Jalan Jajan Hemat

Taman Sari Gua Sunyaragi (Cirebon)

Situs Sunyaragi ini sebenarnya merupakan kompleks bangunan-bangunan kuno bekas taman sari dan pesanggrahan, namun karena banyaknya lorong-lorong yang berliku dan gelap maka sering disebut Gua Sunyaragi. Kata “Sunyaragi” berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “sunya” yang berarti sepi dan “ragi” yang artinya raga. Tempat ini dulunya adalah tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Dahulu Sunyaragi ini dikelilingi oleh Danau Jati yang sekarang sudah kering. Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari keraton Pakungwati sekarang bernama keraton Kasepuhan.

Secara garis besar Tamansari Gua Sunyaragi ini dibagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Loket pintu masuk


Pintu gapura menuju Taman Sari Gua Sunyaragi

Di samping Gua Sunyaragi ini dibangun sebuah panggung dengan deretan tempat duduk penonton, namun saat kami berkunjung tidak ada pertunjukan apapun disana.

Panggung pertunjukan

Saat melihat berkeliling bangunan ini, sebenarnya kami cukup kagum dengan peninggalan bersejarah ini, yang diperkirakan berdiri pada tahun 1703, tapi sayang… kondisinya kurang terawat. Bangunan seperti dibiarkan terbengkalai, dan di beberapa lokasi, kami melihat pasangan2 remaja yang sedang pacaran, sehingga menyulitkan pengunjung dalam menjelajahi situs ini.

Lorong-lorong yang kami lewati juga terlihat banyak coretan-coretan tangan jahil, yang merusak penginggalan bersejarah yang tak ternilai itu. Padahal kalau dirawat dan dikemas dengan baik, kami yakin tempat ini pasti menjadi incaran wisatawan asing dan domestik. Semoga menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah.

Lorong-lorong


coretan tangan-tangan jahil

Tapi di luar hal tersebut, tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke kota Cirebon. Salam JJH



Taman Sari Gua Sunyaragi
Jl Brigjen Dharsono Cirebon
Harga tiket masuk : Rp 10.000
Jam operasional : 08.00 – 16.00
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Sari_Gua_Sunyaragi


View Larger Map

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.