Jalan Jajan Hemat

Belanja barang branded di Amerika Serikat

Jika Anda sedang berkunjung ke Amerika Serikat (USA), maka salah satu kegiatan yang biasanya menjadi acara wajib turis Indonesia adalah shopping. Dan karena mumpung sedang di Amerika maka belanjanya adalah sekalian yang bermerek terkenal (branded). Di Amerika Serikat terdapat beberapa Factory Outlet, salah satu yang terkenal karena memiliki jaringan outlet yang banyak adalah Premium Outlet (http://www.premiumoutlets.com)

Awalnya saya berpikir bentuknya seperti Factory Outlet yang ada di kota Bandung. Ternyata beda sama sekali, karena yang disebut Premium Outlet ini sebenarnya sebuah kawasan atau komplek yang terdiri dari toko-toko yang menjual barang bermerek terkenal. Produknya mulai dari pakaian, sepatu, tas, koper, parfum, dan lain-lain dengan merk seperti Adidas, Levi’s, Tommy Hilfiger, Guess, Salvatore Ferragamo, Hugo Boss, Ralph Lauren, Coach, Oakley, Clarks, Victoria Secret, DKNY, Kenneth Cole, Samsonite wah pokoknya banyak deh.
Premium Outlet Orlando

Premium Outlet Orlando

Sebelum datang, ingatlah untuk mendaftar secara online terlebih dulu, agar kita bisa mendapatkan kupon diskon secara gratis yang diambil di bagian informasi (biasanya kupon diskon ini dijual). Rata-rata toko sudah memberikan diskon yang lumayan besar yaitu sekitar 50%, untuk barang stok lama diskonnya bisa mencapai 75% bahkan lebih, dan asiknya lagi kalau untuk pembelian senilai tertentu, akan ada tambahan diskon dari lembar kupon tersebut. . Sekedar gambaran harga sepotong celana jeans Levi’s harganya hanya belasan dolar atau seratus ribuan rupiah… (ini produk yang diobral gila-gilaan).
Deretan toko

Deretan toko

Di komplek ini terdapat banyak tempat duduk untuk beristirahat, dan juga ada area foodcourtnya untuk yang ingin mengisi perut.
Tempat duduk

Tempat duduk

Memang biasanya Premium Outlet ini lokasinya di pinggir kota, mengingat area yang dibutuhkan cukup besar. Untuk di kota Orlando, biasanya ada shuttle gratis yang menjemput & mengantar ke hotel, bisa ditanyakan ke resepsionis hotel tempat Anda menginap. Untuk Premium Outlet di New York, kita harus naik bus umum dan jaraknya cukup jauh.

Macy’s (http://www.macys.com) adalah salah satu department store besar yang menjual barang branded dengan harga diskon juga, namun tidak semurah Premium Outlet. Tapi lokasi Macy’s umumnya di tengah kota, jadi cocok untuk para wisatawan yang tidak memiliki waktu dan niat untuk pergi ke pinggir kota untuk berbelanja. Dan khusus untuk turis, kita bisa mendapatkan tambahan diskon di kasir dengan memperlihatkan pasport kita.

Macy's Department Store

Macy’s Department Store


Belanja elektronik juga cukup menggiurkan, ada radioshack, Apple store dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Pastikan saja ada garansi internasionalnya.
Apple Store di Grand Central Terminal

Apple Store di Grand Central Terminal

Jadi disarankan kalau melancong ke Amerika bawa baju secukupnya saja, siapkan ruang kosong di koper, dan bawa koper kosong tambahan (atau kalau perlu beli koper baru di sana), dan happy shopping deh, tapi belanja yang bijak ya, jangan berlebihan. Bahkan menurut teman saya yang tinggal di Amerika, kalau berniat belanja untuk dijual kembali di Indonesia, bisa-bisa biaya tiket pesawatnya balik modal lho.. 🙂

Salam JJH..

ps : Di Johor Bahru, Malaysia juga ada cabang dari Premium Outlet ini, tapi saya belum sempat membandingkan harga di Amerika dengan di Johor, kemungkinan besar harga barangnya lebih murah di Amerika.

6 thoughts on “Belanja barang branded di Amerika Serikat

  1. Jalan Jajan Hemat Post author

    Kalau beli barang2 sebaiknya dibuang bungkus / kemasannya, jadi tidak seperti barang baru. Kalau handphone / laptop, sebaiknya langsung dipakai saja, kalau masih ada dusnya, dianggap baru dan kalau mencolok akan dihitung harganya saat di imigrasi.

  2. Cerly siahaan

    Premium outlet slalu jd inceran tiap kluar, branded stuff tp hrgnya miring tp emg stoknya slalu yg udh late edition but still worth to buy. Bangunannya di tiap ngr sama yah, sy udh ke Bichester Village di London and Gotemba di Jepang mirip bangunannya kek yg di Orlando. Di Vegas jg ada kan mas, kmrn ga ksna? Btw thx infonya yah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.