepertinya menjadi tempat pertunjukan kabaret.

The Waroeng of Raminten
Jl. Kaliurang Km 15.5, Kledokan, Yogya
Jam buka : 10.00 – 24.00
Telp : (0274) 4547104

MIE AYAM & BAKSO “IDOLAKU” PAK TIKNO
Salah satu penjual bakso yang terkenal di Yogya adalah Bakso Idolaku. Pilihan baksonya cukup beragam: bakso rusuk, bakso kuah, bakso komplit, mie ayam bakso, mie ayam, tahu bakso. Pengunjungnya lumayan ramai, bahkan bakso idolaku ini ada 3 cabang yaitu di Taman Siswa Yogya, Wijayakusuma Klaten, dan Jogja-Solo KM 9.

Mie Ayam & Bakso “Idolaku” Pak Tikno
Jl. Taman Siswa No. 138 Yogyakarta
Jam buka: 10.00 – 21.00
Telp : 0813-2965-2450

BAKPIA PATHOK 25
Yang ini sebenarnya bukan tempat kuliner, melainkan tempat oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh khas Yogya adalah bakpia pathok, dan salah satu yang terkenal adalah Bakpia Pathok 25. Kenapa banyak sekali bakpia pathok menggunakan angka sebagai merk mereka, awalnya itu adalah nomor rumah mereka yang berada di kawasan Pathuk, Yogya.

Bakpia yang standard rasanya adalah kacang hijau, tapi sekarang sudah banyak pilihan rasanya mulai dari keju, coklat, durian, nanas dll. Di pusat bakpia pathok 25 ini selain kita dapat membeli bakpia, serta oleh-oleh yang lain, kita juga dapat melihat cara pembuatan bakpia pathok tersebut.

Bakpia Pathok 25
Jl. AIP II KS Tubun Blok NG I No. 504
Telp : (0274) 513904

Demikian sekilas informasi tambahan perihal kuliner di Yogya, yang pastinya masih banyak lagi tempat kuliner yang menggoda lidah, silahkan ditambahkan di comment, dan akan kami update lagi tempat-tempatnya.

Salam JJH

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.